MASIGNCLEAN101

[Beauty Talk] Perbedaan Bb, Cc, Dan Dd Cream

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf jikalau besar lengan berkuasa pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Di sini ada yang pemakai setia alphabet cream? Saya salah satunya. Malah saya koleksi alphabet cream, bhihihi. Pas awal alphabet cream muncul, yang pertama nampak di pasaran yaitu BB Cream. Saya beli juga, dulu belinya Maybelline alasannya yaitu adanya gres itu. Masa itu produk lokal belum merambah alphabet cream untuk bisnisnya. Puas pakai Maybelline, saya sempat repurchase beberapa kali alasannya yaitu harganya juga masih terjangkau. Pas mau repurchase untuk kesekian kali, kebetulan stok produknya habis. Waktu itu saya malah latah beli foundation sebagai gantinya alasannya yaitu belum ngerti bedanya BB Cream dengan foundation. Makin usang waktu berjalan, produsen kosmetik lokal mulai berinovasi menerbitkan BB Cream. Waktu itu saya sempet beralih ke Pond's dan Garnier. Yang terakhir saya sebut sempet di-repurchase juga dan sempet jadi holy grail makeup saya. Terus alasannya yaitu selanjutnya saya keranjingan produk Wardah, saya beli BB Cream-nya juga. Sayang ini nggak terlalu saya suka hingga karenanya kadaluwarsa padahal belum habis. Saya malas beli BB Cream lagi, hingga Wardah ngeluarin DD Cream, gres saya tertarik beli - padahal bukan BB, tapi kan sesama alphabet cream. Syukurlah, DD Cream-nya saya suka. Udah usang memang, memimpikan punya alphabet cream selain BB. Waktu itu nyari CC yang jadi produk sehabis BB, tapi nggak nemu yang produk lokal, Wardah juga nggak ngeluarin, malah pribadi loncat ke DD. Lalu ndilalah saya nemu CC Cream produk lokal dari La Tulipe, jadi beli juga deh. Nah, waktu udah punya CC dan DD, saya malah udah nggak nyimpen BB Cream. Kumatlah rasa ingin beli saya, dan karenanya beli BB Cream dari Pixy. Sampai sekarang, produk alphabet cream saya ada tiga, BB, CC, dan DD. Oh iya, produk alphabet cream kayaknya rilis nggak urut karakter ya? Soalnya saya yang ingin tau sama AA dan EE Cream - konon kabarnya gres dari a hingga e - belum liat ada produk tersebut hingga ketika ini.


Dari ketiga alphabet cream saya ini, sebenernya tadinya masih punya simpanan lagi sih dari brand lain, cuma alasannya yaitu udah expired dan tinggal tiga ini yang masih berlaku jadi cuma tiga yang saya bahas. Selama punya tiga alphabet cream, saya jadi berguru juga apa bedanya ketiga benda tersebut. Oh iya, meskipun alphabet cream dikatakan yaitu sebagai skincare sekaligus makeup, tapi saya lebih suka menyebutnya makeup saja alasannya yaitu kalau buat skincare, saya nggak pakai produk ini rutin sehari-hari. Hari ini akan saya bagi sekelumit pengetahuan saya untukmu wacana perbedaan BB, CC, dan DD Cream. Kalo kurang sempurna mohon dikoreksi ya, atau ditambahin untuk melengkapi. Kita bahas satu-sati berdasarkan karakter yaa, dan pembahasan ini secara umum, nggak khusus untuk brand terterntu walau di sini saya contohkan dari tiga brand berbeda.

BB CREAM


Singkatan umum dari BB adalah blemish balms, tapi bisa juga jadi beauty balms, atau blemish base. Tapi secara keseluruhan ketiganya bermakna hampir sama. Kalo dimaknai secara harfiah tentu maksudnya untuk meng-cover blemish atau kecacatan/kekurangan pada kulit wajah, dan bisa jadi bantalan untuk makeup selanjutnya. Sesuai dengan makna namanya pula, tentu BB Cream dimaksudkan untuk menciptakan tampilan kulit yang mulus. Lantas apa bedanya dengan foundation? Meski punya efek yang hampir sama untuk memperlihatkan lapisan di kulit wajah, tapi BB Cream punya kandungan yang lebih ringan dibanding foundation, plus ada perhiasan moisturizer-nya juga. Coverage BB Cream lebih tipis daripada foundation, juga terlihat lebih flawless dan alami. Selain itu, BB Cream juga dilengkapi dengan SPF dan antioksidan, jadi fungsi skincare-nya bertambah. Selama saya nyobain beberapa brand BB Cream, hasil yang saya peroleh nyaris sama, untuk melapisi kulit dengan hasil ringan dan manfaat tunjangan dari sinar UV.

CC CREAM


Setelah abad BB Cream sukses merajai perhatian banyak wanita, selanjutnya dimunculkanlah CC Cream. Ini entah perbaikan dari BB atau produk tersendiri? Tapi berdasarkan saya sih beda fungsi. CC yaitu akronim dari color control, color correcting, atau complexion care. Soal singkatan, terserah produsennya aja, tapi intinya maksudnya hampir sama. Krim ini mempunyai efek untuk meratakan warna kulit dan mencerahkannya hingga naik satu tingkatan warna, namun dengan hasil yang tetap terlihat alami dan seolah tanpa makeup. Perbedaannya dengan BB Cream yaitu CC lebih ringan, kandungan SPF-nya lebih tinggi, dan perhiasan manfaat untuk mengatasi duduk masalah discoloration pada kulit, kekusaman, dan mengoreksi tekstur kulit supaya menjadi lebih halus. Tambahan manfaat dalam CC Cream satu dengan yang lain bisa beda-beda ya, jadi pintar-pintarlah menentukan sebelum membeli, sesuaikan dengan kebutuhan kulit.

DD CREAM


DD Cream yaitu krim yang dirancang untuk melembapkan, merawat, dan melindungi dalam penggunaan sehari-hari. Dari ketiga alphabet cream yang saya punya, DD Cream ini yang paling banyak perhiasan manfaatnya. Namanya bisa dipanjangkan menjadi daily defense atau dynamic do all. DD Cream bisa digunakan di kepingan badan selain wajah, dan (biasanya) mempunyai kadar SPF yang lebih tinggi dari BB ataupun CC Cream - meskipun ini sangat tergantung kebijakan brand pembuatnya sih. DD Cream juga punya perhiasan manfaat anti aging yang bisa mencegah penuaan dini pada kulit, meskipun kadarnya tidaklah tinggi.

Sebenernya ketiga krin ini intinya sama, memberi lapisan makeup pada kulit. Yang membedakan yaitu perhiasan manfaatnya, right? Sekarang, sudah banyak banget brand internasional maupun lokal yang punya produk alphabet cream, shade-nya pun bermacam-macam. Sekarang saya akan bandingkan tekstur dan shade dari tiga alphabet cream yang saya miliki. Perbandingan ini bisa berbeda kalau kau pakainya brand yang beda juga lho ya. DD memiliki tekstur yang paling padat, BB sedikit kental, dan CC paling encer. Shade yang saya punya light semua, biasanya ada produsen yang ngasih beberapa pilihan shade, tapi ada juga yang satu untuk semua warna kulit.

Kalau ketika diratakan, CC yang paling gampang nge-blend karena paling cair. Coverage-nya juga paling minim tapi justru ini yang bikin hasilnya terlihat alami. BB setingkat di atasnya, kalau DD lebih kuat lagi, hampir seolah-olah foundation. Saya lebih suka pakai CC untuk sehari-hari. DD dipakai kalau ada event khusus yang mengharuskan dandan lebih tebal, kadang diselingi BB pemakaiannya. Dua-duanya digunakan kalo pas saya malas memakai foundation. Kalo daya tahan ketiganya, aduuh saya lupa membandingkan ;P. Tapi kayaknya ada di review yang udah pernah saya tulis.
Nah, kayaknya itu dulu yang bisa saya tulis hari ini. Semoga goresan pena ini bermanfaat yaa! Terimakasih sudah baca :).
Share This :
Johan Andin