MASIGNCLEAN101

Tutorial : Go Green Make Up Today!

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau besar lengan berkuasa pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Belakangan, saya lagi sering sakit. Keujanan sakit, kepanasan sakit juga. Padahal sebelum sakit-sakit itu saya udah minum vitamin dan makan dengan berkecukupan lho. Cuaca memang lagi nggak ramah, meskipun nggak sanggup nyalahin cuaca sih kalau sakit. Ya itu salah sendiri nggak jaga kesehatan. Terakhir, saya sakit demam tinggi, pusing hebat, ditambah mual muntah dan diare selama dua hari. Demamnya itu puanass nget! Ini contohnya nih jidat saya diceplokin telor ayam, sanggup mateng tuh telur kena suhu tubuh saya. Pas sakit saya ke dokter - yang mana bayarnya mahal ngabisin jatah saya beli susu - dan dapet beberapa macam obat yang tabletnya gedi-gedi. Saya hingga takut makannya, takut nggak ketelan. Sebenarnya saya bukan orang yang sulit minum obat, tapi kemarin itu suer obatnya gede banget kaya kelereng. Akhirnya memang susah ditelan beneran. Minum obat sama air, airnya ketelan obatnya ketinggal di lidah. Puaittt! Lalu saya kapok minum obat. Untung kini sudah sembuh jadi nggak harus minum lagi.



Selama demam, saya ngga mandi. Ah jorok Princess! Tapi masih basuh muka dan sikat gigi. Cumaa, nggak pakai skin care apa-apa lagi. Herannya, selama dua hari saya nggak pakai skin care apa-apa selain sabun muka itu, muka saya malah baikan. Nggak lagi muncul nanah kecil, komedo masih tapi nggak merajalela, dan lebih halusan. Apa selama ini saya kelebihan skin care?




Ngomongin skin care, kemarin ada yang email saya. Tanya soal ketergantungan skin care. Saya pernah ngomongin dikit tapi mungkin kalimatnya agak rumit jadi saya mau nulis lagi di sini. Yang berdasarkan saya dinamakan ketergantungan skin care tuh, misal kulit jerawatan, pakai suatu skin care jerawat ilang. Berhenti pakai nanah nongol lagi nah itu ketergantungan. Tapi kalau kulit kusam, basuh muka pakai face wash jadi cerah, nggak basuh muka pakai face wash jadi kusam lagi itu bukan ketergantungan. Yang namanya kulit ya perlu perawatan. Gampangnya kalau buat saya, ketergantungan itu lebih ke suatu skin care yang punya pengaruh 'menyembuhkan' kemudian pas berhenti 'sakit'-nya si kulit kumat lagi. Kalau yang ke perawatan saya rasa ya memang kulit butuh perawatan. Kalau contohnya berhenti dirawat kemudian kondisinya buruk ya bukan alasannya yaitu ketergantungan skin care, tapi memang butuh nutrisi. Selama kondisinya nggak tambah buruk atau malah kena problem kulit, ya itu bukan salah si skin care.




Pasca sakit ini, kegiatan gendut saya belum terealisasi lagi. Pas kemarin sakit emang hilang nafsu makan jadi contoh makannya buruk dan nggak sempat minum susu seliter lagi. Selain contoh makan, yang lagi buruk ketika ini yaitu contoh body care routine saya. Beberapa produk udah habis, sebagian ada yang sanggup digantiin fungsinya oleh produk lain, sebagian lagi nggak bisa. Jadilah ada beberapa yang saya ilangin. Btw, kini saya pakai krim-krim wajah hingga leher. Duluu, kalo nggak salah saya pernah begini kemudian kulit leher saya jadi lebih sensitif, digaruk dikit aja lecetnya sanggup dalem kaya dicakar kucing. Untung kali ini enggak. Aman.




Saya lagi suka bikin tutorial make up. Setelah keseringan dandannya kalo kuliah aja, kini nggak ada salahnya kan kalau di rumah make up juga. Toh bentar doang ini nanti juga dihapus lagi. Biasaya saya dandan kalau pagi hari abis mandi. Oh iya, saya tuh kalau pakai skin care mulai dari wajah dulu gres ke badan, bahkan kadang dandan dulu kalo dandannya simpel dan gres pakai skin care badan. Soalnya mencegah tangan kotor waktu pegang muka. Misalnya tubuh dulu, udah pegang kaki yang barusan digunakan jalan trus abis itu pegang muka kan muka sanggup kena kuman. Kalaupun tubuh dulu
baru muka, saya pakai hand sanitizer dulu sebelum menyentuh muka. Hand sanitizer saya pilih alasannya yaitu lebih mudah dari basuh tangan. Soalnya keseringan basuh tangan pakai sabun bikin kulit kering... Hand sanitizer juga sanggup bikin kering sih alasannya yaitu bahannya alkohol, tapi saya udah meminimalisir keringnya dengan pilih varian yang mengandung moisturizer.



Nah, saya pribadi ke tutorial make up kali ini aja ya? Saya kasih tema go green alasannya yaitu nanti eye shadow-nya warna ijo. Udah gitu doang nggak ada alasan lain. Make up kali ini alat dan bahannya simpel, tapi akibatnya tetep menggelora kok. Mungkin alasannya yaitu saya lebay dandannya.




1. BASE MAKE UP & LOOSE POWDER

  • MAKEOVER Hydration Serum
  • Larissa Loose Powder




Sebelum make up saya sudah pakai pelembap dan lip balm. Ditambah lip tint sedikit sebagai dasar lipstik nanti. Lip tint-nya saya oles di tengah bibir aja dan usek-usek dengan arah keluar pakek bibir juga :'D, akibatnya agak gradient lips samar gitu deh. Eh, bibir saya udah nggak terlalu wagu ya dibikin gradient lips hanya dengan lip tint doang? Sebenarnya tepi bibir masih agak gelap sih, cuma saya merasa nggak terlalu mencolok kalo tengahnya dikasih rona. Mungkin alasannya yaitu ngeratainnya pas, di tengahnya nggak cuma dikit doang tapi hampir hingga tepi juga jadi warna gelap di tepian bibir agak terkamuflase.




Naah, sesudah pelembap dan lip balm, saya pakai base ditimpa loose powder. Kali ini cukup pakai hydration serum aja tanpa corrector. Loose powder-nya saya pakai dengan kuas itu bukan dengan puff-nya. Saya agak kurang suka pakai puff bawaan alasannya yaitu bikin bedak jadi tertabur-tabur berantakan, kalo masuk mata perih. Biasanya saya emang nggak pakai aplikator bawaan, untuk produk make up apapun. Biasanya saya ambil dan simpan sendiri buat koleksi sementara yang digunakan yaitu aplikator beli sendiri. Meskipun demikian saya nggak anti aplikator bawaan kok. Nanti kalau nemu yang emang cocok ya sanggup aja dipakai. Puff bedak tabur ini juga pernah saya pakai pas lupa bawa kuas. Puff-nya enggak buruk kok, bagus, empuk. Cumaa ya saya nggak suka pakai puff karena bikin bedak berserakan tadi. Kalo kuas lebih gampang dikontrol.




Seperti itulah muka yang sudah dipakaikan base dan bedak tabur. Saya malas pakai foundi dan concealer jadi yaudah gitu aja agar ringan. Ehm, tolong abaikan sisa bedak yang nggak rata di alis. Hair do-nya ngomong-ngomong lucu nggak? Saya tadinya mau kuncir dua ala Harley Quinn, tapi batal gegara karet rambut saya nggak ada yang warnanya sama. Kan nggak lucu kalau kuncir dua tapi kiri dan kanan beda warna karet. Kaprikornus saya satuin aja buat dicepol. Cepolnya taruh pinggir alasannya yaitu kalau di tengah saya malah kayak mahapatih mau maju perang, kurang cocok sama tema make up ini.




2. EYE MAKE UP

  • PIXY Eye Brow [Black]
  • PIXY Mascara
  • Wardah Eye Shadow Seri K
  • Wardah EyeXpert Staylast Liquid Eyeliner [Black]
  • Wardah Eye Liner Pencil [White]




Semua saya jadiin satu di sini. Pertama, pakai pensil alis. Pas di tutorial ini saya simpel aja bikinnya pribadi pakai satu spoolie itu dan pensil alis. Lalu setelahnya di-set pakai maskara agar awet. Maskara ini punya dua sisi, satu sisi tadinya putih buat manjangin bulmat, sisi lainnya hitam buat nebelin. Sekarang yang saya pakai buat nge-set alis sanggup yang mana aja berhubung yang putih juga udah nggak putih warnanya kayak pertama beli. Eh, di tutorial ini bentuk alis saya tumben saya bikinnya sanggup tidak mengecewakan sama lho. Biasanya beda ketinggian alasannya yaitu bentuk alis aslinya sudah beda tinggi.




Eye shadow-nya pakai Wardah. Saya ambil warna hijau untuk seluruh kelopak mata dan kuning dikit buat di ujung mata dan tulang alis. Eye shadow Wardah ini sebenernya warnanya keluar, cuma sebagian kurang pigmented. Saya pakainya tanpa base ya. Ngaplikasiinnya pakai kuas kesayangan itu yang serbaguna, yah apa boleh buat deh. #bloggermiskinkuas




Next, pakai eyeliner. Seperti biasa, liquid buat cat eye yang runcing dan pencil liner buat waterline. Pas di look ini, cat eye saya terlalu dramatiss. Niatnya tadi nggak begitu. Itu gara-garanya kecoret, kepanjangan buntutnya di salah satu mata. Daripada menghapus dengan resiko malah merusak make up di bawahnya, yaudah saya terusin aja. Di mata satunya saya panjangin juga garis eye liner-nya sehingga jadilah cat eye super ini. Tebel bin panjang. Kalok pede sih baiklah wae pake beginian, malah menarik perhatian. Eyeliner ini nggak waterproof, tapi tetep sanggup dibersihin pakai air. Tapi sebenernya beliau waterproof kok kalau cuma keguyur aja tanpa keusek-usek. Saya dulu - kini masih - tuh punya juga eyeliner model begini dari brand yang sama juga tapi namanya beda, yang dulu pakai pelengkap waterproof. Apa ini pembaharuan produk yang sama atau memang beda?



Pakai warna putih di waterline ini sanggup dimulai dari inner corner lho kalau kau pas nggak punya eye shadow warna terang. Efeknya bikin mata cerah berbinar. Kaya saya gini... Pakai eyeliner tebel, konon bakal mempersempit mata lebar. Ada pendapat yang bilang begitu, tapi kayaknya mata saya belo belo aja nggak mundak sipit. Ini mungkin pada beberapa kasus aja sih, nggak mutlak teori bagi semua orang. Ada temen saya yang suipitt dan beliau baiklah oke aja pakai eyeliner tebal - nggak keliatan jadi merem juga.



3. BLUSHING & CONTOURING

  • Wardah Blush On Seri C
  • MAKEOVER Contour Kit




Kali ini pakai blush on padat. Udah usang nggak digunakan jadi agak membatu blush-nya. Untung kagak jamuran. Kemarin temen saya ada yang curhat make up-nya pada jamuran alasannya yaitu jarang digunakan padahal ED-nya masih lama. Na, saya lupa ngecek ED si blush on ini.



Saya pakai blush dengan jari alasannya yaitu lupa ngeluarin kuas. Ada dua warna di pan blush itu, saya campur keduanya untuk hasil yang pinky peachy gimana gitu. Contouring, di hidung saja, pakai jari juga - dan itu akibatnya manis lhoo. Caranya cukup colek contour kit pakai ibu jari dan jari telunjuk kemudian usap-usapkan merata di kedua sisi hidung. Pastiin garisnya lurus yaa. Eh iya, di cuping hidung saya tambahin colekan warna contour kit lagi untuk menambah pengaruh shading-nya. Highlight, di sepanjang tulang hidung saja.



4. LIPSTICK

  • Wardah Longlasting Longlasting Lipstick Shade 03 Simply Brown
  • Wardah Intense Matte Lipstick Shade 04 Mauve Mellow




Saya sudah usang nggak pakai Wardah batangan gini. Kali ini yang saya pakai satu dari Intense Matte yang shade Mauve Mellow, satunya dari Longlasting yang Simply Brown.



Tadinya saya akan memakai shade Mauve Mellow ini saja untuk mendinginkan make up mata yang sudah drama. Tapi dilihat-lihat kok terlalu plain ya? Plain not pain. Kaprikornus saya dobel aja pakai warna dari Simply Brown agar lebih 'isi'. Hasilnya?




Mauve Mellow ini punya warna coklat moka keabu-abuan, sementara Simply Brown lebih ke coklat yang punya rona pinkish - meskipun sebagian orang bilang ronanya orange. Kalau digabung, jadi kayak gitu lah, coklat pinkish-nya jadi agak keabu-abuan. Cakep kok, gak masalah!




Look akhir make up saya kali ini begini :). Sayang nuansa go green-nya kurang nampol ya. Apa aisido saya ketutupan eyeliner jumbo itu T_T. Untuk bikin look ini, walau kelihatannya usang tapi bahu-membahu cepat lho. Butuh dandan cepat tapi dramatis? Gedein eyeliner kamu. Nah,selamat mencoba ya :)!
Share This :
Johan Andin