MASIGNCLEAN101

Tumpukan Draft Dan Segumpal Rinduku Yang Terlarang

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf jikalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

*Tulisan ini mulai dibentuk pas temen-temen saya lagi kalang kabut nyari materi dan begadang berguru buat UAS sementara saya malah bergulung di balik selimut sembari ngelonin laptop dan nulis-nulis. Kalo kini pas pos ini bergulir sih, UAS sudah berlalu :).*


Ini saya lagi UAS. Kok malah banyak nulis di blog sih? Draft saya udah bejibun tuh. Huhuhu saya kok nggak niat berguru ya buat UAS T_T. Saya jadi ingat pernah dikatain kira-kira gini sama seseorang: "Kamu tuh harus punya niat dan tujuan hidup. Jangan cuma asal hidup-hidup aja tanpa ngapa-ngapain. Saya aja dari milih sekolah dulu udah punya tujuan mau gimana ke depan. Kamu kuliahnya ini kapan selesainya, nggak mau buru-buru nyari kerja?"

Nyesek lho dikatain gitu. Kadar kenyesekannya bertambah parah kalo yang ngomong yaitu orang yang bermakna. Aih rindu sama yang ngomong walau nyakitin T_T. Saya jadi berpikir. Apa tujuan hidup saya? Mengapa saya kuliah di jurusan ini? Apa sesungguhnya impian saya?

Saya ulas satu per satu.

Waktu balita, saya tiap hari liat ibuk berangkat kerja. Kadang ikut ke kantornya juga. Ibu saya guru. Jadilah saya banyak tahu pekerjaan guru tuh kayak gimana. Di desa saya dulu, profesi ini cukup disegani lhoh. Itu waktu masih tahun 90-an. Karena saya tiap hari melihat, jadilah saya dulu ingin juga jadi guru. Itu impian pertama saya. Saya bahkan suka jejerin boneka-boneka yang saya punya buat jadi murid sementara saya ngajar sambil nulis di papan tulis pakek kapur :'D. Udah agak gedean, murid saya nambah dari yang semula cuma boneka jadi ada makhluk hidupnya, yaitu adik saya sendiri yang 6 tahun lebih muda dibanding saya.

Menjelang gede, saya berubah cita-cita. Karena dulu jamannya ada kanal tivi yang nayangin kartun mulu, saya jadi sering nonton Detektif Kindaichi sama Conan. Jadilah saya pingin jadi detektif. Ini lugu banget ya cita-citanya. Llau ganti lagi ingin jadi astronot alasannya yaitu saya nemu istilah Andromeda dan Bimasakti. Nggak usang ganti lagi pingin jadi pemilik museum. Saya bahkan udah ngumpulin benda-benda unik hingga yang biasa aja kaya watu kali buat jadi koleksi museum rancangan saya.

Dari kecil saya udah genit. Pas SD, tiap siang kerjaan saya main dandan-dandanan. Saya SD udah make bedak tebel, aisido, dan lipen lhoh. Waktu ini saya juga suka gambar. Gambar muka orang trus di-make up-in. Gambar barbie-barbie-an. Main boneka semacam barbie juga yang saya make up-in, saya dress up-in dengan baju-baju jahitan sendiri - bahannya ngegunting dari pakaian usang saya - dan saya stylist rambut-nya. Sayang saya belum sadar waktu itu kalau inilah passion saya.

Saya suka baca. Dulu, bapak dan ibuk saya sering beliin majalah-majalah anak buat dibaca. Nggak peduli majalah usang atau baru, saya suka baca. Di majalah itu, niscaya ada cerpennya. Saya juga ikutan nulis cerpen sendiri, meskipun ujung-ujungnya ditinggal alasannya yaitu galau nentuin ending-nya. Ini saya juga nggak sadar bahwa inilah passion saya.

Setelah mulai sanggup berfikir realistis, sekitaran Sekolah Menengan Atas saya berubah impian lagi. Ingin jadi dokter. Ini sebenernya bukan impian dari dalam hati, tapi semacam tuntutan prestise dari lingkungan. Sayang saya gagal menuju impian ini. Jadilah saya asal daftar kuliah kebidanan. Ngasal banget, ikutan temen. Gilanya saya masuk juga dan bayar mahal buat biaya kuliahnya hingga lulus.

Kenapa saya sanggup asal kuliah? Mau nggak mau ini ada andil tugas orang tua. Saya nggak diteliti passion sebenarnya apa, nggak diarahin ke jalur yang sesuai bakat. Jadilah saya kayak terombang-ambing dalam pikiran sendiri yang belum tegak. Yaa gitulah jadinya saya kuliah kebidanan. Lulus, males jadi bidan. Jadilah saya kuliah lagi. Satu-satunya strata 1 yang sanggup saya masukin yang nggak ada perhiasan 'bidan'-nya lagi cuma di kesmas. Yaudah saya kuliah itu. Sebenarnya dua-duanya bukanlah passion sejati saya.

Sebenarnya, nggak ada istilah salah jurusan waktu sekolah. Atau waktu kuliah. Semua ilmu yang didapat di kursi pendidikan tuh niscaya ada maknanya. Ngga ada ilmu yang sia-sia. Saya sering menghibur diri gini: "Ah gapapa deh kuliah bidan, toh sanggup sekalian berguru jadi ibu. Sekolah jadi orang bau tanah kan nggak ada". Yaa ini cuma kalimat hiburan aja sih. Nggak menuntaskan masalah. Melegakan doang. Dikit. Soalnya ini saya masih galau besok saya kerja apa.

Meskipun pendidikan formal tuh sanggup ngasih ilmu pengetahuan, aslinya ada buanyak banget pelajaran yang sanggup didapat di luar sekolah. Lebih banyak malahan mungkin. Belajar bersosialisasi, toleransi, kerjasama, keadilan, bekerja keras, dan memaknai hidup misalnya. Nilai-nilai itu sanggup didapat dengan lebih konkret di dunia luar. Dengan cara yang lebih keras mungkin bagi sebagian orang.

Mata pelajaran yang didapat di sekolah, kalau dipikir-pikir nggak semuanya dipakai dalam kehidupan kerja sesudah lulus. Saya berharap di jaman anak cucu saya udah gede nanti sekolah tuh sistemnya boleh milih pelajaran sendiri. Nggak dipaket kaya sekarang. Soalnya akan ada calon insinyur yang nggak menggunakan rumus kalimat beragam bahasa dalam pekerjaannya. Ada calon arkeolog yang nggak harus berguru sistem perkalian matrik. Ada calon pustakawan yang nggak butuh nilai manis olahraga di masa sekolahnya. Ada calon fotografer natgeo yang nggak harus pinter fisika. Dan lain sebagainya.

Saya ingin nanti di masa anak cucu saya sekolah, nggak ada yang namanya sekolah unggulan atau favorit. Semua dibikin sama rata jadi insan nggak akan diskriminatif menilai ini si anak lulusan mana. Saya ingin di jaman anak cucu saya nanti, semua anak bebas memilih cita-citanya tanpa banyak tekanan bahwa pekerjaan yang manis tuh ini itu standarnya. Saya ingin semua pekerjaan itu dihargai tanpa beda gengsi.

Saya lagi kangen. Kangen berat. Kangen banget sekangen kangennya. Tapi yg dikangenin udah entah kemana. Saya harus nrimo ah, nggak terpaku ke rindu beliau melulu. *dari luar bilang nrimo tp masih selalu mikirin* Sepertinya saya cuma harus menunggu waktu berlalu. Toh saya juga pernah kehilangan dan sanggup move on. Yang dulu bahkan kehilangannya lebih berat.

Kemarin, saya abis ke Solo naik kereta. Sudah berapa bulan ya nggak ke stasiun? Kangen juga :). Kereta tuh jauh lebih menarik bagi saya dibandingin naik bis atau naik pesawat. Saya mabukan soalnya kalau naik bis. Pesawat? Agak ngeri saya mesti jauh dari daratan.

Cintaku, yang usang tertinggal di sini.

Yang seru dari beli tiket kereta adalah, harus beli awal-awal semoga ngga kehabisan! Yang seru dari nunggu agenda keberangkatan adalah, ngeliat lokomotif tiba dari jalur rel. Saya suka heran benda itu sanggup narik gerbong yang ber-ton-ton besi semua berisi insan dan segepok bawaan mereka. Saya suka heran ngeliat gimana pintu-pintu gerbong itu ngebuka sendiri pas berhenti. *Ah norak saya, bis juga gitu kalik*. Yang seru dari duduk di kursi pinggir jendela dalam gerbong yaitu ngeliat orang-orang pada berhenti di tepi jalur perlintasan :D. Yang paling seru; duduk, hujan di balik kaca, pergi jauh ke daerah gres yang asing. Semacam memulai hidup baru. Yang lebih bermakna. Yang saat sampai, semua yang ditinggalkan akan diingat sebagai kenangan manis. Dan jadinya saat pulang, tak ada baper-baperan mengenang masa kemudian yang tadinya disingkirkan. Dihindari dengan jauh-jauh pergi. Sepertinya saya harus menciptakan rel sendiri. Jalan sendiri meninggalkan yang lalu-lalu. Kemudian nanti saat saya kembali menyusuri rel dari arah berbeda, semuanya akan jauh lebih indah alasannya yaitu saya sudah nrimo menjalani hidup saya yang bahagia. Tanpa DIA.

Nah nah nah, baper kan baca prosa saya kali ini. HUAHAHAHA. Sudah dulu ah, saya nggak mau moody. Yang lagi galau, move on yuk bareng saya :)!
Share This :
Johan Andin