MASIGNCLEAN101

[Review] Emina Beauty Bliss Bb Cream Caramel - Complexion Makeup Ringan Nyaman!

Assalamualaikum semua! Tahu nggak kemarin saya habis ngecat rambut sendiri di rumah. Tapi kurang berhasil. Huhuhu emang beda kali ya tangan orang salon sama awam, soalnya saya ngecat perasaan udah ikutin petunjuk udah serata mungkin tetap hasilnya warna nggak semua keluar. Yasudahlah. Hari ini bukan mau bahas cat rambut dan tutorial mengecat by yourself, tapi saya mau bahas satu produk makeup nih. Belinya awal bulan ini, dan udah saya coba pakai dua kali hingga ketika goresan pena ini terbit. Ya soalnya walau saya makeup-an hampir tiap hari tapi yang digunakan banyak jadi gonta ganti. Semoga nggak dikira sombong. Kaprikornus kita mulai aja ya alasannya ialah dari tadi malah ngobrol kesana kemari saya. Yuk!


Dulu saya sempet ngumpulin aneka macam alphabet cream, bb cream salah satunya. Trus bosen dan beralih ke foundation kemudian udah nggak punya satupun alphabet cream alasannya ialah dibuang atau dikasih-kasih jawaban nggak saya pakai. Terus kini kangen deh punya lagi, jadi awal bulan ini beli. Ini adalah Emina Beauty Bliss BB Cream! Saya beli dengan harga Rp.27.200 untuk netto 20 ml. Bisa dibilang cukup murah ya? Soalnya memang Emina ini tuh sasaran pasarnya ialah dewasa usia sekolah yang terperinci belum punya penghasilan sendiri untuk beli mekap jadi dibikin produknya berharga terjangkau supaya bisa kebeli pakai uang jajan. Ya emang sih anak sekula banyak yang borju juga tapi jika ada makeup murah yang ditujukan untuk mereka nggak ada salahnya. Meskipun ditujukan buat remaja, tapi produknya Emina macam-macam baik makeup maupun skincare jadi semua kalangan bisa pakai juga. Termasuk saya yang bukan lagi kategori bocah dewasa lagi. Eumm pernah dewasa tapi dong ya. Sejak dewasa saya udah suka makeup, tapi dulu cobainnya produk-produk lain alasannya ialah jaman saya muda Emina belum ada.


Kemasannya super cute dengan kotak warna pink violet berisi tube bb cream berwarna sama. Girly dan dewasa banget desainnya, cantik! Mau buang kotaknya jadi sayang alasannya ialah manis gini. Tapi tetep udah saya buang sih soalnya menuhin kawasan jika disimpan, tentu saja sudah difoto buat review sebelumnya. Alphabet cream pada umumnya ialah skincare sekaligus makeup. Atau makeup yang mengandung skincare. Terserah. Emina Beauty Bliss BB Cream ini merupakan adonan primer, pelembap, antioksidan, dan foundation dalam satu produk untuk kulit tampak lebih lembut dan bercahaya. Saya sih nggak terlalu peduli sama klaim skincare-nya, saya fungsikan produk ini sebagai makeup saja. Ingredients lengkap bisa baca di foto. Intinya yang saya tangkap sih ini berbahan dasar air, ada materi pelembap, dan banyak polimer silikon. Saya masih mencar ilmu soal bahan-bahan penyusun kosmetik, jika nemu yang menarik googling. Kalian bisa ikutan cari informasi begini juga sendiri.


Ada tiga shade yang ditawarkan Emina. Waktu saya belanja, di konternya cuma tersedia dua warna tester itupun sudah kering hampir habis nggak bisa dipencet dari tube untuk dilihat. Saya googling kesannya untuk lihat pilihan shade. Saya beli shade Caramel, ini warna tergelap yang ada. Selain ini, ada shade Light yang paling terang dan Natural yang sedang. Light terlalu cerah. walau undertone-nya terlihat neutral sementara Natural agak nge-pink takut ashy di kulit saya. Kalau dulu jaman masih awam soal pilihan warna mungkin saya akan ambil salah satu dari dua shade tadi. Dulu tuh saya terlalu percaya diri jika berkulit putih, wkwkwk! Trus prinsip saya dahulu selalu milih produk complexion yang warnanya lebih terang dari kulit asli. Padahal kulit wajah saya lebih terang dari badan. Kalau pas makeup diterangin lagi makin keputihan belang. Trus saya dulu nggak mikir undertone atau mikir tapi salah nentuin undertone. Untung kini saya sudah lebih expert perihal pilih menentukan shade begini. Semuanya melalui proses trial and error yang nggak sedikit. Ada masanya kok saya salah warna complexion, muka putih bet kayak tembok dan nggak rata aplikasinya alasannya ialah pas dandan di indoor pakai lampu yang bikin kesan makeup udah sepakat padahal di luaran belepotan. It's all experience for learning dear.


Bb cream ini dikemas dalam tube mini yang tutupnya model flip. Bagian dalam tutupnya pribadi lisan tube, kecil jadi bisa ngontrol seberapa banyak isi yang mau dikeluarkan tapi agak rawan kotor. Saya agak OCD soal kebersihan jadi tiap makeup tuh harus selalu sambil ngadep tisu, habis pakai comot dan lap kemudian simpen lagi gitu. Bagusnya makeup saya jadi selalu dalam kondisi higienis prima tapi repotnya jika lagi dandan buru-buru jadi ribet tiap habis pakai produk bersihin dulu. Tekstur produk ini cair, jika dituang ke punggung tangan simpel ngalir tapi masih dalam taraf yang sedikit teremulsi jadi rada kental bukan padat. Shade Caramel kayak gitu warnanya, beige dengan undertone kuning. Praktis diratakan, mau pakai jari atau sponge bisa. Pertama nyoba saya ratain dengan jari aja hasilnya bagus, kedua pakai sponge juga rata meski lebih banyak produk terserap alasannya ialah teksturnya yang cair. Sedikit saran jika mau ratain pakai jari jangan diusrek-usrek supaya baby hair di wajah nggak berantakan. Diratakan pakai gerakan memutar boleh tapi habis itu tap-tap supaya rapi hasilnya.

Rasanya ringan kayak nggak pakai makeup, dipegang nggak lengket walau finish-nya dewy.  Karena mantulin cahaya jadi bikin tampilan kulit terlihat flawless. Klaim lembutnya nggak saya rasakan alasannya ialah saya nilai produk ini sebagai makeupCoverage minim sheer aja, memang bb cream tidak diciptakan untuk full coverage beb apalagi ini pangsanya untuk dewasa yang belum perlu makeup tebel-tebel. Bisa ngeratain warna kulit, tapi kurang bisa nutup noda gelap atau kantung mata. Di punggung tangan saya sehabis diratakan warnanya begini. Saya nuang cukup banyak supaya kelihatan perbandingan antara bb cream sama kulit. Shade ini sedikit lebih gelap dari warna kulit tangan saya, di wajah sudah niscaya lebih gelap juga alasannya ialah kulit wajah saya lebih terang dibanding tubuh. Tapi undertone-nya sesuai jadi masih bisa ditoleransi terlalu gelapnya, bisa saya tambahin loose powder sedikit lebih terang untuk sekalian nge-set. Dipakein blush on dan highlighter yang sempurna juga bantu banget bikin warnanya lebih masuk. Kalau memang lebih suka tampilan kulit tan juga pakai warna lebih gelap justru pas. Sedikit oxidize selang beberapa menit tapi masuk akal alasannya ialah ini produk liquid. Kalau kena udara akan mengering walau hasilnya terlihat dewy, nah ketika kering ini mata kita akan melihat warnanya lebih menggelap. Tapi nggak parah kok.


Ini ialah hasil pemakaian Emina Beauty Bliss BB Cream Caramel di wajah saya dengan sponge, pakainya satu layer saja. Sama tangan terlihat perbedaan warna tipis ya, ini complexion saya udah nggak terlampau kelihatan gelap sehabis di-set bedak. Makeup product lainnya yang saya gunakan udah di-list di Instagram, follow ya @dessyjournal. Tema fotonya saya lagi akal-akalan jadi anak SMA. Masih pantes ya? Hwahaha! Padahal saya lulus Sekolah Menengan Atas udah delapan tahun yang lalu, tertangkap berair kan kini umurnya berapa. Ngaduk-aduk simpanan seragam lama, masih tersimpan rapi. Pakaian-pakaian seragam saya dari jaman Sekolah Menengah Pertama - Sekolah Menengan Atas hingga kuliah memang masih ada, kayak semacam nyimpan nostalgia. Andai dulu waktu Sekolah Menengan Atas makeup saya udah begini niscaya saya bakal dibenci abang kelas nih, hahaha! Btw pake jilbab putih bikin muka kelihatan lebih cerah ya! Memang warna outfit tuh ngaruh apalagi jika di foto. Dulu jaman Sekolah Menengan Atas saya nggak gini dandannya btw soalnya saya masih dalam tahap pencarian jati diri anutan makeup. Sekolah Menengan Atas tuh kayaknya saya hobi pakai two way cake padahal jerawatan, memang buat nutupin abses tapi hasilnya worst abis. Trus mulai pakai eyeliner dan maskara, plus sheer lip gloss. Tapi belum andal aplikasinya dulu. Ya, semua butuh proses mencar ilmu hingga bisa jadi expert sheyeng. Alhamdulillah kini saya udah lebih terampil makeup-nya. Ah jadi ingat banyak kenangan deh. Memang ya kalo udah bau tanah gini gres kerasa masa sekolah tuh paling indah dan yang dikira jaman dulu tuh problem kini bukan beban apa-apa jika dipikir.

Balik ke review, saya belum nyoba produk ini seharian jadi nggak tahu apakah kekal atau tidak. Tapi berdasarkan saya bb cream tuh cocoknya bukan buat makeup yang extra akan digunakan usang sih, ini lebih pas buat daily makeup yang ringan setengah harian bisa dihapus gitu. Secara keseluruhan saya suka bb cream ini untuk makeup ringan, hasilnya berdasarkan saya bagus dan produknya berkualitas walau berharga terjangkau. Tetap akan pakai foundation dan concealer jika butuh makeup full coverage. Yah menyesuaikan saja. Kaprikornus sudah sekian dulu ya review saya hari ini. Terimakasih sudah baca dan semoga bermanfaat, Wassalamualaikum.
Share This :
Johan Andin