MASIGNCLEAN101

[Review] Maybelline Fit Me Dewy+Smooth Foundation Shade 210 Sandy Beige

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf bila kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Hoahm, ini sudah larut malam tapi saya gres sempet nulis -_-. Maklumilah orang sok sibuk ini yang dari kemarin nggak nyicil-nyicil draft dulu jadi posting-annya gres dikebut dadakan. Persis gaya saya kalo mau ulangan, belajarnya di detik-detik terakhir masuk ruangan. Bukannya males nulis di blog *pembelaan*, tapi kemarin-kemarin saya tuh lagi asyik ulangan dan banyak nonton. Yep hidup harus seimbang kan gais, antara menghadapi hal yang serius sama mencari hiburan. Makara saya udah nonton dua film gres yang belakangan promonya banyak memenuhi jendela instagram explore; Danur 2: Maddah sama Arini: Masih Ada Kereta yang Akan Lewat. Maddah saya nontonnya setengah-setengah merem atau nutupin mata jadi nggak dapat menilai secara objektif apakah filmnya serem atau enggak. Cuman kalo kata temen sebelah saya sih biasa aja levelnya, nggak seserem makan ayam geprek cabai seratus yang pedesnya bikin kesetanan. Kalo Arini, filmnya baguus bikin saya baper dan mewek. Soalnya dongeng dalam film itu saya banget gais, hingga saya hafal bet obrolan "aku sudah tidak percaya cinta"-nya Arini. Huhuhu syedih :'(. Tapi tentu malam ini kita tidak akan bersedih-sedih menyerupai saya waktu sedang nonton film drama, malam ini kita akan bergembira me-review sebuah produk baru. Yippie! Oke, sesuai jadwal ketika ini saya memang masih berada dalam mode nulis review. Produknya makeup ya, soalnya kemarin saya habis nulis soal skincare. Ini produk dari belanjaan saya bulan lalu, foundation baruu :)!


Maybelline merupakan brand luar yang produknya dapat dengan simpel ditemukan di Indonesia, dan termasuk drug store product yang memang dapat disebut cantik kualitasnya. Bulan kemudian saya lagi banyak belanja produknya Maybelline, salah satunya ialah Maybelline Fit Me Foundation Dewy+Smooth yang akan di-review kini ini. Waktu di tester saya nyoba beberapa shade dan akibatnya pilihan berhenti di shade 210 Sandy Beige, jadi warna itulah yang saya beli. Kebetulan masa itu saya lagi nggak punya produk foundation. Biasanya buat complexion saya cuma pakai alphabet cream aja. Tapi sehabis mikir-mikir, rasanya makeup-an bakal lebih mantep kalau pakai foundation deh makanya beli. Sebelum beli emang udah ngincer foundation dari Maybelline, nggak ada pilihan lain. Ya sempet mempertimbangkan mau beli produk lokal juga sih, cuma batal alasannya ialah saya lebih condong pingin nyoba Maybelline. Untuk kategori foundation, Maybelline nggak cuma punya satu jenis produk, tapi yang lagi hits tuh varian Fit Me jadi saya pilih itu. Fit Me juga punya dua pilihan foundation dan saya beli dua-duanya, yang Dewy+Smooth dan Matte+Poreless. Kali ini kita kupas yang Dewy+Smooth dulu ya!


Pas beli, foundation ini tanpa box maupun pelindung plastik. Makara pribadi kemasan botol beling bermaterial tebal, yang ukurannya tidak mengecewakan gede dan terasa cukup berat ketiga dipegang. Netto bahwasanya cuma 1 FL.OZ. atau 30 ml, tapi terasa lebih berat dari itu. Botolnya berbentuk persegi dengan tutup plastik hitam yang glossy. Di sekeliling tubuh botol banyak ditempel label-label keterangan soal produknya. Depan sendiri simpel keterangannya. Cuma ada nama produk dalam sticker bening, yang di bawahnya ditulis ini tuh mengandung octinoxate sunscreen dengan SPF 18. Lalu, sesuai namanya yang Dewy+Smooth, foundation ini ditujukan bagi pemilik jenis kulit normal to dry alasannya ialah finish-nya bakal terlihat melembapkan gitu. Kulit saya kombinasi oily dan dry sih, nggak duduk kasus dengan finishing-nya - dan saya juga nggak terfokus fanatik sama jenis finishing tertentu. Terus ada daftar ingredients yang sekaligus menyegel antara tubuh botol dengan tutup jadi kita kalo beli dapat yakin itu produknya belum pernah dicoba walau nggak ada box-nya. Segel sekaligus daftar ingredients ini dari kertas jadi bakal robek ketika tutup foundation-nya dibuka, tapi saya sayang takut nggak rapi maka saya cut dulu beliau dengan ujung gunting semoga garis potongnya rapih. Selain ingredients, di sisi lain botol ada tempelan label berbeda. Yang ini dari semacam plastik gitu  labelnya dan tebel. Ternyata itu tuh dapat dibuka dan dari dalamnya akan meluncur segepok lipatan kertas berisi keterangan terkait foundation ini.

Keterangan shade-nya dicantumkan pada belahan atas tutup botol, jadi pribadi kelihatan tanpa perlu membolak-balik kemasan. Di tutup botol ini juga ada sticker nama produk. Shade-nya tadi berupa angka nomor yang dicetak gede dan keterangan namanya tertulis di bawah angka. Saya nggak tahu ada berapa total jumlah shade yang tersedia, waktu itu nggak nanya tapi banyak kok pilihannya. Yang saya punya ini shade 210 Sandy Beige yang waktu dicoba warnanya sesuai dengan warna kulit saya. Tadinya sedikit lebih terang sih tone-nya, tapi warna foundation ini oxidize jadi sehabis beberapa menit beliau menggelap dan berubah ngepas sama warna kulit saya. Saya nggak bermasalah sama oxidizing suatu produk, tapi bagi sebagian orang mungkin ini mengganggu alasannya ialah jadi sulit mencari warna bahwasanya produk dan menciptakan sukar memilih warna yang pas untuk kulit. Kalau dapat nyoba atau setidaknya swatch sih lebih membantu, tapi bagi yang beli produk ini online bakal menjadi kendala tuh soal oxidize ini. Sedikit informasi, kini saya lebih suka pakai complexion yang sewarna kulit beneran bukan yang terlalu putih. Warna kulit wajah saya lebih terang dari kulit tangan, jadi kalau contohnya nggak nemu foundation sewarna kulit wajah, saya tidak keberatan menggunakan yang lebih gelap shade-nya sehingga akan nyambung warnanya dengan kulit tangan dan tidak belang. Kalau pakai yang sewarna kulit wajah sih memang akan lebih terang hasilnya dibanding tangan, tapi masih sepakat lah dapat ditolerir alasannya ialah nggak jauh banget bedanya. Lain kalau saya pakai complexion yang keputihan di muka, wuidih bakal belang banget hasilnya dan keliatan ndesit. Ngomong-ngomong saya pernah menyerupai itu -_-', waktu jaman masih newbie banget di dunia per-makeup-an T_T. Untung kini tidak lagi. Kalau masih, wuah saya akan malu banget kalau ngaca liat muka sendiri.


Tutup Maybelline Fit Me Dewy+Smooth Foundation ini ulir dan di dalamnya pribadi verbal botol gitu, nggak ada filter, aplikator, ataupun pump. Model verbal botol ini kurang menguntungkan sih buat saya, alasannya ialah kan botolnya tidak mengecewakan gede dan verbal botolnya pun ikutan gede, jadi produknya akan simpel banget tumpah keluar verbal botol. Tumpahannya banyak yang nempel di dalam tutup - ini ngeselin bet alasannya ialah saya anaknya bersihan - dan tiap dibersihin niscaya nempel lagi kalo dipake nutup. Trus kadang pas ngebuka botol foundation, isinya udah mau meluber di atas verbal botol gitu. Sebenernya hal ini dapat diakalin sih dengan selalu naruh botol dalam posisi berdiri, tapi ini sulit saya lakukan alasannya ialah produknya kadang saya bawa pergi-pergi. Dengan verbal botol yang gede, dalam ngeluarin isinya juga jadi susah dikontrol mau seberapa jumlahnya, kadang kebanyakan.

Teksturnya cair dan terasa ringan ketika dituang. Sandy Beige kayak gitu tuh warnanya, krem terang dan saya nggak ngerti jelas hint-nya apa. Nggak terlalu kuning tapi juga nggak nge-pink. Mm kayaknya ini sedikit olive deh. Praktis banget dibaur dan diratakan ke kulit. Saya biasa mengaplikasikan foundation ini dengan sponge, tapi pakai jari juga pernah dan tetap simpel merata. Sheer to medium coverage hasilnya. Saya biasa pakai seukuran dua pump - kira-kira segitu wong ini nggak ada pump-nya - dan itu cukup untuk meng-cover seluruh wajah dan leher dengan hasil tidak terlalu tebal. Kalau pakai seukuran satu pump, itu tipis banget hasilnya. Mampu menutup noda-noda tipis, tapi buat noda yang lebih gelap atau dark eyebag ini kurang bisa. Oh ya, di wajah saya kan banyak bulu-bulu halusnya - berasa punya jambang aing - nah itu nggak ketutup tepat kalau cuma pakai setakaran dua pump. Udah pernah saya layer juga tetep kurang nutup hasilnya buat noda maupun bulu, tapi entah kalau ditebelin lagi bakal gimana. Rasanya ringan abis di kulit foundation ini, dengan setakaran yang saya gunakan itu rasanya tetap nyaman nggak berat.

Ini sehabis di-blend dan oxidize kayak gini warnanya. Di kulit tangan saya terlihat setingkat lebih terang, tapi di wajah ini pas banget warnanya. Dia cepet nge-set usai diratakan, dan hasilnya nggak jadi kering gitu alasannya ialah ini kan Dewy+Smooth. Finish-nya beneran dewy berkilau-kilau gitu dan pas disentuh berasa agak basah, trus memang jadi lembut kulit disentuh. Karena dewy, ini bakal sedikit transfer kalau disentuh, tapi staying power-nya tetap dapat dibilang cantik kok. Transfer-nya dikit banget bahkan kalau digosok-gosok nggak pribadi bubar hilang semua. Saya udah coba basuh foundation ini pakai air juga, air aja nggak cukup melunturkan foundation-nya, beliau masih nempel walau ada yang ngegeser dan bubar dikit.

Begini hasilnya kalau saya pakai di wajah. Warnanya pas banget dan nggak keputihan kan? Itu saya pakai hingga ke leher, tapi hingga lengan pun nggak kelihatan ada belang. Foundation-nya nggak cakey walau hasilnya dewy, dan nggak nge-crack juga di smile lines. Di sini saya set pakai bedak tabur supaya hasilnya nggak terlalu kinclong, soalnya kulit saya yang kombinasi ini tidak mengecewakan cepet berminyak di beberapa area. Makeup ini saya pakai sekitar tiga jam saja, alasannya ialah hari pas foto-foto ini lagi nggak kemana-mana - berasa abnormal gitu di rumah aja dandan begini. Selama itu foundation-nya masih nempel dengan bagus. Trus udah pernah saya pakai lebih usang dari itu tapi nggak hingga seharian - mungkin setengah hari - hasilnya masih terbilang cantik juga foundation-nya. Dia nggak makin oxidize, cuma di awal aja, trus nggak jadi luntur atau ilang-ilang juga. Oh iya, saya kan pengguna kacamata, nah di sisi hidung daerah sandaran kacamata beliau dapat ngegeser dan ilang, tapi nggak parah banget kok selama nggak diteken kacamatanya. Biar lebih stay, mungkin di area ini bagi pemakai kacamata setting powder-nya dibanyakin aja. Foundation-nya dibersihkan mudah, ini pakai makeup remover atau micellar water atau bahkan milk cleanser dapat lah keangkat semua tanpa sisa - meskipun harus tetep basuh muka juga ya. Selama pakai Maybelline Fit Me Dewy+Smooth Foundation ini kulit saya nggak bermasalah, nggak timbul iritasi atau hingga jerawatan, baik-baik ajalah pokoknya. Eh pernah sekali terasa gatal sih seusai pakai foundation ini, tapi berikut-berikutnya saya pakai sudah nggak begitu lagi. Nggak timbul reaksi kemerahan atau bruntus juga waktu gatal itu, jadi mungkin pas kebetulan aja. Komedogenic? Kulit saya emang komedoan, tapi saya rasa asal tutas bersihin foundation ini nggak bakal menambah pasukan komedo kok. Toh bikin jerawatan juga enggak.

Overall, saya suka sama foundation ini. Maybelline Fit Me Dewy+Smooth Foundation shade 210 Sandy Beige dapat jadi pilihan foundation saya untuk sehari-hari alasannya ialah dipakainya nyaman dan tetap ada coverage-nya. Buat program juga sepakat kok ngga cuma buat daily, kan tergantung acaranya apa dan bagaimana. Untuk jenis kulit saya yang kombinasi dry dan oily, finishing foundation ini yang dewy tidak duduk kasus kok. Bagus-bagus aja diliatnya. Di area yang berminyak, kalau dirasa foundation-nya terlalu berkilau ya tinggal di-set pakai bedak. Nggak ngerasa terlalu dewy pun di-set pakai bedak juga nggak apa-apa, soalnya bedak akan membantu si foundation lebih melekat. Ini kalau dipakaiin bedak memang akan jadi lebih matte, tapi kalau bedakannya tipis aja nggak akan terlihat matte banget kok, kesan dewy-nya masih kelihatan. Kalau mau lebih dewy lagi? Set aja pakai shimmering powder atau tambahin highlighter agak banyak. So, segitu aja ya review dari saya. Semoga bermanfaat bagi yang sedang mencari-cari rujukan sebelum beli foundation :). See you guys!

Price: Rp. 149.000
Rate: 4/5
Pro's:
+ terasa ringan untuk sehari-hari
+ hasilnya cantik dan tahan lama
Con's:
- verbal botolnya kegedean
- oxidize jadi bagi sebagian orang akan repot memilih shade yang tepat
Share This :
Johan Andin