MASIGNCLEAN101

Make Up Look : Princess Go To Campus!

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf jikalau besar lengan berkuasa pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Judulnya hiperbola, aslinya isi pos ini sederhana kok. Sesederhana masakan pokok anak kos di selesai bulan. Makara ceritanya saya mau ngasih lihat dandanan saya buat ngampus. Sebenarnya saya terbiasa ngampus pakai bedak tabur, blush on tipis, pensil alis dan eyeliner pensil, serta lipstik aja - belakangan ini ketambahan maskara. Kadang pakai ddc atau twc sih kalau mau dandanan yang agak cover. Tapi saya rada jenuh sama dandanan yang gitu-gitu melulu. Makara marilah kita berinovasi. Siapa tahu nanti saya sanggup inspirasi bikin skripsi dengan judul korelasi antara make up mahasiswa dengan jumlah nilai A yang didapat. Lagipula bentar lagi saya UTS. Siapa tahu kalo dandan rada nyleneh otak saya jadi jernih buat mikir ;D!

Sebelum ke make up, saya mau ngasih tahu dulu kalau kulit saya lagi salam proses mengikuti keadaan dari satu skin care ke skin care lain. Makara maap bener kalau kulit saya lagi nggak bagus-bagus amat T_T. Sekarang, pribadi aja ya ke step by step make up-nya. Ini saya sudah pakai pelembap dan lip balm.

1. Base Make Up - Foundation

Sorry, flicker abis fotonya - hampir semua foto yang pakai latar ini jadi bergaris. Padahal latarnya enggak bermotif garis lho. Saya juga nggak tahu kenapa jadi muncul flicker :S.

Perlengkapan pertama yang digunakan yaitu base, foundi, dan kuasnya. Saya sengaja nggak pakai base duluan ke kulit sebab mau saya campur dengan foundi-nya. Makara tinggal tuang aja base beserta foundi ke punggung tangan, blend sampai tercampur, kemudian kuaskan ke wajah. Base ini ngasih imbas glowing buat si foundi, terus juga menciptakan foundi lebih nempel plus tahan lama, dan menciptakan foundi lebih encer sehingga lebih gampang diratakan dengan tidak terlalu tebal. Saya pakai adonan base+foundi ini tipis aja biar nggak terkesan berat. Kalau nggak suka pakai kuas, pakai jari juga bisa. Saya pilih pakai kuas sebab sedang tidak ingin ngotorin jari. Soalnya saya lagi manjangin kuku, dan ini bekerjsama bikin gerak gerik jari tangan kurang leluasa sebab kalau pakai produk apapun yang bentuknya liquid pasti banyak produk nyelip di belahan dalam kuku. Terus buat ngetik di keyboard juga jadi susah. Agak ngeselin sumpah. Tapi ya mau gimana lagi, saya sedang ingin ukuran kuku yang sempurna buat ngelukis minion yang enggak bantet di atasnya.

2. Concealer


Berikutnya saya pakai concealer. Biasanya ini nggak pernah saya pakai ngampus. Tapi sebab kantung mata saya kini tidak mengecewakan parah -_- jadi mau nggak mau saya butuh concealer. Saya pakai dua jenis concealer, satu cream satu stick. Sebenarnya pakai yang cream saja sudah cukup sebab produk yang saya gunakan yaitu camouflage cream yang punya lima warna - termasuk warna yang saya butuh yaitu orange dan beige, tapi sebab saya rasa lebih mudah ambil warna beige dari concealer stick, maka saya pakai stick juga. Warna orange terlebih dahulu dioleskan di belahan bawah mata dengan kuas kemudian dibaurkan. Warna orange memang paling pas buat nutup warna dark di bawah mata. Selanjutnya tutup lagi dengan warna beige agar warna area bawah mata sama dengan warna kulit belahan lainnya. Kalau masih orange kan jadi belang tuh. Ingat ya, concealer ini hanya berfungsi menutupi warna kulit di area bawah/seputar mata yang sesungguhnya. Kalau soal kantung mata yang bengkak, itu lain soal. Bentuknya nggak akan sanggup tertutupi oleh concealer sehebat apapun, paling cuma sanggup disamarkan dari sisi depan aja.

Nah, kayak gitu hasilnya. Sayang saya nggak foto yang before pakai concealer. Tadinya seputar mata saya itu gelap kayak kebanyakan ronda. Harusnya dikasih concealer muterin mata gitu kali ya? Tapi saya males pakai concealer mengelilingi mata jadi saya pakai di bawah mata aja Yang di kelopak kan nanti sanggup ketutup dengan pakai eye shadow. Setelah pakai concealer, area bawah mata yang kehitaman jadi tersamarkan warna aslinya.

3. Blush On


Berikutnya, pakai blush on. Saya masih tetap suka pakai lipstik sebagai blush :D! Cara pakainya, cukup oles lipstik secukupnya di area pipi kemudian baurkan ke arah tulang pipi dan pelipis. Membaurkannya sanggup dengan kuas atau cukup tepuk-tepuk dengan jari.

4. Loose Powder


Ini pakainya tipis-tipis aja, buat nge-set make up sebelumnya agak nggak terlalu berkilau. Soalnya efek glowing dari adonan base dengan foundi bikin muka saya jadi terlihat berminyak di foto. Setting powder teorinya digunakan di selesai make up ya? Tapi saya nggak suka kalau alis dan maskara saya ketiban bedak dan jadi putih-putih jadi saya pakai di tahap ini. Saya pakai kuas untuk mengaplikasikan bedak tabur. Soalnya kalau pakai sponge agak susah ngeratain bedak tipis-tipis. Trus sayang sponge-nya juga jadi ternoda foundi dan lain-lain kalau pakai bedaknya bukan ditepuk-tepuk tapi digeser. Satu hal yang saya kurang suka dari bedak tabur semacam ini yaitu taburan bedaknya yang suka terbang kemana-mana -_-.

5. Eye Shadow & Contour Kit


Saya suka warna-warna yang 'dingin' untuk pilihan lipstik, tapi kalau untuk make up mata ke kampus kayaknya berlebihan kalau saya pakai aisido biru atau neon pink :S. Jadilah untuk warna eye shadow kali ini saya pakai warna yang warm. Nggak ada problem kok untuk undertone kulit saya. Saya jadi agak gamang sama teori undertone dan kecocokan warnanya.

Saya pilih warna coklat dan peach. Warna coklat saya aplikasikan di kelopak mata. Kemudian warna peach untuk belahan ujung mata. atas kelopak, hingga bawah alis. Ini sekalian buat highlight tulang alis :D. Warna peach sengaja saya pilih sebab kalau pakai coklat di seluruh belahan kelopak akan bikin kelopak mata saya kelihatan cekung. Saya kan udah kurus, mata belo, kalau cekung juga kelihatan kasihan T_T.

Setelah tahap eye shadow beres, saya malah lupa sama shading hidung. Contour Kit-nya dari tadi saya pakai ngaca doang. Nanti yaa shading-nya saya taruh di selesai aja.

6. Eyebrow - Eyeliner - Mascara


Mula-mula saya sikat alis kemudian pakai pensil alis hitam. Saya rasa warna hitam memang lebih cocok dengan warna orisinil rambut alis saya yang memang hitam. Warna hitam menciptakan alis saya tidak terlihat 'fake' banget. Setelah coretan pensil alis dibaurkan, lapisi dengan maskara biar rambut alis tidak lari-lari dan tetap tertata rapi.

Berikutnya, pakai eyeliner pensil warna hitam untuk membingkai belahan atas mata. Kemudian warna coklat (ini dari pensil alis :D) digunakan untuk belahan bawah mata pada sisi luarnya saja. Selanjutnya eyeliner pensil warna putih saya pakai untuk waterline. Eyeliner berbentuk pensil kayak gini lebih gampang digunakan dan balasannya tidak berlebihan - buat ngampus doang ini... Saya pernah sih ngampus pakai liquid eyeliner, tapi kini lebih suka pakai pensil. Soalnya bikin riasan mata tetap hidup tanpa terlihat dramatis. Walau niatnya bikin riasan sederhana, tapi saya tetap tidak sanggup melupakan aksen kitty eye - maksudnya cat eye - untuk ujung mata ;). Itu udah trade mark saya, hahaha :D!

Next, pakai maskara. Teteup, pakai Magnum Mascara dari Maybelline yang berfungsi - berdasarkan saya - melentikkan, memanjangkan, dan mempertebal tampilan bulu mata. Btw, untuk bulu mata bawah bekerjsama lebih manis balasannya kalau pakai sisi cekung aplikator. Tapi memang resiko bawah mata tercoret lebih besar dibanding kalau pakai sisi cembung aplikator. Solusinya, sanggup alasi dulu bawah mata dengan tisu gres pakai maskara. Cuma cara ini tergolong kurang mudah buat saya. Makara kalau mau pakai belahan aplikator yang cekung ya hati-hati aja tangannya jangan tremor, kalau enggak ya pakai sisi cembungnya aja biar safety b'coz safety can be fun.

Yang ini foto bulu mata after pemakaian maskaranya lebih terang nih! Lebih terlihat lentik, panjang, dan tebalnya :). Saya suka ingin tau sama cara kerja maskara dan aplikatornya, kok sanggup sih bikin serat panjang-panjang gitu di bulu mata :S. Sepertinya jurusan kuliah yang cocok untuk saya yaitu belahan teknik produksi kosmetik - tapi memangnya ada?

Saya pingin pakai soft lens diameter gede untuk bikin imbas mata boneka, tapi kok sayang matanya ya? Kayaknya minus saya udah nambah nih, ngetik aja mesti di-zoom-zoom. Enggak sadar kapan mulai minus-nya, tahu-tahu udah kabur aja :(.


7. Lipstick

Entah kenapa saya nggak sengaja menghapus foto lipstik yang sudah saya siapkan T_T. Teledornya saya...dan gres sadar pas udah dapet setengah nulis pos ini. Yasudah enggak usah pakai foto lipstik. Soalnya kalo nyelipin satu foto gres bakal terlihat bedanya sama foto-foto lain, saya nggak mau merusak nuansa ah. Saya jelasin aja, saya pakai lipstik Intense Matte dari Wardah. Saya gres punya satu shade, jadi terang yang saya pakai yaitu nomor 04 Mauve Mellow. Saya memang lagi seneng sama warna ke-greyish-greyish-an macam ini. Ngomong-ngomong, saya gres nyadar tadi, lipstik ini tetep nyetak garis bibir juga kalau sudah beberapa usang dipakai. Padahal ini berair lho, bibir juga udah saya pakaiin lip balm sebelumnya. Yasudahlah nggak pa pa, sanggup touch up langsung tanpa menggumpal kok.

Eh iya, di sini sekalian saya shading bagian hidung. Kan tadi terlewat...

Finish! Kayak gitu deh hasil make up saya hari ini, hahaha. Warna bibirnya kurang cetarkah? Biasanya saya memang pakai warna-warna terang, tapi nggak ada salahnya kan mencoba warna gres ;). Look make up ini sekilas terlihat 'no make up' loh. Ini sempat jadi tren beberapa waktu lalu. Kalo sekarang, kayaknya yang lebih booming adalah 'Kylie's Make Up'. Ya nggak? Tadinya saya mau pakai lipstik di luar batas kewajaran garis bibir. Cuma saya pernah nyoba malah balasannya terlalu dower :'D. Nggak jadi deh, nanti diketawain ayam.

Trus masa saya ngampus gini doang? Enggak dong. Karena kampus saya bermottokan religius, baiknya saya pakai jilbab. Okey?


Sengaja milih warna orange karena keseluruhan make up saya terasa agak 'plain'. Berasa kurang ceria gitu jadinya. Makara saya kontraskan warna jilbab sama make up biar kelihatan berwarna ;). Make up ngampus ala saya beres deh! Tentu nggak setiap hari saya bakal pakai look semacam ini buat aktivitas perkuliahan. Kan dandan gitu-gitu lagi boring ;).

Produk-produk yang saya pakai di look kali ini :
  • MAKEOVER Hydration Serum
  • Wardah Exclusive Liquid Foundation shade 02 Sheer Pink
  • MAKEOVER Camouflage Cream Concealer
  • Veryme Cover Up Concealer
  • PIXY Silky Fit Lipstick shade 219 Sakura Satin
  • Larissa Loose Powder White
  • Wardah Eye Shadow seri I & K
  • MAKEOVER Contour Kit
  • PIXY Eye Brow Pencil Black
  • PIXY Mascara
  • Veryme Double Trouble Eye Pencil - ini ada warna hitam dan putih tapi yang saya pakai hitamnya aja soalnya putihnya agak silver dan pigmentasinya sudah kurang manis - btw pensilnya udah pendeek tapi masih saya pakai ;D
  • Viva Eyebrow Pencil Brown - ini juga pensilnya udah pendek abis tapi sayang kalo dibuang jadi saya pakai aja :D
  • Wardah Eyeliner Pencil White
  • Wardah Intense Matte Lipstick shade 04 Mauve Mellow
*maaf kalau ada kesalahan penulisan nama produk ya
*sekalian maaf kalau ada perbedaan istilah dan opini dari pos-pos sebelumnya, idup kan nggak statis meen, opini saya sanggup berubah setiap saat

Sudah! Sekian dulu yaa goresan pena saya kali ini. Selamat mencoba bereksperimen dengan make up ^_^. Jangan takut kelihatan norak atau menor. Dandan kan nggak mesti natural mulu, because sometimes natural beauty is boring ;).
Share This :
Johan Andin