MASIGNCLEAN101

Review & Swatch : Silkygirl Magic Pink Lip Balm & Get Matte Lip Cream

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf bila kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Hari Kamis ahad lalu, rencananya saya mau absen kuliah, heheheu. Apesnya, pas saya udah berencana mau leha-leha di rumah eh ada kabar kalo jam kuliahnya ditambahin. Kayaknya Tuhan nggak ngizinin saya absen ini. Apa boleh buat jadilah saya berangkat, kan sayang kalau absen banyak makul. Karena buru-buru, saya nggak sempat siap-siap terlalu teliti dan jadilah ketinggalan lip balm sama lipstik.

Saya sadar tuh begitu hingga Solo. Pas di kos bongkar pouch make up mau siap-siap kuliah ternyata nggak ada lipen satupun terselip di situ T_T. Kok saya sanggup lupaaa...padahal foundi aja bawa lho. Untung hari itu dari rumah saya udah sempat pakai lipstik, kondusif buat kuliah sehari. Terus kesudahannya hari itu juga pulang kuliah saya melipir ke Solo Square untuk belanja lipstik. Dan inilah hasil belanjaan saya. Tadaa...!


Cuma dua benda itu sih, hehehe. SILKYGIRL Magic Pink Lip Balm dan SILKYGIRL Get Matte Lip Cream, that's my new toys :D! Kita bahas satu persatu yukk, mulai dari Magic Pink Lip Balm yaa...


Lip balm ini bentuknya stik. Iyaa kayak lipstik. Pas gres dibeli si lip balm masih dikemas dalam plastik pelindung yang nempel ke karton di bawahnya. Di balik kartonnya terdapat deskripsi produk. Harganya 28.000 rupiah. Masih tergolong murah lahh. Lip balm ini sendiri punya dua aroma, cherry dan strawberry. Saya pilih yang cherry karena kalau strawberry sudah terlalu biasa. Cherry ini cuman aroma saja ya, artinya kalau kau jilat lip balm-nya enggak akan ada rasa ;P. Aromanya soft aja, enggak nyengat.
Lip balm tidak berwarna yang akan berubah warnanya menjadi pink natural pada bibir sehabis dioleskan. SILKYGIRL Magic Pink Lip Balm diformulasikan khusus dengan bahan-bahan alami yang menunjukkan kelembaban pada bibir selama 6 jam, menciptakan bibirmu lembut dan mempesona. Vitamin E yang kaya akan anti oksidan dan perpaduan minyak bernutrisi yang terkandung di dalamnya, sanggup melindungi bibir dari faktor lingkungan yang sanggup menciptakan bibir menjadi pecah-pecah dan kering.
  • Jojoba Oil: Ekstrak tumbuhan yang secara efektif  melembabkan dan melembutkan bibir. 
  • Shea Butter Oil: Membantu mempertahankan kelembaban dan keelastisitasan bibir. 
  • Macadamia Ternifolia Seed Oil: Melembutkan dan menghaluskan bibir.
Cara Penggunaan: Oleskan pada bibir secukupnya.
Penyimpanan: Simpan di kawasan yang sejuk dan kering. Jauhkan dari sinar matahari.
Itu beliau deskripsi produknya. Daan...saya gres tahu brand ini asalnya dari Thailand. Ngomong-ngomong, brand SILKYGIRL keren juga lho. Dia mengklaim produknya NOT TESTED ON ANIMALS. Sebagai penyayang binatang, tentu saya bahagia mendengarnya :).


Kayak gini produk sehabis dibuka dari pelindung plastiknya. Unyu yaa. Berbentuk tabung mungil berwarna pink fuschia dengan aksen dan goresan pena putih yang di-print di tubuh tabungnya. Pada potongan bawahnya kita akan menjumpai keterangan nomor shade. Lip balm ada nomor shade-nya juga? Suka-suka produsennya deh...


Cara membuka tutup lip balm ini praktis sekali, tinggal tarik aja tutupnya ke atas. Kalo nutup ya kebalikannya Tutupnya rapat kok :). Isinya stick berwarna putih, ibarat lilin gitu tapi ini lebih lunak,


Warnanya memang putih dan kalau dioles agak bening, tapi beberapa ketika kemudian eksklusif berubah jadi pink. Swatch-nya nanti yaa... Warnanya cepet banget berubahnya, power ranger aja kalah cepet. Saat dioles ke bibir, ada sensasi minty-minty-nya gitu. Adem deh, bibir jadi cool. Efeknya kayak makan permen mint atau ngejilat minyak angin - sama semriwingnya. Efek mint yang sejuk ini bertahan cukup usang lho sehabis dioles.

Lip balm ini diklaim tahan 6 jam lembapnya. Iyakah? Iya lho. Soalnya saya pernah pakai ini sebelum tidur dan nggak dihapus hingga pagi - lebih 6 jam itu malah - bibir masih lembap. Tapi itu dalam kondisi saya tidur, kalau pas melek dan makan minum belum nyoba tahannya berapa jam. Oh iya, lembapnya lip balm ini tuh ibarat sama olesan olive oil di bibir. Makara bukan yang eksklusif meresap seketika tapi ada finishing glossy dulu di bibir. *olive oil kalo di kulit lebih praktis meresap ketimbang di bibir* Kadang ini bikin lip balm gampang kehapus secara tidak sengaja - misal kejilat atau bibir kepentok pintu. Lip balm ini kan warnanya pink yang sheer gitu yaa, nah jadi pakainya harus hati-hati kalau nanti mau didobel lipstik. Jangan hingga make lip balm-nya belepotan keluar garis bibir soalnya kalau nanti dilapisi lipstik yang nggak meng-cover seluruh olesan lip balm tadi bakal kurang manis hasilnya sebab ada noda pink di luaran bibir.

Sekarang, kita loncat ke lip cream-nya dulu. SILKYGIRL Get Matte Lip Cream! Harganya 60.000 rupiah isi 3,6 ml, Dikit yaa... Dikemas tanpa pelindung apapun selain segel plastik ber-print-kan deskripsi produk. Deskripsi ini nanti akan hilang pas kita udah buka plastik segelnya. Saya udah fotoin nih, sayang kurang lengkap memutari tubuh kemasannya. Intinya - selain ingredients - plastik printing ini memuat goresan pena "Long-lasting and intense color with matte finish". Not tested on animals juga. Expired date juga tercantum di segel plastik ini, tapi saya udah lupa sebab keburu kebuang plastiknya...:(. Yang lip balm tadi saya lupa ED-nya tercantum di mana.


Dari hasil browsing di website SILKYGIRL sendiri, deskripsi lengkapnya ialah :
Pewarna bibir dalam bentuk LIP CREAM dengan hasil final MATTE, tidak luntur, aplikasi yang lebih praktis sebab memakai kuas dan warna yang intens. Juga menunjukkan fasilitas pada ketika pengaplikasian sebab cairannya yang pekat sehingga menghindari bercak dan luntur.
Diperkaya dengan Palmitoyl Oligopeptide untuk melembabkan dan melembutkan bibir sepanjang haridan Tocopheryl Acetate untuk menghindari bibir dari kerutan. Tersedia dengan 6 pilihan warna yaitu Perky, Daring, Fearless, Bold, Gutsy, dan Fiesty untuk menunjukkan penampilan terbaik dan kenyamanan sepanjang hari.
  • No Carmine
  • No Paraben
  • Fragrance-free
  • No Animal Testing
  • Mengandung ekstrak Palmitoyl Oligopeptide
  • Mengandung Tocopheryl Acetate
Keren ya klaimnya... Yang agak absurd bagi saya ialah istilah 'Carmine' di sana. Carmine ialah zat pewarna yang didapat dari serangga Cochineal dan biasa digunakan sebagai pewarna dalam produk kosmetik. Ada dua pendapat soal pemakaian Carmine ini, satu bilang haram datu bilang halal. Saya kurang paham jelasnya gimana, tapi sebab produk ini bebas Carmine, amanlah ya kita dari perdebatan dua pendapat.

Fragrance free-nya bener banget. Saya nggak nyium aroma apapun ketika pakai lip cream ini. Ehm, fragrance free-nya nggak berlaku untuk lip balm yaa.

Kita lanjut aja ke tampilan lip cream-nya... Saya beli yang shade 06 Gutsy. Namanya agak absurd ya, dan saya enggak ngerti maknanya.



SILKYGIRL Get Matte Lip Cream ini merupakan lip cream yang moist bangett. Teksturnya creamy, ibarat sama NYX SMLC - enggak liquid kayak Wardah EMLC. Biarpun SILKYGIRL lip cream ini namanya matte, tapi finish-nya beliau enggak dead matte ibarat kebanyakan lip cream pada umumnya. Cenderung satin malah. Kalau di-blot pakai tisu nah gres beliau matte, tapi dengan intensitas kepekatan warna yang berkurang.

Aplikatornya standar aplikator lip cream. Tangkai aplikatornya agak kepanjangan. tapi masih masuk kategori nyaman sih kalau digunakan, Apalagi sebab bulu aplikatonya lembut dan praktis menjangkau sudut-sudut bibir. Maaf yaa saya lupa fotoin aplikatornya. Langsung saja ke swatch-nya yukk, sekalian swatch lip balm.

Swatch lip balm-nya pas udah berwarna pink yaa... Swatch lip cream-nya berwarna nuansa pink juga, tapi agak coklat kemerahan. Aduh susah menjelaskan warnanya. Unik soalnya. Kita lihat hasilnya di bibir yuk ;).

Lip Balm

Pas ngolesin lip balm ini praktis banget meluncurnya. Saking lembap dan lembutnya si lip balm kali yaa...
Lip Cream sehabis dioles

Satu colekan aja cukup untuk diratain tipis-tipis ke seluruh bibir. Kalau mau warna yang lebih pekat, tinggal tambahin lagi olesan lip cream-nya. Kalau sekali pakai eksklusif ngoles tebal, agak terlalu lembap rasanya. Mending oles tipis dulu, tunggu sebentar, gres tambah lagi hingga ketebalan warna yan diinginkan. Karena lip cream ini moist banget, dijamin ratanya nggak bolong-bolong dan nggak bikin bibir kering retak-retak ibarat kebanyakan lip cream lainnya.

Pasca di-blot tisu

Tuh kann, moist bingit! Saking moist-nya, jadi kesannya lembap terus. Ini tadinya saya pikir imbas basahnya sementara aja, abis itu nge-set jadi matte. Ternyata enggak, ditungguin beberapa jam masih tetep lembap gitu terus hingga di-blot tisu. Cuma kalau di-blot tisu, warnanya jadi lebih muda. Saya sih kalau pengen warnanya tetap cetar biarin aja, kalau perlu digunakan makan yang belepotan nah gres blot tisu deh. Kenapa begitu? Karena dengan tekstur yang moist banget, dijamin lip cream ini niscaya transfer kemana-mana kalau tersentuh apapun - contohnya kemeja selingkuhan. Kalau mau makan yang berminyak, berkuah, atau apapun yang kira-kira beresiko belepotan, di-blot adalah pilihan tepat. Dengan hasil matte setelah blotting, warnanya enggak akan transfer lagi ;). Setelah di-blot juga matte-nya nggak kering retak-retak lhoo. Ini lebih kayak stain gitu.

Daya tahan warnanya cukup bagus. Kalau tanpa makan dan minum niscaya tahan seharian - semua lipen juge bagitu keles. Pas moist sama matte saya belum ngebandingin lamaan mana tahannya. Saya pernah pakai buat kuliah itu sekitar 6 jam, mungkin sekitar 3 jam pertama pemakaian enggak digunakan makan. Kalau minum, masih kondusif lah. Oh iya, kalau mau tetep makan belepotan dengan kondisi lip cream masih moist - yang mana habis itu niscaya warna tengahnya ilang - nggak duduk kasus kok. Ketika warnanya ilang sebagian pada tengah bibir, ada cara praktis memperbaikinya. Tinggal ratain aja lip cream-nya dari tepi bibir ke tengah. Tekstur moist ini menguntungkan juga ya, hehehe.

Sudah dulu ah, saya capek seharian ini kayaknya nulis mulu. Sekian ya review dan swatch kali ini, semoga bermanfaat :).

Notes :
+ lembap banget dua-duanya (lip balm & lip cream)
+ harga masih terjangkau untuk produk luar
- pilihan warna lip cream-nya masih dikit
- counter SILKYGIRL kayaknya masih terbatas di mall-mall besar
Share This :
Johan Andin