MASIGNCLEAN101

Review : Fair & Lovely Multi Vitamin

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]


Sekarang ini, MOS buat anak sekolah dihentikan alasannya yakni berpotensi menjadikan kejadian bully-mem-bully. Tahu nggak sih, kadang bully-an juga sanggup muncul di sosmed. Saya ini misalnya, kadang nulis sesuatu di sosial media yang berbau sanggup menyinggung perasaan pihak lain. Saya jadi khawatir kalau contohnya nggak sengaja menulis review di blog ini dan membicarakan kekurangan suatu produk kemudian disangka mem-bully produknya. Hiiy. Nggak gitu lho ya, me-review kan harus objektif. Kalau ada yang nggak manis masa saya harus membohongi publik dengan bilang bagus. Memang manis nggak manis relatif sih, tergantung dari sudut pandang siapa yang menilainya. Kaprikornus kalau pernah ada goresan pena di blog ini yang bernada anarkis menilai sesuatu, maapin Incess yak... *pasangmukamemelas*

Kali ini saya mau nulis perihal produk perawatan kulit gres saya. Fair & Lovely Multi Vitamin. Ini brand drugstore dan praktis ditemui di swalayan, minimarket, supermarket, dan lain sebagainya di sekitar kita. Saya pakai Fair & Lovely Multi Vitamin ini sudah sekitar 2 mingguan. Sengaja gres saya tulis review-nya kini biar saya sudah sanggup melihat efek pemakaiannya. Kalau gres beli - nyobain sekali - pribadi di-review, kan belum tahu tuh akhirnya di kulit. Ini yang dulu kayaknya sering saya lakukan, hehehe. Eh, saya pernah ng-review Wardah Lightening Series tapi lupa itu saya sertakan efek atau hasil pemakaiannya nggak ya? Kayaknya saya sertakan tapi nggak detail *saya lupa pas nulis review itu sudah penggunaan berapa lama*. Mulai kini saya kalau nulis review skin care - atau apapun - saya usahakan detail deh.

Fair & Lovely Multi Vitamin tersedia dalam beberapa ukuran kemasan. Saya beli yang kemasan 25 gram. Harganya 16.500 rupiah. Kemasan luarnya dibungkus oleh kotak putih dengan beberapa ilustrasi dan goresan pena bernuansa pink. Di kotaknya sudah tertulis seluruh klarifikasi mengenai si produk. Penjelasannya mencakup ingredients, manfaat, petunjuk penggunaan, dan lain sebagainya. Bahkan tersedia pengukur kecerahan warna wajah. Fair & Lovely Multi Vitamin ini mengklaim dirinya sebagai bukan sekedar krim, tapi perawatan harian pencerah wajah. Kalau di iklan terlihat meyakinkan ya? Kita buktikan saja nanti apakah klaim yang digembar-gemborkan itu seheboh kenyataannya.



Kalau baca ingredients-nya, saya agak kurang paham mengenai manfaat bahan-bahan di dalam produk ini. Saya sempat bertanya-tanya lho, kenapa ada tagline ABCD di belakang nama Fair & Lovely Multi Vitamin? Apakah isinya vitamin ABCD? Agak heran juga kalau vitamin buat kesehatan mata dan tulang ditemplokin ke kulit. Apakah nanti akhirnya akan menciptakan kulit sekuat tulang? Kalau lihat iklannya sih - kalau nggak salah ingat - A itu untuk Allantoin, B untuk vitamin B3, C mungkin vitamin juga, dan D itu Dipakai setiap hari. Yaah kurang lebih begitulah.



Setelah dibuka kotaknya, kita akan menjumpai tube kecil dan agak pipih sehingga agak ringkih diberdirikan berwarna lebih banyak didominasi putih dengan ilustrasi dan tutup pink.



Di pecahan bawah kotak terdapat tanggal kadaluwarsa produk. Pas difoto kurang terperinci kelihatan nih...

EXP 140618, itu tanggal kadaluwarsanya
Ukuran tube-nya kecil, ringan lagi. Ya iyalah, cuma 25 gram doang ini. Lumayan tinggi sih tube-nya tapi terlalu ramping. Kaya tubuh saya kalo kurang makan, ehm. Eh nggak ding, saya udah gemukan sekarang.

Di tubuh tube-nya ditulis beberapa keterangan yang sanggup dibaca di kotaknya juga tadi. Tube Fair & Lovely Multi Vitamin ini tutupnya ulir. Pas diputar biar membuka, kita akan mendapati ujung lisan botolnya memanjang. Ini akan meminimalisir produk tumpah-tumpah ke pecahan dalam tutup.


Untuk mengeluarkan isi produk, cukup tekan tubuh tube-nya. Fair & Lovely Multi Vitamin mempunyai tekstur yang nggak terlalu cair. Saya mau bilang kental tapi nggak juga. Gimana ya? Tekturnya ringan tapi nggak encer. Kalau dilihat dari teksturnya, produk ini berbahan dasar air - memang iya sih, cek aja ingredients-nya. Kalau tekstur yang kental biasanya berbahan dasar minyak. Warnanya putih silver. Ada aroma wangi samar tapi saya resah menjelaskan aromanya. Nggak tajam kok, dan akan hilang sehabis dioles. Produk ini praktis diratakan. Langsung menyerap gitu rasanya, jadi agak boros sih berdasarkan saya alasannya yakni nggak sanggup digunakan dikit-dikit untuk area yang luas. Waktu diratakan di kulit wajah, akhirnya matte. Nggak ada rasa berminyak di awal sehabis pemakaian. Tapi alasannya yakni matte ini saya merasa kulit wajah jadi kurang lembap. Karena ini, untuk saya Fair & Lovely Multi Vitamin kurang cocok digunakan pas sebelum make up. Soalnya alasannya yakni matte, make up yang ditempel setelahnya akan jadi seret diratakan. Kaprikornus kalau mau make up langsung, sehabis penggunaan Fair & Lovely Multi Vitamin baiknya dilapisi dulu dengan primer atau base make up tersendiri.

Setelah pemakaian, nggak ada efek instan pribadi cerah. Habis pakai memang kulit jadi nggak berminyak - alasannya yakni matte tadi - jadi nggak kumus-kumus, tapi nggak jadi cerah bersinar gitu. Matte-nya instan, tapi nggak bertahan cukup lama. Paling sekitar 30 menit hingga 1 jam kemudian kulit saya (aslinya berminyak) kembali berminyak. Produk ini nggak mengandung SPF, jadi membutuhkan sunscreen terpisah - bagi yang mau. Saya rutin pakai ini 2 kali sehari sesuai petunjuk penggunaannya. Saya pakai pagi dan sore. Setelah 2 mingguan pemakaian, hingga hari ini nggak ada efek signifikan yang saya rasakan. Kulit memang nggak break out sih - rasanya jarang produk drugstore yang menjadikan break out - jadi aman. Produk ini belum menghilangkan noda hitam atau warna kulit tidak merata sehabis saya lepas skin care terdahulu. Wajah saya juga masih kusam. Kulit juga nggak tambah lembap, di beberapa area kalau siang bahkan ngelupas-ngelupas. Ini kayaknya masih efek dari stop skin care yang lalu. Tapi Fair & Lovely Multi Vitamin belum berhasil memperbaikinya. Mungkin karena Fair & Lovely Multi Vitamin ini bukan montir. Untungnya kulit saya nggak jadi berjerawat. Kaprikornus Fair & Lovely Multi Vitamin masih sanggup digunakan lah. Untuk selanjutnya saya nggak akan repurchase lagi kayaknya, tapi yang ini akan saya habiskan. Setelah habis saya akan pindah skin care lain lagi.

Saat ini, saya pakai Fair & Lovely Multi Vitamin sebagai day cream. Dipakai setiap pagi dan sore hari. Untuk malamnya saya pakai night cream dari Wardah. Review-nya menyusul yaa...

Secara keseluruhan, berdasarkan saya pribadi Fair & Lovely Multi Vitamin ini cocok direkomendasikan untuk teman-teman yang kulitnya tidak bermasalah. Kulit normal tanpa bisul dan tidak butuh perawatan khusus, nah cocok pakai ini. Soalnya berdasarkan saya Fair & Lovely Multi Vitamin lebih cocok buat maintenance ketimbang memperbaiki.


Notes :
+ harga terjangkau
+ praktis dibeli
+ nggak bikin break out
- efek mencerahkannya kurang terlihat
Share This :
Johan Andin