MASIGNCLEAN101

Tutorial : Gradient Lips

[Semua foto aku sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Pernah mencoba lipstick nude tapi hasilnya bikin wajah terlihat pucat pasi seolah mau pingsan? Saya pernah. Tadinya aku berpikit untuk tidak menggunakan lipstick nude itu lagi. Tapi kan sayang ya lipstick-nya sudah dibeli masa nggak dipakai.*prinsiporangpelit* Kadang aku pakai juga sih untuk menjinakkan warna-warna lipstick bold yang mau aku bikin berkesan natural. Cuma itu bikin warna nude-nya tenggelam, bercampur dengan warna bold campurannya tadi. Padahal aku kan pingin juga pakai lipstick nude yang tetap terlihat nude-nya. Kaprikornus hasilnya aku terpikir untuk memberi percikan warna lain di atas warna nude tersebut. Ala-ala gradient lips gitu.

Mau lihat bagaimana aku menciptakan tampilan gradient lips? Mungkin tidak menyerupai dengan gradient lips ala-ala korea gitu :'D, tapi nggak ada salahnya kan dicoba. Untuk gradient lips ala aku ini, aku menggunakan 2 warna lipstick dan 1 lip shine bening. Lip shine ini fungsinya untuk memberi finishing glossy. Sebenarnya aku bukan penggemar finishing glossy, tapi tekstur glossy di sini membantu bauran antara kedua warna terlihat natural - soalnya lipstick yang aku pakai jenisnya matte yang seret kalau dibaur. Opsional sih, kalau nggak mau glossy nggak usah pakai lip shine - tapi gunakan lipstick yang satin finish agar gampang dibaur.

*Kalau contohnya nggak punya lipstick nude tapi ingin mencoba gradient lips juga dapat pakai foundation atau concealer sewarna kulit untuk menggantinya.

Tiga benda yang aku pakai :


Saya pakai Wardah Longlasting Lipstick 02 Pink Sorbet dan 05 Fuschia Fever serta lip shine Wardah Wondershine 05 Clear Ice. Wardah 02 ini warnanya nude biarpun namanya Pink Sorbet -_- sementara 05 berwarna pink fuschia. Warna nude akan menjadi dasar warna bibir kemudian pecahan tengahnya akan aku gradasikan dengan warna pink fuschia. Warna untuk gradasi pecahan tengah bibir ini nggak harus pink ya, dapat juga pakai merah atau warna lain yang terang. Kenapa harus terang? Ya untuk mencerahkan si warna nude tadi. Saya pakai warna pink fuschia karena lagi pengen saja, hahaha. Biasanya aku pakai warna merah cabai alasannya ialah memberi dampak gradient yang lebih terlihat.

Setelah melihat swatch, mari kita menuju ke langkah-langkah tutorial gradient lips...:). Sebelumnya, aku perlihatkan foto bare lips saya walaupun tidak ada gunanya juga kalian lihat.

Itu sudah pakai lip balm ya. Selanjutnya...

Oleskan warna nude mulai dari tepian bibir hingga garis batas antara bibir dengan kulit agak samar. Bagian tengah bibir boleh diisi warna nude juga atau boleh dikosongi saja. Kalau warna untuk pecahan tengah bibir sangat terang, isi saja warna nude sampai full ke seluruh permukaan bibir. Tapi kalau warna untuk pecahan tengahnya nggak terlalu jelas - sedang-sedang saja menyerupai pink fuschia saya ini - lebih baik warna nude hanya digunakan di tepian bibir saja nggak usah hingga tengah. Kenapa demikian? Karena nanti kalau warna nude-nya full, warna pink fuschia-nya terlihat kurang strong saat dioleskan di atas warna nude.

Isi pecahan tengah dengan warna pink fuschia. Setelah itu - kalau tanpa lip shine - baurkan warna pink fuschia ke arah luar. Warna pada pecahan tengah bibir harus dibaurkan biar gradasi warnanya terlihat alami, nggak terlihat ada garis batas antara kedua warna lipstick. Membaurkannya dapat pakai kuas lipstick atau pakai jari saja. Saya pakai jari alasannya ialah ogah nyuci kuas, hehehe. Kalau tanpa lip shine, tahap ini sudah beres. Kalau pakai lip shine. aku membaurkan kedua warna lipstick setelah lip shine dioleskan. Caranya. ikuti langkah berikut di bawah ini :

Oleskan lip shine merata ke seluruh permukaan bibir untuk kesan full lips atau pecahan tengah bibir saja - sambil dibaur - kalau nggak mau terlihat terlalu glossy. Ngomong-ngomong, abaikan muka melamun aku pada foto di atas.

Tadaa...warna nude-nya jadi nggak bikin aku terlihat pucat lagi kan? Itu alasannya ialah semburat pink fuschia pada pecahan tengah bibir yang memberi rona cerah. Lip shine juga membantu memberi kesan segar alasannya ialah memberi dampak berair pada bibir. Awrr. Warna nude-nya tetap terlihat pada tepian bibir, nggak full tercampur dengan warna gradasinya. Sesuai yang aku inginkan :).

Atas : without flash, bawah : with flash

Nah demikianlah tutorial sederhana gradient lips ala saya. Mohon maaf ya kalau hasilnya nggak bagus-bagus amat :'D. Selamat mencoba!
Share This :
Johan Andin