MASIGNCLEAN101

Tutorial : Make Up Hari Ini!

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf jikalau besar lengan berkuasa pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Saya ada rencana bikin beberapa tips make up atau yang lainnya, sebelumnya udah ada sih cuma mungkin ada yang nggak masuk label khusus. Hari ini saya akan nyebar tips dandan. Kira-kira bisa dicoba buat yang punya tipe wajah menyerupai saya. Ehm, ini juga bisa tutorial sih disebutnya. Di sini saya akan tunjukin langkah-langkah make up saya untuk hari ini. (Sebenarnya bukan pas hari ini lantaran ini goresan pena udah di draft sejak dua mingguan yang lalu, keanggurin, dan gres sempat dilanjutin sekarang. Untuk mempertahankan soul tulisan tetap sama dengan pas saya nulis awalannya, biar aja ya saya tetep nulis 'hari ini' bukan 'hari itu' buat tutorial ini.)

Sudah usang saya nggak make up 'serius'. Dandan cuma pas ngampus doang, itupun kadang ala kadarnya sesimpel mungkin. Hari ini lantaran saya sedang bosan di rumah dan nggak ada fans yang ngajakin keluar kemana gitu, saya main mekap-mekapan aja di rumah. Makara saya ngecekin alat make up saya yang tersimpan rapi, dan jadi sadar banyak yang juarang digunakan padahal isinya masih banyak. Sayang kan udah dibeli cuma digeletakin nunggu masa berlakunya habis. Kadaluwarsa percuma dong ya. Jadilah saya pakai beberapa di antaranya untuk make up hari ini. Kenapa sih judulnya make up hari ini? Soalnya ini nggak bertema gengs, jadi saya galau mau njudulin apa.

Akhir-akhir ini, beberapa produsen kosmetik berlomba-lomba ngeluarin baked make up. Saya masih gagal paham sama istilah baked di dunia per-make up-an ini. Tadinya saya pikir itu yaitu jenis produk make up seperti powder atau compact - eh compact ini powder yang dipadatin - atau cream gitu. Trus saya pikir lagi baked mungkin maksudnya produk make up yang dibentuk dengan cara dipanggang. Buset polos amat saya ya. Trus ada istilah mem-baked riasan, maksudnya mengkamuflase kerutan di area yang sudah di make up. Ya ya ya mungkin menyerupai itu. Gitu deh pengistilahan yang kadang nggak sesuai makna bergotong-royong dari sebuah kata. Kayak contohnya orang banyak yang pakai istilah 'empty jar' buat menyebut produknya yang udah abis. Padahal nggak semua produk wadahnya jar kan? Drug store produk juga sama kasusnya. Saya dulu mikir ini istilah buat produk pabrikan. ternyata bukan *maafkan ya kalo pengistilahan saya dulu mungkin keliru*. Maksudnya produk yang bisa ditemui di toko obat. Dipikir-pikir, kan nggak semua produk pabrikan nitip jual ke toko obat - berarti maksudnya bukan produk pabrikan. Coba search sendiri deh buat tahu bagaimana istilah-istilah ini muncul. Sebetulnya yaa kalau istilah-istilah di atas sudah terlanjur familiar dan semua orang tahu maksudnya ya nggak dilema juga tetep dipakai. Marilah tidak memperumit otak dengan mikirin istilah-istilah tersebut.

Balik ke topik utama. Mari kita melangkah menuju step dandan cara saya!

1. BASE MAKE UP

Sudah pakai pelembap dan lip balm ya - plus lip tint tipis biar bibir nggak pucat. Sekarang lanjut ke pakai base. Saya punya koleksi tiga base make up dari MAKEOVER. Ini punya udah tidak mengecewakan usang dan abadi bener belum habis-habis. Sengaja saya pakai kini takut keburu kadaluwarsa mubadzir. Sebenernya base-base ini sudah mengandung pelembap, jadi kalau sebelumnya nggak pakai pelembap pun it's okay. Saya tetap pakai pelembap lantaran pelembap saya tuh day cream harian. Sebelum pakai pelembap maupun base, saya pakai hand sanitizer dulu untuk memastikan tangan bebas kuman. Ini penting loh gaes, supaya muka kamu-kamu semua nggak ketiban basil yang mungkin tinggal di tangan. Hand sanitizer Dettol ini saya punya udah usang dan masih abadi juga. Padahal isinya sedikit lho. Sebabnya abadi lantaran saya kadang lupa pakai - hehehe - atau pakainya dikit buat di ujung-ujung jari doang.

Yang pertama Hydration Serum. Ini bentuknya gel bening adem yang bikin kulit alus dan siap di make up. Bikin make up lebih tahan usang juga ;). Next-nya pakai Corrective Base yang ijo buat area sekitar hidung dan pipi. Warna ijo tuh fungsinya menetralisir kemerahan jadi saya pakai di area itu lantaran di situ yang paling kemerahan. Kemudian ke yang ungu buat dahi, pelipis, hingga dagu biar lebih cerah. Tunggu beberapa ketika semoga meresap.

Ini udah pake base. Tuh beberapa noda gelap belum hilang tepat -_-, dan eh malah udah nongol bruntusan plus bisul kecil lagi. Padahal beberapa waktu yang kemudian gres saya puji bruntusan dan bisul udah ilang, ini malah njedul. Ngga bisa dipuji emang ini muka kayaknya T_T. Komedo juga teteup ada biarpun nggak terlalu buanyak. Kayaknya saya selalu punya komedo deh sepanjang hari sepanjang tahun. Habis peeling atau facial pun kalo diteliti bergotong-royong tetap masih nyisa beberapa dan nanti tambah lagi sehabis beberapa hari. Heran deh gue! (Ini foto dua mingguan yang lalu, kini sih masih belum jauh beda, hahaha.)

2. DD CREAM

Langkah berikutnya, pakai DD Cream. Saya pernah pakai DDC ini campur sama Hydration serum biar akhirnya lebih tipis, tapi kali ini pakainya dipisah. Saya aplikasikan pakai jari aja hingga merata. DDC saya dari Wardah. Eh kalau kau make up-nya perlu hingga leher lantaran takut belang, pakai base dan DDC-nya hingga leher juga yaa. Kalo saya kali ini enggak :).

3. CONCEALER

Pakai concealer. Di sini saya pakai concealer dari brand MAKEOVER lagi. Namanya Camouflage Cream Face Concealer. Ini isinya 5 warna krim concealer yang punya fungsi berbeda. Saya pakai warna orange sama light beige aja buat area under eye.


Ngaplikasiinnya bisa pakai jari atau kuas atau bahkan sponge. Kali ini saya colek pakai kuas tapi diratain pakai jari. Jangan digeser atau diusek-usek ya ngeratainnya, cukup ditepuk-tepuk aja biar yang ter-conceal tuh pas di belahan yang memang mau disamarkan. Ada dua pendapat berbeda soal kapan pakai concealer ini. Ada yang sebelum foundi (di sini saya ganti DDC) dan ada yang setelahnya. Saya lebih condong ke pendapat yang kedua. Bagi saya concealer ini mengkamuflase apa yang tidak bisa disamarkan oleh foundation (atau DDC) sebelumnya. Kalau buat kau yang merasa pakai foundi or DDC aja kulit udah ter-cover, skip aja belahan concealer ini.

Lumayan ya kantung mata saya nggak dark-dark amat. Tapi tetep menggembung sih. Yaah ini nggak bisa dikamuflase pakai make up jadi saya cuekin. Saya nggak punya dana sih bakal operasi ngecilin kantung mata.

4. BASE EYE SHADOW

Saya sempat galau mau pakai base ini barengan base muka tadi atau sehabis DDC plus concealer. Tapi kalau pakainya tadi, fungsinya malah buat base DDC dong, jadi saya pakai belakangan aja. Saya pakai Viva Eye Base Gel yang adem di kelopak mata. Cara pakainya cukup oleskan pelan-pelan, jangan diusek-usek supaya nggak merusak DDC yang sudah menempel. Sedikit aja supaya nggak ndlemek di kelopak mata.

Kadang saya ngerasa kelopak mata sama alis saya jauh juga ya jaraknya kalo dilihat pas merem gini. Ini kadang bikin saya susah susah mudah ngaplikasiin eye shadow, kalau salah penempatan warna bisa bikin belahan atas kelopak mata kelihatan cekung. Oh iya, beberapa temen saya tuh ada yang nggak punya lipatan di kelopak matanya, jadi mereka harus pakai semacam scocth tape gitu buat bikin lipatannya. Saya sih enggak perlu. Karena mata belo gini, kelopak jadi udah punya lipatan sendiri.

5. EYE SHADOW

Next, pakai eye shadow. Saya pakai inez Natural Palette Eye Shadow. Kali ini saya pilih kombinasi warna ungu renta dan muda biar girly. Nama shade-nya berdasarkan inez yaitu Pressed Violet untuk si ungu renta dan Wild Rose untuk ungu muda - ungu mudanya emang agak ke-pink-pink-an gitu. Dua warna ini kategorinya shimerry ya, jadi jangan berlebihan pakai. Takutnya terlalu mencolok dilihat. Saya pakai dua kuas berbeda untuk pakai eye shadow ini. Tujuannya biar warna yang digunakan nggak tercampur kalau pakai satu kuas. Sebenernya butuh satu kuas lagi buat blending, tapi berhubung saya nggak punya yaudah blending-nya pakai salah satu dari kuas ini. Saya butuh beli kuas lagi nih... Kok belum tercapai-capai ya sasaran beli brush set T_T. Soalnya kadang punya kuas yang banyak itu perlu, apalagi untuk eye shadow. Kalau banyak, kita jadi punya persediaan kuas higienis untuk tiap-tiap warna eye shadow saat make up. Kuas yang higienis yaitu kunci make up yang clean juga.


Tuh hasilnya... Ungu renta saya pakai di seluruh kelopak mata, kemudian ungu muda digunakan dari ujung mata hingga ke tulang alis. Boleh juga digunakan tipis di under eye mengikuti garis bawah mata biar seru.

6. CONTOURING

Bisa disebut shading juga. Contouring juga boleh. Saya contouring di belahan hidung doang. Soalnya muka udah tirus dan dagu udah lancip. Saya malah rindu muka bundar saya yang kaya globe. Lebih imut gitu dibandingin muka lonjong yang sekarang. Saya malah ngerasa muka saya terlalu lonjong bin tirus kaya telor ayam. Bikin makin kurus. Eh saya lagi aktivitas gemuk lho, kemarin saya nyoba sehari minum seliter susu dan banyak-banyakin minum air es. Susu seliter is nice, cuma air es malah bikin saya pipis-pipis mulu. Bukannya gendut, ini malah beser. Sesungguhnya saya agak khawatir sama sering pipis, soalnya itu salah satu menandakan diabetes. Nggak luchu kan kalo di usia muda saya udah mengidap DM?


Why saya pakai contour kit dulu sehabis eye shadow? Kayak loncat gitu dari mata ke idung. Ini lantaran musababnya kuas yang saya pakai buat contouring dengan yang buat pakai eye shadow itu sama, huahahaha. Makara sekalian aja lah daripada ngalis dulu dan nyingkirin si kuas. Tentunya tadi si kuas udah dibersihin dulu pakai tisu berair dan dilap pakai tisu kering - lantaran nggak punya brush cleaner - supaya warna ungunya hilang. Nggak keren kan kalau shading di idung saya malah berwarna ungu terong?

Nais, idung saya sudah ter-shading. Saya masih terus mencar ilmu buat men-shading hidung ini. Soalnya kadang akhirnya terlihat bagus, kadang terlihat norak lantaran ketebelan atau kurang dibaur. Ya bentuk hidung saya memang bukan tipe ideal buat di-shading sih, tapi justru di situlah letak seninya. Saya jadi mencar ilmu lagi memilih cara shading yang tepat untuk bentuk hidung menyerupai saya ini. Kalau lihat beberapa MUA ternama mendandani kliennya sih, belahan cuping hidung juga di-shade. Kalau di saya kok malah agak absurd ya? Aah, saya harus mencar ilmu lagi.

7. EYEBROW

Alis yaitu faktor penting dalam ber-make up. Bikin komposisi dandanan lebih lengkap gitu. Juga bikin ekspresi muka lebih tegas. Dalam ngalis, kadang cara yang saya pakai berubah atau ter-upgrade. Yaa, semua orang butuh trial and error untuk menemukan cara ngalis yang paling tepat. Kali ini saya punya cara terbaru ngalis ala saya *sebetulnya mungkin orang-orang juga udah pada gini, saya aja yang kudet*. Untuk ngalis, saya masih setia sama pensil alis. Belum beralih ke eyebrow pomade atau sejenisnya.

Betewe, saya pernah hampir sulam alis lho dulu gegara saya pikir mudah ya nggak usah pakai pensil alis lagi tiap hari - padahal ternyata beberapa hasil sulaman perlu ditambahin pensil lagi. Untung saya nggak jadi sulam alis, soalnya ternyata kini sulam alis sudah nggak ngetren. Malah kalau saya baca-baca review dari mereka-mereka yang pernah sulam, kini beberapa menyesal lantaran akhirnya malah kayak ulat bulu nempel di dahi.


Kita mulai dari alat-alat ngalis saya. Ada spoolie bergagang panjang, pensil alis PIXY warna hitam, spoolie ala sisir, dan maskara biasa yang udah hampir habis. Ada dua jenis spoolie berbeda di sana. Yang pertama berbentuk menyerupai sikat maskara, satunya kayak sikat cat rambut versi mini lengkap dengan sisirnya juga. Kenapa saya pakai dua? Yang pertama saya pakai untuk nyikat alis sebelum dikasih pensil supaya lebih rapi. Soalnya nyikat pakai sisir agak kurang efektif ngerapihin rambut alis berdasarkan saya sekarang. Ujung spoolie penyikat yang berbulu ini didesain rada miring, hal tersebut justru memudahkan posisi tangan ketika menyikat.

Lanjut ke step by step ngalisnya...

Pertama, sikat alis pakai spoolie bergagang panjang. Rapihin alis dengan arah ke atas, kalau ada rambut yang numbuh di luar batas kewajaran bentuk alis ideal kamu, cabut. Kalau dirasa rambut alis kau kepanjangan, potong aja dikit ujungnya. Saya pernah ngelakuin ini, jadi rambut alis di belahan pangkal tuh terlalu gondrong jadi saya gunting biar panjangnya lebih pas sama sisi alis yang lain.

Kedua, bingkai alis sesuai bentuk yang diinginkan dengan pensil. Itu alis saya kiri kanan nggak simetris dari sononya ya, saya nggak bisa memaksakan mereka jadi identik. Kalau saya maksa pakai pensil alis sejajar bentuknya, malah absurd muka saya. Selanjutnya isi belahan tengahnya juga, masih dengan pensil alis yang sama. Saya pakai warna hitam, kini lebih suka hitam aja. Dulu sempat saya pikir kalau warna coklat yaitu yang paling pas buat muka saya yang berambut rada brown kecipratan cat. Kalau sekarang, rambut pendek saya lebih lebih banyak didominasi hitam, bulu mata juga hitam, jadi alis hitam yaitu pilihan yang tepat.

Ketiga, baurkan warna alis dengan spoolie ala sisir. Baurkan searah pertumbuhan rambut ya, jangan disikat bolak balik biar nggak berantakan. Utamakan membaur pangkal alis semoga terlihat natural dan tidak kaku. Makara pangkal ini dibikin rada transparan aja warna hitamnya.

Keempat, set bentuk alis yang sudah jadi dengan maskara. Kalau punya, pakailah maskara khusus alis. Berhubung saya nggak punya, jadi saya pakai maskara biasa. Saya pilih yang sudah hampir habis - btw, ini kadaluwarsa belum ya..udah usang banget saya punya - semoga nggak terlalu tebal akhirnya ketika melapisi rambut alis.

Voila! Selesai deh alis bagus saya - yang sebetulnya biasa aja - ini. Oh iya, saya pernah baca teori bikin kelengkungan alis. Saya rada lupa, pokoknya diukur dari hidung. Itu untuk bikin lengkungan alis menjuntai ala Jinny jaman dulu. Tapi ketika ini bentuk alis yang ngetren yaitu yang lurus ala ciwi ciwi Korea. Saya nggak pantes pakai dua-duanya. Alis terlalu melengkung jadi bikin muka saya terlihat kaget terus, terlalu datar bikin saya kayak pakai tempelan lakban di dahi. Jadilah saya bikin bentuk alis ala saya sendiri. Ngga terlalu curvy, tapi nggak super datar juga.

8. EYELINER DAN MASCARA

Eyeliner punya peranan penting untuk mempertegas bentuk mata. Kali ini saya pakai liquid eyeliner dan pensil untuk waterline - biasa, ini yang warna putih. Warna putih untuk waterline itu fungsinya untuk membuat imbas mata terlihat lebih besar. Mata saya kan udah belo, tetep pakai ini? Iyaa, biar barbie barbie wannabe gitu.

Maskara untuk membuat volume pada bulu mata semoga lebih tebal dan lentik. Buat yang bulmatnya kurang lentik boleh siapin penjepit juga dan digunakan sebelum maskara yaa. Kalau saya lantaran udah lentik dari sononya jadi skip langkah tersebut.

Kenapa sih bulu mata disebut 'bulu' sementara buat alis istilahnya jadi 'rambut'. Ini kebiasaan aja kayaknya. Bulu alis gitu nyebutnya juga nggak masalah. Tapi kalau rambut mata enggak lazim ya? Yaudah tetep bulu mata.


Ini perabotan saya yang terdiri dari Wardah pensil liner putih, Wardah liquid liner hitam, dan Maybelline maskara. Pertama pakai eyeliner dulu membingkai belahan atas mata. Saya ngelukis dari ujung dalam mata diarahkan keluar membentuk bingkai dengan wing sekalian di tepi luarnya. Setelah itu isi belahan dalamnya dengan hati-hati, jangan hingga meluber keluar garis bingkai yang sudah dibentuk tadi. Pakai liquid liner gini lebih mudah ratanya walau harus lebih hati-hati dibanding pensil atau gel. Kalau ngelukis eyeliner ada yang suka nyisain belahan di area bulu mata yang nggak kewarna nggak? Saya kadang iya. Soalnya kehalang bulu mata kalau mau dipakaiin eyeliner dengan cara tadi. Bikin eyeliner kurang menyatu gitu dengan bentuk mata jadinya. Solusinya bisa dengan pakai eyeliner pensil yang warna hitam di belahan dalam kelopak mata atas, jadi di sisi dalam tumbuhnya bulu mata. Mirip pakai pensil liner buat waterline cuma ini di kelopak mata atas. Saya pernah nyoba cara ini, cuma kini udah bosen lantaran agak mengganjal rasanya di mata dan harus ekstra higienis pensil liner-nya, kan kena ke bola mata. Ngebersihinnya juga harus lebih teliti. Cara ini nggak saya pakai sekarang.

Setelah pakai eyeliner di sisi atas mata, saatnya beralih ke waterline. Pandang agak ke atas dan aplikasikan pensil liner warna putih sepanjang garis bawah mata belahan dalam. Kenapa sambil lihat ke atas? Biar mata kau ngga kecolok say.

Selanjutnya pakai maskara di bulu mata atas maupun bawah. Ulaskan seulas-seulas. Kalau mau nambahin tunggu lapisan bawahnya kering untuk menghindari penggumpalan. Eh, kadang saya pakai maskara dulu gres pensil liner putih untuk mencegah warna putihnya ternoda hitam maskara secara nggak sengaja pas pakai maskara di bulmat bawah. Kalau udah terlanjut pakai dulu dan nanti ternoda juga, ya tambahin aja pemakaian pensil liner putihnya untuk menutup noda maskara di waterline

9. LIP COLOR

Lip color yang saya pakai kali ini yaitu Sariayu DLC K-06. Warnanya pink tapi agak punya aksen orange bata (iya nggak sih) - bukan pink barbie yang pakai hint blue gitu. DLC ini punya dua jenis lip color bertekstur cream, satu glossy satu matte di dua ujung kemasannya. Sisi glossy-nya saya fungsiin buat blush on, sedangkan yang matte untuk lipstik. Nge-blush on-in pipi pakai DLC ini cukup dengan tunjangan jari ya, colek dulu lip color-nya dari bulu tangkai aplikator kemudian tepuk-tepuk hingga merata ke pipi sambil tersenyum. Senyum sendiri bukan berarti gila, ini semoga apple check kamu lebih kelihatan.

Nah, di sini sori sori saya lupa fotoin DLC-nya. Makara pribadi ke akhirnya aja yaa...

Tuuh kayak gitu. Apa bibirnya kelihatan jontor? Aduuh, itu gegara saya pakai lipennya keluar garis bibir. Maksud hati ingin seksi, tapi kayanya kurang berhasil. Saya anggap berhasil aja ya, dan pokoknya kalian harus sepakat sama saya! #jiwadiktator

Kalau mau dan dirasa perlu, tadi sebelum pakai lip color di bibir, set make up dengan loose powder agar jadi matte dan lebih awet. Di sini saya lupa pakai. Mau nge-set setelah pakai lipen khawatir lipen saya belepotan keluar bibir lantaran belum kering. Pas udah kering males nge-set, yaudah nggak pakai setting powder. Lagian pemakaian base di awal tadi udah membantu make up saya jadi lebih abadi kok.

Hasil make up hari ini?

Maafkan hair do saya yang rada lepek. Saya abis keramas sebelum foto-foto buat tutorial ini - atau lebih tepatnya pictorial karena isinya picture melulu.

Nah itulah hasil dari tutorial make up saya hari ini. Kalau bagus boleh muji atau nyontek, kalau kau pikir enggak yaa tolong jangan mem-bully, :'D - UU ITE lagi digalakkan lho. Sekian dulu ya publish-an saya kali ini. See you!
Share This :
Johan Andin