MASIGNCLEAN101

Belajar Dandan ; Alasannya Yaitu Manis Itu Ada Waktunya...

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau besar lengan berkuasa pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Kemarin saya iseng blogwalking ke blog-blog tetangga trus ada yang posting soal pengalaman dia mencar ilmu dandan dan merawat diri dari jaman dulu hingga sekarang. Dari dia - katanya - buruk hingga cantik. Suer saya lupa itu blog siapa, tapi isinya sumpah bikin saya tertarik menciptakan goresan pena yang temanya sama. Tapi kontennya beda ya, saya mau nulis soal pengalaman saya sendiri. Tulisan ini menurut pengalaman yang saya ingat aja ya, sanggup jadi ada yang terlewat atau lupa-lupa ingat.

Saya mulai kenal yang namanya make up tuh dari masih belum sekolah. Waak, lenjeh ya saya dari balita. Soalnya ibuk saya tuh tipe perempuan karir yang kalau berangkat kerja berpakaian rapi, pake high heels matching sama tas, dan pastinya ber-make up. Kaprikornus ibuk tuh semacam figur pengenal ubarampe perdandanan bagi saya. Kalau ibuk lagi make up, niscaya saya ikut nimbrung dan ikut pakai bedak sama lipstick. Karena masih kecil waktu itu dandanan saya bukannya manis tapi malah serem. Celemotan soalnya. Dari kecil saya juga suka dress up dan pakai high heels sama tasnya ibuk. Sampai alhasil pas saya Taman Kanak-kanak tuh ibuk beliin saya high heels sendiri yang ukuran anak-anak. Gile yee, saya udah mendahului Suri Cruise pake heels sejak kecil.

Pas SD, saya makin gemar dandan. Boneka-boneka mainan aja saya dandanin pake eye shadow dan lipstick. Eh, saya kutex-in juga tangannya, hahaha. Waktu SD ini, ibuk sempat beliin saya lipstick sendiri jadi saya suka pakai lipstick ke sekolah. Busyet, hahaha. Anak SD ganjen saya dulu -_-.

Meskipun suka dandan, tapi saya belum kenal skin care pada masa kecil itu. Dulu, akhir tinggal di tempat dataran tinggi yang udaranya hirau taacuh maka saya jadi malas mandi. Kalaupun terpaksa mandi alasannya yakni mau berangkat sekolah, mandinya pun ngebut. Pokoknya jangan hingga kelamaan kena air. Karena saking cepetnya, maka sabunan pun sekenanya aja. Asal berbusa dikit, oles, bilas. Nggak higienis kayaknya mandi saya jaman dulu. Waktu balita sih masih dimandiin ya jadi sanggup bersih, tapi begitu udah sekolah saya mandi sendiri dengan ala kadarnya itu. Pantesan aja kulit saya dekil, jarang kegosok sel-sel kulit matinya. Aduh, pokoknya saya kusam dan kluwus khas bocah kampung deh. Sebenarnya saya nggak item, tapi alasannya yakni suka main di lapangan dan di kebon, alhasil kulit saya menggelap juga.

Waktu SMP, saya malah jarang dandan akhir aib kalo diejek teman-teman di sekolah. Maklum anak sekolah kampung, muridnya pada norak kalo lihat temennya manis dikit. Tapi pas Sekolah Menengah Pertama ini, saya mulai mengenal betapa pentingnya skin care selain make up. Sebenarnya waktu SD, saya pernah dibeliin facial foam - merknya saya lupa tapi kemasannya tube biru penuh tulisan-tulisan apa gitu - sama ibuk akhir ia melihat muka kusam saya kayaknya perlu disabunin. Sebelum itu saya sabun mukanya ngikut pake sabun tubuh sih alasannya yakni belum ngerti kudunya pakai sabun apa. Nah facial foam itu tuh nggak cuma saya pakai buat muka saya sendiri tapi saya pakai buat mandiin boneka juga sehingga cepet habis. Astaga saya ini :S. Nah, pas Sekolah Menengah Pertama saya tertarik beli facial foam lagi beserta beberapa skin care lain. Merk pertama yang saya jajal yakni Pond's alasannya yakni waktu itu iklannya gila-gilaan menciptakan semua orang mendadak ingin berkulit putih. Pond's saya beli dari facial foam, cleanser yang bening itu, moisturizer, hingga body lotion-nya.

Waktu Sekolah Menengah Pertama ini juga saya mengenal yang namanya luluran. Lulur pertama yang saya coba saya lupa merknya apa, tapi jar-nya berwarna hijau. Harganya waktu itu 10.500 rupiah. Lumayan loh untuk ukuran anak SMP, itu sanggup buat naik angkot 5 hari pulang pergi ke sekolah. Body lotion juga saya kenal pas Sekolah Menengah Pertama ini. Tadinya saya minta body lotion punya ibuk, merknya Citra. Trus saya beralih ke Pond's yang saya sebutin di atas alasannya yakni pingin putih. Walah kenapa saya terobsesi jadi putih padahal saya nggak legam-legam amat. Mungkin saya merasa hitam alasannya yakni dulu kusam. Biarpun rajin luluran dan pakai lotion, tapi saya masih tetep kusam waktu itu. Mungkin alasannya yakni gemar main panas-panasan.

Pas SMA, mulailah saya gemar dandan lagi. Sekolah Menengan Atas tuh, saya udah gemar pakai eyeliner dan maskara ke sekolah lho. Gilee, guru-guru aja jarang yang dandan. Kalau hang out ala-ala cukup umur keren, saya lebih heboh lagi dandannya. Alas bedak, TWC, eyeliner dan maskara, lipgloss - waktu itu nggak gemar lipstick, semua saya pakai. Mana nggak rapi pakainya. Tapi pada masa itu saya merasa manis paripurna. Kepedean sekali yaa...

Waktu Sekolah Menengan Atas juga, saya semakin fokus pada skin care selain make up. Beragam brand pernah saya coba. Terutama yang efeknya whitening. Mulai dari Pond's yang semenjak Sekolah Menengah Pertama itu, Garnier, La Tulipe, Sariayu, Mustika Ratu, kayaknya itu aja yang pernah saya coba buat wajah. Kalau buat tubuh lebih bermacam-macam lagi merk-nya, tapi sebagian saya lupa jadi nggak usah saya sebutin aja. Pokoknya seputar Lux buat sabun mandi, Vaseline buat body lotion - kalau pas punya duit, pas enggak pakainya body lotion-body lotion murah semacam Citra, Marina, Placenta, yang hemat harganya buat anak sekolahan. Pas kere banget, nggak pakai body lotion. Waktu SMA, saya pernah ikut paskib. Sialnya pada masa baris-berbaris sambil pepanas itu dulu saya malah nggak rajin pakai body lotion ber-SPF apalagi sunblock. Jadilah saya item belang, masih kusam juga.

Eh, waktu Sekolah Menengan Atas saya pernah terjebak menggunakan krim gaje yang dijual mbak-mbak sales sok tahu. Kaprikornus saya beli krim apa gitu lupa merk-nya, pokoknya di klaim sanggup menciptakan kulit putih dan manis dalam sekejap dengan alami dan aman. Sudah niscaya itu ngibul, mana ada produk yang kondusif sanggup kayak gitu? Bodohnya saya percaya. Krim itu saya beli sepaket, ada sabunnya juga dan dua krim - satu pagi satu malam. Begitu dipakai, gres sehari aja kulit saya eksklusif bruntusan. Lanjut ke jerawatan, tidak mengecewakan juga jerawatannya dulu. Padahal waktu SMP, biarpun kusam tapi saya nggak berjerawat lho. Sekolah Menengan Atas inilah mulainya jerawatan. Bodohnya lagi biarpun jerawatan saya tetep gemar make up-an tebal. Nggak pergi-pergi jadinya itu jerawat. Untuk menghilangkannya saya sempat pakai beberapa jenis produk penangkal jerawat. Dari produk Pond's lagi yang seri anti acne, La Tulipe seri anti acne, kapsul Yung San, hingga sabun Holly pun pernah saya coba. Tetep nggak hilang juga. Ilangnya gres pas saya udah kuliah. Waktu itu pakai rangkaian produk Acnes.

Kuliah nih, saya sudah pada tahap mulai sanggup dandan dan merawat diri. Jerawat juga udah pada hilang tadi, kadang masih muncul juga sih satu-dua. Karena hampir setiap ngampus niscaya make up-an, maka saya mulai banyak mencar ilmu mengenai cara make up yang benar dari segala sumber. Paling banyak dari majalah, dari internet juga sih. Pas kuliah, saya rajin pakai skin care. Terutama body care-nya. Masa itu bahkan saya punya waktu untuk mijitin tubuh pakai olive oil sebelum pakai body lotion. Pakai produk pem-block efek sinar matahari juga rajin. Hasilnya, kulit saya berangsur cerah dan bagus teksturnya.

Waktu kuliah ini segala produk kecantikan makin banyak saya coba. Itu mencakup skin care dan make up ya. Waktu itu infeksi saya sudah sembuh tapi meninggalkan sejumlah bekas yang tidak menyenangkan dipandang. Noda-noda hitam yang sulit hilang, ditambah scar yang banyak dan dalam. Scar sudah niscaya tidak sanggup hilang hanya dengan pakai produk skin care, tapi noda hitam harusnya sanggup dong. Mulailah saya berburu produk pencerah atau pemutih wajah yang sanggup ngilangin noda. Waktu itu sehabis Acnes saya pakai Garnier, trus Pond's lagi, trus balik Garnier lagi. Trus saya lupa pernah pakai apa lagi.

Ngomong-ngomong, pencerah sama pemutih beda ya. Pencerah nggak akan menaikkan skin tone kulit, pemutih menaikkan. Rata-rata semua produk drugstore yang berembel-embel whitening nyatanya tidak akan memutihkan kalau warna orisinil kulit pemakainya memang tidak putih. Tapi waktu itu saya masih ingin putih sihh...

Untuk dandan, produk make up saya makin banyak waktu kuliah ini. Waktu itu awal mula ngetrennya BB Cream. BBC pertama yang saya beli yakni Maybelline BBC. Waktu itu saya gemar nyobain bermacam brand BBC karena merk-merk lain juga mengeluarkan produk tersebut. Trus bermacam-macam produk dan brand make up lain pun makin banyak saya miliki - hingga sekarang. Dari Maybelline itu, PIXY, produk-produk Oriflame dan Sophie Martin, dan alhasil saya menjadi penggemar Wardah. Kalau brand semacam MAKEOVER dan NYX itu baru-baru ini aja saya beli, bukan dari kuliah.

Beberapa, yang produk gres DDC-nya

Produk make up yang paling banyak bertambah dalam koleksi saya yakni lipstick. Duluuu ya, dari SD punya satu lipstick dan udah hilang juga entah semenjak kapan. Sekolah Menengan Atas nggak suka lipstick, sukanya lipsgloss yang berkilau sekali, kuliah punya tiga lipstick, lulus kuliah makin banyak beli lipstick - hingga sekarang.

Sekarang udah nambah lagi jumlahnya...:p

Sekarang? Yaa, sanggup dilihat sendiri saya kayak apa. Semenjak abad instagram nge-hits dan saya juga bergabung di blogger, makin banyak isu soal skin care dan make up yang saya ketahui. Saya udah nggak kusam lagi sekarang. Masih ingin putih? Sebenarnya iya, tapi putih yang standar aslinya kulit orisinil saya pas lahir aja - padahal saya lupa pas lahir kulitnya warna apa. Maksudnya merata warnanya sewarna antara kulit yang kena sinar matahari sama yang di dalam pakaian. Nggak sanggup lebih dari itu. Soalnya warna kulit itu genetis gais, nggak sanggup diowah-owahi kecuali dengan tindakan medis ibarat yang dilakukan Michael Jackson. Apa sih ya? Mengganti pigmen?

Sekarang tuh kulit saya udah nggak gelap. Saya nggak seputih cewe ras kaukasian yang negaranya bercuaca empat musim, tapi cukup lah. Apa saya nyebutnya kuning? Kayak minion :S, enggak juga tuh. Mungkin beige atau krem aja saya nyebut warna kulit sendiri? Pokoknya saya putih kekuningan dah. Nggak gelap kayak waktu masih suka pepanas tanpa perlindungan. Kulit saya juga sudah cerahhh, meskipun tetep belum rata antara betis atau tangan dengan kulit di kepingan dalam yang enggak terkena sinar matahari langsung. Itu kulit tubuh, kalau kulit wajah, saya udah cukup terang dan cerah juga warnanya. Dan yang paling penting nggak belang sama badan. Sekarang masih dalam proses perawatan untuk memaksimalkan warna maupun teksturnya, nanti akan saya update kalau ng-review salah satu skin care wajah saya.

Beberapa waktu yang kemudian rame banget meme 'maafkan dan mantan'. Ada dua hal yang saya tangkap dari meme itu. Satu, memang imbas kamera jaman dahulu dan kini kualitasnya beda ya. Jaman kini filter biar manis kaya apa juga ada, terang lah sanggup lebih manis dari yang dulu. Yang kedua, memang manis itu ada masanya. Saya juga ngerasain kok kalau dibandingin masa awal cukup umur dulu, saya yang kini jauh lebih cantik. Bukan hanya alasannya yakni make up, tapi juga alasannya yakni kondisi kulit yang semakin bagus :).

Sekarang, saya sudah paham seberapa skin care dan make up yang diharapkan untuk diri saya. Err, meskipun masih suka beli yang tidak perlu juga sih :p. Nah, demikianlah perjalanan panjang saya mencari kitab suci melewati aneka macam proses berkenalan dengan skin care dan make up. Sekian dulu yaa :)!
Share This :
Johan Andin