MASIGNCLEAN101

Tutorial : French Manicure

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf jikalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Sebagian besar orang yang gemar menulis aslinya pendiam. Sebagian besar orang yang pendiam itu pemikir. Saya juga :'D. Ini bulan gres loh, tapi pikiran saya masih ketinggal di bulan-bulan lalu. Mungkin ini dampak kurang belanja... Bukan ding. Ini dampak jelek jomblo kelamaan. Abis gimana, saya abis ditolak gebetan - no, ini ngarang - T_T. Mungkin sudah waktunya saya move on dan meleng ke gebetan lain. *ini masih awal bulan dan saya mulai dengan kepatahhatian* Tapi proses menuju move on itu susyah boo. Apalagi saya orangnya moody. Kalo mood udah ancur nih, ngapa-ngapain juga jadi nggak beres. Kemarin saya abis ngejatuhin botol lip tint, untung kagak pecah padahal itu dari beling lho. Trus numpahin acne lotion yang udah tinggal setengah alasannya yaitu dulu pernah tumpah juga, kini jadi tinggal seperempat. Banyakan yang tumpah daripada yang saya pakai deh kayaknya. Abis itu masih jatuhin body scrub ke kolam mandi penuh air. Scrub saya jadi lembek kena air. Apes deh mana gres beli itu. Sebelum saya jatuhin, filter body scrub itu sempat menggores jari saya waktu saya buka. Lengkap sudah penderitaanku T_T.

Ngomong- ngomong, ada beberapa hal gres yang mesti saya update dulu. Kemarin saya gres nyadar kalo SILKYGIRL Magic Pink Lip Balm tu begitu dioles eksklusif pink, enggak nunggu beberapa detik dulu. Pantes waktu saya swatch nggak sanggup mampu foto olesan bening. Trus, kan kemarin saya nyobain Jant Blanc buat lip balm, eh kejilat rasanya manis agak pahit :P *saya pikir bakal asin*. Trus satu lagi, saya kan abis ngerautin pensil-pensil make up. Mendadak pas ngeraut pensil alis saya ingat dulu pernah mau beli eyebrow kit. Nah loh belum jadi kan hingga sekarang. Bodo amat lah >.<.

Link

Bulan ini sedang demam isu hujan. Dari bulan-bulan kemudian juga sih sebenarnya. Waktu kecil, hujan itu menunjukan bakal ada genangan yang sanggup digunakan main-main bahtera dari koran. Sekarang, hujan itu kenangan. Supaya nggak hanyut kebawa genangan kenangan, saya sibuk-sibukin diri ngurus kuku aja. Maunya nail art minion, tapi berhubung cuaca lagi nggak bagus buat ngelayap ke stand-nya, mending nggak jadi aja. Sebagai ganti, saya manicure sendiri di rumah - sekalian tujuannya ngirit duit. Yang paling terlihat alami...French Manicure ajah. Enggak tahu French Manicure kayak apa? Kalau saya nggak keliru pengertian, French Manicure tuh menghias kuku dengan warna alami; beige atau pink muda - atau bening untuk kuku dengan ujung putih bersih. Kenapa namanya French Manicure? Mungkin penemunya orang Prancis. Entahlah -_-.

Sudah sebulan ini - mungkin lebih - saya berusaha manjangin kuku. Dan miara kuku panjang itu nggak semudah miara kumis kucing gengs. Antara saya susah garuk-garuk alasannya yaitu takut kulit kecuik, susah ngetik di keyboard karena kuku suka menghalangi tombol yang mau saya tekan, susah nyuci alasannya yaitu takut kuku somplak, susah makan pake tangan alasannya yaitu nanti sisa masakan pada nyelip di kuku, susah basuh tangan dengan cepat alasannya yaitu harus bersihin kuku juga, susah ngupil, susah cebok, dan entah apalagi susah-susah yang lain. Dulu pas saya SMP-SMA padahal hobi banget miara kuku panjang dan nggak ngeluh lho, kok kini jadi banyak kesukaran. Tadinya rencananya abis misi minion terealisasi saya bakal potong kuku jadi pendek lagi. Tapi alasannya yaitu bulan ini kayaknya misi itu hanya angan-angan belaka, yaudah ah saya potong kuku agak pendek. Soalnya udah kepanjangan inii... French Manicure-nya enggak perlu kuku terlalu panjang deh.

Saya mulai aja ke langkah-langkah French Manicure ala Princess. Perlu diingat ini cara yang saya karang sendiri :'D, dan enggak ada teknik bakunya. Jadii...ya lihat aja!

Kita siapkan dulu alat dan materi yang diharapkan :

Saya lagi gonta ganti aplikasi watermark, jadi kesudahannya suka beda-beda.
  • Baskom air hangat, sori sori ini enggak saya foto alasannya yaitu saya ogah ngangkutin air ke kamar takut tumpah.
  • Scrub, di sini saya pakai Mustika Ratu Zaitun Body Scrub alasannya yaitu cuma punya itu.
  • Sikat kuku.
  • Handuk/tisu kering, sorry nggak kefoto juga akhir lupa.
  • Lotion, ini bebas aja, kalau punya hand cream lebih bagus. Kalau saya pakainya Mustika Ratu Body Butter.
  • Gunting kuku, kikir kuku, dan gunting kutikula.
  • Base Coat (aslinya saya nggak punya jadi saya ganti pakai nail polish bening), di sini saya pakai Pokari.
  • Nail Polish (saya cuma siapin warna putih, kalau punya boleh juga ambil warna beige atau pink muda), dari Pokari juga.
  • Top Coat PIXY.
  • Nail Polish Remover, saya pakai dari Evelyn ini mbuh brand opo dan udah agak kering jadi kurang maksimal ngebersihin tapi ya nggak pa pa lah ikut difoto :P.
*nail polish/nail enamel/kutex buat saya sama aja istilahnya

Sekarang, kita masuk ke step by step manicure-nya ^_^ :

1. Rendam tangan hingga pergelangan di bejana air hangat supaya rileks. Lakukan scrubbing untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kemudian bilas dengan air higienis - pakai air hangat tadi juga nggak pa pa. Sambil dibilas ini, sikat pecahan kuku biar tidak ada sisa scrub yang menempel. Selanjutnya keringkan dengan handuk/tisu. Sorry di fotonya saya enggak sertakan bejana sama handuknya :P.

2. Selanjutnya, pijat tangan dengan butter agar kulit halus, lembut, dan kutikula jadi lebih lunak. Kutikula tuh pecahan kulit yang menebal di bawah kuku itu lho. Rendaman air hangat di atas tadi dan pijatan juga membantu peredaran darah di tangan lebih lancar. Pas nih untuk tangan yang lelah semacam saya yang kebanyakan ngetik.

3. Bentuk kuku dengan gunting kuku, boleh dipotong mengikuti bentuk orisinil kuku, boleh oval, boleh juga square. Kalau saya lebih suka bentuk kotak. Jangan dibuat lancip-lancip nanti kayak ceker ayam :O. Setelah itu haluskan dengan kikir. Di sini saya punya dua kikir, yang pink panjang itu lebih kasar kalau yang bentuk bunga bermotif smile lebih halus. Habis itu, gunting kutikula dengan perlahan dan hati-hati biar jari tidak terluka. Perih coy *sudah cukup hatiku saja yang terluka berulang kali*. Gunting kutikulanya yang bertangkai pink itu, di ujungnya ada semacam besi stainless yang ujungnya belah dua *kayak rambut generasi 90'an*. Di tengah belahannya itu terdapat pecahan yang tajam. Cara pakainya cukup dorong gunting mengikuti bentuk tepian kuku hingga kutikulanya terikut di pecahan yang tajam tadi. Setelah beres, lap tangan dengan tisu supaya bersih.

4. Hasilnya kayak gini nih bentuk kuku saya... Kotaknya rada abreviasi sih alasannya yaitu terlalu bersemangat ngikir >.<. Ini tangan kiri, yang kanan bentuknya lebih kurang estetik dibanding yang kiri, hahaha. Kayaknya saya harus berguru dominanin kedua tangan dalam segala fungsi.

5. Ulaskan base coat secara merata, tunggu kering (sekali lagi, di sini saya pakainya nail polish bening).

6. Berikutnya, kalau punya pakailah nail polish warna beige atau pink muda sebagai dasar. Kedua warna ini yang paling mendekati warna orisinil kuku yang sehat. Tapi kalau warna kuku kau sudah bagus ya enggak udah. *kayak saya #alibi* Kuku orisinil saya yang udah dilapisi nail polish bening kayak gini nih...

7. Ulaskan nail polish putih di ujung kuku. Seulas dulu, tunggu kering gres kalau dirasa warnanya kurang intens sanggup diulangi. Jangan eksklusif tumpuk selagi lembap untuk menghindari nail polish-nya menggumpal. Ngelukis ujung kuku ini gampang-gampang susah sih bagi yang belum terbiasa. Untuk mempermudah dalam membentuk garis yang rapi di ujung kuku, sanggup pakai santunan selotip/kertas sticker yang ditempel pada pecahan kuku yang tidak perlu diwarna putih. Gunting dulu selotip/kertas sticker-nya sesuai bentuk ujung kuku orisinil kau gres ditempel. Saya sih enggak pakai selotip/kertas sticker karena nggak punya, hahaha. Kaprikornus eksklusif aja oles nail polish-nya. Mudah-mudahan rapi ya. Tipsnya : letakkan tangan yang di-manicure di atas ganjal dan pastikan tangan satunya punya acuan yang kuat dan nyaman biar tidak tremor. Kadang kan jari jemari suka gemetar sendiri gitu. Biasanya nih, hasil yang lebih bagus akan ditemui pada tangan non-dominan. Yak saya secara umum dikuasai ajun walaupun otak kanan lebih dominan. Kalau nggak salah baca, otak kanan itu justru yang mengatur anggota badan pecahan kiri ya? Makanya orang kreatif kebanyakan kidal.

8. Setelah nail polish putih kering, lapisi dengan base coat. Psst, untuk mengeringkan nail polish dengan cepat, kau sanggup gunakan hair dryer loh. Atur panasnya minimum aja yaa supaya tangan nggak kepanasan. Lapisan base coat ini berfungsi untuk melindungi warna nail polish dan biar hasil manicure-nya lebih awet.

9. Langkah terakhir, bersihkan pecahan warna yang kurang rapi di jari dengan nail polish remover. Kalau pas nggak punya yaudah nggak usah. Tunggu aja pas mandi nanti akan hilang sendiri kok warna-warna yang mbleber hingga ke jari. Remover yang saya punya ini semacam tisu yang dibasah aceton. Belum jadi beli nail polish remover SILKYGIRL sihh.

10. Ulangi langkah yang sama untuk jari tangan satunya. Jari kaki sekalian juga boleh, sekalian pedicure.

Selesai deh! Praktis kan? Selamat mencoba :).

Manicure seperti ini tuh bagus buat me-relax-kan jari jemari yang lelah. Kalau lagi stress gitu kayaknya menyenangkan juga menghias kuku, tidak mengecewakan sanggup meredam otak yang kacau. Tapi ini berlaku bagi yang suka sih... Kalau yang nggak suka sama urusan estetika kuku ya bakal tambah stress. Kalau saya termasuk tipe insan centil, jadi acara kayak gini nih ampuuh banget umtuk menghibur hati yang luka. Mempercantik diri itu nggak melulu buat orang lain, tapi untuk kebahagiaan batin diri sendiri juga.

Yang nggak lagi stress, manicure tuh bakal lebih asik untuk menghabiskan waktu. Misalnya pas kau rileks nih, banyak waktu luang, santai, nggak banyak utang pikiran, memanjakan diri ibarat ini bakal menyenangkan banget! Kalau yang nggak sanggup manicure sendiri? Tenang... Kamu sanggup tiba ke salon-salon kuku - atau tiba ke Princess sini :P - untuk mendapat treatment manicure yang kau inginkan.

Ngomong-ngomong, saya pernah baca "cewek bagus itu sanggup dilihat dari jari kakinya, kalau terawat niscaya pecahan lain semua dirawat juga". Keren quotes ini!

Update 07 November 2016 :
Kalau pas lagi males ngutexin kuku pake warna putih gini, ada cara yang lebih gampang; pakai eyeliner putih di ujung kuku sebelah dalam. Secara instant bikin warna ujung kuku jadi putih tanpa berlama-lama. Cuma cara ini nggak tahan usang kalau kau hobby makan pakai tangan. Trus cara ini juga kurang cocok buat kau yang nggak suka kotor, ya kan berasa jorok ada bekas pensil di balik kuku. Ini tips buat yang lagi urgent butuh kuku tampak bagus dari luar ;)!
Share This :
Johan Andin