MASIGNCLEAN101

Pengalaman Pakai Krim Gaje Dan Make Up Kw

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf bila kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Sekarang nggak cuma cinta aja yang palsu, skin care dan make up juga bisa...
Link

Saya sempet pernah ngomongin dikit soal imbas ketergantungan skin care *spesifiknya krim*. Biar jelas, hari ini saya update aja ya ceritanya dengan versi anutan terkini saya. Soalnya belakangan saya lagi gamang antara istilah ketergantungan sama rebound. Itu dua makna yang berbeda lho. Artinya?

Makara saya pernah baca di suatu lembaga diskusi. Ada si fulan yang tadinya kulitnya 'hanya' kusam kemudian pakai krim anu dan jadi kinclong. Lalu sehabis dilarang kulitnya malah merah, berjerawat, balik kusam, dan lain masalah. Harus balik pakai krim anu tadi untuk meredam kulitnya. Apa itu yang dinamakan ketergantungan krim? Saya sebenernya agak rancu pakai istilah ketergantungan, membingungkan gitu. Kayaknya ketergantungan merujuk pada sikap kecanduan. Saya bahkan nggak yakin ada istilah ketergantungan dalam dunia skin care. Tapi yasudahlah, banyak orang menyebutnya ketergantungan, saya setujuin aja karena saya sukanya ikut lebih banyak didominasi - btw ini nggak sepenuhnya tepat. Ini beda sama imbas rebound.

Apa itu imbas rebound? Kalau berdasarkan saya gini; suatu ketika contohnya saya berkulit kusam kemudian pakai skin care anu dan jadi bagus kemudian sehabis lepas balik kusam, itulah yang dinamakan imbas rebound. Artinya ya jadi kulit kembali ke kondisi awalnya sehabis nggak dikasih masukan produk skin care. Ini saya pikir masuk akal sih. Soalnya misal kulit kusam kemudian di-peeling dan masker sehingga agak segeran pun kalau stop sama sekali nggak pernah kena peeling dan masker niscaya tetep kusam juga. Ya emang gitu awalnya. Makara kalau mau kulit segar dan cerah terus ya rawatlah.

Kenapa sanggup ada imbas ketergantungan dari suatu skin care - contohnya krim? Menurut yang pernah saya baca kira-kira begini. Kulit sebenernya enggak butuh materi tertentu tapi dikasih, jadi lama-lama kulit merasa butuh materi tersebut. Selalu pakai. Setelah dilarang jadi tetep merasa butuh sehingga minta terus, alhasil kecanduan *serem ya bahasa saya*. Kalau rebound, ya ibarat pengertiannya tadi. Kulit emang butuh dirawat. Ketika nggak dirawat jadilah beliau kembali ke kondisi semula yang orisinil bawaan lahir tanpa kontaminasi apa-apa.

Biasanya, produk skin care yang katanya bikin ketergantungan tuh kandungannya nggak aman, berbahaya, dan komposisinya nggak jelas. Tapi saya pernah baca juga soal yang pakai krim anu kemudian sehabis stop mukanya rusak, dipakaiin krim anu lagi udah resisten nggak ngefek lagi. Itu bukan ketergantungan atau rebound menurut saya. Tapi itu kayak protes kulitnya untuk menanggapi zat-zat yang semula dimasukin via krim kemudian merusak kulit. Istilahin aja break out. Kalau ini kayaknya stop nggak stop tetep akan muncul juga efeknya, cuma mungkin kaget kalau eksklusif lepas jadi lebih cepat terlihat break out-nya.

Ngomongin krim, saya ini udah banyak kali mencoba banyak sekali jenis krim dari pelbagai merk. (Kenapa ngomongin krim sih? Soalnya yang belakangan paling trending di kalangan per-skin care-an itu ya krim). Ada yang terang ada yang gaje juga. Sekarang sih udah kapok ngga mau lagi beli dan pakai krim gajelas. Iya kalau bejo sanggup aja kulitnya bagus sesaat, tapi saya pernah tuh pakai krim gaje dan nggak bagusin kulit. Terus nyetopnya juga ngeri, habis itu break out jerawat bruntusan dan komedo bertaburan. Ngilanginnya? Banyak-banyak sabar, jaga kebersihan kulit, dan pakai skin care yang terang secara telaten.

Jadi, buat yang sedang berusaha mengatasi break out pasca lepas skin care tertentu, sabar-sabarlah ya.

Saya mau throwback ah ke masa awal saya kuliah kebidanan. Kayaknya dongeng ini belum saya angkat. Waktu itu umur saya gres 19 tahun *huehehe pernah muda kan saya* dan masih culun dalam per-skin care-an. Make up pun masih agak badut ketika itu berdasarkan saya ketika ini. Soalnya itu jaman saya demen makek ganjal bedak tebal plus TWC dan lipen beleberan gegara nggak presisi makenya. Nah di masa itu juga saya masih awam dalam menentukan skin care. Salah satu bukti keawaman saya ialah ketika saya mendapatkan proposal seorang sobat untuk membeli produk jualannya; sepaket krim A-Dha *bodo amatlah nggak disensor, tapi maaf yaa kalau menyinggung pihak-pihak tertentu*. Tulisan ini bukan dimaksudkan untuk menyinggung produsen krim tersebut kok, ini semata-mata pengalaman saya aja selama menggunakan produknya.

Sebenarnya sebelum A-Dha, saya pernah sekali terpengaruhi bujuk rayu tukang obat abal-abal di depan salah satu swalayan besar yang di dalm jualannya terdapat sepaket krim juga. Waktu itu saya masih kelas 1 SMA. Saya lupa detail belinya gimana dulu, pokoknya saya beli, bawa pulang dan pakai. Paketnya sendiri seharga Rp. 70.000 berisi satu sabun batang kecil - keliatannya berasal dari batangan besar yang diiris minimalis biar sanggup dibagi ke banyak paket - beserta dua pot krim. Krim paginya berupa gabungan coklat kental yang agak keras, mirip-mirip ganjal bedak dipadatin. Konon berdasarkan penjualnya ini krim anti acne. Bodohnya saya percaya. Sekarang kalau saya pikir ulang, ganjal bedak kan nutupin pori, itu justru mengundang bisul dan bukan membersihkannya. Krim malamnya kalo nggak salah putih. Saya lupa pakai berapa usang dan hingga habis nggak tapi pokoknya sehabis pakai itu bahkan hingga berhenti, saya memulai fase bruntusan. Lalu dimulailah saya jerawatan - tapi mungkin juga jerawatannya ini selain gegara krim gaje juga lantaran faktor lain semisal hormonal. Itu pengalaman pertama saya break out oleh krim gaje. Sebelumnya, saya pernah kena bruntusan juga, tapi bukan disebabkan oleh krim gaje melainkan mungkin kurang telaten bersihin muka. Dan skin care saya sebelum masa itu bukan brand abal-abal kok, ya berkisar seputaran Pond's dan mungkin brand sejenisnya.

Nah balik ke A-Dha. Singkat dongeng saya beli sepaket. Isinya sabun, krim pagi dan krim malam. Saya sungguh lupa warnanya. Saya pakai berapa usang juga saya lupa. Habis paket itu saya hentikan, mulailah teror break out krim gaje kedua.

Mengapa A-Dha saya sebut krim gaje? Soalnya merknya terdengar asing di pendengaran saya. Belum pernah diiklanin di tivi. Saya waktu itu nggak ngecek apakah krim ini mencantumkan nomor BPOM apa enggak, tapi kan nomor BPOM sanggup dipalsukan dan yang nggak ngecek eksklusif sanggup aja tertipu. Kemudian saya juga nggak ngecek pabrik pembuatnya PT apa dan di mana lokasinya. Lalu belum usang ini saya melanglang ke sebuah blog yang membahas soal krim-krim gaje, dan A-Dha salah satu yang disebutnya. Sejumlah temen saya yang pernah khilaf pakai juga nyebutin hal yang sama. Makara pokoknya bagi saya, krim yang produksinya entah di mana, promosinya nggak lewat media terpercaya, nggak punya tubuh perjuangan (semisal klinik estetika terdaftar), nggak terang ijin BPOM-nya, mengklaim bila krimnya abnormal satu krim berjuga manfaat, biasanya berkedok krim herbal, dan (biasanya) mencantumkan tambahan krim dokter, itu masuk kategori krim gaje bagi saya. Siapa tahu itu krim kiloan dari terigu dan mentega ditambah sejumlah materi logam berbahaya. Hiiy, ngeri kan kali ditemplokin ke muka? Entah kok saya dulu pernah kurang berilmu memakainya.

Pasca pemakaian krim A-Dha dan sehabis berhenti, saya bruntusan parah sampe ditutup make up aja tetap terlihat. Ditambah scar sisa jerawatan masa remaja, haduh jadi bergeronjallah muka saya T_T. Males saya mengingat masa itu. Mana saya pede banget pula waktu itu nggebet pemuda sana sini dengan muka amburadul begitu. Anehnya yang naksir saya banyak dulu -_-, apakah mereka rabun?

A-Dha dulu saya beli mulanya lantaran ingin putih mulus bebas jerawat. Penjualnya yang merupakan sobat kuliah saya promosinya bertubi-tubi. Pokoknya beliau ngomong sampe berbusa-busa memamerkan kehebatan krimnya - yang kini saya tahu itu bualan belaka. Dia pakai juga. Memang sih kulitnya putih, tapi nggak mulus. Terus kalau saya perhatiin, putihnya pucat plus keabu-abuan. Lha itu muka apa tembok aus?

Menurut saya, nggak ada tuh krim bener yang satu produk aja sanggup mengatasi banyak sekali duduk masalah kulit. Misalnya sanggup bikin putih, kinclong, bebas bisul dan noda, ngecilin pori, bikin muka matte, bikin jadi gubernur, dan lain sebagainya. Kalo krim terang ya, contohnya saya ambil pola produk dalam negeri: Mustika Ratu. Mereka tetap punya banyak sekali varian untuk banyak sekali jenis kulit. Nggak satu pukul rata. Bahkan produk besar semisal dari L'oreal atau Unilever, tetap punya sub cuilan tersendiri untuk satu duduk masalah kulit. Misalnya acne problem, ada seri skin care-nya sendiri. Yang kusam ingin cerah, ada seri lightening-nya sendiri. Makara kalau ada sepaket krim abnormal yang ngaku-ngaku sanggup segalanya, jelaslah itu omong kosong wahai saudara-saudara. Mulai sekarang, yuk kita menjadi lebih pandai dengan tidak membeli produk gaje tersebut. Karena bagaimanapun juga, suatu produk tidak akan lanjut berproduksi kalau tidak ada konsumennya. Yuk jadi konsumen cerdas, dan beli serta pakailah produk bermutu. Nggak harus mahal kok, toh produk lokal kini bagus-bagus dan murah, contohnya Viva, Sariayu, Mustika Ratu, Wardah, dan sejenisnya.

Ada satu dongeng lucu dari seorang sobat saya yang jualan krim gaje dan beliau juga pakai. Ini sobat lain lagi. Dia percaya banget bila krim jualannya berbahan herbal dan sanggup bikin kulit putih dalam 7 hari. Hah??? Maksud ngana? Dipikir dengan nalar sehat mana ada produk herbal alamiah sanggup mutihin dalam waktu singkat.

Rata-rata perempuan Indonesia tuh mendambakan kulit putih. Ini dipicu oleh pandangan stereotype bahwa elok itu putih. Makanya orang jualan produk pemutih menjamur. Padahal nggak semua aman. Ya kali situ punya kulit baju, di-bayclin eksklusif putih dan bajunya bae-bae aja.

Ini foto nggak ada sangkut pautnya sama isi post, tapi saya masukin biar artikel ini nggak sepi, :'D

Saya pernah terjebak paradigma elok itu putih dan ingin putih. Sekarang? Udah nggak. Bersyukur aja. Toh kulit saya nggak keling-keling amat. Masih cukup terang. Dirawat aja biar cerah. Eh, kulit hitam juga sanggup cerah lhoo.

Selain pernah pakai krim gaje, saya juga pernah pakai make up abal-abal, hahaha. Waktu itu masih hijau soal permekapan sih jadi nggak paham kalau yang saya gunakan tuh produk abal-abal. Pas saya SD, ibuk saya beli palette Pond's. Isinya eye shadow, lipstik, dan bedak dalam satu kemasan praktis. Harganya entah tapi nggak mahal kok. Belinya di toko kelontong. Lha ini kenapa toko kelontong jualan mekap segala? Atau ibuk saya yang abnormal beli mekap di sana -_-. Saya ikutan pakai juga *gilak anak SD ganjen saya*. Belakangan gres saya tahu itu produk abal-abal. Soalnya Pond's nggak ngeluarin produk itu waktu itu. Selain Pond's, ibuk saya juga pernah beli produk Dove abal-abal. Itu skin care. Isinya sepaket, ada lulur segala. Setahu saya, Dove nggak punya produk itu di masa itu. Pas saya SMA, saya juga pernah beli eye liner dan maskara Pond's. Harganya sekitar 15 ribuan. Lagi-lagi itu abal-abal. Nggak ada Pond's nge-launching produk itu di masa itu - bahkan hingga sekarang.

Selain make up abal-abal, saya pernah beli dan pakai make up KW. Palette eye shadow yang saya beli waktu itu. Saya lupa merknya, tapi kayaknya meng-copy brand luar negeri deh. Semacam replika tapi entah KW keberapa. Saya beli waktu SMA. Isinya bermacam-macam pan eye shadow dalam satu palette berukuran kira-kira 7x13 cm *sotoy saya*. Dan tahu harganya? Cuma di bawah dua puluh ribu. Entah kisaran 7.500 atau 17.500 waktu itu. Lupa. Sadar itu KW sehabis sudah banyak baca banyak sekali artikel di blog-blog pendahulu saya. Makanya kini saya nulis ini, biar teman-teman yang belum tahu soal kosmetik gaje, abal-abal, atau KW dan replika atau katakanlah palsu juga ikut paham kayak saya :).

Jadi, stop beli produk tanpa keterangan terang ya! Belilah yang sudah niscaya terjamin kualitas baiknya. Misalnya belanja produk lokal yang punya nomor BPOM resmi. Atau kalau mau beli produk luar pastikan beli di website-nya langsung. Kalau sulit, belilah di di counter langsungnya yang ada di sentra perbelanjaan resmi. Kalau beli online? Pilihlah seller terpercaya, kan sanggup keliatan tuh dari besar kecilnya olshop juga kebertahanannya sudah berapa lama. Carilah juga testimoni netral dari bukan penjual.

Nah sekian dulu ya post saya hari ini. Semoga bermanfaat :)!
Share This :
Johan Andin