MASIGNCLEAN101

Tools Make Up Yang Aku Punya!

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf jikalau besar lengan berkuasa pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Saya tuh urung beli brush set yang tadinya saya idam-idamkan semenjak beberapa bulan lampau. Khawatir kecewa kalau beli online, tadinya saya mencoba nyari ke offline store yang jualan tools make up gitu. Nemu sih di Jolie sama di Matahari yang di Solo Square. Tapi lantaran mahal jadinya batal juga, hwahaha. Karena kegagalan itu, saya berusaha menghibur diri sendiri dengan ngumpulin kuas-kuas plus puff dan sponge make up yang saya punya. Eh ternyata saya punya tidak mengecewakan banyak kok, jadi nggak urgent-urgent amat beli brush set gres - kecuali mau bergaya hedonis. Lagian saya nggak setiap hari make up pakai tools lengkap. Sambil ngumpulin koleksi di rumah, saya sortirin juga mana yang masih anggun dan bener-bener kepakai, mana yang udah nggak layak simpan. Soalnya beberapa kuas ada yang sudah tahunan umurnya, dan bulunya udah kayak sapu ijuk kasarnya.

Jadi, apa saja perkakas saya dalam ber-make up? Mulai bahas satu-satu yuk...

Puff & Sponge


Tadinya punya empat, satu udah kaku kayak alas sandal jepit murah jadi saya buang duluan. Yang saya buang itu sponge foundation tadinya, beli sendiri dengan harga murah yang sudah saya lupa tepatnya berapa. Nah, dari tiga yang tersisa ini dua merupakan tools bawaan produk kosmetik, satunya saya beli sendiri. Makara saya dulu demen misahin tools bawaan sama produknya buat disimpan berbarengan sama tools yang saya beli sendiri. Soalnya kadang tools bawaan produk tuh suka gak kepake, jadi daripada ditaruh bareng produk pikir saya mending disimpan terpisah. Cuma sekarang, saya berubah pikiran deh. tool-tool bawaan produk ini saya balikin bareng produknya lagi dan sebagian saya pakai juga. Pasalnya sanggup lebih simpel bawanya kalo pas saya bepergian. Eh sebelum lanjut bahas, sesungguhnya ada satu puff bedak lagi dari Larissa tapi nggak kefoto buat pos ini gegara saya simpan beliau bareng loose powder-nya dan saya lupa ngeluarin buat ikut difoto. Puff dari Larissa ini awal tool produk yang nggak saya pisahin lagi dari produknya ;).

Balik ke picture, yang pertama yang paling gede ada puff buat bedak tabur. Punya udah lama, ada dua tahunan kali. Dulu kan saya pakai bedak Mark's yang nggak ngasih bonusan puff, jadinya beli unbranded puff ini. Lupa harga pastinya berapa, tapi murah kok, under 10 ribu. Lembut dan empuk dipake, plus udah ada pegangan buat nyelipin jari juga. Ukurannya yang gede nggak jadi persoalan buat saya, toh nggak semua dicocolin ke bedak juga, paling pakai salah satu sisinya. Sekarang udah nggak saya pakai lantaran lebih demen pakai kuas buat bedakan, tapi puff ini tetep saya simpan. Btw sebelum saya simpan beliau udah saya basuh dulu semoga sisa bedak nggak pada ngotorin pouch tempat penyimpanan tools.

Yang tengah yaitu puff bawaan Wardah Loose Powder. Ukurannya small aja, bulunya lembut tapi lebih lembutan unbranded puff tadi. Yang ini terasa kaku kalau udah usang dipake. Dulu saya pakai juga, kini beralih ke brush. Puff-nya tetap saya balikin ke kemasan bedak, tapi sampe kini saya belum pake lagi puff maupun bedaknya.

Terakhir yang paling mungil yaitu sponge bawaan Wardah TWC, ini kini saya pakai lagi sehabis usang dicuci dan divakumkan. Soalnya sama males bawa-bawa kuas terpisah di dalam tas, suka nyelip nyarinya. Lebih simpel bedakan pribadi pake sponge walau kesudahannya akan lebih tebel di muka, yah gapapa deh, semoga keliatan bedakan ;P. Sponge ini saya pakai kalo lagi ke Solo, kalo di rumah saya tetap lebih nyaman dengan kuas.

Powder Brush


Punya dua, unbranded brush semua dan murah semua harganya. Yang ijo metalik kalo nggak salah 22 ribu, bulunya padat dan lembut digunakan cuma sayang ukurannya terlalu besar dan tutupnya gampang copot jadi sangat tidak efisien dibawa-bawa. Ini saya pakai kalau di rumah. Yang biru sekitar 15 ribuan, sama aja model brush beserta kenyamanan pakainya cuma beda ukuran. Yang ini lebih mini dan tutupnya lebih kuat jadi lebih safety kalau saya bawa pergi. Kemarin-kemarin hampir selalu saya bawa di tas - mendampingi bedak, tabur maupun TWC - kalau ke Solo, cuma kini lagi males.

Concealer & Base Brush - Eye Shadow Blush - Blush On Blush - Contour Blush


Ini sebagian dari bawaan produk, sebagian beli sendiri. Yang beli sendiri semua unbranded - saya kok sering beli benda tak bermerk gini sih :S - tapi lupa harganya berapa. Semua kuas di kloter ini usang berada di penyimpanan, gres saya keluarin sekarang. Tadinya habis dicuci beberapa bulan kemudian dan semenjak itu belum pernah saya pakai lagi. Sekarang, yang bawaan produk saya balikin lagi ke pasangannya, entah nanti digunakan atau tidak. Yang beli sendiri - yang gagang pink sama biru itu - tetap saya save juga, entah juga nanti digunakan atau tidak.

Kuas concealer dan eye shadow bawaan produk modelnya sama. Batang mini dengan ujung diberi busa empuk. Yang batangnya bening dari Wardah, cukup kuat kok sebenernya bahannya. Busa kuas ada di kedua ujung batang dan kualitasnya cukup baik, bukan yang sekali pakai poel. Ini tidak mengecewakan tebal, empuk, dan kuat. Cuma saya kurang suka nyolek eye shadow pakai kuas model begini, lebih banyak eye shadow yang nempel ke busa soalnya dibanding yang transfer ke kelopak mata. Kalo concealer sih it's okay, tapi kuas concelaer yang ini belum saya pakai lagi alasannya yaitu belum pakai concealer-nya juga. Nah pada kuas concealer ini ada sisi busa yang lebih kecil ukurannya, itu diperuntukkan bagi base eye shadow mengingat kuas ini saya sanggup dari kemasan Wardah dual function kit. Kuas-kuas dari eye shadow maupun dual function kit ini saya taruh balik bareng produknya.

Yang busanya cuma di satu ujung itu kuas eye shadow dari Pixy. Agak lebih ringkih dibanding Wardah, busanya juga lebih tipis - walau tetap lembut, tapi mungkin ini lantaran faktor usia, lantaran yang Pixy udah usang saya punya dan dulu selalu dipakai. Salah satu busa dari kuas ini hampir copot dari gagangnya saking udah berumurnya. Meskipun demikian, kuas tersebut masih saya simpan walau terkesan tak layak guna, toh eye shadow-nya juga masih saya simpan jadi sekalian aja.

Dua kuas bergagang bening berbulu coklat di ujungnya itu bawaan blush on Wardah. Awalnya saya pakai, kini udah nggak lantaran terlampau kecil dan bulunya gampang rontok. Tetep saya simpen kok, kini saya taruh kembali di case yang sama dengan blush on-nya.

Yang hitam paling gede yaitu kuas bawaan contour kit dari Makeover. Sepabrik sama Wardah dan kualitas bulu kuasnya nggak jauh beda, rontokan -_-. Ini saya coba buat meng-contour wajah dulu, kini nggak lagi. Soalnya selain bulunya gampang copot juga lantaran rasanya kasar. Bulu-bulunya emang berdiameter lebih gede dibanding kuas blush on, jadi nggak alus gitu waktu nyentuh kulit. Mana bentuknya kayak sapu lagi berdasarkan saya. Kurang cocok untuk meng-contour - atau mungkin saya yang kurang jago menggunakannya. Tapi ya tetep bersyukur kok Makeover ngasih kuas bawaan, jadi saya simpan aja. Itung-itung buat pelengkap, daripada beli contour kit sanggup pan isi produk doang. Saya save juga ini.

Foundation Brush - Blush Brush - Angled Brush - Random Brush


Sebenarnya nama-nama di atas karangan saya belaka. Aslinya oleh produsennya entah itu kuas buat apaan. Markibas, mari kita bahas satu persatu kuas-kuas ini!

Yang gagangnya putih saya sanggup dari mini brush set isi 5 kuas itu, satu set cuma 11 ribu loh, murah sangat kan? Ini udah copot antara gagang putih sama bulu yang dijepit tabung aluminium. Untuk keperluan foto, saya sambungin ulang sebisanya. Kuas ini kalau diamati dari bentuknya sesungguhnya sanggup buat bedak, blush on, atau bahkan foundation. Saya fungsiin buat foundi lantaran nggak punya kuas khusus foundation. Tadinya sempat nyoba aplikasiin foundi pakai sponge - yang kini sponge-nya udah saya buang, tapi malah foundi-nya banyak keserap dalam sponge jadi berasa rugi saya yang kikir ini. Untuk aplikasi foundi, kuas ini tidak mengecewakan anggun kok lantaran bulunya padat dan nggak gampang rontok. Cuma kalau jarang dicuci lama-lama bulunya pada nyatu dan bikin hasil pemakaian foundation terlihat bergaris. Kuas untuk produk cair emang harus sering dicuci sih - produk nggak cair juga sebenarnya, nggak cukup hanya dilap tisu aja habis pakai, bahkan tisu lembap sekalipun bakal belum higienis tuntas kuasnya. Meskipun begitu, saya seringnya lap kuas bekas pakai dengan tisu sih, nyucinya kalau pas lagi mau aja, dan itupun dikumpul semua kuasnya nggak satu-satu. Balik ke kuas, saya kadang kala aja pakai kuas ini buat foundi, kalau lagi males ngeluarin kuas biasanya cukup dengan jari.

Kuas yang gagangnya kayu dari Women's Legend ini favorit saya! Saya punya dua kuas dari brand ini dan dua-duanya saya suka kualitasnya. Gagang kayunya yang di sisi atas bermaterial logam berhiaskan gambar bunga bercitarasa seni terasa kuat tapi ringan. Nggak gampang ucul sama bulunya, bulunya juga rapat dan lebat, halus serta nggak rontokan. Ini saya pakai untuk blush on, tapi kadang untuk ngebaur concealer di under eye juga. Eh, plus buat ngebaur contour. Makara sesungguhnya ini multi function brush, hahaha! Untuk blush on, beliau sanggup membaurkan warna dengan merata dan kesudahannya natural. Untuk concealer dia sanggup ngeratain juga dengan baik lantaran bulunya yang padat. Buat ngebaur contour juga baiklah punya. Eh iya, pernah saya pakai untuk ngebaur blush on dari lipstik dan kesudahannya tetep anggun juga, merata tanpa ketebelan. Dengan mutu sebagus ini, harga sang kuas terjangkau lho, kayaknya sanggup diboyong pulang dengan nominal harga di kisaran 20 ribuan.

Berikutnya, kuas gagang kayu lagi tapi no brand. Ini lantaran salah satu ujungnya agak miring, jadi saya panggil beliau angled contour brush. Padahal entah miringnya lantaran memang disengaja semenjak proses produksi atau lantaran posisi peletakan yang salah semasa didistribusikan entahlah, pokoknya saya beli dalam kondisi menyerupai itu. Kuas ini saya pakai untuk aplikasi contour kit, kesudahannya tidak mengecewakan kok. Bulunya tidak mengecewakan halus, gagangnya juga kuat tapi sedikit berat. Kalok kini kuas ini lagi nganggur - tapi tetep saya simpan lantaran materialnya yang kokoh - lantaran saya udah ngga pernah contouring. Yah gimana mau mengkontur, muka udah tirus gini :(. Padahal saya suka tembem lho malahan. Aneh ya saya, berkebalikan sama rata-rata makhluk bumi normal - apa mungkin saya trahnya Mimi Peri?

Terakhir, ini embuh kuas apa makanya saya sebut random. Dia berasal dari keanggotaan mini brush set juga, udah luama banget saya punya, dari saya Sekolah Menengan Atas yang berarti sekitar 5 tahunan yang lalu. Dulu buat main-main aja pas beli, kini galau mau saya pakai buat apa. Habis bentuknya sulit ditebak untuk fungsi yang mana. Kuas ini berbentuk pipih dengan bulu yang agak bergairah - lupa kasarnya semenjak beli atau semenjak terlalu usang dimiliki. Buat bedak kurang pas, buat blush juga nggak cocok, buat foundi apalagi. Mungkin ini sanggup digunakan buat after make up kali ya? Untuk menyapu sisa-sisa make up yang tidak pada tempatnya, semisal guguran eye shadow yang jatuh ke pipi. Kuas ini masih saya simpan walau belum saya pakai untuk fungsi yang saya jabarkan tadi.

Eye Shadow Brush [Multi Function Brush] - Shading Brush - Concealer Brush


Ini formasi kuas-kuas kurus nan panjang yang saya jadiin satu grup. Dari sudut kiri ada kuas gagang putih corak totol-totol hitam, itu buat eye shadow. Lumayan anggun buat nyolek, tapi kurang sip untuk nge-blend. Dia ada brand-nya tapi saya lupa alasannya yaitu nggak ditulis di gagang kuasnya. Belinya satuan, harganya lupa. Sebelahnya dari Women's Legend juga, ini sanggup buat eye shadow sanggup buat shading hidung. Kualitasnya buagus kayak sodaranya di atas tadi, ini paporit saya juga. Belinya satuan juga, harganya sama kayaknya dengan sodara se-brand-nya.

Dua yang kanan bergagang putih sodaraan sama foundation brush di atas. Yang berbulu coklat saya pakai buat apply concealer, kadang buat ngeratain juga kalo lagi males ngeluarin kuas lain atau males ngotorin jari. Eh tapi kalau lagi entah, saya sanggup cocol sekaligus apply dan blend concealer pakai jari aja lho. Nah yang berujung gabus buat eye shadow, tapi khusus buat inner corner aja sekarang. Pernah saya coba buat apply shading hidung juga sih, tapi pemakaian itu tidak berlanjut lagi kini lantaran saya lebih nyaman pakai kuas yang di atas. Btw, kata 'shading' buat istilah tuh kayaknya kurang tepat deh. Akhiran '-ing' kan aslinya digunakan untuk kata kerja. Tapi pemakaian kata 'shading' buat kata benda kayaknya jadi umum ya? Saya ikutin lantaran gampang dipahami walau sesungguhnya lebih tepat membiasakan yang benar daripada membenarkan yang sudah biasa.

Eyebrow Brush


Ini yang gagang pink bening satu set sama random brush di atas, yang putih satu set sama kuas foundi, kuas concealer, dan eye shadow brush di part atas. Yang gagang pink sama putih bentuknya sama, berujung ganda. Satu sisi sisir, pecahan lainnya kuas buat alis alias spoolie. Dua-duanya nyaman digunakan kok buat saya. Btw, yang pink gagangnya lebih panjang dari yang putih. Saya kalau pakai kuas yang gagangnya terasa terlalu panjang, biasanya saya pegang di tengah gagang, jadi nggak pegang dari ujung gitu. Menyesuaikan ajalah sama kenyamanan dan anatomi tangan. Dua kuas yang ini gres saya pensiunkan. Apa sebab? Perhatiin deh di foto, sisir dari kuas udah pada mrithili. Sebenernya si sisir nggak terlalu fungsi sih, saya jarang pakai. Paling buat nyisir bulu mata atau alis kalo pas lagi sregep, tapi kini udah ogah. Sisi kuas yang berbulu masih anggun sih sebenernya, dan sanggup saya pakai gantian untuk warna pensil alis yang berbeda, tapi lantaran faktor kurang yummy dipandang yang disebabkan oleh bentuk sisirnya yang nggak sempurna, jadi saya putuskan memberhentikan dua kuas ini bekerja.

Yang paling kanan yang bergagang silver dengan ujung kuas miring, itu spoolie buat alis juga. Beli satuan, harganya lupa - tapi biasanya kuas pembelian saya tuh murah-murah, kalok mahal eikke malas beli. Kuas ini berbulu memutar dengan rangka di tengah. Sekilas menyerupai kuas maskara tapi ini susunan bulunya memutar naik mengelilingi kepala kuas. Ini yang masih saya simpan sekarang. Dia lebih anggun buat nyikat alis seusai digambar semoga rambut alisnya rapi sih, kalau buat ngebaur pensil alis kurang pas. Buat ngebaur, kini saya mengandalkan kuas dari tutup pinsil alis Wardah.

Multi Function Brush & Lip Brush


Ffiuuhh...capek juga ya ngebahas tools dari tadi. Untung ini udah part terakhir. Kloter ini isinya lima kuas beda-beda. Yang gagang pink transparan berasal dari set yang sama dengan kuas gagang sewarna di atas tadi. Itu entah buat apa saya bingung. Emm...yang bulunya lebih banyak sanggup buat ngebaur shading hidung sebenernya, dan yang bulunya lebih sedikit untuk aplikasi shading, Nah loh saya udah nemu fungsinya khaan... Dulu pernah saya coba gitu soalnya. Tapi kini buat apply shading hidung saya pakai kuas Women's Legend yang kecil di atas. Kalau ngebaur juga sanggup pakai kuas yang sama versi gedenya atau malah sekalian dibaur pakai kuas yang buat apply. Jadilah dua kuas ini nggak kepakai lagi - lagian kuas-kuas ini terasa bergairah di kulit saya :(. Entah, mungkin akan saya buang aja supaya kawasan penyimpanan lebih lapang.

Kuas di tengah yang totol-totol itu sanggup buat inner corner, tapi juarang saya pakai. Ini sepabrik sama kuas bermotif sama di atas, harganya sama lupa juga. Pernah saya coba dulunya buat inner corner tapi kemudian malas pakai dan malah pakai kuas yang lain - udah saya sebutin di atas. Yang kecil gagang hitam bawaan dari concealer Makeover, terus malah saya pakai buat ngegambar motif nail art gegara nggak cucok buat nyolek concealer secara dese terlalu mungil. Trus lantaran kini bulu kuasnya kaku kena kuteks yang mengering, jadi entah mau diapain. Masih saya simpen sih, kini saya balikin ke wadah concealer-nya tapi terang nggak bakal digunakan nyolek concealer lagi. Kan buat nyolek dan pakai concealer Makeover ini saya ada kuas lain atau sanggup pakai jari aja. Jari; tools pemberian Tuhan paling multiguna.

Terakhir, yang bergagang bening itu kuas lipstick bawaan dari palette lipstik punya Wardah. Saya pakai kalau butuh pakai lipstik dari palet, tapi kini udah nggak pernah sih gegara lebih simpel pakai lipstik konvensional atau lip cream/tint aja. Kuas lipstik ini kecil, bulunya juga seuprit, sanggup buat bikin garis anggun di tepian bibir tapi usang dan lelah kalau ngisi warna bibir pakai kuas sekecil ini. Ini saya balikin ke palette-nya juga.

Akhirnyaaa...habis juga koleksi tools make up yang saya bahas hari ini! Lumayan lelah mikir dan nulisnya. Nah, kalau kamu, apa aja tools make up yang dipakai? Share ya, siapa tahu saya tertarik beli tools yang sama ;D. See you on next post!
Share This :
Johan Andin