MASIGNCLEAN101

Review : Mustika Ratu Pembersih Penyegar Sari Ketimun

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]


Nama produknya sangat Indonesia ya? Saya mendadak suka sama penyebutan pembersih dan penyegar dibanding cleanser and toner. Btw, kenapa sih pembersih sebentuk kayak produk yang mau saya review ini sering disebut milk cleanser? Susu pembersih? Apa benda itu mengandung susu? Skip. Balik ke topik utama. Sudah semenjak awal Januari saya selalu double cleansing - kadang triple kalau sama make up remover juga - untuk membersihkan wajah. Makanya saya butuh pembersih di samping sabun pencuci muka. Kali ini saya punya Mustika Ratu Pembersih & Penyegar Sari Ketimun. Penyegar itu buat saya satu paket sama pembersih, jadi saya selalu pakai juga ;).

Karena selalu double cleansing, mau nggak mau saya mesti bawa pembersih dan penyegar ketika ke kos. Januari tuh saya gres masuk kampus buat UAS di tengah bulan, gres ke kos 2 kali dan selalu bawa. Saya kan libur kuliah 2 ahad semenjak tanggal ulang tahun saya itu - dan disusul tragedi alam - kemudian gres masuk pertengahan Januari. Eh untung lho saya pas patah hati pas liburan. Kalau pas kuliah, nggak lucu akika nangis hingga umbelen di kelas. Nah waktu ke kos pertama setelah libur dua ahad itu saya bawa banyak skin care dan make up dari rumah, Niatnya supaya yang dipake di rumah dipake juga di kos. Cuma kini udah males. Berat soalnya. Dan ribet nata-nata plus ngembaliinnya pas udah balik ke rumah lagi. Apa saya mesti beli double skin care dan make up yang sama ya? Biar satu bisa ditinggal satu dibawa. Ah inspirasi boros.

HARGA

Pembersih dan penyegarnya saya beli di dua daerah berbeda. Makara harganya juga beda, hehehe. Mustika Ratu Pembersih Sari Ketimun saya beli dengan harga Rp. 9.900 sementara Penyegar nya cukup dengan Rp. 6.475 saja. Keduanya berisi 75 ml produk. Kok tidak mengecewakan ya beda harganya? Hmm... Untuk kelas produk lokal ini termasuk pertengahan sih, enggah kemahalan enggak yang murah meriah juga.

KEMASAN

Mustika Ratu Pembersih & Penyegar Sari Ketimun dikemas dalam botol plastik bening berbentuk unik. Botolnya tidak mengecewakan tebal dan kuat kok - meskipun saya masih mewaspadai potongan tutupnya. Nggak rapuh gitu. Materialnya manis dan terlihat kalau ia dikonsep secara serius. Eh saya gres sadar, Mustika Ratu tuh selalu menampilkan gambar batik di setiap kemasan produknya. Awalnya saya lihat di kemasan peeling dan masker, tapi belum ngeh betul. Baru pas liat kemasan penyegar saya jadi sadar. Cinta budaya banget nggak sih?


Pada potongan depan maupun belakang kemasan, terdapat tempelan sticker berisi deskripsi dan keterangan produk. Nah sticker ini tuh depan belakang ada print gambarnya, sisi dalam enggak kosong gitu. Makara gambar batik terlihat dari depan botol produknya alasannya yakni botolnya transparan. Kalau yang penyegar lebih terang ya alasannya yakni isinya bening, yang pembersih masih kehalang isinya.


Saya suka banged sama gambar timun di kemasannya, hahaha. Eh sorry ya saya foto produknya barengan sama timun layu yang sudah menguning :'D. Abis mau cari yang seger nggak ada. Tersisa itu doang di kulkas yaudah saya ambil aja saya potong-potong buat properti foto. Mustika Ratu Pembersih & Penyegar Sari Ketimun ini punya kemasan yang didominasi warna hijau segar. Di potongan paling atas sticker botol, terdapat logo Mustika Ratu yang khas, kayak pakai huruf Jawa gitu. Oh iya, produk-produk dari Mustika Ratu ini udah punya sertifikasi halal loh dari MUI. Tuh ada keterangannya di sticker.


Mustika Ratu Pembersih & Penyegar Sari Ketimun dibekali tutup ulir dari pabriknya. Saya selalu hari-hati ngebuka tutup dua produk ini, takut sempal broh ujung tutupnya yang kayak koin itu. Nutupnya juga nggak terlalu kenceng tapi tetep rapet supaya simpel dibuka. Mulut botolnya masih di-filter lagi jadi lubangnya kecil buanget. Aman buat ngejamin isi kemasan nggak tumpah tapi khusus buat Pembersih jadi agak sulit ngeluarin isinya.

DESKRIPSI


Mustika Ratu Pembersih Sari Ketimun yang saya beli ini punya batas kadaluwarsa hingga Mei 2018. Dia diperuntukkan bagi kulit berminyak menyerupai saya. Merupakan pembersih wajah dengan kandungan Ekstrak Cucumber + Vitamin E. Mengangkat kotoran dan lemak, membersihkan debu dan sisa kosmetik. Usapkan pada kulit wajah dan leher dengan pijatan lembut, kemudian bersihkan dengan tissue/kapas. Untuk hasil terbaik gunakan Penyegar Sari Ketimun sesudahnya.

Saya agak gagal paham sama istilah 'mengangkat lemak'. Ini kayak sabun pencuci piring apa gimana sih? Lagian, emang lemak pada nangkring di permukaan wajah? Mengangkat minyak mungkin maksudnya yee...

Komposisi produk ini adalah:
Aqua, Ceteareth -20, Glyceryl Stearate, Isopropyl Myristate, Propylene Glycol, Cucumis Sativus (Cucumber) Extract, Caprylic/Capric Trigliseride, Cetearyl Alcohol, Tocopheryl Acetate, Methylparaben, Fragrance, Propylparaben, Triethanalamine, Sodium Chloride, Sodium Sulfate, CI 19140, CI 42090.

Setahu saya, penulisan komposisi itu nggak diurutkan abjad, tapi diurutkan dari materi yang terbesar kadarnya hingga yang terkecil dalam produk. Mustika Ratu Pembersih Sari Ketimun ini berbahan dasar air. Dia nggak mengandung mineral oil - ini kelebihannya buat yang kulitnya nggak tahan sama mineral oil. Saya nggak anti mineral oil, tapi kayaknya untuk kulit berminyak - apalagi yang acne prone - mineral oil memang kurang akrab walau sama-sama 'oil'. Masih ada alkohol di sini, tapi ia ada di urutan kesekian. Terus masih ada turunan paraben. Saya nggak anti sih, cuma mungkin ada beberapa orang yang kalau nyari produk skin care tuh harus yang 'paraben free', nah ini enggak. Fragrance? It's okay. Kayaknya yang ngasih aroma mentimun segar ya ini dan bukan dari ekstrak timunnya sendiri. Terus, saya nggak paham materi mana yang maksudnya Vitamin E.


Mustika Ratu Penyegar Sari Ketimun punya batas kadaluwarsa setahun lebih usang dari pembersihnya. Mungkin alasannya yakni saya beli produk yang dibentuk di waktu berbeda, Yang ini di bulan Mei 2019. Penyegar ini jodohnya pembersih, sama-sama diperuntukkan bagi kulit berminyak juga. Mengandung Ekstrak Cucumber + Vitamin A, E , F. Menyegarkan & merawat kelembaban kulit wajah. Basahi kapas dengan Penyegar , ulaskan pada wajah. Deskripsinya gitu doang, singkat ya?

Komposisi:
Aqua, Alcohol, Glycerin, Cucumis sativus (Cucumber) Extract, Coceth-7, PPG-1, PEG-9 Lauryl Glycol Ether, PEG-40, Hydrogenated Castor Oil, Polysorbate 20, PEG-20, Glyceryl Laurate, Tocopherol, Linoleic Acid, Retinyl Palmitate, Methylparaben, Allantoin, Sodium Chloride, Sodium Sulfate, Parfum, CI 19140, CI 42090.

Nama komposisinya lebih rumit dari Pembersih nya tadi :'D. Penyegar ini materi dasarnya juga air. Sekali lagi, saya enggak tahu yang mana nama vitamin-vitaminnya. Saya agak heran sama penulisan nama komposisi sama yang nggak konsisten pada kemasan Mustika Ratu Pembersih & Penyegar Sari Ketimun ini. Misalnya satu bilang 'fragrance', satu bilang 'parfum'.

Mustika Ratu Pembersih & Penyegar Sari Ketimun yakni pemenang award Superbrands lho! Mereka diproduksi oleh PT. MUSTIKA RATU Tbk yang beralamatkan di Jl. Raya Bogor Km 26,4 Ciracas. Mustika Ratu tuh punya logo gambar pasangan pengantin loh - aduduh kok saya gres ngeh ini - di sebelah goresan pena alamat produksinya. Buat kamu-kamu yang ingin tau sama produk Mustika Ratu, kepoin aja web-nya di www.mustikaratu.co.id. Eh, ada CS Center-nya juga sama Hotline Sevice-nya. Baca sendiri ya di kemasan ;).

ISI

Mustika Ratu Pembersih Sari Ketimun yang agak sulit dikeluarkan dari botolnya ini isinya pembersih bertekstur lotion dengan warna hijau dan aroma lalapan ketimun. Waktu masih gres dan penuh isinya, susah banget ia dikeluarin. Botolnya kan keras jadi sulit dipencet. Setelah agak berkurang isinya gres lebih simpel dituang, tinggal digoncang-goncang kayak nuang botol saos gitu. Teksturnya lotion yang nggak terlalu padat kayak pembersih gel-nya Larissa tapi nggak seencer pembersihnya Viva.

Mustika Ratu Penyegar Sari Ketimun punya isi cairan kehijauan beraroma timun segar. Karena cair jadi simpel dikeluarkan. Penyegar punya saya ini tinggal dikit di botolnya alasannya yakni isinya sebagian saya depot ke botol spray. Iyap, saya pakainya dengan cara disemprot ;). Lebih boros tapi, hahaha. Soalnya ini udah depotan kedua ke botol spray-nya sementara Pembersihnya masih hampir penuh isinya. Mungkin saya pakainya nggak berimbang kali ya? Waktu beli emang duluan Penyegar sih, cuma nggak usang jaraknya dengan Pembersih.



PEMAKAIAN

Saya pakai Mustika Ratu Pembersih Sari Ketimun sehari tiga kali sebelum basuh muka. Pagi sebelum mandi, sore sebelum mandi, dan malam sebelum bobo. Malah kayaknya jadwal pakai Pembersih ini lebih teratur daripada jadwal makan saya. Untuk sewajah plus leher, butuhnya pembersih nggak terlalu banyak kok. Ini simpel diratakan soalnya. Pas dioles nggak ada sensasi apa-apa. Nggak panas nggak ting clekit bahkan di area kulit yang sensitif atau sedang mengelupas. Lembut gitu dia. Lebih ramah ini kayaknya malahan dibanding Viva Milk Cleanser Green Tea.


Sayang rasanya agak sumuk di wajah. Mustika Ratu Pembersih Sari Ketimun ini simpel mengering jadi sehabis diratakan dan dipijat-pijat - gitu cara pakai saya - baiknya segera diangkat pakai kapas. Sayang juga setelah diangkat pakai kapas, pas dibasahin air mau basuh muka rasanya masih tertinggal sisa Pembersih nya di wajah. Makara berasa lengket bin licin gitu. Kurang nyaman buat saya. Cuman bagusnya, ia nggak bikin kering wajah. Saat ini saya lebih suka angkat Pembersih pakai kapas, cuma kalau males boros kapas bisa eksklusif dibilas pakai air aja kok ;).

Kalau Mustika Ratu Penyegar Sari Ketimun lebih simpel dipakai. Saya pakai sehabis basuh muka dan dikeringkan sisa airnya pake tisu kering. Pakai Penyegar nya tiga kali sehari juga. Tinggal semprot-semprot aja. Hati-hati kalau masuk mata, pedih. Kalau kena bibir, kering (padahal dari yang saya baca ketimun bisa melembapkan bibir loh) - mungkin alasannya yakni kandungan alkoholnya. Makara untuk pakai Penyegar dengan cara semprot ala saya hati-hati yaa. Kalau saya sih caranya merem sambil bibir dikatupkan ke dalem trus gres semprotin ke dahi, hidung, kedua pipi, dagu, leher depan belakang, beres! Habis itu melek lagi dan tunggu meresap dengan posisi bibir biasa aja. Meresapnya cepet kok, paling 1 menitan.

Rasanya segar sesegar aromanya pas pakai Penyegar ini. Apalagi kalau sebelumnya si Penyegar dimasukin kulkas, ademnya bikin fresh! Sayangnya Penyegar ini nggak selembut Pembersih nya, ini agak perih kalau kena potongan kulit yang kering atau mengelupas. Tapi sensasi perihnya ilang kok setelah si Penyegar meresap.

HASIL

Pertama kali saya nyoba Mustika Ratu Pembersih Sari Ketimun ini tuh buat bersihin muka yang pakai bedak tabur dan lip tint tipis. Ternyata, lip tint saya keangkat lho walau nggak semua. Waktu awal-awal pakai lip tint dulu padahal saya ngerasa kalau ia super infinit dan hanya bisa dibersihin pakai make up remover, itupun masih nyisa. Ngga tau semakin usang kok semakin simpel dibersihkan. Apa kualitas nempel lip tint itu berkurang gegara kepanasan di tas jawaban sering saya bawa kemana-mana?

Setelah udah sering pakai Pembersih Sari Ketimun berdasarkan pendapat saya balasannya adalah: ia bisa membersihkan wajah dengan cukup baik tanpa ngeringin kulit. Buat optimal bersihnya sih tetep harus basuh muka ya. Saya pikir, pakai pembersih memang harus diikuti basuh muka. Soalnya selain untuk membersihkan sisa kotoran yang mungkin tertinggal, juga supaya residu pembersih nggak tersisa di muka. Biarpun udah diangkat pake kapas kan bisa aja sisa pembersihnya masih ada di muka? Takutnya malah jadi menyumbat pori. Niatnya ngebersihin, eh malah jadi kayak numpuk kotoran lagi.

Saya belum pernah pakai Mustika Ratu Pembersih Sari Ketimun untuk ngebersihin make up berat jadi belum tahu gimana performance-nya di make up berat. Semenjak punya Pembersih ini memang belum pernah make up berat sih. Kalaupun make up, paling banter bedak tabur sama lipstik aja. Kalau pakai maskara dan eyeliner saya remove dulu pakai make up remover jadi Pembersih ini buat ngangkat sisanya aja. Kalau buat sisa make up atau make up tipis ia cukup efektif, bisa mengangkatnya gitu lho. Apalagi kalau nggak make up sama sekali, kotoran, minyak, dan debu di wajah bisa keangkat dengan baik. Teteup, setelahnya harus basuh muka supaya higienis sempurna.

Kalau Mustika Ratu Penyegar Sari Ketimun buat saya balasannya yakni ia bener-bener nyegerin wajah tanpa bikin kulit kering - walau diperuntukkan bagi kulit berminyak. Habis pakai Penyegar ini fresh deh wajah dan siap buat mendapatkan produk lain. Rutin menggunakan Penyegar ini juga bikin tekstur kulit lebih manis loh, soalnya kulit jadi terhidrasi dengan baik setelah basuh muka. Penyegar ini segarnya hingga ke pori - apa alasannya yakni pori saya gede? - tapi ia nggak bisa ngecilin pori. #yasudahlah

Kedua produk Mustika Ratu Pembersih & Penyegar Sari Ketimun nggak ada yang menimbulkan break out di wajah saya. Keduanya aman-aman saja - walau masih ada kekurangannya sih. Saya masih suka dengan dua produk ini - terutama Penyegar nya - dan akan pakai hingga habis :).


Notes:
+ harga terjangkau
+ simpel didapat
+ pembersihnya lembut & cukup efektif membersihkan wajah
+ penyegarnya fresh banged
+ nggak mengeringkan kulit
+ no break out di saya
- pembersihnya agak sumuk dan lengket
- penyegarnya rada perih di kulit bermasalah
- penyegarnya nggak bisa ngecilin pori - memang bukan itu fungsi penyegar bersama-sama sih...
Share This :
Johan Andin