MASIGNCLEAN101

Body Care Routine

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf jikalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Duluu, saya udah pernah bikin pos sejenis. Sekarang, sebab jaman semakin maju dan produk body care maupun skin care saya berkembang jadi saya bikin lagi versi terbaru. Yaah smartphone aja dikit-dikit ngeluarin versi anyar, masa perawatan muka saya enggak. Di meja rias saya ada sejumlah produk yang akan saya kupas satu persatu - meskipun enggak detil sih. Apa saja isi meja rias saya ketika ini? Langsung saja yaa kita lihat...

Ini kawasan beauty tools dan beauty care saya. Itu mawar imitasinya dikasih mantan :'D.


Saya nata produknya enggak urut pemakaian, di goresan pena ini saya urutin aja dari atas ke bawah. Saya mulai pakai produk body care routine dengan urutan kayak di pos ini semenjak awal bulan November habis belanja.

HAIR CARE


Setelah sekian usang mengabaikan perawatan rambut, karenanya saya memulai lagi. Shampoo-an pakai Makarizo Hair Energy Conditioning Shampoo yang varian Olive. Habis keramas pakai Makarizo Hair Energy Hair & Scalp Cream varian Royal Jelly. Cara pakainya hampir seakan-akan kondisioner tapi ini dipakainya hingga kulit kepala, didiemin 2-5 menit gres dibilas. Wangi kedua produknya saya suka, bikin hati riang gitu dan awettt hingga aktivitas keramas berikutnya. Wanginya bahkan nempel di shower cap yang saya pakai di hari yang sama sehabis keramas. Saya keramas tiap 2 hari sekali. Produk ini gres digunakan 3 kali. First impression pakai shampoo dan hair cream ini, rambut jadi lebih lembut dan gampang disisir - secara tadinya rambut saya kaku dan megar kayak singa - dan wangii. Rambut saya tuh banyak yang berdiri melayang gitu, ini tidak mengecewakan berkurang kini lebih jatuh gitu sebab rambut enggak terlalu kering lagi. Nggak dapat jatuh tepat semua sih sebab yang pada berdiri itu rata-rata ialah rambut gres numbuh yang belum cukup berat buat ditarik gravitasi. Untuk manfaat lain sih sehabis 3 kali pemakaian kerontokan rambut saya jauh berkurang. Mungkin sebab disisir gampang jadi pas nyisir rambut enggak pada rontok. Sayang saya belum dapat rutin pakai produk ini sebab masih bolak balik Jogja-Solo dan males bawa sampo kesana kemari. Di Solo saya pakai Head & Shoulder shampoo-nya.

BODY CARE


Kalau pagi saya mandi pakai sabun keluarga, sabun GIV White varian apa lupa pokoknya yang kemasannya beraksen warna pink. Dikit aja nuang sabun busanya buanyak, wanginya saya suka tapi sayang bikin kulit kering sehabis mandi. Habis mandi pakai Dove Ultimate White Deodorant yang eksklusif kering jadi nyaman. Trus pakai NIVEA Body Serum merata ke seluruh tubuh. Selesai deh!


Eh iya, saya kadang pas mandi pagi pakai sabun pembersih kewanitaan juga. Saya masih suka pakai Sumber Ayu Whitening walau nggak ngefek banyak. Ini nggak setiap hari dipakai, seminggu 2-3 kali aja.


Kalau sore saya mandi pakai Mustika Ratu Olive Bath & Shower Gel. Kenapa saya ribet sehari aja pakai dua sabun berbeda? Nggak ada alasannya sih, cuma sebab semoga kepakai aja sabunnya. Masa udah dibeli enggak dipakai. Mustika Ratu Bath & Shower Gel ini lezat banget dipakai, lembuut di kulit. Bahkan shower puff saya aja ikutan lembut. Busanya banyak juga kalau nuangin sabunnya banyak -_-. Agak boros ini. Ini tipe sabun yang nggak ngeringin kulit sama sekali, abis dipake kulit berasa licin gitu. Bagi sebagian orang mungkin rasanya kurang higienis kalau enggak kesat. Tapi justru kalau kesat itu berarti sabunnya ngeringin kulit lho. Sabun ini wanginya segar dan nggak menusuk. Sayang nggak terlalu infinit sih, tapi dapat di-double wangi pakai rangkaian lainnya secara wanginya setipe.

Habis mandi sore saya nggak pakai deodorant, sebagai gantinya saya pakaiin krim pagi Wardah di keti, bhahaha. Abis dari Jumat kemudian saya beralih skin care lagi dari Wardah ke Larissa. Day cream-nya Wardah yang masih banyak kan sayang kalau nggak digunakan - eh masih digunakan sih di leher tapi itupun dikit aja. Daripada mubadzir keburu expired kalau usang abisnya jadi saya pakai aja buat penggalan lain.


Untuk kulit tubuh abis mandi sore saya lumuri tubuh pakai Minyak Zaitun Mustika Ratu dulu sambil dipijet-pijet. Ini minyak zaitunnya lebih light dibanding Wardah. Cepet banget nyerap - Wardah juga cepet tapi lebih cepat ini - dan nggak lengket sama sekali bahkan di telapak tangan sekalipun. *biasanya kan kalau habis pakai sesuatu yang berbau minyak setelahnya di telapak tangan masih nyisa lengketnya* Minyak zaitun ini bening, aromanya lebih ringan dari sabunnya. Di tubuh nggak berasa tebel atau sumuk gitu. Sebenarnya minyak zaitun lebih disarankan digunakan sebelum luluran, saya udah nyoba sekali. Tadinya saya pikir bakal bikin lulur sulit digosok sebab licin, tapi ternyata malah mempermudah si lulur buat rontok membawa kotoran dan sel kulit mati.

Selanjutnya saya pakai Mustika Ratu Body Butter Olive ke seluruh tubuh. Pakainya tipis-tipis aja sebab kan kulit sudah lembap kena minyak zaitun tadi. Kalau masih ditumpuk butter tebel rasanya nggak nyaman. Butter-nya lebih lengket dibanding varian lain soalnya. Mungkin sebab kandungan olive-nya - padahal minyaknya aja malah nggak lengket. Aroma body butter ini sama dengan sabunnya.

Seminggu sekali (rencananya) saya luluran pakai Mustika Ratu Body Scrub Olive. Baru pakai dua kali dan pas pemakaian pertama malah scrub-nya kecebur ke kolam mandi. Sumpah ngeselin, scrub saya jadi lembek sebab terlalu basah. Padahal tadinya scrub ini cenderung kental dan agak padat gitu nggak terlalu cair. Apa perlu saya jemur? Tapi nanti malah kering semua -_-.

First impression pakai rangkaian Zaitun Body Care enak-enak aja. Wanginya seger dan kalem. Bikin kulit lembap dan lembuut. Sore saya jadi lebih rileks kalau habis pakai rangkaian produk ini. Sayang belum dapat rutin juga sebab pakainya hanya pas sempat di rumah.


Malam sebelum tidur habis basuh tangan basuh kaki saya pakai Mustika Ratu Body Butter Rose. Pakainya cukup di tangan dan kaki aja. Tidur dengan wangii. Di telapak kaki kalau abis itu tidurnya pakai kaus kaki, bangun-bangun telapak kaki berasa lembuut banget.

FACE SKIN CARE



Pagi berdiri tidur eksklusif bersihin muka pakai Larissa Milk Cleanser Tea Tree. Pijit-pijit bentar, angkat pakai kapas. Habis itu pas mandi basuh muka pakai Larissa Facial Foam Tea Tree Opaque. Setelah mandi kemudian keringkan wajah pakai tisu kemudian pakai Larissa Face Tonic Tea Tree. Saya lebih suka pakainya dituang dulu ke telapak tangan kanan, abis itu ambil pakai jari tangan kiri dan tepuk-tepuk ke wajah. Lebih berasa segernya. Tunggu meresap, sehabis itu pakai Larissa Eye Treatment Serum ke area seputar mata dan Wardah C-Defence Serum ke wajah. Tunggu beberapa ketika hingga meresap kemudian pakai Larissa Day Cream. Saya masih di range krim nomor 2. Pakainya cuma di area wajah. Untuk leher saya masih pakai Wardah Lightening Day Cream. Kenapa saya stop pakai ini di wajah trus malah digunakan di leher? Soalnya di wajah saya beliau komedogenic, kalau di leher sejauh ini aman. Pakainya hingga ke daun indera pendengaran juga - ini kadang terlupakan. Abis itu oles Larissa Acne Lotion tipis-tipis merata di area yang masih ada bisul dan bekasnya - takut numbuh lagi. Sejauh ini (hari Kamis, udah hampir seminggu pakai Larissa lagi) sih nggak ada bisul gres muncul. Setelah urusan skin care wajah di pagi hari beres kemudian pakai Wardah Lip Balm di bibir. Kalau mau setelahnya pakai Larissa Loose Powder, kalau enggak ya nggak usah.



Sore bersihin muka lagi. Kalau make up ya pakai Wardah Make Up Remover dulu kadang didobel milk cleanser gres face wash. Kalau enggak make up eksklusif face wash aja sekalian mandi. Habis mandi nggak pakai toner, pas wajah masih lembap eksklusif pakai Larissa Evening Cream untuk 2 jam ke depan. Yaa kembali ke rutinitas lampau. Buat leher saya pakai Jant Blanc Hydra Nourishing Cream. Bibir tetep pakai lip balm.


Malam basuh muka lagi pakai face wash. Cuci muka malam ini saya usahain pas 2 jam sehabis krim sore. Tapi kadang telah setengah atau satu jam sih :'D. Selesai basuh muka pakai toner - serum mata - serum wajah - krim malam masih pakai Wardah Lightening Night Cream. Saya berasa ada yang kurang soalnya kalau tidur tanpa krim malam. Kenapa masih pakai Wardah padahal saya sendiri bilang komedogenic? Kayaknya yang komedogenic tuh yang day deh soalnya sehabis digunakan jadi oily banget. Yang night ini tetep saya pakai dan komedo nggak separah ketika masih pakai day-nya sekalian. Buat leher pakai Wardah Pure Olive Oil, ini sekalian buat bibir juga sebagai ganti lip balm. Acne lotion jangan lupa.


Lip balm-nya kadang Wardah kadang SILKYGIRL. Nyelip di tumpukan lipen-lipen itu ;P.

Banyak produk yang fungsinya sama dan saya pakai semua sebab alasan sederhana ; daripada nggak kepakai.

Hampir kelupaan, peeling dan masker. Saya udah nyoba Mustika Ratu Peeling Kulit Kerang sekali. Kalau maskernya sih gres nyobain yang Indah Warni, yang Tomat belum. Peeling-nya berbentuk bubuk berwarna kuning kecoklatan. Kayak kulit kerang ditumbuk gitu deh. Setelah dicampur air mawar teksturnya jadi liquid, enggak creamy. Aromanya rempah-rempah, kalau kata orang jawa ini wangi parem. Adem ketika dioles ke kulit dan ampuh lho ngerontokin kotoran serta sel-sel kulit mati. Ini bukan tipe peeling dengan butiran scrub gitu, tapi lebih ke campuran cair yang pas mengering digosok rontok. Pas rontok warnanya lebih menggelap, kecampur daki kali.

Maskernya berbentuk bubuk juga tapi nggak halus kayak tepung gitu, ini butirannya lebih kasar. Pas dicampur air mawar juga enggak larut kaya campuran tepung, tapi masih campuran agak bernafsu gitu. Masker Indah Warni berwarna kuning kunyit, aromanya rerempahan. Sayang ini nyegrak banget aromanya, kalau digunakan kebanyakan bikin kepala saya pusing. Masker Indah Warni ini bukan tipe masker yang kayak masker kentang Viva (liquid setelah dioles kering jadi kaku), beliau sehabis dioles tetep bernafsu gitu teksturnya dan nempelnya agak susah. Pas mengering nggak ada sensasi ketarik, beliau nggak kering yang kuering gitu. Gimana ya jelasinnya? Dia bukan yang keringnya nempel banget gitu. Dibilasnya mudah, bahkan di lap pake tisu lembap aja gampang terangkat kok. Beda sama Viva yang mesti dibilas pakai air. Pas dioles ke wajah ada sensasi agak panas perih gitu. Apalagi kalau digunakan di kulit yang berjerawat ya. Kulit saya sih udah nggak tumbuh bisul baru, tinggal ngilangin bekasnya aja sama ngalusin kulit lagi.

Rencananya peeling dan masker mulai kini saya pakai seminggu sekali aja bareng lulur. Keduanya dicampur Viva Air Mawar, enggak semerk tapi yaudahlah.


Sekali lagi, semua rentetan produk yang segambreng ini cuma digunakan kalau di rumah. Nggak tahu kalau nanti saya bakal mau angkat-angkat produk bolak balik Jogja-Solo. Paling day sama evening cream aja yang bakal dibawa-bawa. Make up juga kini tiap ahad saya bawa bolak balik, isinya pun tak menentu jadi tema make up saya tiap ahad gonta ganti.

Saya punya beberapa produk lain yang jarang dipakai. Abis kalau maksa semua digunakan juga resah mau diselipin di mana. Yang saya pakai aja udah kebanyakan. Ini beliau beberapa produknya :


  • Johnsons Baby Oil. Kalau pas bibir kering pecah-pecah atau make up remover habis, ini bakal kepakai.
  • Viva Milk Cleanser Green Tea, nanti rencananya digunakan kalau yang Larissa udah abis. Tadinya selang seling sesuka saya sih tapi kini planning berubah.
  • Shinzu'i Facial Wash. Varian satunya saya pakai di kos. Ini ntar digunakan kalau face wash saya yang lain udah pada habis.
  • Wardah Lightening Mask. Ini dari jaman usang banget nggak habis-habis. Saya lagi suka masker bubuk jadi dapat dipastiin masker pasta ini bakal makin usang abisnya.
  • Wardah Sunscreen. Produk day cream yang saya pakai kini sudah ada kandungan sunscreen-nya, jadi sunscreen yang saya punya jarang kepakai.

Eh, masih ada produk-produk yang juga ada di meja rias saya. Ini beliau :


Itu kumpulan kapas dan tissue plus pantyliner. Tisu kering buat ngeringin muka abis basuh muka, kapas buat pakai remover dan ngangkat milk cleanser. Pantyliner saya gres beli bulan ini, kadang digunakan kadang enggak. Nggak setiap hari digunakan gitu. Panty ini tuh agak herbal gimana gitu, aroma dan rasanya pas digunakan semriwingg. Nggak tahu kalau habis nanti mau repurchase enggak, belum kepikiran.

Sudah itu semua produk skin care routine saya bulan ini :). Merawat diri tuh bagi saya tujuannya ya untuk kesehatan dan kebahagiaan diri sendiri. Saya lagi banyak sedihnya awal bulan ini, jadi nyibuk-nyibukin ngerawat diri aja semoga nggak larut dalam kubangan galau. Kamu bagus Dek kau cantik, bodo amat dengan pria jahat yang nggak menghargai kamu!
Share This :
Johan Andin