MASIGNCLEAN101

I Will Let You Go...

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Jangan salah sangka menerka pos ini berisi curhatan resah saya yang mau melepas gebetan. Itu judul didramatisir aja biar banyak yang tertarik baca. Aslinya saya mau dongeng soal pengalaman melepas satu brand skin care. Belum usang sih, gres dua mingguan lebih ini :'D. Tapi dulu sebelum ini, saya juga berkali-kali pernah melepas beberapa brand skin care tertentu.

Kaprikornus gini, udah sekitar dua bulanan lebih saya pakai krim LBC. Tadinya malah di-combine sama Larissa. Pas Larissa abis, saya pakai LBC doang. Nggak ada persoalan sih, justru kulit saya rasa tambah bagus. Halus, cerah, pori-pori mengecil, dan komedo berkurang. Yang poin pori-pori mengecil gres saya sadari kini sesudah lepas, lantaran kini pori-pori saya gedean lagi.

Tadinya saya nggak berpikir akan lepasin krim LBC begitu saja lho. Pas krimnya menjelang mau abis malah saya terpikir untuk repurchase. Tapi baca-baca blog kakak-kakak tetangga yang pernah pakai produk yang sama dan betapa lega beliau sesudah lepas, saya jadi kepingin lepas juga. Apalagi sesudah baca banyak blog lain yang pada dasarnya tuh berisi usaha si blogger melepas krim yang sama dengan saya lantaran berdasarkan mereka - dan saya juga - krim tersebut berbahaya untuk kesehatan diri dalam jangka waktu panjang, saya semakin yakin untuk lepas krim. Takutnya saya keburu ketergantungan. ini mumpung gres satu kali pembelian mending lepas aja sekarang. Pas sebelum lepas itu, kondisi kulit saya masih bagus. Saya pikir, beralih ke skin care lain aja ah yang brand drug store yang lebih kondusif buat maintenance. Jadilah saya beralih ke Wardah. Terhitung semenjak saya beli di tanggal 10 Oktober 2016, mulai tanggal 11-nya kayaknya saya pakai Wardah. *rada lupa sih, kalau nggak tanggal 10 itu ya 11

Saya emang pribadi ganti skin care - ganti day dan night cream. Harusnya ada sesi penetralan dulu, dapat dengan enggak pakai apa-apa selama beberapa hari atau pakai produk skin care yang berfungsi menetralkan - Wardah juga ada. Cuma saya males kalau pakai penetralan dulu. Saya pikir toh ini bukan ganti ke skin care dari resep dokter. Pas saya masih pakai Larissa dan digabung LBC aja itu pribadi dan baik-baik saja - seingat saya emang ada pengelupasan sih, dikit doang tapi dan ngelupasnya bukan lantaran nambah skin care lain, tapi lantaran efek krim LBC - sebelumnya udah dikasih tahu dokternya bahwa bakal ada pengelupasan kalau pakai krim LBC. Jadilah saya pribadi pakai Wardah seri lightening. Saya sudah pernah pakai produk ini sebelumnya dan aman. Lima hari pertama pakai Wardah, wajah baik-baik aja. Kondisinya enggak berubah dari sebelumnya pas masih pakai LBC. Di hari keenam, peristiwa dimulai. Mulai timbul bruntusan di muka saya T_T. Awalnya di dagu, terus pipi, dahi, bersahabat alis, dan hidung. Bruntusannya itu gatel dan kemerahan. Lalu diikuti benjol kecil-kecil berisi cairan. Tadinya saya pikir itu terjadi lantaran saya malas basuh seprei jadi basil numpuk di seprei dan nempel ke muka pas saya tidur. Tapi selama ini saya nggak pernah ngalamin breakout karena seprei tuh. Kaprikornus kesimpulannya : ini breakout skin care!

Bruntusan dan jeriwi kecilnya dapat jadi lantaran saya lepas LBC, dapat juga lantaran saya mulai pakai Wardah. Intinya kulit lagi mengikuti keadaan dengan rutinitas barunya. Pas saya pernah pakai Wardah White Secret sama Fair & Lovely saya juga ngalamin benjol kecil-kecil - ini juga saya masih ragu kini produk mana yang nimbulin benjol tersebut (bahkan mungkin skin care sebelumnya). Trus itu ilangnya kapan dan gimana saya lupa :'D.

Bruntusan berlangsung dua hari. Selama dua hari itu, tiap malam sebelum tidur saya pakai lotion benjol di area bruntusan dan jerawat. Di pagi hari ketiga, bruntusannya mereda - tapi jerawatnya belum. Sayangnya bruntusan yang mereda menjadikan bekas. Muka saya jadi banyak bekas kemerahan. Tapi untungnya nggak muncul bruntusan baru.

Pada hari ketiga pas bekas kemerahan bertebaran, sorenya saya pakai masker kentang yang biasa, cuma dengan aksesori acne lotion sekitar 1,5 ml pada ramuan campuran maskernya. Hasilnya pasta masker jadi perih kalau digunakan di muka - apalagi di sekitar mata. Masker ini saya pakai sekali pas itu, pas hari Selasa tanggal 18 Oktober kayaknya. Terus lantaran habis itu Kamis-Minggu saya kuliah, jadi masker gres saya pakai lagi dua hari kemarin berturut-turut. Terhitung dari 18 Oktober itu saya masih rutin pakai acne lotion sebelum tidur. Syukurlah noda kemerahan berangsur mereda dan nggak gatal lagi. Tapi apesnya, bekas kemerahan tadi jadi menggelap dan muka saya banyak noda gelap -_-. Ini hingga kini saya masih berusaha memudarkan nodanya.

Ada lagi, entah semenjak hari apa, tapi dari Senin pagi tanggal 24 kemarin saya sadarnya komedo saya bermunculan lagi. Di area hidung dan pipi. Dahi dan dagu juga tapi nggak banyak. Padahal pas saya rutin pakai LBC, itu komedo udah berkurang banget - nyaris menghilang dan nggak muncul lagi malah. Eh ini saya lupa berkurangnya pas pakai LBC atau semenjak pakai Larissa juga - tapi kayaknya LBC deh soalnya pas saya beli krim, dokternya bilang ini krim buat komedonya *kalau nggak salah ingat*


Sejak timbul komedo, kayaknya muka saya tambah kusam juga. Saya enggak tahu sebabnya sih, tapi mungkin lantaran terlalu berminyak. Kaprikornus gini, komedo kan asalnya juga dari minyak yang tersumbat. Entah semenjak lepas LBC atau pakai Wardah minyak di kulit saya nambah sehingga menjadikan komedo dan kekusaman. Itu masih hipotesis sihh.

Hari ini, saya masih perang melawan noda gelap, komedo plus benjol kecil, dan kekusaman. Sepanjang saya pakai Wardah Lightening Series dulu seingat saya komedo tetap ada, jadi terperinci saya nggak dapat mengandalkan produk ini untuk menangkis komedo bandel. Mungkin saya kudu facial rutin untuk mengurangi komedo. Untuk facial saya masih percaya Larissa sih dibanding salon atau klinik sejenis. Kalau buat facial kondusif deh saya rasa, kalau untuk pakai krim Larissa lagi kayaknya enggak. Walaupun pas saya lepas Larissa dan pakai LBC doang kulit enggak break out tapi saya udah males pakai krim racikan klinik semacam itu.

Kalau untuk kekusaman, saya belum kepikiran gimana mengatasinya. Nanti dipikir sambil jalan aja. Soalnya saya udah pakai day dan night cream lightening plus serum pencerah juga nih, tunggu hasilnya dulu aja kayaknya.

Saya rasa, kulit saya pernah dalam kondisi terbaiknya (dari luar) pas pakai skin care Theraskin. Trus saya pas pakai Larissa tidak mengecewakan manis juga. Pas pakai LBC bagus. Duluu banget sebelum pakai ketiganya saya pernah pakai skin care Mouza - ini brand klinik juga - hasilnya tidak mengecewakan manis juga. Soalnya dulu saya punya satu benjol kerikil buandel yang sudah bertahun-tahun nggak hilang dan balasannya hilang sesudah facial plus pakai skin care dari Mouza. Kalau dipikir-pikir, segala kondisi yang terbagus itu pas pakai skin care racikan. Pas saya pakai brand drug store malah biasa aja. Tapi bukankah segala sesuatu yang berlebihan bagusnya dan mendadak pula itu patut dicurigai? Semua skin care racikan yang saya pakai itu rata-rata gres sekali beli, pemakaian kurang/sekitar tiga bulan. Tapi peningkatan hasilnya signifikan. Apa nggak ancaman tuh untuk jangka panjang? Kasihan ginjal saya deh kalau numpuk materi kimia berbahaya terus dalam waktu usang dan terus-menerus. Okelah saya mantap untuk tidak pakai skin care racikan lagi. Demi kesehatan diri sendiri - dan lantaran saya perempuan maka butuh persiapan kesehatan buat punya anak juga. Hampir semua skin care racikan tidak diperbolehkan untuk bumil dan busui kan? Berarti nggak aman. Kalau skin care drug store biasanya nggak ada peringatan nggak boleh buat bumil. Kemungkinan kondusif deh - meskipun untuk kepastiannya kau harus tanya ke dokter SPOG.

Foto di atas tuh yang kiri pas masih pakai Theraskin, saya lupa bulan berapa. Cek aja nanti ya di pos saya yang lampau. Yang kanan tanggal 12 Oktober kemarin, gres sehari lepas LBC dan kulit masih tidak berontak.

Yang ini foto tadi pagi :'D. Abaikan muka sok seksinya. Di foto itu saya pakai foundi lho padahal, tapi noda bekas bruntusan masih kelihatan. Beberapa potongan juga tampak nggak halus, itu lantaran tangan saya yang usil mencetin komedo dan benjol kecil-kecil *ini tidak patut dicontoh*. Bekas ekstraksi paksa itulah yang bikin muka nggak halus T_T. Kalau pori-pori besar kurang terperinci kelihatan ya? Tapi di area hidung dan pipi - tempat utama timbulnya komedo - tuh pori-pori saya kelihatan terperinci gedenya, mungkin lantaran keseringan diekstraksi. Kalo di dahi dan dagu nggak terlalu kelihatan porinya. Komedo meskipun timbul juga di situ tapi nggak separah di hidung dan pipi, yang di area sini jarang saya ekstraksi.

Intinya kondisi kulit saya ketika ini :
  • Ada noda gelap
  • Kurang halus
  • Banyak komedo dan benjol kecil
  • Pori-pori besar
  • Kusam
Saya nggak tahu berapa usang kondisi ini akan berlangsung :(. Kayaknya saya harus banyak bersabar deh. Saya belum ada rencana mau facial dalam waktu bersahabat atau menambah rangkaian skin care gres lagi. Untuk sementara, saya hanya akan rajin bersihin muka, rajin maskeran, dan rajin pakai acne lotion untuk menjaga kondisi kulit supaya enggak tambah memburuk lagi dan sebagai antisipasi timbul bruntusan lagi. Terus, saya masih tetap - dan akan - rutin pakai day dan night cream-nya Wardah. Plus serum juga sebagai upaya ngilangin noda dan mencerahkan kulit. Skin tone saya enggak tambah gelap sesudah lepas LBC, cuma kusamnya itu lho. Kaprikornus sata tetap butuh produk pencerah semoga kulit tidak menjadi gelap atau semakin kusam. Mudah-mudahan kondisi ini lekas berlalu ya ^_^. Semangat!
Share This :
Johan Andin