MASIGNCLEAN101

Empty Maret

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Saya lagi dilanda sakit semenjak semalam. Badan terasa lemas, perut mules, keringat dingin. Agak males nulis tapi ngga ada acara lain jadi nulis aja deh. Soalnya kalau lagi sakit dibawa tidur yang ada saya susah tidur dan malah makin sakit sebab dirasa-rasain :(.

Semula, saya pikir bulan ini akan terasa puanjaang mengingat tanggalnya banyak dan dari awal bulan hati lagi gak enak. Ternyata nggak juga tuh. Tau-tau aja udah tanggal 31. Yeay! Saatnya ngumpulin packaging-packaging produk (terutama) skin care maupun make up yang sudah habis. Ini pos penting nggak penting sih sebenernya. Penting sebab saya jadi tahu produk apa saja yang pernah saya beli. Nggak pentingnya, yakali saya kurang kerjaan nyimpenin sampah wadah para produk itu sampe selesai bulan. Dulu, saya biasa nyimpenin wadah bekas produk yang masih unyu siapa tau sanggup dipake ulang buat daerah apa gitu. Sekarang berhubung rumah semakin disesaki barang-barang kurang berkhasiat itu, jadi saya buang aja.


Maret ini, ada tidak mengecewakan banyak produk skin care dan make up saya yang udah habis, expired, atau tak berkhasiat lagi yang masuk di pos empty. Produk lain ada juga yang habis, tapi nggak usah saya tulis ya sebab di luar skin care ataupun make up. Saya mulai saja dari kloter pertama.

Hair Care


Dari ujung kepala, ada sejumlah produk perawatan rambut. Aslinya ada empat tuh, tapi satu sachet hair mask malah lupa kebuang duluan. Di sini ada Miranda Hair Mask varian Aloe Vera. Ada satunya yang Jojoba Oil yang udah saya buang bungkusnya dulu habis pakai. Makara awalnya saya fungsiin hair mask ini - yang Jojoba Oil - sebagai conditioner, yang pakenya mulai dari tengah hingga ujung rambut. Tapi sebab isinya dikit dan kalo dipake conditioner-an paling cuma sanggup dua kali maka kemasan kedua adalah Aloe Vera saya pakai sebagai hair mask beneran. Makara pakainya ya mulai pangkal hingga ujung rambut. Se-sachet berasa kurang mantep sebab isi 30 gram-nya terasa dikit. Sehabis pakai dua-duanya pun nggak ada efek berarti di rambut saya. Habis pakai nggak semakin lembut atau halus bin licin kayak perosotan sutra gitu, biasa aja. Emang sih rambut jadi lebih wangi, tapi wanginya pun nggak tahan lama. Sebentar doang pas udah kering ketiup angin hilang deh wanginya. Btw yang hijau Aloe Vera ini wanginya malah kaya agar-agar rasa melon.

Next, ada vitamin rambut dari brand yang sama, Miranda. Yang varian Jojoba Oil (pink) maupun yang Aloe Vera berdasarkan saya nggak ada beda rasanya waktu digunakan. Vitamin rambut ini jenisnya cair di dalam kapsul, jadi bukan yang kental ala minyak. Satu kapsul isi 1 ml tuh sebab cair jadi kalau digunakan dikala kondisi rambut lembap cepet banget membaur dengan air di rambut dan bikin satu kapsul aja berasa kurang untuk seluruh kepingan rambut - rambut saya sebahu - jadi kadang saya pakai sekaligus dua. Tapi kalau digunakan dikala rambut sudah kering tidak mengecewakan lah, sanggup diratain ke area yang lebih luas rasanya. Ini sanggup terjadi sebab vitamin rambutnya nggak kecampur air, jadi berasa masih ada aja gitu cairannya di telapak tangan untuk diratakan. Miranda Hair Vitamin ini biarpun cair tapi kalau dirasa-rasain nggak pribadi meresap secepat kilat, tetep ada proses beliau nyisa di batang rambut dulu beberapa saat. Habis digunakan nggak terasa ada perubahan berarti pada rambut saya. Nggak tambah lembut, halus, atau apalah. Ujung rambut saya yang kering juga saya pakaiin ini tetap nakal keringnya. Padahal klaim dua produknya bilang menutrisi, melembapkan, dan melembutkan rambut.

Saya sih kurang puas sama performance dua jenis produk dari Miranda ini. Bulan berikutnya saya nggak ingin repurchase lagi. Masih lebih sepakat Ellips yang pernah saya pakai bulan sebelumnya untuk hair vitamin. Kalau hair mask saya belum punya pembanding.

Face & Body (Skin) Care



Dua foto di atas harusnya saya jadiin satu aja tapi malah ada yang kelewat jadi harus foto sendirian. Yang pertama ada Himalaya Herbals Purifying Neem Face Wash. Ini face wash kesukaan saya hingga dikala ini. Tadinya mau nulis review tapi lupaa, hingga produknya habis belum sempet kefoto. Ini saya pakai udah dua bulan apa ya? Lumayan infinit sebab saya beli kemasan gede. Face wash dari Himalaya ini tuh tipe pembersih wajah bukan sabun, artinya kagak berbusa. Ya ada sih buih-buih dikit tapi nggak heboh kayak sabun pada umumnya. Bentuknya gel hijau bening, wanginya herbal, waktu digunakan terasa licin di kulit dan habis dibilas nggak ngeringin kulit, yeay! Oh iya, selesai bulan ini tuh kulit wajah saya terasa lebih baik. Nggak kering lagi - tapi balik minyakan, bwueh - dan nggak terlalu banyak masalah. Jerawat kecil nyaris nggak muncul, komedo menipis walau tetap ada. Btw, sebab kulit saya balik berminyak, dikala saya pakai produk berbahan mineral oil selain sumuk juga jadi makin minyakann -_-.

Berikutnya ada Zwitzal Baby Soap. Sabun bayi ini saya gunakan untuk sabun tubuh. Makara kulit tubuh saya tuh kering, terutama kepingan telapak tangan. *Apa ini gara-gara saya terlalu sering nyuci pakai detergen keras :(?* Saya coba pakai sabun bayi yang formulanya mild untuk merawat kulit kering saya ini. Hasilnya? Nggak terlalu amazing, Kulit masih kering. Telapak tangan juga kering walau sudah rajin pakai lotion sekalipun. Apa saya butuh hand cream?

Sabun bayi ini nggak hingga sebulan sudah habis walau saya pakai di rumah doang - gak dibawa-bawa ke kos. Belakangan malah saya suka pakai sabun sereh yang aromanya rempah abis pasca baby soap ini habis. Enyak, busanya lembut dan tubuh jadi lebih hangat usai mandi :). Sayang, tetep nggak ngebantu kulit kering jadi lembap.

Lalu ada dua masker sachet. Ini nggak habis-habis perasaan padahal saya udah nggak punya stok air mawar sebagai pelarutnya jawaban awal bulan nggak beli. Bosan pakai masker ini di muka, kesudahannya saya campurin pakai air biasa kemudian digunakan buat maskerin kaki dan punggung, hehehe. Karena cuma sekali pakai nggak terasa ada efek waw sih tapi lumayan, masker saya jadi abis yang artinya sanggup beli lagii! *Padahal di rumah masih ada stok masker Wardah.*


Untuk produk-produk di kategori ini, saya belum kepikiran mau repurchase. Bulan depan yang tinggal besok pagi rencananya tetep mau belanja sih, tapi belum tentu beli brand yang sama dengan yang habis bulan ini.

Face Care


Tadinya saya bongkar-bongkar laci make up. Nyari make up yang sudah kadaluwarsa biar nggak menuhin tempat. Toh udah nggak kepakai, buat apa disimpan? Salah-salah saya malah kelupaan pakai kan bahaya. Nah, pas bebongkar ini saya nemu BB Cream dari Garnier yang sudah entah semenjak kapan saya punyai. Udah kadaluwarsa pokoknya, padahal isinya masih lumayan. Ini BBC ternyaman yang pernah saya punya. Ringan dan alus hasilnya di kulit dengan efek ademnya. Sekarang sehabis saya buang, nggak ada planning repurchase sih walau suka sebab masih punya stok DDC dan foundation yang infinit bener belom abis-abis.

Ada Cussons Baby Cream. Cepet habis sebab nggak cuma saya pakai untuk pelembap wajah tapi kadang juga digunakan di mana-mana. Udah sebulan pakai ini kulit wajah malah baik-baik aja dan makin membaik :). Bulan depan rencananya mau beli skin care gres buat wajah, toh kini sudah netral semenjak pakai baby cream ini. Untuk baby cream-nya, bulan depan saya nggak ingin repurchase. Oh iya, saya nulis review-nya juga loh! Baca ya nanti.


Pas saya berselancar di Instagram Explore, saya nemu tips menarik yang terdengan extra ordinary; mutihin keti sama slengki pakai baby oil! Emejing kan? Makanya saya tertarik coba. Saya punya Johnsons Baby Oil di rumah, jadi pakai ini dan untungnya sesuai sama yang direkomendasiin si empunya tips. Tadinya baby oil ini saya gunakan sebagai make up remover atau sekedar pijit-pijit kaki tangan tapi semenjak baca tips ini saya alihkan buat pemutih keti dan slengki. Caranya mudah, tinggal tuangin baby oil secukupnya untuk membasahi kapas kemudian gosokin sekuat tenaga ke keti maupun slengki hingga di kapas tertinggal daki-daki kecoklatan. Ulangi terus hingga kapas bersih. Lakukan setiap mau mandi secara rutin, katanya dijamin keti dan slengki anda jadi putih, itu konon sudah dibuktikan sama yang nulis tips. Saya gres nyoba beberapa hari sebab baby oil-nya keburu habis dan belum tau beneran manjur apa enggak. Coba aja kalau mau membuktikan. Tapi capek lho cara ini, gosok keti sekuat tenaga dengan satu tangan itu keju. Mungkin lebih baik kalau dibantuin orang lain. Tips dari saya nih, kalau mau mencoba cara ini, pilih kapas potong lapis tebal biar mantap dipegang dan nggak mudah sobek. Tadinya saya pakai kapas lapis tipis, kemudian habis dan malah beli lapis tebal tapi pas si baby oil sudah habis jadi percuma juga. Kapas lapis tebal ini saya gunakan untuk wajah sekarang, tapi berasa mubadzir, lebih yummy yang tipis. Repurchase baby oil? Entahlah kelak.

Body Lotion


Saya punya empat varian Natural Honey Body Lotion, bulan ini gres kepakai dua. Belum ada kesan berarti selama pakai body lotion merk ini sih. Tadinya saya pikir super lembap sebab namanya pakai kata honey, ternyata nggak juga. Kayaknya Natural Honey ini sepabrik ya sama Marina? Rada seakan-akan gitu dari segi kemasan maupun aroma. Wangi keempat variannya mirip-mirip, seakan-akan Marina juga - bahkan kayaknya seakan-akan body lotion lightening punya Wardah. Agak-agak flowery manis gitu.

Nah, kemudian ada Marina Natural juga yang kemasannya ungu. Ini mengandung Oats dan butiran Vitamin E. Saya beli ini di tengah bulan kemudian kalo nggak salah ingat jadi fotonya nggak masuk pos fully bulan ini. Saya emang gitu, kadang beli sesuatu nggak di awal bulan jadi belanjaannya nggak masuk pos fully keranjang belanja. Lumayan suka sih sama body lotion ini sebab selain murah juga cukup melembapkan. Wanginya juga enak. Bulan ini saya belum akan beli body lotion gres sebab di rumah masih punya stok.

Eye Make Up


Ini semua produk eye make up yang udah nggak saya pakai dan sudah kadaluwarsa juga. Saya bahas aja satu persatu yaa... Pertama ada Viva Eyebrow Brown yang pendeknya udah kebangetan itu. Sebelum dipensiunkan beliau masih saya pakai padahal saya nggak yakin tanggal kadaluwarsanya kapan, duh. Ini selain saya pakai ngalis juga kadang saya pakai sebagai eyeliner. Malah pernah saya pakai buat lip liner juga, hahaha. Saya masih punya dua pensil alis yang sama kayak gini, dan dua lagi warna lain, jadi terang nggak akan beli ulang.

Ada Oriflame Double Trouble Eye Pencil - kalo nggak salah gitu namanya. Ini palingan juga udah expired secara saya punya udah luama. Yang hitam buat eyeliner atas, yang putih buat waterline. Teksturnya empuk - terutama yang hitam - dan saya tidak mengecewakan suka. Biasanya saya nggak puas sama produknya Oriflame apalagi jenis make up gini tapi ini tidak mengecewakan sepakat kok meskipun saya ogah beli lagi, ribet gurls soalnya.

Wardah Staylast Waterproof Liquid Eyeliner. Ini saya punya satu lagi tapi nggak waterproof, entah itu produk yang diperbaharui atau memang beda jenis saya nggak paham. Tapi mungkin Wardah emang bikin dua jenis produk, satu waterproof satu tidak biar sanggup dibasuh pas wudhu sesuai pangsa pasarnya Wardah yang terutama menarget para muslimah. Ini udah kadaluwarsa 2016 kemarin, dan kuasnya sempat saya pakai buat nail art. Sekarang, udahlah saya buang. Udah jarang kutex-an juga kalau nggak lagi pingin banget. Saya semenjak kapan ya ingin nail art tapi kemudian nggak jadi-jadi itu, udah usang deh, dan selama itu selalu manjangin kuku beberapa mili jaga-jaga siapa tau ndilalah mendadak ingin nail art udah ada modal kuku panjang.

Terus ada My Darling Eyeliner. Ini saya punya udah lamaaa banged, pastilah udah expired. Heran deh kok saya betah nyimpenin barang kedaluwarsa. Produk ini walau murce dan terkesan nggak meyakinkan tapi tidak mengecewakan hits lho di kalangan make up lovers. My Darling ini brand lokal dan sudah ber-BPOM, punya beberapa produk lain juga selain eyeliner. Eyeliner-nya yummy digunakan kok, encernya pas, kuasnya tipis jadi sanggup dibikin narik garis yang tipis juga. Nggak waterproof jadi mudah dihapus tanpa ribet. Eyeliner model liquid gini yummy sebab sanggup dibikin garis tajam, tapi ngga sanggup dibikin gradasi ala eyeliner gel. Untuk dua liquid eyeliner di atas, saya nggak akan repurchase. Masih punya stok eyeliner di rumah.

Lalu ada Pixy Mascara. Ini udah kadaluwarsa juga, biasanya saya pakai buat set alis doang tapi kini udah enggak. Produk ini kayaknya udah nggak diproduksi lagi sama Pixy deh, kalau saya tengok ke konternya udah nggak ada - atau saya yang nggak lihat? Ini maskara dua sisi, satu warna putih untuk manjangin bulmat, satu hitam untuk melapisi dan mempertebal tampilan bulu mata. Hasil pakainya sih nggak seheboh Maybelline ya, tapi cukup sepakat kok. Btw, maskara Maybelline yang saya punya tuh tetep susah dibersihin dengan micellar water loh walau si micellar water ini konon ampuh bersihin segala jenis mekap. Waktu saya coba untuk nge-remove maskara Wardah beliau sanggup ngangkat tanpa perlu perjuangan ngucek keras. Tapi waktu Maybelline, duileh susyah. Karena saya masih punya maskara, jadi saya nggak beli maskara gres bulan berikutnya.

Lip Balm, Lip Gloss, & Lipstick


Kotak penyimpanan lipen saya penuh dan jadi berat kalau diangkat-angkat. Karena takut jebol, jadi saya kuranginlah isinya. Berniat jual preloved sebagian tapi masih sayang, jadi saya kurangin yang udah habis dan expired aja. Ini beliau daftarnya!

Wardah Lip Balm Vanilla, ini masih jadi lip balm favorit. Kemasannya jar mungil yang mudah dibawa kemana-mana. Saya ada review-nya yang varian strawberry. Trus ada Silkygirl Magic Pink Lip Balm juga. Ini sebenernya tadinya masih panjang, tapi malah poklek dan sisanya tinggal duikit di pangkal jadi terpaksa saya buang. Gabisa digunakan lagi soalnya, sanggup sih kalau mau nyolek tapi malah ngotorin aplikator sebab warnanya yang berubah nge-pink.


Masih dari Silkygirl, kali ini ada produk lip gloss-nya - kalau nggak salah ini lip gloss ya dengan warna. Isinya masih cuma sudah expired. Kalau digunakan dulu, warnanya sheer pink dengan sedikit shimmer. Berminyak rasanya di bibir dan nggak infinit tapi tidak mengecewakan lembap dan lembut. Saya beli ini pas Silkygirl masih gres populer di Indonesia - btw ini produk asal mana sih?

Trus ada dua lipstick - atau balm berwarna? - dari Mentholatum yang populer sanggup merawat bibir. Ini saya punya dua shade, satu warna orange peach satu pink gitulah. Dua-duanya sheer warnanya, glossy hasilnya, dan ber-shimmer. Masih panjang bullet-nya tapi pada jamuran sebab kadaluwarsa dan udah usang nggak disentuh. Next, ada Kluge Lipstick, ini dari Sophie Martin. Warnanya nude peachy yang glossy. Dulu ini favorit saya jaman masih gres jadi make up junkie sebab warnanya yang natural dan keliatan seger di saya. Lalu ada Oriflame Lipstick yang sungguh mengecewakan sebab gres dibeli aja udah patah bullet-nya pas dipakai. Sumpeh, ringkih tenan. Warnanya pink ber-shimmer dengan finishing glossy cenderung satin. Masih panjang juga tapi udah males pakai saya semenjak patah itu, udah expired juga sekarang. Terakhir, ada Pixy lipstick yang namanya panjang dan saya lupa, pake kata 'satin' gitulah pokoknya. Ini tadinya saya gunakan sebagai blush, dan warnanya cantikkk abiez, favorit saya lah. Tapi kemudian jatuh dengan posisi bullet yang saya putar full dan remuklah batang lipstik ini. Sempet saya coba bentuk lagi tapi gagal sebab benyek. Sudahlah saya buang aja. Sampai hari ini saya belum punya lipstick for blush favorit lagi sebagai ganti. Semua produk di kategori ini nggak ada yang saya rencanakan untuk di-repurchase, di rumah masih bejibun soalnya. Lagian ini kan ngurangin, masa nambah lagi? Ya mungkin nanti nambah kalo bener-bener saya pingin. Kalau nanti tempatnya penuh, kayaknya saya harus mulai menerapkan prinsip come and go. Kalau ada satu masuk berarti harus ada satu yang keluar biar tempatnya muat.

Udah deh, itu barang-barang yang akan meninggalkan kamar saya bulan ini. Selanjutnya, saya mau bikin daftar belanjaan bulan depan ah! Ini beliau daftarnya :
  • Conditioner, sebab saya udah punya shampoo
  • Hair vitamin, inginnya sih nggak beli kapsulan sebab malah boros
  • Face wash
  • Pelembap buat wajah, kalo sanggup yang sekalian ada sunblock-nya, atau yang day dan night cream aja belinya - *mungkin ini sanggup beli sepaket skin care aja?*
  • Masker - ini udah pesen sih tadi, saya mau beli Naturgo
  • Ingin beli lipstick matte-nya Viva yang gres itu loh, tapi nanti liat ketebalan dompet dulu yak. Btw, saya gres nyadar lo kalau lip cream Wardah tuh ganti kemasan, menyesuaikan sama kemasan lipstick-nya yang intense matte.
  • Beli razor alias pisau cukur! Saya males waxing karena mahal, dan males pakai hair removal cream semacam Veet sebab boros juga. Dulu pernah pakai Veet juga sih, kemudian malah di beberapa kepingan kulit bikin lecet kemerahan yang awalnya gatal dikala dioles krim Veet-nya.
  • Palingan tisu dan kapas
Selain itu belum kepikiran mau beli apalagi sih, nanti liat di fully loaded-nya aja yaa... See you on next post!
Share This :
Johan Andin