MASIGNCLEAN101

[Review] Utama Spice Natural Aromatherapy Products

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Hai semua! Belakangan ini saya lagi concern banget sama perawatan kulit, terutama kulit wajah. Soalnya saya kan hobby makeup tuh. Nah untuk mendapat hasil makeup yang bagus tentunya kulit harus bagus juga. Kaprikornus harus bener-bener diurusin deh kulitnya. Ngomongin soal perawatan kulit, saya tuh cocok-cocokan banget. Nggak semua skincare product sanggup saya pakai dan berhasil baik tanpa menyebabkan imbas negatif. Emang rewel soalnya kulit wajah saya. Jenisnya kombinasi antara kering dan berminyak, trus rawan komedoan banget. So, saya hati-hati banget kini dalam menentukan skincare buat kulit wajah. Buat kulit badan sebenernya juga harus hati-hati sih. Nah, tapi kini saya lagi seneng banget sebab gres aja nemu produk skincare yang bagus dan lagi sering saya gunakan. Mm nggak cuma skincare doang sebenarnya, ada produk lain juga. Akan saya tulis lengkap review-nya di bawah. Baca terus yaa!


Di selesai bulan kemarin - sekitar dua ahad yang kemudian dari kini - saya gres aja dapet kiriman sepaket produk-produk gres dari Utama Spice, yeay! Ada yang belum tahu apa itu Utama Spice? Ini merupakan brand lokal asal Bali yang mengusung tema natural untuk produk-produk buatannya. Utama Spice menggunakan 100% materi herbal alami dalam pembuatan produk skincare-nya yang terinspirasi dari tradisi, dan punya tagline untuk tidak hanya meningkatkan kecantikan kulit tapi juga menginspirasi kita semua akan kekuatan alam dalam merawat kulit. Produk-produknya bebas Paraben, tidak menggunakan bahan-bahan sintetis, dan cruelty free. Kaprikornus dalam pembuatan produk, tidak menggunakan metode yang membahayakan binatang ibarat animal testing. Wih keren kann ramah alam banget. Utama Spice udah terdaftar BPOM juga loh. So, brand lokal ini sanggup jadi pilihan untuk natural skincare yang aman. Saya dikirimin empat jenis produk yang beda-beda mulai dari facial wash, castor oil, tamanu oil yang hits banget, dan sweet dreams set. Produknya tiba dalam kemasan keranjang dari anyaman bambu yang menegaskan kesan natural-nya, dan di dalamnya ada produk-produk yang masih disegel untuk keamanannya :). Sekarang, yuk eksklusif kita bahas aja satu-satu produknya!

Utama Spice Pore Cleansing Facial Wash With Clay @ 100 ml


Tadinya saya pikir ini facial wash biasa, ternyata ada clay-nya. Tahun ini kosmetik berbahan clay memang lagi tren banget kayaknya ya, soalnya di mana-mana semua orang pakai. Utama Spice Pore Cleansing Facial Wash With Clay dikemas dalam botol putih yang dilapisi kertas label biru, facial wash with clay ini simpel banget desainnya. Pada sisi depan botol terdapat nama produk trus di samping-sampingnya tertera deskripsi dan keterangannya. Ada tanggal kadaluwarsa juga dicantumkan, dan btw botol produk ini sanggup didaur ulang lho jadi nggak bikin kebanyakan nyampah. Produk ini merupakan pembersih wajah yang didesain untuk membersihkan kulit hingga ke dalam pori. Diformulasikan dengan clay - clay tuh tanah liat gitu - yang mempunyai kegunaan untuk menyerap minyak dan membersihkan paparan debu dan kotoran. Diperkaya dengan Turmeric atau kunyit, Lavender, dan Tea Tree, produk ini bakal menjadi facial wash yang optimal banget untuk membersihkan kulit wajah.

Berbahan dasar air, produk ini ingredients-nya tidak mengecewakan banyak dan semuanya alami. Ada materi pembuat busa dari minyak kelapa, jadi ini nggak menggunakan surfaktan kimia. Selain tiga materi yang disebut di atas pada deskripsinya, masih banyak materi lain. Kebanyakan bahannya tuh oil, tapi ada juga yang bukan. Sebelum pakai produk ini, kocok dulu ya botolnya semoga isinya bercampur merata dulu. Cara pakainya mudah, tinggal tuang produk secukupnya kemudian busakan dengan kedua telapak tangan. Habis itu usapkan dan pijat lembut ke wajah, biarkan hingga 30 detik. Trus bilas deh pakai air hangat. Untuk hasil terbaik, berdasarkan Utama Spice produk ini sanggup digunakan dua hingga tiga kali seminggu.

Kemasan botol produk ini bertutup flip top, dan punya lisan botol yang kecil jadi nggak usah khawatir isinya akan simpel tumpah secara tak sengaja. Pas dibuka tutupnya, nampaklah facial wash berbentuk clay yang kental dan berwarna abu-abu. Aromanya ibarat jejamuan, seger rempah-rempah gitu deh pokoknya. Saya suka banget aroma ini :). Dalam menggunakan produknya, saya butuh kira-kira seujung jari untuk seluruh area wajah. Facial wash-nya dikit banget busanya, nyaris nggak berbuih, dan lembut banget diusap. Agak licin-licin gitu pas diratakan dan memberi sedikit sensasi hangat ke kulit. Usai dibilas, kulit terasa bersih banget segala debu, kotoran, dan minyak kabur. Ini terasa banget efeknya di area kulit wajah saya yang oily yaitu di T-Zone, tapi sayang di penggalan yang dry ini terasa semakin mengeringkan. Saya pakai ini dua hari sekali buat basuh muka di pagi atau malam hari. Kalau digunakan pagi ia membersihkan sisa-sisa night skincare saya yang rada bertumpuk-tumpuk, sementara kalau digunakan malam ia ngebantu banget mengangkat sisa makeup dan polutan yang hinggap di sepanjang siang. Pori-pori jadi bersih dan komedo saya berkurang setelah rutin pakai facial wash ini.

Utama Spice Castor Oil @ 100 ml


Kemasannya botol sama persis ibarat facial wash-nya tapi beda di warna. Dengan perpaduan warna putih dan merah, Utama Spice Castor Oil ini tetap simpel juga desain kemasannya. Botolnya punya tanda sanggup didaur ulang juga lho. Castor Oil merupakan minyak alami yang diperoleh dari tumbuhan Jarak. Minyaknya mempunyai fungsi anti basil dan anti jamur. Kaya akan Vitamin E, mineral, dan asam lemak yang bermanfaat bagi kulit. Klaim dari Utama Spice, produk ini punya tugas healing dan moisturizing. Bahan pembuatnya cuma satu, yaitu Ricinus Communis (Castor) Seed Oil.

Tutupnya flip top juga dan isinya yaitu minyak yang bertekstur kental. Thick banget ini mah lebih kental dari minyak goreng. Nggak ada aroma berlebihan yang tercium dari Castor Oil ini pas tutupnya dibuka. Cuman aroma samar khas minyak-minyakan gitu - hadu gimana ya jelasinnya -_-'. Dia bening gitu tanpa warna, dan nggak simpel netes waktu dituang sebab saking kentalnya. Kalau diratakan rasanya agak susah dan nempel di tangan, tapi nggak lengket kok. Dari klaimnya sih produk ini diperuntukkan bagi kulit. Tapi saya udah baca-baca kalau minyak Jarak tuh sanggup digunakan untuk rambut juga dan alis atau bulu mata untuk menutrisinya. Kaprikornus saya pakai ia di kulit badan dan rambut, alis, serta bulu mata juga. Nggak berani pakai di kulit wajah sebab teksturnya yang thick banget, takut nanti malah break out.

Untuk seluruh tubuh, saya gunakan Castor Oil ini setelah mandi sebelum pemakaian body lotion pas kulit masih super simpel menyerap nutrisi. Kulit badan saya ini super kering, jadi kadang pakai lotion saja tidak cukup, makanya saya pakaiin oil untuk menambah kelembapannya. Enggak usah banyak-banyak pakainya, cukup enam tetes aja cukup kok buat diratain ke seluruh tubuh. Ngeratainnya tepuk-tepuk aja oil-nya ke kulit dan pijat hingga meresap. Walau kental tapi Castor Oil ini nggak usang meresapnya dan tanpa meninggalkan rasa greasy di kulit. Hasilnya bagus banget di kulit badan saya, kini jadi jauh lebih berair gitu sehingga nggak perlu re-apply body lotion sering-sering. Oh iya, kini kan masih demam isu hujan dan banyak nyamuk. Nah kadang saya tuh kalau lagi tidur trus digigit nyamuk suka nggak sengaja kegaruk, jadi pas berdiri ada bekas lecet di kulit :(. Tapi dipakaiin Castor Oil ini lecet tadi tuh cepet banget sembuh dan nggak berbekas, jadi fungsi healing-nya memang beneran nyata. Mungkin sebab manfaat anti basil dan anti jamurnya juga. Trus saya pakai oil ini juga di rambut pas malam hari sebelum keramas paginya. Pas digunakan emang bikin rambut jadi lepek sih tapi untung nggak ngotorin bantal sebab oil-nya bening transparan. Lalu saya gunakan juga di alis dan bulu mata kalau  malem sebelum tidur, semoga alis botak saya tumbuh lebih tebal dan bulu mata lebih lebat. Belum terasa efeknya tapi masih akan saya pakai terus.

Utama Spice Tamanu Oil @ 30 ml


Selanjutnya, ada favorit saya nih! Kecil-kecil bermanfaat, ini yaitu Utama Spice Tamanu Oil yang hits banget di kalangan para pecinta minyak-minyakan untuk perawatan kulit. Tamanu Oil merupakan minyak yang diekstraksi dari tumbuhan juga, tapi saya belum pernah lihat tanamannya. Kemasannya beda dari dua temennya tadi, yang ini berbotol kaca coklat gelap dengan gambaran kehijauan di kertas sticker-nya dan tutup pipet yang ujungnya berbahan karet. Karena botolnya beling, jadi rada khawatir saya megangnya takut jatuh dan pecah, tapi memang tipe botol ibarat ini yang akan lebih menjaga kualitas oil di dalamnya. Tamanu Oil punya fungsi healing dan anti aging. Minyak ini kaya akan asam lemak dan antioksidan untuk membantu meregenerasi sel kulit dan mengembalikannya menjadi lebih muda. Dibuat dari Calophyllum Inophyllum (Tamanu) Seed Oil, tanpa materi komplemen lain.

Tutupnya ulir, dan dibalik tutup ada pipet kaca untuk mengambil produknya. Isinya minyak berwarna kuning yang nggak terlalu kental. Aromanya sulit dideskripsikan, bacin herbal yang nggak terlalu nyegrak gitu lah. Beda sama Castor Oil, Tamanu Oil ini saya berani pakai di wajah sebab teksturnya lebih light. Biasanya saya pakai sebelum pelembap, jadi habis toner pakai oil dulu. Untuk seluruh wajah dan leher, saya cuma butuh dua tetes oil dari pipetnya. Dituang dulu ke telapak tangan trus digosok-gosok hingga lumer dan ditepuk-tepuk deh ke wajah dan leher. Panas dari tangan akan melelehkan minyak dan membuatnya lebih simpel diserap. Tamanu Oil ini pas digunakan nggak ada rasanya, nggak terlalu lengket juga. Di wajah saya fokuskan pemakaiannya pada area kulit yang kering, sementara di penggalan yang oily nepuknya tipis-tipis aja.

Kulit wajah saya kan rawan komedoan tuh, tapi syukurlah Tamanu Oil ini nggak komedogenic jadi tidak menambah pasukan komedo bandel di seputar hidung dan pipi saya. Mungkin sebab saya pakai facial wash with clay-nya juga jadi pori nggak tersumbat. Nggak memicu break out apapun. Saya pakai ini setiap hari, dan ngebantu banget kalau kulit kering saya ngelupas dipakaiin Tamanu Oil jadi cepet recovery-nya. Untuk manfaat anti aging saya belum terlalu ngerasain ya, tapi dengan pakai oil ini kulit jadi lebih berair jadi mungkin kalau ada kerutan akan berkurang. Oh iya, sejak pakai Tamanu Oil ini sebelum pelembap, kini saya kalau makeup-an jadi lebih nempel lho! Makanya saya memfavoritkan oil ini.

Utama Spice Sweet Dreams Set @ 35 ml


Nah ini produk yang keempat dan paling lengkap. Semula saya agak resah ini apa sebab dikemas dalam pouch kain yang unyu, tapi ada keterangannya kalau Utama Spice Sweet Dreams Set ini tuh yaitu sepaket pillow spray plus sleeper mask-nya juga. Lucuu :)! Pouch kainnya model serut gitu dan ada tulisannya "here sleeps a girl with a head full of magical dreams, a heart full of wonder, and hands that will shape the world". Sukaa sekali sama quotes-nya, dan dari hari pertama nerima produk ini saya eksklusif semangat mau nyoba. Isi pouch yang pertama yaitu sebotol coklat gelap pillow spray yang ilustrasinya berwarna ungu. Botolnya dari plastik jadi nggak perlu khawatir pecah kalau terjatuh, dan di atas sprayer-nya dikasih cap pelindung jadi lebih higienis. Yang saya punya ini pillow spray-nya beraroma Lavender. Dipakainya dengan cara disemprot ke bantal sebelum bobok ya semoga aromanya sanggup dihirup dan membawa mimpi indah ke dalam tidur, gitu kata keterangan yang tertulis. Eh sebelum disemprot kocok dulu ya botolnya. Anyway, saya belum pernah mimpi indah setelah pakai pillow spray ini, tapi tidur jadi lebih simpel dan nyenyak. Produk ini dibentuk dari Essential Oil Lavender - Pure English Lavender yang dicampur Ethanol dan Aqua. jadi masih ada alkoholnya sih tapi dari Ethanol. Ethanol tuh merupakan jenis alkohol yang dibentuk dari fermentasi materi baku nabati ibarat buah atau gandum jadi masih sanggup dikatakan alami.

Saya tuh orangnya insomnia. Seringnya gres sanggup tidur kalau udah lewat tengah malam, jadi kadang pagi suka malas berdiri dan kalau udah berdiri tuh kantung mata segede-gede dompet saking masih ngantuknya. Nah aroma Lavender dari pillow spray ini tuh lembut banget dan ngebantu saya lebih cepat tidur. Kaprikornus aromanya bikin relax pikiran sehingga badan ikutan juga santai. Tidur saya jadi lebih berkualitas deh dan sanggup berdiri pagi. Ini saya semprotkan ke bantal dan guling, masing-masing satu spray aja setiap malam. Segitu udah cukup bacin kok. Cuma sayang wanginya nggak awet, pas pagi ia udah memudar gitu jadi malamnya lagi saya harus semprot ulang.

Benda berikutnya dalam pouch yaitu satu sleep mask dari kain berwarna biru dengan motif bunga-bunga. Ini digunakan buat epilog mata pas tidur gitu. Agaknya mempunyai kegunaan buat saya yang kalo tidur matanya masih sedikit melek ;P. Saya udah pakai ini beberapa kali pas tidur, ngebantu untuk tidur yang lebih hening sebab jadi nggak sanggup kedip-kedip atau nengokin gadget lagi. Tapi sayang di saya tali sleep mask-nya rada sempit dan nempelnya kerasa sesak gitu di mata, jadi agak kurang nyaman di awal. Lama-lama sih udah lebih enakan, tapi saya nggak pakai sleep mask ini setiap mau tidur, kadang kala aja kalau lagi butuh tidur tanpa gangguan.

Selesai deh! Itu tadi ulasan produk-produk yang saya dapatkan dari Utama Spice. Dari seluruh produknya, rata-rata saya suka sih dan kepakai semua. Pore Cleanser Facial Wash With Clay-nya ngebersihin kulit saya banget hingga ke pori, dan walau bikin kering di area kulit yang udah dry tapi sanggup dikasih Tamanu Oil sesudahnya untuk melembapkan. Castor Oil-nya juga saya suka sebab multifungsi. Trus Sweet Dreams Set-nya juga menciptakan tidur lebih menyenangkan. So thank you Utama Spice! Tertarik pakai juga? Kamu sanggup dapetin produknya dengan mengikuti giveaway dari Utama Spice, link-nya saya sertakan di sini. Selamat mencoba, dan terimakasih ya sudah baca :)!

Rate: 4/5
Pro's:
+ bahannya alami
+ bermanfaat dan nggak menyebabkan break out
Con's:
- belum nemu yang kontra banget sih
Share This :
Johan Andin