MASIGNCLEAN101

Review : Dove White Beauty Bar

[Semua foto aku sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Link

Saya tuh pecinta film Disney. Tapi aku nggak suka karakter putri diselamatkan pangeran berkuda kemudian hidup senang selamanya. Hari gini? Bullshit! Yang aku suka tuh Tinkerbell :D, ceritanya sederhana dan lugu tapi kalau diperhatiin justru nilai humanisnya lebih dapet dan cerdas banget pembuatanya. Seri film Tink yang paling aku suka selain Secret Of The Wings - dongeng soal Tink bertemu sodaranya - yaitu yang perihal legenda Neverbeast. Kisahnya soal peri temen Tink yang nemuin binatang ajaib ibarat Appa-nya Aang yang beliau kasih nama Grawf. Seru deh! Intinya nyeritain kalo Grawf yang terlihat jahat ternyata baik hati dan pemberani :). Ngajarin kita untuk nggak menilai sesuatu dari luarnya saja. Kadang untuk menemukan hal baik, kita harus melihat dari sisi yang lain, dan tahu bagaimana cara melihatnya. Ini agak ibarat sama film-nya Maleficent, peri jahat yang ternyata punya sisi lembut dalam hati bekunya. Saya suka banget tokohnya, jadi bikin kita tuh mikir nggak semua yang baik tuh harus seorang putri dengan kepribadian sempurna. Kita semua, punya kesempatan yang sama untuk jadi orang baik.

Baiklah, cukup basa basinya. Hari ini aku mau review sabun batang. Iyap, Dove White Beauty Bar! Waktu kecil, aku biasa mandi pake sabun bar. Jaman itu memang sabun cair belum demam isu sih. Karena masih kecil, aku juga belum ngerti niscaya fungsi sabun ketika mandi apalagi milih sabun sendiri. Pokoknya taunya tata cara mandi ya sabunan dan terima beres aja sabun apa yang ada di kamar mandi ya itu yang aku pakai. Mulai remaja, gres aku suka sabun cair yang nggak sekedar membersihkan tapi juga berembel-embel beauty soap. Sekarang, aku lagi suka sama sabun bar jadi pakai bar soap lagi :). Dove White Beauty Bar ini bukan kali pertama aku beli sih, tapi aku gres bener-bener suka kali ini. Saking sukanya, aku punya 3 bar sabun yang sama di rumah. Tadinya beli 1 buat sabun wajah, kemudian pas di kos beli lagi 1 buat di sana. Pas udah di rumah beli lagi 1, niatnya buat sabun tubuh tapi kemudian sabun yang di kos aku bawa pulang buat sabun tubuh dan yang gres dibeli jadi stok dulu.

Harganya aku beli beda-beda. Tapi kalau kau belinya di swalayan biasa yang tidak berembel-embel ****-mart sih harganya di kisaran Rp. 5.775. Terasa mahalkah? Iya kalau dibandingin sama beauty kafetaria soap lain. Tapi masih lebih murah dibanding sabun cairnya ini.


Kemasannya dus karton berwarna putih biru kayak seragam anak esempe. Jelas ada logo Dove yang khas di beberapa kepingan dusnya. Logonya itu gambar burung merpati keemasan lagi terbang diliat dari angle samping. Dulunya aku kira itu gambar bibir loh -_-. Dove ini mulai muncul pas aku gres mulai umur belasan tahun. Dia salah satu member Unilever. Produknya banyak dan beragam. Yang paling banyak sih toiletries seperti shampoo, conditioner, hingga sabun. Belum usang ini Dove juga merambah ke body lotion, tapi kini sudah nggak beredar lagi di pasaran. Entah alasannya apa, padahal aku belum sempat nyobain lho. Dove ini sendiri, pas awal kemunculannya - mungkin juga hingga kini - ada versi palsunya. Lagi-lagi ibuk aku pernah beli. Heran deh, kok ya selalu sanggup beli palsu. Tapi waktu itu kesannya nggak dipake sih, malah dibentuk nyuci motor -_-.

Tampak samping nihh...

Di kepingan ini ada print timbul ED produk, tapi sayang pas difoto jadi nggak kelihatan...

Dus-nya kotak tidak mengecewakan besar. Sabunnya nggak kesempitan jadinya di dalam, beliau sanggup digoncang-goncang gitu. Wanginya tercium dari luar dus, coba aja deh endus-endus kalo lagi iseng jalan di swalayan. Dulu aku kurang suka sama aroma produk-produk Dove, tapi kini malah jadi suka banget. Berat produk ini 90 gram. Itu entah berat higienis sabunnya doang apa sekalian dusnya. Di salah satu sisi dus, terdapat print timbul expired date produk. Cuman aku nggak sanggup nyebutin kapan sebab ngga kebaca di fotonya. Dusnya udah aku buang sementara ED-nya nggak aku ingat :'D. Kaprikornus so sorry... Cuman sabun bar biasanya kadaluwarsanya lama. Lagian kalo abis dibeli pribadi pakai niscaya habisnya juga nggak hingga kadaluwarsa. Pas beli emang bukan barang abis produksi, tapi biasanya kalo beli di kawasan terpercaya apalagi yang laku produknya niscaya bukan yang udah mendekati expired.


Di sisi belakang dus tercantum semua keterangan terkait produk ini. Dia bilang. "Dove is not a soap. It's a beauty bar". Lah jadi ini bukan sabun? Trus disusul goresan pena bahwa Dove White Beauty Bar ini with 1/4 moisturizing milk, this beauty kafetaria cares for your skin leaving it soft and smooth. Maksudnya si Dove mengandung 1/4 susu pelembap dan merawat kulit menjadi lembut dan halus. Saya agak-agak antara ingat dan lupa, dulu tuh Dove populer dengan tagline '1/4 moisturizing cream' atau 'milk' sih?

Yang aku heran, di dus sabun ini banyak bertebaran goresan pena aksara Thailand. Perasaan di produk Dove jenis lain enggak ada goresan pena kayak gini :S, jadi agak mewaspadai gitu jangan-jangan ini produk abal-abal. Tapi setelah beli 3 kali di kawasan berbeda dan kemasannya sama aja aku jadi nggak ragu. Mungkin pabriknya beda kali, dan ini buat diekspor ke banyak sekali negara yang salah satunya Thailand jadi disertakan bahasanya. Terus ada keterangan kegunaan Dove White Beauty Bar ini untuk skin cleansing. Penggunaannya mudah, cukup oleskan pada kulit dan kemudian bilas. Ingredients dan lain sebagainya baca di foto ya? Saya lagi mager ngetikin. Menurut yang aku baca, ingredients beauty kafetaria lebih sedikit dibanding body wash-nya yang cair. Saya belum buktiin sih bener enggaknya.


Nah, di sisi kiri dus Dove, kita akan menjumpai arahan 'OPEN'. Di sini yakni kawasan disarankannya si beauty kafetaria dibuka. Meskipun ya sebenernya boleh-boleh aja ngebuka dari sisi lain cuma mungkin lebih sulit. Di sisi open ini udah ada awalan untuk ngebuka dus, jadi aku buka aja. Gampang kok, lem nya nggak terlalu kuat di kepingan ini. Isinya?


Keliatan kaan, bar putih higienis ibarat gigi yang gres di-veneer di dalam dus. Dove White Beauty Bar ini pribadi dikemas dalam dus kotaknya tanpa lapisan pelindung lagi ibarat plastik. Ada plus minusnya sih, bagusnya jadi nggak boros sampah - plastik kan lebih sulit terurai dibanding kertas, tapi jeleknya kalo semisal kita belanja Dove White Beauty Bar bareng sayuran lembap yang mengembun sanggup jadi airnya ngebasahin dus ini dan bikin si beauty kafetaria kebasahan. Kan jenes kalo kayak gituu.

Ukuran Dove White Beauty Bar tidak mengecewakan besar dan tebal. Kalo ditaroh di tangan juga berasa anteb. Tapi aku nggak ngukur pake penggaris sih ukuran pastinya, itu cuma hasil analisa penglihatan aja :D. Yang paling aku suka warnanya yang putih bersih. Oh iya, Dove White Beauty Bar ini keras lho. Bisa suara kalo diketok-ketok. Bentuk bar-nya oval telur dengan sisi belakang agak cekung dan sisi depan lebih cembung. Nggak ketinggalan logo Dove dicetak di sana. Aromanya segaar dan wangi. Kamu-kamu harus nyoba nyium pokoknya!


Karena keras, Dove White Beauty Bar ini nggak simpel meleleh. Padahal pas foto itu aku taruh di atas es watu lho. Tapi beliau nggak pribadi benyek, basah-basah doang kena es yang mencair. Saya dulu kurang suka sama sabun bar karena faktor simpel melelehnya itu, jadi agak ngerepotin disimpen dan boros. Tapi Dove White Beauty Bar ini beda, si 'bukan sabun' ini nggak simpel leleh jadi bakal simpel disimpan dan semoga lebih awet. Meskipun Dove White Beauty Bar bilang beliau bukan sabun, tapi sebab fungsinya membersihkan kulit jadi bagi aku tetep aja beliau sabun.


Kaprikornus aku punya tiga Dove White Beauty Bar. Tiga? Serius? Suka kali ya sama beauty kafetaria ini sampe nyimpen 3 sekaligus ;D. Itu yang dua aku taruh di toples, hahaha. Soalnya kemarin aku abis beli toples manis yang ukurannya pas buat nyimpen sabun - sebenernya sih itu toples pasnya buat nyimpen kacang bawang. Saya memang kurang suka sama wadah sabun yang ada kepingan bolongnya di bawah. Bikin sabun jadi nggak tersimpan sempurna. Saya lebih suka wadah penyimpanan yang kedap udara luar ibarat toples ini.


Nanti, Dove White Beauty Bar yang gres aku buka juga akan masuk sini untuk disimpan. Btw, aku nggak naroh sabun-sabun ini di kamar mandi tapi di kulkas, hehehe. Biar adem dan lebih abadi aja sih sebab suhu cuek bikin sabun lebih anti leleh - biarpun aslinya udah keras dan ngga simpel leleh. Toh beliau di dalam toples, nggak akan jadi beku atau mengeras kena udara dingin. Memang sih dinginnya tetep nembus ke dalam toples, tapi kan nggak secara pribadi jadi nggak merusak beauty bar-nya. Amaan. Di dalam toples, sebab Dove White Beauty Bar ini keras, beliau jadi nggak nempel satu sama lain walau aku masukinnya dalam kondisi lembap - basahnya nggak kotos-kotos sih. Kalau mau nyimpan sabun kayak gini pastiin nggak banyak air yang ikut masuk ya supaya sabunnya nggak terendam air. Oh iya, aku kan pakai Dove Beauty Bar untuk wajah plus badan, nah untuk ini aku pakai dua beauty kafetaria berbeda. Biar lebih higienis aja sabun yang di muka ya buat muka doang yang tubuh buat tubuh doang - meskipun kalo kepepet ya sanggup aja aku cuma pakai satu sabun serbaguna. Walaupun sebab nyimpennya sewadah kedua beauty bar-nya tetep bersentuhan juga - hehehe - tapi setidaknya nggak kecampur banget. Nah kalau kau nyimpen sabun kaya saya, pastikan nggak ketuker antara sabun muka sama badan. Kalau aku sih bedainnya berdasar ukuran. Misal kedua sabun mulai digunakan bersamaan, niscaya yang buat tubuh lebih kecil sebab lebih banyak terkikis. Kalau makenya beda waktu mulai? Yaah pinter-pinter kau ngebedainnya aja...kalau mau simpel ya pisahin :).


Dove White Beauty Bar kan keras, nah busanya gimana tuh? Tenang aja, beauty kafetaria ini tetap berbusa banyak kok. Cuma memang lebih butuh perjuangan membusakannya dibanding ketika pakai liquid soap. Kita mesti gosokin beauty kafetaria pake tangan supaya busanya keluar. Kalau membusakannya niat, busa yang didapat juga berlimpah. Pakai puff sebenernya sanggup aja untuk membusakan beauty kafetaria ini, cuma aku lebih suka pake tangan. Seperti kebanyakan sabun bar, Dove White Beauty Bar ini busanya lebih padat dibanding liquid soap. Busa yang padet kaya gini tuh jadinya lebih lembut di kulit dan nggak simpel terbang atau jatoh-jatoh.

Saya pakai Dove White Beauty Bar ini semenjak awal (lebih dikit) bulan. Satu beauty kafetaria bisa digunakan untuk seminggu lebih, yaah sepuluh harian lah kalau mandinya dua kali sehari satu orang. Ya nggak awet-awet banget ternyata walau keras :'D. Soalnya setiap dibusakan, lapisan yang terkikis tidak mengecewakan juga jadi beauty bar-nya cepat mengecil. Cuma sukanya mengecilnya bentuknya tetep nggak meleyot gimana gitu. Tapi ada satu persoalan dari sabun bar yang udah mengecil yaitu susah dipegang -_-, ini kekurangannya dibanding liquid soap.

Gimana hasil penggunaan Dove White Beauty Bar ini? Pas digunakan mandi lembut binggo di kulit, busanya simpel diratakan dan nggak simpel berguguran. Ngebilasnya, perlu perjuangan lebih nih. Soalnya sebab busanya padat dan cenderung liat, jadi beliau lebih nempel di kulit. Saya biasanya kalo mandi sabunan pake beauty kafetaria ini tuh diusap ke seluruh tubuh trus dinantikan dulu beberapa menit sambil dipijit-pijit gres dibilas. Maksud eijk supaya nggak sekedar membersihkan tapi juga nutrisinya keserap oleh kulit.

Walaupun susah dibilas dan jadi rada boros air, tapi Dove White Beauty Bar ini nggak mengecewakan. Abis dibilas sih beliau masih meninggalkan jejak licin pada kulit, tapi aku malah lebih demen kayak gini kini daripada yang keset - toh setelah dihandukin licinnya ilang. Selesai mandi kulit nggak berasa kering sama sekali, tetap lembap, lembut, dan kenyal. Kalo alus kayaknya tergantung kondisi kulitnya, tapi kalo lembut dan kenyal biasanya alus juga. Kalo punya kulit kering niscaya berasa banget bedanya setelah pakai beauty kafetaria ini. Sayang pengaruh tadi itu nggak bertahan lama, aku tetep perlu lotion setelah mandi untuk melembapkan kulit tubuh. Oh iya, bagian-bagian tubuh yang cenderung lebih kering ibarat siku atau lutut kalau dipakaiin beauty kafetaria ini tidak mengecewakan teratasi, cuma ya tetep perlu lotion sesudahnya. Oh iya, Dove Beauty Bar ini ramah digunakan di kulit yang abis dicukur bulunya :P.

Itu kalau buat badan, aku kan pakai beauty kafetaria ini buat wajah juga, gimana hasilnya? Kulit wajah aku punya tipe yang berbeda dengan tubuh. Kaprikornus kalau kulit tubuh tipenya kering, kulit wajah aku tuh justru berminyak. Dove White Beauty Bar ini walaupun lembuut banget dan ngelembapin kulit kering, tapi di wajah berminyak aku juga bagus tuh. Nggak ada istilah habis basuh muka keset bin kering kalo pake ini. Saya biasanya nyabunin muka dulu kemudian didiamkan sementara nyabunin badan. Pas digunakan sabunan di wajah, Dove White Beauty Bar ini lembut dan nggak perih. Abis diratakan dan didiamkan - kalau mau didiamkan hindari area mata - gres ngebilas muka sambil dipijet-pijet. Nah ini seru nih, pas dibilas sambil dipijet-pijet kulit wajah berasa kenyal abis. Setelah ngebilasnya selesai, kulit higienis tetap lembap dan lembut - kalau di wajah aku tanpa rasa licin (kadang-kadang) tapi juga nggak kesat kaya abis pakai face wash for oily skin biasanya. Apakah Dove White Beauty Bar kondusif digunakan di sekitar mata? Saya kalau lagi ngebilas sabun di wajah mau nggak mau area seputar mata kena sabun juga yang diusap pakai air, Rasanya nggak pa pa tuh. Soalnya ini kan formulanya lembut. Asal jangan hingga masuk mata aja. Pedih bro.

Dove White Beauty Bar nggak bilang dikhususkan buat wajah atau tubuh. Kayaknya bebas-bebas aja mau kita pakai di mana. Mau dibentuk shampoo-an juga monggo... Saya pernah nyobain kok di ujung rambut dan luar biasanya beliau malah sanggup menjinakkan rambut alay megar aku di ujung-ujungnya. Buat wajah maupun tubuh berjenis kulit apapun aku rasa Dove White Beauty Bar ini recommended. No break out juga di wajah - maupun tubuh - saya. Biasanya kan sabun bar tuh yang biasa digunakan buat tubuh suka nggak cocok kan kalau digunakan di wajah, nah kalau Dove White Beauty Bar ini malah nggak masalah.

Menurut sebuah info yang aku baca, pemilik kulit tubuh kering memang disarankan pakai sabun bar. Soalnya sabun bar mengandung Gliserin yang sanggup melembapkan kulit - kalau gak salah gitu. Gliserin yakni materi yang digunakan untuk mengentalkan sabun jadi padat. Ada kok di ingredients Dove White Beauty Bar. Ngomong-ngomong, aku tuh belum seberapa paham materi apa di dalam sabun yang berfungsi membersihkan kulit. Sodium semacam SLS dan sejenisnya kah? Trus apa bedanya beauty soap sama sabun kesehatan yang ada tambahan anti bakterinya dalam membersihkan kulit?

Orang jaman dulu mandi nggak pake sabun. Bahkan tetangga aku yang nenek-nenek kalau mandi pakenya watu apung digosok-gosok ke kulit. Toh nyatanya mereka sehat-sehat saja. Lalu apa fungsinya sabun? Yaah berdasarkan aku ketika ini sabun nggak cuma buat bersihin kulit aja ya, tapi juga sebagai skin care. Lalu bagaimana cara kerja sabun dalam membersihkan kulit? Kalau nggak salah nih gini ya. Kulit kita kan tetep menghasilkan minyak tuh walau jenis kulitnya kering, nah kotoran akan menempel di minyak tersebut. Sabun bekerja dengan mengikat minyak dalam air sehingga kotoran yang menempel di minyak kulit sanggup luruh. Bahan apa di dalam sabun yang sanggup mengikat minyak? Nah aku belum tahu, hahahaha. Yang tau tolong kasih tau aku yak! Trus, beauty soap biasanya ditambahin bahan-bahan yang punya fungsi mempercantik kulit, kalau sabun anti bacterial ya pakai tambahan materi anti bakteri.


Dove White Beauty Bar nggak punya fungsi whitening lho ya walaupun namanya pake perhiasan 'white' - tampaknya penamaan itu mengacu ke warna bar-nya. Kaprikornus jangan berharap jadi putih setelah menggosok kulit pakai ini. Dove White Beauty Bar ini lininya di melembapkan dan melembutkan kulit sehingga halus dan kenyal. Saya puas banget pakai beauty kafetaria ini :) dan gembira ngerekomendasiin Dove White Beauty Bar untuk kamu-kamu yang baca. Cocok untuk semua jenis kulit.

Ah sudah dulu lah nulis review kali ini. Dipikir-pikir, belakangan aku lebih banyak nge-review skin care ya daripada make up? Maklum, belum beli make up baru :(. Sebenernya untuk review skin care tuh akan lebih valid hasilnya kalau si produk udah digunakan dalam jangka waktu cukup lama. Lebih sebulan mungkin, tiga bulan ke atas mungkin, jadi udah keliatan bener hasilnya. Tapi aku suka nggak sabaran untuk segera nulis, hehehe. Lagipula aku jarang pakai suatu produk hingga berbulan-bulan enggak ganti. Palingan setelah habis produk aku ganti. Kaprikornus kebanyakan review ya aku tulis tidak usang setelah pemakaiannya. Semoga nanti-nanti aku sanggup nulis review skin care setelah pakai cukup usang yaa. Untuk Dove White Beauty Bar ini, beliau juga masuk skin care, dan aku review agak cepet, hehehe. Toh kalau sabun dalam sekali pakai aja kita sanggup mencicipi hasilnya. Kaprikornus begitulah review saya kali ini, semoga bermanfaat buat yang baca :). See you...!

Notes :
+ harga lebih terjangkau dibanding sabun cairnya
+ wanginya aku suka
+ sabunnya keras dan nggak benyek
+ busanya padat
+ lembut digunakan dan hasilnya juga bikin kulit lembut
+ nggak ngeringin kulit
+ sanggup digunakan di mana-mana
+ no break out di wajah
- beda kawasan beda harga
- satu kafetaria cuma buat seminggu
- agak sukar dibilas
- susah dibawa travelling kali ya, tapi sanggup simpel kalau nyimpennya bener
Share This :
Johan Andin