MASIGNCLEAN101

Review : [Primer] Make Over Hydration Serum - Make Over Corrective Base Make Up Greenish - Make Over Corrective Base Make Up Cyanite

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf bila besar lengan berkuasa pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Saya udah setaunan - maybe kurang dikit - punya primer. Pas awal beli suemangat banget makenya, lama-lama bosan dan milih make up tanpa primer. Sekarang, saya pakai lagi alasannya yaitu khawatir mubadzir belum kepakai keburu masuk masa expired. Saya punya tiga primer dari satu brand yang sama. Ketiganya sebenernya bisa jadi satu kesatuan, alias digunakan berurutan sebelum make up. Kalau sama-sama primer, kok mesti ada tiga produk sih? Soalnya mereka bertiga walau sama-sama base make up, tapi punya fungsi khusus yang berbeda. Kok nggak disatuin aja? Yaah entah memang nggak bisa atau hanya trik brand-nya aja biar produknya laris banyak, I don't know.

Primer atau base make up yang saya punya dari brand Make Over. Dulu pas pertama denger brand-nya, saya kira beliau brand luar negeri sebangsa Make Up Forever gitu tapi ternyata bukan. Ternyata ini brand lokal yang sesodara sama Wardah dan Emina. Kalau Wardah menarget pasar segala usia dan terutama muslimah serta Emina nyasarnya ke remaja, Make Over ini yaitu lini professional-nya. Lebih ditujukan buat para MUA gitu deh, walau masyarakat awam kayak saya sah-sah aja pakai juga. Sesuai pangsa pasarnya, brand produk ini dikonsep serius dengan kemasan produk berdesain professional, dan harga lebih mahal dibanding kedua saudaranya - tapi nggak semahal produk luar kok. Berasa produk impor gitu deh, dengan budget nggak selangit tentu saja. Lalu gimana kualitasnya? Saya punya beberapa produk dari Make Over, tidak mengecewakan anggun kok kualitas produknya. Variatif lagi. Kayaknya gres brand ini yang paling cepat menyerap animo make up dunia. Terbukti dengan produknya yang belum banyak brand lokal lain punya kayak base make up ini.

Nah ini beliau ketiga base make up-nya!


Ketiga produk ini pas dibeli ada box-nya semua, cuma kini udah pada kebuang. Soalnya saya kurang suka nyimpen kotak kosmetik, menuhin daerah dan berasa nyimpen 'sampah' gitu. Meskipun demikian, saya masih keep juga satu box besar wadah palette eye shadow yang nggak muat ke laci wadah make up untuk nyimpen palette-nya biar nggak berdebu. Entah mungkin kelak akan saya pertimbangkan untuk nyimpenin make up beserta box-nya sekalian. Sekarang, saya bahas soal base-base ini dulu yaa!

Make Over Hydration Serum [Rp. 98.000 @ 33 ml]


Ini saya beli di Gardena dengan harga dibawah seratus ribu kalo gak salah waktu itu. Tadinya punya box hitam elegan sesuai gambaran professional yang dibangun Make Over, kemudian setelah dibuka box-nya isinya satu botol beling bertutup hitam juga sebagai kemasan produk ini. Material beling pada botolnya bagus, tebal dan kuat. Meyakinkan gitu deh, dan mengesankan kalau ini produk nggak murahan, hwehehe. Pada tubuh box luar maupun botol di dalam, terdapat goresan pena Make Over berwarna kombinasi hitam silver yang dicetak besar dengan karakter kapital semua - tapi saya nggak niruin nulis brand-nya pakek karakter kapital semua di sini ;P. Bagusnya, di tubuh botol, nama brand ini dicetak langsung, nggak ditempelin pada plastik atau kertas.

Botol kacanya bening agak doff. Nggak ada aksen lain kecuali nama brand-nya. So simple deh pokoknya kemasan produk ini. Dari luar botol, kita bisa liat isi dalemnya yang bening tanpa warna. Tutupnya berbahan plastik tebal berujung pump. Sayang pump-nya nggak punya pelindung lagi di atasnya. Tapi pump-nya bisa diputar ke arah tertutup maupun terbuka kok, jadi isinya nggak kemasukan debu ketika disimpan.

Walaupun namanya yaitu hydration serum, namun produk ini bukanlah skin care. Yaa namanya aja base make up berarti beliau dipergunakan untuk menyiapkan kulit sebaik mungkin sebelum di-make up khan, jadilah beliau masuk kategori produk make up *nggak nyambung*. Seluruh keterangan mengenai hydration serum ini terdapat pad box-nya yang sayang sudah saya buang jadi saya mesti nyari sumber lain untuk mendeskripsikan produk ini.
Make Over Hydration Serum ini membantu melembapkan dan menciptakan kulit terasa kencang. Digunakan sebagai primer biar riasan lebih melekat dan tahan lama.
Itu doang deskripsinya... Nah kalau cara pakainya mudah, tinggal dioleskan merata pada wajah yang telah dibersihkan sebelum mengaplikasikan foundation - atau make up lain. Produk ini berbahan dasar air, dan ada kandungan ekstrak alaminya dari Aloe Vera dan ada Hyaluronic Acid jadi bisa ngelembapin kulit walau bukan murni produk skin care. Ada Pro Vitamin B5-nya juga, entah buat apa tapi. Di ingredients nggak ada materi Dimethicone-nya, biasanya ini suka ada di primer *sok tau*. Saya tuh pernah baca kalo Dimethicone bisa bikin suatu produk jadi matte hasilnya, tapi entahlah itu bener atau enggak - kalo salah sorry ya ;).

Btw, saya lupa tahun berapa produk ini expired karena keterangannya tercantum di box. Semoga sih pas saya review ini belom expired :'(.

Cara ngeluarin produk ini mudah, tinggal putar pump-nya ke arah yang tidak mengunci, kemudian tekan deh. Produk ini bentuknya gel bening tanpa aroma. Adem ketika dioles. Kalau untuk semuka cukup satu pump aja bisa kok diratain. Tidak lengket, cepat menyerap, dan tidak berbekas.

Saya suka hasil pemakaian hydration serum ini. Bagus di saya, bikin tekstur kulit jadi lebih baik gitu. Kulit jadi lebih kenceng bener, alus tanpa kesan berminyak dan siap diolesin make up selanjutnya. Kalau soal lembap, saya kurang merhatiin kemampuan produk ini alasannya yaitu sebelum pakai saya selalu olesin pelembap dulu di wajah. Ini opsional aja sih, sebenernya kalau tidak mau pakai pelembap sebelumnya pun saya rasa nggak duduk perkara mengingat produk ini juga punya kandungan moisturizer di dalamnya. Dengan pakai hydration serum, berdasarkan saya make up apapun jadi lebih nempel rata dan tahan lama. Foundation jelas. Tapi bahkan kalau cuma pakai bedak tabur sesudahnya pun si bedak bakalan lebih nempel, jadi keliatan bedakan walau tipis-tipis.

Setelah pemakaian hydration serum ini, disarankan pakai corrective base make up untuk menetralisir warna kemerahan dan mencerahkan kulit. Make Over punya dua varian dalam satu jenis produk yang sama. Yang pertama, Make Over Corrective Base Make Up Greenish. Kemudian satunya, Make Over Corrective Base Make Up Cyanite. Saya bahas yang Greenish dulu.

Make 0ver Corrective Base Make Up Greenish [Rp. 71.000 @ 40 ml]



Dikemas dalam tube hitam yang di badannya terdapat potongan transparan. Materialnya plastik, tidak mengecewakan tebal dan kuat kok hingga ke tutupnya juga. Bentuk, ukuran, dan warna kemasan ini sama persis dengan varian satunya, Cyanite yang akan saya bahas belakangan. Pada sisi depan hemat ilustrasi, cuma nama brand dan nama produk serta netto. Nah, kalau potongan belakang terdapat ingredients dan beberapa keterangan lain. ED-nya juga tercantum di sini. Dulu ini ada box-nya juga yang sudah usang saya singkirkan. Pada box, terdapat sejumlah keterangan sama ibarat di tube, hanya dengan tambahan deskripsi *kayaknya*.

Dengan potongan transparan pada tube, ini sangat membantu membedakan kedua varian produk alasannya yaitu keliatan warna isinya.  Greenish ini varian corrective base make up yang punya fungsi mengoreksi warna kemerahan pada kulit wajah dengan santunan warna hijau dan kandungan Aloe Vera-nya. Eh, ketiga produk base ini emang ada Aloe Vera nya ding, dan bekerjsama semua bisa melembapkan. Ingredients lain, baca dengan klik di foto ya. Nah yang ini ada Mineral Oil-nya - bisa cons buat yang ngga cocok - dan Dimethicone-nya - termasuk juga varian satunya nanti.

Tutupnya flip top, kuat dan rapat tapi sayang potongan dalemnya kurang rapi berdasarkan saya. Kaprikornus tepian lubang tube-nya itu nggak alus dan bikin sisa produk yang dikeluarkan jadi tertinggal di sana. Saya yang nggak suka awut-awutan ini jadi bete deh. Isinya 40 ml, ini tidak mengecewakan banyak dan abadi kok. Saya yang pakainya jarang-jarang, udah hampir setaun belum ngabisin setengahnya. Kalau digunakan rutin mungkin untuk 3-6 bulanan bisa kali ya.


Isinya nggak terlalu kental, cenderung ke lotion deh, berwarna hijau, nggak ada aroma kalau sepenciuman saya. Nggak ada rasa apa-apa waktu diolesin, gampang diratakan dan cepat meresap. Sedikit aja cukup untuk diratakan ke area yang luas. Apakah produk ini berhasil meredam warna kemerahan pada kulit? Nanti di bawah ya saya jelasin.

Saat dioles ke kulit tangan sih nggak ada perubahan berarti, hehehe. Yaa secara tangan saya nggak kemerahan. Dia meresap tak berbekas kalau di kulit tangan saya. Sebelum nyoba ke wajah, saya bahas dulu yang Cyanite ya.

Make Over Corrective Base Make Up Cyanite [Rp. 71.000 @ 40 ml]

Yang Greenish tadi saya beli di counter-nya Make Over di Amplaz, kalau yang Cyanite ini di Mutiara sentra kosmetik. Harganya segitu sama kalau saya nggak salah ingat.




Kemasan, tutup, netto, maupun tekstur isi sama dengan yang greenish. Yang ngebedain cuma warnanya aja, yang ini ungu. Fungsinya untuk mencerahkan warna kulit supaya tidak kusam secara instant dengan warna ungunya yang bikin imbas 'bersinar'. Apakah ada beda susunan ingredients-nya sama yang Greenish? Saya belom ngecek, hahaha. Tolong cek sendiri ya, klik pada foto untuk memperbesar.

Sama-sama gampang diratakan dan menyerap tanpa bekas juga ketika dicoba ke kulit tangan. Ngga ada beda sama yang Greenish after pakainya. Untuk di wajah, biasanya kedua corrective base make up ini saya pakai berbarengan. Greenish untuk area kemerahan, Cyanite untuk sisanya supaya nampak cerah. Saat ini sebenernya kulit wajah saya lagi nggak ada area yang kemerahan, tapi tetep saya pakai juga yang Greenish. Saya oleskan pada hidung dan pipi, alasannya yaitu biasanya kalau ada kemerahan niscaya nampangnya di sana. Lalu yang Cyanite di dahi, dagu, dan pipi luar dan area yang sekiranya enggak tersentuh Greenish. Aslinya bisa aja sih pakai yang Greenish dulu diratain ke seluruh wajah, gres abis itu ditumpuk pake Cyanite. Cuma saya ogah, lebih mudah gini.

Setelah pakai dua corrective base make up ini yang terasa sih kulit wajah lebih basah dan kenyal. Kalau soal warna kemerahan, dulu saya pernah pakai yang Greenish habis mencetin komedo, tapi nggak ada perubahan berarti. Kemerahan tetep ada, lebih ketutup sama concealer daripada corrective base ini. Kalau yang Cyanite dengan klaim mencerahkannya sih saya rasa juga nggak terlalu keliatan. Muka biasa-biasa aja setelah pakai kedua corrective base make up ini. Kaprikornus kesimpulannya, Corrective Base Make Up Greenish maupun Cyanite kurang berefek di saya. Ini malah kalau pakainya kebanyakan terasa agak lengket dan berminyak. Mungkin alasannya yaitu kandungan Mineral Oil-nya. Biasanya kalau mau nerusin make up, saya tap dulu muka pakai tisu biar lebih matte dan nyaman di-make up-in.

Saya nggak selalu pakai tiga base ini bersamaan kok, Kadang cuma pakai salau satu atau duanya aja, tergantung kebutuhan. Yang paling sering saya pakai tuh hydration serum-nya, alasannya yaitu terbukti bisa bikin make up lebih nempel dan awet. Saat saya make up-an tanpa hydration serum, contohnya mulai dari pagi biasanya siang udah pada ngabur apalagi kalau cuma bedak tabur. Tapi dengan hydration serum, make up jadi abadi seharian. Kalau corrective base make up-nya yang lebih ke fungsi menetralisr warna dan mencerahkan, nggak terlalu ngefek di saya. Yah ini saya anggap embel-embel aja biar kulit basah maksimal sebelum di-make up.

Selama pakai ketiga produk ini - sudah hampir setahun walau tidak tiap hari digunakan - kulit saya baik-baik aja. Nggak ada break out pasca pemakaian. Kalau soal base yang bikin make up nempel awet, apakah menyumbat pori? Saya kurang paham, tapi nggak bikin make up susah dibersihkan kok. Kaprikornus pada dasarnya biar kulit wajah tetap sehat, setelah make up tidak dibutuhkan lagi, segera bersihkan biar kulit bisa bernafas dan nggak bikin timbunan bakal nanah di pori.

Ini foto kulit after pakai ketiga base make up - sorry saya nggak fotoin after. Ditambah loose powder tuipis dan lip tint dikit, jadinya begono. Pliss abaikan jidatnya yang tak tertutup rambut ya. Secara keseluruhan sih, saya nggak ada duduk perkara pakai ketiga base make up ini, tapi favorit saya ya hydration serum-nya. Saya masih akan pakai ketiga produk ini hingga habis - iyalah udah dibeli, tidak mengecewakan mahal lagi - tapi belum tentu repurchase lagi.

Notes :
+ kemasan bagus, terutama hydration serum-nya, tapi minus verbal tube corrective base
+ hydration serum-nya bikin make up lebih nempel dan awet
+ no break out di saya
- harga tidak mengecewakan mahal
- corrective base make up-nya kurang berefek
Share This :
Johan Andin