MASIGNCLEAN101

Review: Hair Care Aku Dikala Ini

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]


Rambut saya udah jarang banget keurus sejak lebih sering merhatiin muka. Alhasil rambut saya yang aslinya berjenis kering jadi makin kering plus kaku bernafsu kusam megar semrawut dan terlihat acakadut. Kalau dibelai gebetan gitu, gemerisik kayak sapu. Khan malu-maluin deuh. Untunglah saya segera sadar dan awal bulan kemudian membeli seperangkat hair care. Bukan ibarat yang awalnya direncanakan sih, tapi kebeli juga rangkaian yang sanggup digunakan untuk merawat rambut secara bertahap. Ngga banyak sebenernya, cuma tiga produk, hahaha. Yang penting kepake dulu, dan rambut sanggup dirawat.


Tiga produk yang saya pakai untuk merawat rambut ialah shampoo yang paling basic untuk membersihkan, kemudian ada conditioner untuk melembutkan, dan hair vitamin untuk menutrisi. Soal fungsi lain ada sih pemanis di tiap produknya, tapi yang butuhkan pada dasarnya 3 hal itu. Ya pengen sih beli serum, tonic, hair mask, dan lain sebagainya supaya lebih lengkap tapi apa daya bisanya gres beli segini, Mungkin next time ya. Nah, kini saya review aja tiga produk andalan rambut saya ketika ini. Kebetulan saya udah pakai sekitar 3 mingguan, jadi udah sanggup ngasih opini. Saya pribadi bahas aja ya satu-satu produk ini :).

Natur Natural Extract Shampoo


Natur ini sampo yang memang saya cita-citakan untuk dibeli. Sebelum tertarik beli, saya udah baca-baca review-nya dan tertarik lantaran Natur seakan-akan bukan sampo, beliau pakai materi alami dan free silicon juga. Saya pikir bagus dong buat rambut kalau kandungan pencucinya alami dan ngga banyak materi neko-neko. Jadilah saya beli Natur. Harganya lumayan, untuk netto 140 ml saya harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 18.325. Ada sih kemasan ukuran lain, lebih kecil dan lebih gede kayaknya ada, cuma saya pilih yang segini aja.

Kemasannya bagus dan professional. Pake box hitam doff yang tebal sebagai pembungkus botol shampoo-nya, jadi lebih meyakinkan. Beda sama kalau beli sampo lain yang yaudah tinggal comot botolnya gitu aja dari rak toko. Natur punya beberapa varian shampoo. Semua didominasi kemasan warna hitam. Saya beli varian Moringa Oleifera Extract untuk menutrisi dan merawat rambut rusak. Saya rasa rambut kering kaku megar saya ini lantaran rusak deh, entah lantaran proses styling - saya pernah cat - atau faktor lain semisal kondisi cuaca dan kurangnya nutrisi. Selain kering, rambut saya juga kusam. Perlu dinutrisi banget nih. Kalo rontok, nggak seberapa. Ya ada sih kalo nyisir, tapi masih dalam kategori masuk akal dan nggak bikin saya beresiko botak jadi nggak masalah. Kaprikornus pada dasarnya problem utama ialah kering dan kusam. Megar kaku bernafsu dan semrawutnya dikarenakan kekeringan itu tadi.

Di sisi belakang kemasan, ditulis sejumlah keterangan. Tolong dibaca sendiri yaa... Deskripsinya dikit doang. Intinya Natur varian ini membantu melindungi, merawat, dan menutrisi rambut sehingga mengurangi kerusakan. Saya justru lebih secara umum dikuasai baca ingredients, dan sayangnya agak mengecewakan. Yang saya tangkap pas baca ingredients adalah, ternyata Natur nggak sepenuhnya alami. Masih ada materi kimia pembuat busa tapi entah SLS atau SLES, padahal yang saya baca di beberapa review, beliau pakai materi alami dari kelapa kalo ngga salah untuk bikin busa. Duh ternyata masih pake materi kimia jugak. Memang ada sejumlah materi alami, tapi materi kimianya banyak juga. Baca sendiri gih. Oh iya, ada warning-nya yang bilang jangan hingga botol Natur ini kemasukan air alasannya ialah sanggup merusak kandungannya.

Lanjut ke bahas botolnya, lucuu. Kayak botol minum dan ada pegangannya juga di leher botol. Keterangan yang tercantum di botol sama dengan yang di box. Botolnya warna hitam juga, tapi ini glossy. Tutupnya flip dengan lubang verbal botol yang kecil di atas. Memang leher botolnya menyempit juga sih jadi ngga heran tutup sama verbal botol ikutan kecil. Bagus sih, jadi samponya nggak banyak tumpah waktu dituang. Isinya juga jadi ngga kemasukan air secara nggak sengaja. Untuk isi dan performance, saya bahas di bawah yaa...

Pantene 3 Minute Miracle Conditioner


Ini saya beli lantaran waktu belanja nyari conditioner Natur nggak ketemu. Apa boleh buat kesudahannya beli yang beda brand. Pilihan jatuh ke Pantene lantaran belum pernah nyoba, siapa tau bagus di rambut saya. Ada dua varian, saya ambil yang Total Damaged Care, menyesuaikan sama shampoo yang tadi, untuk rambut rusak. Harganya Rp. 11.450 untuk isi 70 ml saja.

Kemasannya tube warna emas dengan tutup flip. Ada aksen ungu di tubuh tube. Bagian belakangnya penuh keterangan dan deuh saya lupa fotoin. Intinya ini conditioner untuk menciptakan rambut halus dan berkilau. Tulisan di belakang tube banyak pake karakter ajaib yang sulit saya baca dan tak sanggup saya pahami. Tapi kalau saya baca di website-nya Pantene, produsennya bilang, produk ini sanggup membantu memperbaiki 3 bulan kerusakan rambut hanya dalam 3 menit. Waoww! Penggunaannya layaknya conditioner pada umumnya, diusapkan pada rambut seusai keramas kemudian dibilas. Di direction for use-nya ngga disebutin berapa lama, tapi lantaran namanya aja 3 minute miracle ya saya ambil kesimpulan produk ini kudu didiamkan selama 3 menit dulu sebelum diguyur air. Di sini juga ngga ditulis darimana make conditioner-nya, tapi saya kalau pakai conditioner tuh dari tengah ke ujung rambut doang lantaran takut bikin ketombe kalau sampe kulit kepala.

Ellips Hair Vitamin Cuticle Serum


Kalau ini belinya nggak sengaja. Niatnya mau beli vitamin rambut yang kapsulan, eh ngga nemu. Adanya ini yaudah ambil aja. Harganya Rp. 14.550 untuk 20 ml isi. Lumayan juga, malah kalau dibandingin lebih irit daripada beli yang kapsul. Kemasannya pakai box, warna pink yang anggun :). Dalemnya ada botol hair vitamin kecil, bertutup flip, berbadan bening tapi ditutup lembaran sticker yang bertuliskan keterangan produk.

Ellips Hair Vitamin Cuticle Serum ialah vitamin rambut untuk helaian rambut yang tipis dan halus. Diperkaya dengan Pro Vitamin B5, merawat dan menutrisi kutikula rambut yang kering dan kusam. Rambut sehat, lembut, dan berkilau tanpa rasa lengket dan lepek lantaran smooth agent-nya. Cara pakainya biasa: tuang ke telapak tangan, ratakan ke batang rambut dan biarkan kering dengan sendirinya. Ingredients-nya dikit, silahkan baca sendiri plus baca sendiri juga kalau ada keterangan yang ingin dicari.

Now, kita lanjut ke isi dalamnya!


Sebelumnya, kayak yang saya bilang tadi, semua tutupnya flip. Tapi ngebukanya beda-beda. Shampoo sama hair vitamin flip top, sementara conditioner-nya tutupnya di bawah. Yaah kayak tube normal pada umumnya. Semua tutupnya rapat kok dan sulit terbuka sendiri, jadi kondusif buat isi produk di dalamnya.


Isi produknya kayak gitu. Natur Shampoo isinya cairan kecoklatan yang ibarat madu, kental tapi ngga lengket. Aromanya harum segeerr. Busanya nggak banyak, jadi saya suka pakai samponya dalam dosis tidak mengecewakan supaya lebih gampang diratakan. Usai pakai sampo ini, rambut terasa higienis dan keset. Memang terasa ringan sih, tapi sayangnya rambut saya tetep kering usai sampoan aja. Efek merawat rambut rusaknya belum terlalu saya rasain.

Pantene Conditioner isinya ibarat cream, putih bertekstur lunak. Wanginya yummy juga, tapi saya ngga sanggup ngejelasin. Nggak lengket dan gampang diratakan ke batang rambut saya. Agak licin, bahkan habis dibilas pun masih terasa licinnya. Saya banyakin pakainya ke ujung rambut supaya agak berat dan kalau licin nggak pa pa lantaran jadi ngurangin megar rambut saya. Abis pakai ini rambut lebih lembut dikit sih, tapi kalau kering mbalik mekar lagi walau lebih kecil volumenya. Rambut saya yang bernafsu juga jadi lebih halus disentuh, berarti imbas memperbaikinya boleh juga.

Ellips Hair Vitamin, isinya cairan bening yang wanginya floral. Teksturnya nggak terlalu kental, gampang diratakan dan nggak ninggalin rasa lengket baik di tangan maupun rambut. Karena ini nuang sendiri, saya pakainya jadi dikit-dikit. Hemat deh. Sebenernya ini tuh buat rambut tipis dan halus supaya ternutrisi tanpa lepek. Pas beli saya nggak baca ini, pribadi ambil aja. Aslinya rambut saya twebel dan ngga tipis apalagi halus sama sekali. Sekarang agak berkurang ketebelannya sejak potong pendek dan ditipisin. Udah usang lho potongnya tapi hingga kini belum numbuh setebel dulu lagi. Ngga problem sih saya pakai ini, yang penting rambut ternutrisi, dan kalau tanpa lepek boleh juga. Rambut saya memang megar, tapi kalau dilembapin hingga lepek nggak bagus juga kali. Abis pakai hair vitamin ini, rambut lebih gampang ditata dan nggak berat lepek gitu. Wanginya juga suka, tapi nggak terlalu tahan lama.

Selama 3 mingguan pakai ketiga produk ini, hasil yang saya rasakan adalah:
  • Rambut lebih higienis dan ringan. Natur emang jago ngebersihin rambut ternyata, dan rambut saya bersihnya ringan. Nggak nggedibel gitu kayak kalau pakai sampo yang banyak silicon-nya. Iya di conditioner emang mengandung silikon - harusnya sih begitu - buat ngelembutin rambut, tapi rambut saya jadi ngga dobel silicon sehingga tetap nggak terasa berat.
  • Belom seberapa lembap, masih kering aja jenis rambut saya tapi kalau habis keramas dan pakai conditioner plus hair vitamin, rambut jadi lebih jinak. Memang masih megar tapi nggak kaku-kaku amat lagi, kali ini jadi mengembang yang nggak kayak gulali. Eh lebih berkilau juga, kusamnya berkurang. Engga tau ini imbas produk yang mana lantaran gres saya sadarin sekarang.
  • Lebih gampang diatur. Dulu kalau disisir suka susah lantaran kaku, tapi kini jadi lebih mudah. Rontok juga berkurang lantaran dulu rontoknya pas disisir susah.
Saya pakai ketiganya 2 hari sekali. Kalau pas hari di sela nggak sampoan, kadang masih saya pakaiin hair vitamin juga, kalau nggak pakai aloe vera gel yang saya punya. Rambut saya kini lebih terkondisikan walau belum sepenuhnya. Shampoo sih tidak mengecewakan suka, daya bersihnya bagus, tapi kesetnya itu lho kurang sreg. Conditioner lumayan juga, membantu melembapkan tapi lebih di ujung rambut. Kalau hair vitamin suka, menutrisi tanpa lengket dan tanpa lepek. Apakah saya masih akan menggunakan rangkaian hair care ketika ini? Iya sih, diabisin. Tapi kalau habis nanti belum tentu beli lagi. Masih ingin tau ganti produk yang bener-bener sanggup megang rambut saya.

Btw, rambut saya tuh kayak gini sekarang. Aslinya dulu pas kecil lurus, eh kini jadi ikal. Pas berair sih lurus, begitu kering, pada ting ngruwel deh. Kalau abis diikat juga makin ikal. Kalau disisir ditata luruspun, bawahnya tetep ikal juga. Sempet ada niat mau ngelurusin, tapi takut makin rusak, jadi yaudah gini aja. Toh rambut keriting sanggup cakep juga kok kalau natanya bener. Lagian kan rambut saya kini udah mendingan baik jadi ditata lebih mudah. Oh iya, ketiga produk ini irit loh. Udah saya pakai 3 ahad dengan per ahad kurang lebih 3 kali, hingga kini belum habis.

Rate 3,5/5 - 3/5 - 4,5/5. Repurchase? Not.

Notes:
+ harga ketiganya masih terjangkau walau kategorinya tidak mengecewakan buat anak kosan - tapi irit kok
+ shampoo-nya beneran bikin bersih
+ conditioner dan hair vitamin lumayan berefek
+ anyir ketiganya suka
- shampoo masih pakai materi kimia pembuat busa
- keterangan di conditioner kurang banyak bahasa Indonesianya
- overall, belum sepenuhnya sanggup menundukkan rambut saya
Share This :
Johan Andin