MASIGNCLEAN101

Review : Pixy Cleansing Express Brightening

[Semua foto aku sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Selain pembersih wajah konvensional - milk cleanser - aku juga punya pembersih wajah mudah ;). Yang ini biasanya aku pakai kalo di kos. Soalnya aku males bawa banyak bawaan ke kos. Kaprikornus yang praktis-praktis aja. Yang aku bilang pembersih wajah mudah tuh PIXY Cleansing Express Brightening. Ini yaitu pembersih wajah berbentuk cair, fungsinya untuk membersihkan wajah dari debu, kotoran, maupun make up. Ini suer mudah alasannya yaitu sekali usap - tentunya dengan proteksi kapas - debu, kotoran, dan make up pribadi terangkat. Biasanya produk ini aku pakai sebelum basuh muka.


Saya lagi mencar ilmu teknik foto yang sempurna dengan hasil bagus. Karena pas foto pembersih ini sendirian ia karam dalam warna latarnya - jadi pucet gitu fotonya - maka aku tambahin properti lain supaya berwarna. Berhubung nemunya anggur yaudah anggurlah yang digunakan :'D. Soalnya warnanya match sama latar sihh. Saya pernah baca artikel perihal fotografi yang bilang kalau supaya hasil foto kita warnanya sama dengan aslinya, kita sanggup pakai selembar tisu putih/kertas HVS untuk menetralisir warna. Pantesan kalau orang lagi foto/shoot gambar niscaya ada styrofoam di samping objek fotonya. Saya udah nyoba cara ini, cuma agak repot di mana nempatin tisu/kertas putihnya supaya tetap ngaruh ke warna foto tapi nggak ikut kefoto. Lain kali aku coba lagi deh hingga sanggup posisi yang pas.

DESKRIPSI


PIXY merupakan brand kosmetik produksi Mandom Beauty, Tokyo. Kalo di Indonesia sih pabriknya di Bekasi. Merk ini sudah mengantongi ijin BPOM untuk produk pembersihnya yang akan aku review kali ini. PIXY punya logo khas berbentuk semacam setengah sayap kupu-kupu. Saya ingat banget logo ini ada di setiap produknya - terutama yang aku ingat ada di tutup lipstik yang berbentuk ala kelopak bunga. *saya kayak pernah nulis begini dengan kalimat yang berbeda kayaknya, aku ralat ya, goresan pena yang sempurna tuh yang ada di pos ini*

PIXY Cleansing Express Brightening merupakan pembersih sekaligus penyegar yang tidak mengandung alkohol sehingga lembut untuk membersihkan kotoran dan make up. Dapat digunakan untuk kawasan sekitar mata dan bibir. Produk ini punya varian lain selain brightening yang aku punya ini. Si brightening didominasi warna biru muda, trus ada yang anti acne berwarna hijau, dan ada yang botol pink serta ungu cuma aku kurang terang itu varian apa. Yang pernah aku pakai gres brightening biru sama hijau yang anti acne dulu.

PIXY Cleansing Express Brightening memiliki formula 2-Way Bright yaitu :
  • Natural Whitening Extract, menciptakan kulit tampak lebih cerah
  • Soya Bean Lechitin dan derivat Vitamin C, membersihkan kulit, mengangkat kotoran, make up, dan minyak berlebih di wajah tanpa menciptakan kulit kering sehingga kulit bersih, lembut, dan terasa lembap.
Saya rada gamang antara istilah brightening, lightening, dan whitening. Kalau di-translate arti ketiganya terang berbeda. Brightening artinya menerangi, lightening justru artinya meringankan - tapi sanggup juga mencerahkan, sementara whitening jelas memutihkan. Banyak produsen yang melabeli produknya dengan perhiasan tiga istilah di atas dan disalahartikan oleh pembelinya dengan makna memutihkan. Memang cewe cewe gaul jaman kini kayaknya pada terobsesi putih ya? Dulu aku juga. Sekarang sih udah enggak. Warna kulit normal aja sewajarnya. Ya mau sih kulit cerah dan bersinar, tapi nggak kudu putih ibarat tembok yang gres dicat. Itu agak ngeri malahan. Paradigma putih itu bagus tuh salah kaprah tapi terlanjur dijadikan patokan buat lebih banyak didominasi masyarakat Indonesia.

PIXY Cleansing Express Brightening ini bilang ia brightening, tapi ada kandungan whitening-nya dan fungsinya mencerahkan kulit. Saya jadi gundah ini mau produsennya apa? Mungkin produsennya gamang juga sama kayak aku soal perbedaan makna ketiga istilah di atas. Ya sesungguhnya sanggup diartikan ketiganya menaikkan skin tone. Cerah/terang sanggup bermakna menaikkan skin tone juga lho - meskipun bukan secara harafiah, kan tetep beda warnanya kalau dibandingkan dengan kusam.

Di balik botolnya, PIXY Cleansing Express Brightening menulis "Dapatkan kulit bersih, terasa lebih lembut, dan tampak lebih cerah". Ada cara pakainya juga, yaitu : Basahi kapas dengan PIXY Cleansing Express Brightening kemudian usapkan pada wajah dan leher. Trus ada peringatan untuk menghentikan pemakaian bila terjadi iritasi. Jika produk masuk ke dalam mata, segera bilas dengan air. Hindarkan produk dari panas dan sinar matahari.

Saya oke sama cara pakai produk ini. Saya memang lebih suka pakai kapas ketimbang tisu untuk menampung pembersih sebelum diusap ke wajah. Soalnya tisu tuh sifatnya menyerap cairan, pembersih malah habis terserah ke tisu sebelum sempat digunakan membersihkan wajah. Tisu juga lebih mudah robek alasannya yaitu tipis. Kapas tuh berserat, jadi cairan lebih usang terserap sehingga lebih cocok untuk ditetesi cairan pembersih. Kapas juga lebih sanggup mengangkat debu, kotoran, maupun make up karen teksturnya yang berserat tadi.

Saya pernah pakai produk ini untuk bersihin maskara dan eyeliner terus nggak sengaja produknya masuk ke mata. Agak perih sih walau nggak mengandung alkohol. Waktu itu aku nggak sempet bilas pakai air alasannya yaitu keburu aku kedip-kedipin supaya produknya keluar lagi. Jangan dicontoh sih ya, hati-hati kalau mau bersihin area mata. Usahakan selalu mata enggak kemasukan produk apapun yang bukan dikhususkan untuk mata.

HARGA

Produk ini harganya Rp.12400 untuk isi 100 ml. Ya nggak terlalu mahal sih, tapi bakal kelihatan mahal kalau dibandingkan sama pembersih plus penyegarnya Viva.

KEMASAN

Kemasannya berbentuk botol oval yang ramping. Dominasi warna untuk varian ini yaitu biru langit yang cerah. Badan botolnya transparan jadi kita sanggup melihat jumlah isinya dari luar. Tutupnya flip top. Sebagian orang nggak suka dengan tutup model begini. Saya sih adakalanya malah lebih suka flip top ketimbang ulir alasannya yaitu lebih cepat dibuka. Cuma memang kalai flip top lebih beresiko kebuka secaca nggak sengaja dan tumpeh-tumpeh tuh isinya. Tapi tenang, tutup botol PIXY Cleansing Express Brightening ini rapet dan kuat kok. Dijamin nggak mudah tumpah deh. Mulut botolnya juga kecil, tapi alasannya yaitu ini cair ya gampang-gampang aja mengalir keluar.

Pada cuilan bawah botol terdapat tanggal kadaluwarsanya. Yang aku punya ini ED-nya bulan 05 tahun 2019. Kenapa enggak ditanggalin padahal namanya expired date? Saya kurang tahu juga. Btw, produk pembersih kayak gini biasanya ED-nya berapa bulan sesudah tanggal produksi sih? Saya gundah juga ngecek tanggal produksinya di mana.


INGREDIENTS

Saya mau-mau aja nulisin, tapi alasannya yaitu kali ini aku nggak punya klarifikasi apapun soal materi pembuatnya maka aku kasih fotonya aja ya?


WARNA, AROMA, DAN TEKSTUR

Warna cairan pembersih ini bening. Dari balik botol sih terlihat seolah biru muda - itu imbas warna botolnya. Aromanya kayak aroma produk yang ada mint-mint-nya. Tapi produk ini nggak ada kandungan mint-nya lho. Gimana ya? Aromanya segar gitu, agak semriwing tapi enggak nyegrak. Teksturnya ya terang cair lah. Btw, kalau kejilat rasanya pahit.

Untuk satu kapas aku biasanya netesin 6 tetes pembersih. Kalau nggak make up, takaran segini cukup untuk ngebersihin sewajah plus leher - ya kecuali wajah ngana selebar wajan martabak. Kalau untuk bersihin make up juga, sesuaikan saja dengan ketebalan make up-nya. Saya lebih suka bersihin make up pakai make up remover sih, tapi kalau pas kepepet pakai ini juga nggak pa pa. Mudah kan satu produk dua fungsi ;).

HASIL

Pas dipakai, PIXY Cleansing Express Brightening terasa cuek dan segar di kulit. Habis pakai kulit terasa higienis aja, tidak kering, dan tidak lengket. Bebas minyak juga. *pembersih berbahan dasar air sanggup ngangkat minyak juga ya ternyata* Kulit jadi berasa ringan deh! Menurut saya, produk ini efektif untuk membersihkan wajah dari debu, kotoran, minyak, dan make up. Untuk make up yang waterproof agak maksa sih, tapi sanggup juga kok. Senengnya pakai pembersih ini, tangan enggak usah lengket dan kotor alasannya yaitu pribadi usap pakai kapas. Hal yang agak sulit kan kalau pakai milk cleanser? Soalnya kalau pakai milk cleanser kan kudu pakai tangan dulu untuk mengaplikasikan produk ke wajah. Ya sanggup sih pribadi tuang ke kapas tapi bakal boros produk. Oh iya kalau pakai milk cleanser aku nggak problem ngangkat residunya pakai tisu. Soalnya kan milk cleanser maupun residu kotoran di wajah enggak cair jadi tinggal dibersihin pakai sesuatu yang sanggup ngangkat. Tisu maupun kapas sanggup sama efektifnya kok ;). Eh iya, sorry saya nggak menyertakan foto pas ngebersihin kotoran maupun make up pakai PIXY Cleansing Express Brightening ini. Lupa foto tadi :D.

Setelah pakai PIXY Cleansing Express Brightening, bener sih kulit terasa bersih. Kalau untuk hasil lembut dan cerah aku rasa sih enggak ngaruh signifikan. Tapi ya aku engga berharap kulit pribadi bagus begitu pakai produk pembersih. Intinya yang paling penting buat aku ya pembersih itu sanggup membersihkan dengan efektif tanpa sisa rasa setelahnya. Sisa rasa yang aku maksud itu lengket yang kadang ada kalau habis pakai milk cleanser. Makanya kalau habis pakai milk cleanser baiknya buru-buru basuh muka. Selain untuk mengilangkan rasa lengket juga untuk membersihkan sisa milk cleanser yang mungkin menyumbat pori kalau materi dasarnya minyak. Abis pakai PIXY Cleansing Express Brightening ini juga biasanya aku tetap pribadi basuh muka sih... Udah kebiasaan aja.

Dulu tuh aku sempat salah urutan pakai pembersih. Kaprikornus basuh muka dulu gres pakai milk cleanser dan dilanjut toner -_-. Sekarang sih udah tahu urutan yang benar.

PIXY Cleansing Express Brightening ini tidak menjadikan break out di kulit saya. Mungkin alasannya yaitu berbahan dasar air jadi produk ini cocok untuk semua jenis kulit. *ya kali ada orang alergi air - mungkin ada juga sih*

Repurchase? Belum tahu, stok pembersih aku masih banyak.

Notes :
+ higienis segar tanpa rasa lengket
+ tidak mengeringkan kulit
+ tidak menjadikan break out
- deskripsi produknya agak membingungkan, selain itu belum nemu kekurangannya


*Pas ngetik ini tuh, banyak kata yang typo, kebalik huruf, atau kurang hurufnya. Kayaknya disleksia aku relaps kalau pas aku capek deh.*
Share This :
Johan Andin