MASIGNCLEAN101

Keracunan Susu Basi

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf jikalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Link

Kemarin saya lagi sakit. Gara-gara apa? Keracunan susu busuk coy. Tapi sebetulnya sebelum keracunan itu tubuh emang udah dalam kondisi rada drop sih. Ceritanya dari Rabu sore saya kehujanan Jogja-Solo dan masih harus begadang tiap malem hingga malam Sabtu sebab banyak kiprah minta diselesaiin. Sabtu paginya, saya minum es buah depan kampus yang muanis sukrosa - awalnya elok belakangnya pahit di tenggorokan kayak cinta mantan yang telah usai. Habis minum es buah itu, udah berasa tuh tenggorokan sakit kalo dipake nelen. Alamat bakal radang nih, gitu pikir saya waktu itu tapi masih ngelanjutin kuliah hingga sore sebab memang jadwalnya gitu. Selesai kuliah, tulang-tulang dan persendian mulai terasa nyeri sebab saya keseringan gendong tas beras berisi laptop dan bahan-bahan kuliah. Sorenya - dengan tubuh pegal linu - saya pulang ke Jogja, nah di separo jalan mulai kerasa kepala nyut-nyutan, tenggorokan makin sakit kalau nelen ludah, dan tubuh demam. Akibat gejala-gejala tersebut saya jadi nggak konsen di jalan. Pulang ke rumah sendiri aja pake nyasar dulu -_-'. Untung masih kuat dan dapat hingga dengan selamat.

Sampai rumah, beberes, mandi dan istirahat, tubuh saya udah enakan. Habis makan juga sakit-sakit yang tadi sudah reda. Malamnya di rumah, saya minum susu UHT kemasan kecil tapi berasa udah kenyang jadi nggak saya habisin. Saya simpanlah itu susu di kulkas dalam kondisi sudah terbuka kemasannya. Paginya, sebab haus saya comot lagi si susu semalam dari kulkas. Saya pikir masih aman, toh gres semalam ini. Saya cium-cium, enggak ada aroma mencurigakan. Segalanya terlihat normal. Badan juga terasa tidak ada tanda-tanda bakal sakit lagi. Jadilah saya minum aja itu susu. Rasanya normal-normal aja. Habis diminum juga nggak ada reaksi dari tubuh yang nggak enak.

Siangnya, habis makan siang saya makan mangga setengah mentah. Di depan rumah memang numbuh pohon mangga yang tiap musimnya berbuah dan bulan ini gres mulai musimnya. Beberapa mangga pada jatoh sebab mungkin masak di pohon atau kena angin. Nah ada mangga yang udah separo mateng dan wanginya menarik hati jadi saya makan aja. Ternyata itu belum seluruhnya mateng, masih agak mengkal gitu. Tapi elok juga kok jadi saya habiskan satu mangga. Ibuk saya juga makan sedikit.

Habis makan mangga, nggak hingga 15 menit perut mulai terasa sakit. Mules nggak karuan dan balasannya saya diare. Saya pikir gara-gara mangga nih. Habis diare itu perut udah membaik dan hari berjalan menyerupai biasa. Malamnya saya makan malam. Makan malam hari itu cuma habis setengah sebab lambung rasanya udah penuh aja. Khawatir kurang porsi makan kurang jadi saya tambahin minum susu. Ya, saya memang penggemar susu sebab sedang kegiatan penggemukan badan. Kali ini susu kental elok sachet yang diseduh sendiri. Habis itu sikat gigi dan tidur tanpa hambatan.

Dini hari sekitar jam 2 atau 3an, saya kebangun. Perut rasanya kembung, lambung terasa penuh, dan mual-mual. Saya heran kan kenapa, saya pikir apa masuk angin gara-gara kedinginan? Tapi kan saya tidur selimutan tebel dan lagi nggak hujan di luar jadi nggak seberapa dingin. Saya coba dingin dan tidur lagi. Paginya bangun, makin mual dan ditambah kepala pusing. Badan panas tapi sayanya merasa dingin. Nggak kuat bangun, kalau bangkit dari daerah tidur berasa nggliyeng dan mau muntah. Nggak berani mandi sebab takut ambruk. Mau makan juga nggak nafsu sebab mual. Habis itu diare lagi 2 kali. Jalan ke kamar mandi berasa sambil sempoyongan sebab mual dan kepala pusing. Setelah itu muntah-muntah. Makanan semalem balik keluar semua. Perih rasanya tenggorokan.

Habis muntah itu kepala terasa agak enteng, udah nggak pusing lagi. Mualnya juga berangsur menghilang. Mungkin sebab penyebab sakit di dalam tubuh udah keluar. Tapi tubuh jadi lemes. Sepertinya sebab banyak cairan yang dikeluarkan. Habis kepala udah nggak pusing itu, balasannya saya berani mandi. Habis mandi tidur lagi. Soalnya tubuh masih lemes. Mau makan khawatir muntah, jadi seharian saya nggak makan. Minum air putih doang beberapa teguk biar nggak dehidrasi. Saya belum mikir itu sakit kenapa. Sambil berusaha tidur saya mengingat-ingat apa saja yang sudah masuk ke verbal sebelum sakit itu. Saya masih mikir mungkin sebab makan mangga makanya saya diare dan mual muntah sebab mulainya pas habis makan mangga itu. Tapi ibuk saya juga makan mangga dan baik-baik saja. Lagipula si mangga higienis dan kalaupun kurang mateng tepat tapi ia bukan mentah juga. Sebelumnya saya juga pernah makan mangga semacam itu dan tetap sehat.

Lalu terpikirlah si susu. Saya kan minum susu dua kali tuh, susu UHT dan susu kental manis. Susu kental elok saya cek rentengan kemasan sachet-nya, expired-nya masih lama. Lalu susu UHT, belum kadaluwarsa tapi kan saya minum dua kali di hari yang berbeda. Kalo nggak salah, susu UHT itu sebaiknya dihabiskan di hari yang sama sesudah dibuka. Nah saya, udah dibuka disimpen semalaman diminum lagi. Bisa jadi susunya sudah tercemar bakteri. Lagian saya baca-baca di internet, tanda-tanda yang saya alami persis tanda-tanda keracunan susu basi. Yasudahlah saya simpulkan saya kayaknya keracunan susu basi.

Sorenya saya laper tapi masih takut makan. Ada mangga mateng di meja. Saya takut sakit lagi kalo makan tapi penasaran, coba kalo makan sedikit bakal diare lagi nggak. Saya makanlah beberapa slice. Aman-aman aja tuh. Makin kuat hipotesis saya kalau saya keracunan susu busuk dan bukan sebab mangga kemarin. Malamnya, saya berusaha makan sebab takut hipoglikemia. Makan juga bisanya dibanyakin nelen nasinya doang sebab kalo pake lauk - yang berbumbu - takut memicu mual lagi. Malam itu saya nggak berani minum susu. Berasa rada trauma gitu.

Pagi tadi, semua sudah membaik. Mual muntah nggak ada, Perut nggak sakit lagi dan kepala sudah nggak pusing. Bangun-bangun terasa lapar. Mungkin sebab kemarin seharian saya kurang makan. Akhirnya pagi tadi makan sepuasnya, minum susu juga dan alhamdulilah aman-aman saja. Siangnya saya baca-baca sejumlah artikel lagi soal pengalaman orang-orang yang pernah keracunan susu basi. Macem-macem ceritanya tapi seluruhnya punya tanda-tanda yang kurang lebih sama; muntah dan diare. Ada yang hingga super parah dan mesti rawat inap beberapa hari. Untung saya nggak hingga parah dan harus diopname ke rumah sakit segala.

Pertolongan pertama pada keracunan kayaknya yaitu segera men-detox racunnya keluar. Caranya saya nggak tahu, hehehe. Saya amatir soal keracunan kayak gini. Satu-satunya pengalaman saya berkaitan dengan keracunan yaitu ngelihat kucingnya ibu bidan daerah saya praktek jaman habis kuliah D3 dulu - iya saya bidan, nggak percaya ya? - muntah-muntah cumi yang habis ia makan. Sepertinya ia keracunan.

Muntah dan diare gotong royong yaitu prosedur alami tubuh untuk mengeluarkan racun. Ada yang bilang kalau minum air kelapa muda juga membantu. Tapi kalau ada yang mengalami tanda-tanda keracunan, baiknya eksklusif ke pelayanan kesehatan aja deh biar lebih niscaya penanganannya. Saya kok nggak ke yankes? Soalnya habis muntah kemarin kondisi tubuh sudah membaik.

Tahu nggak? Hal paling menyenangkan dari keracunan kemarin? Gebetan nanyain kabar saya :D. Padahal saya nggak ngabarin kalau saya sakit lho. Nggak update status di sosial media manapun perihal saya keracunan juga. Nggak tahu kenapa tiba-tiba ditanya - feeling kali. Aih saya norak nulis ini kayak sampaumur alay.

Gara-gara keracunan, dari kemarin saya jadi banyak istirahat aja di kamar. Mau blogging rasanya belum kuat mikir banyak - untung malam ini udah sehat. Saya juga jadi kelewatan jadwal scrubbing, peeling, dan maskeran. Haduu ini kan jadwal perawatan mingguan, kapan mau sempat dirapel? Kemarin bahkan habis mandi saya nggak sempet pake skin care apapun sebab keburu lemes pingin istirahat. Untung kulit nggak pada protes.

Saya nggak jadi kapok kok beli susu UHT. Saya tetap cinta susu. Hidup susu! Tapi pastinya ke depan saya akan lebih berhati-hati dan nggak akan minum susu yang sudah dibuka kemasannya lebih dari sehari *atau semalam* lagi. Keracunan susu busuk ini cukup sekali saja dalam hidup dan jangan teulang lagi. Ini keracunan pertama dan terakhir aja. Kapok!
Share This :
Johan Andin