MASIGNCLEAN101

Review: Md Glowing Skin Care [Paket Glowing Pemula]

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf jikalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]


Tadinya niat saya mau menghabiskan dulu seluruh rangkaian skin care ini kemudian gres di-review. Tapi saya terlalu nggak sabar untuk menunggu ketika itu sehingga saya review aja sekarang, hihihi. Toh udah saya pakai lebih dari sebulan, udah cukup ngerasain dong efeknya ke kulit saya. Yap jadi langsung saya mulai aja ya review-nya!


Pertama saya tau skin care ini dari iklan yang suka nongol di Instagram. Makara ia yaitu produk dari sebuah klinik estetik kulit, yaitu MD Clinic yang didirikan oleh PT. Medina Global Care. Dan alasannya yaitu temen saya juga ada yang pakai plus kulitnya jadi bagus, saya tertarik ikutan nyoba deh. Sebenernya saya udah males beli skin care klinikan gini, tapi entahlah kali itu saya termakan beli juga. Selain sanggup perawatan langsung dengan tiba ke kliniknya dan beli produknya sekalian di sana, skin care ini juga sanggup dipesan via online. Saya pilih opsi kedua *yaiyalah masa musti ngerantau ke Bandung segala demi beli produk skin care doang*. Beli produk doang tanpa perawatan mungkin terasa kurang, tapi saya nggak masalah.

Sebelum beli ngisi form konsultasi dulu ke seller-nya, standar sih cuma ditanyain jenis kulit dan semacamnya aja, trus nanti si seller akan nyaranin pilih produk yang mana. Produknya sanggup dibeli paketan, sanggup juga dibeli satuan. Saya dipilihin ke Paket Glowing Pemula, yang fungsinya untuk mencerahkan kulit wajah, dan membuatnya tampak glow. Sepaket harganya 470 ribu belum ongkir. Lumayan bikin manyun yak bagi pengangguran kayak saya. Untung waktu itu lagi banyak duit jadi nggak pa pa, hahaha. Setelah transfer pembayaran, kemudian saya mesti nuggu dua hari hingga produk yang saya beli hingga ke rumah. Kliniknya sebenernya berlokasi di Bandung, tapi di kota-kota lain udah ada re-seller yang sanggup dijadikan kawasan membeli juga. Lumayan, ngirit ongkir dan waktu.

Pas tiba produknya dibungkus kertas coklat yang biasa digunakan untuk ngirim paket itu, trus di dalamnya ada bubble wrap sebagai pelindung pouch merah isi produk. Pouch-nya cukup bagus, dan bahannya juga kuat. Biasanya saya kalau beli skin care semacam gini cuma sanggup plastik aja, kali ini sanggup pouch. Hmm leh uga ini. Dalam paket yang saya beli, isinya ada 5 jenis produk, yaitu face wash - toner - serum - sunscreen - night cream. Semua dikemas dalam wadah-wadah anggun bernuansa pink. Pertama ngeliat, berdasarkan saya produk ini tidak mengecewakan bonafit. Kemasannya kuat-kuat, nggak cuma botol atau jar dari plastik tipis ala produk skin care dari klinik estetik lain yang pernah saya coba. Seluruh kemasan produknya disegel plastik pas gres dateng, kecuali night cream yang segelnya pake sticker hologram. Di kemasan produk - plus di depan pouch juga - ada labelnya MD Glowing dengan desain penulisan yang khas. Kalo saya ngga salah, dulu skin care ini dikasih nama LaZeta, tapi kini udah diganti jadi MD Glowing.


Saya langsung bahas aja ya satu persatu produknya :). Oh iya sebelum itu, saya mau kasih tau kalok MD Glowing udah mengantongi ijin BPOM dan punya tanggal kadaluwarsa. Semua produknya juga mencantumkan ingredients kok, kecuali night cream, tapi nanti akan saya bahas di bawah. Selain produk, di dalam pouch juga disertakan leaflet berisi daftar produk dan cara pemakaian tapi udah saya buang alasannya yaitu lecek. Toh isu soal cara pakai sanggup saya dapatkan di kemasan produk langsung.

MD Glowing Facial Wash Glowing (120 ml)


Kemasannya botol plastik bening dengan pump. Botolnya lucuu, endut dan keliatan kecil alasannya yaitu pendek, padahal isinya banyak lho. Di atas pump ada tutup plastik yang keras, jadi pump-nya enggak bakal kena debu atau kepencet secara nggak sengaja. Botol facial wash ini juga diberi aksen sticker printing untuk nama produk dan keterangan lainnya. Sisi depan lebih clean, sementara belakangnya gres dipenuhi tulisan. Bagus deh! Saya suka, keliatan langsung dan memang dibentuk dengan konsep. Ngga cuma botol kotak biasa dengan label diselotip yang nampak abal-abal gitu. Pump-nya berfungsi dengan baik, sekali tekan ia sanggup mengeluarkan produk dengan dosis enggak kebanyakan. Saya butuh dua pump untuk sekali basuh muka. Klaim produk ini yaitu membersihkan kulit wajah dari debu dan kotoran, sisa make up serta melembapkan kulit wajah. Isinya agak cair, berwarna putih keruh keabu-abuan.

Ingredients: Aqua, Sodium Laureth, Sulfate cocamidapropyl betaine, Cocamide DEA, glycol stearate, Hamamelis Virginiana Extract, Glycerin, butylene glycol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Disodium EDTA, Fragrance, Citric Acid, PEG-7 Glyceryl Cocoate, ceramide 3, Phenoxyethanol , dmdm hydantoin, Sodium Chloride, Alcohol.

Cara pakai: basahi wajah, keluarkan secukupnya kemudian busakan pada tangan. Usapkan ke seluruh wajah dengan lembut kemudian bilas. Gunakan setiap hari untuk membersihkan wajah. Jika terkena mata segera bilas dengan air. Untuk hasil yang optimal gunakan seluruh rangkaian perawatan 'Glowing'.

Saya ngga paham banyak soal materi penyusun produk ini, termasuk alkoholnya entah itu gimana hukumnya. Yang saya paham, facial wash ini banyak kandungan pelembapnya, dan alkoholnya ada di posisi terbawah. Masih ada parfumnya tapi kadarnya ngga banyak, aroma facial wash-nya juga cuma wangi samar yang sweet aja. Busanya dikit, dan begitu diolesin ke wajah busanya menghilang. Pas digunakan lembut dan nggak perih atau panas sama sekali, nyaman pokoknya. Setelah dibilas nggak bikin kulit kering atau terasa ketarik. Kulit jadi alus dan lembut. Great! Untuk daya higienis saya kurang merhatiin alasannya yaitu saya pakai ini sebagi second cleanser. Untuk first cleanser-nya saya biasa pakai milk dari brand lain, kadang masih diawali micellar water atau remover lain kalau make up-an. Waktu semingguan pertama pemakaian, area hidung dan pipi saya agak ngelupas pas basuh muka tapi kini udah nggak lagi. Oh iya, facial wash ini ekonomis lhoo, udah saya pakai sebulan lebih tapi berkurang setengahnya aja belom. Saya pakainya 2-3 kali sehari.

MD Glowing Toner Glowing (120 ml)


Kemasannya sama dengan facial wash. Cuma ini atasnya spray bukan pump. Klaimnya membersihkan sisa lemak atau pembersih yang tertinggal, menyegarkan serta lembut untuk kulit wajah. Sebagian besar toner lokal emang masih punya fungsi cleansing ya, bukan khusus menutrisi. Isinya cair, bening dengan harum segar tapi nggak nusuk.

Ingredients: Aqua, Ethanol, Butylene, glycol, Hamamelis Virginiana Extract, Dmdm hydantoin, Allantoin, PEG-40, Hydrogenated Castor Oil, Fragrance, PEG-7, Glyceryl Cocoate, ceramide 3, Phenaxyethanol, Glycerin.

Cara pakai: sesudah membersihkan muka, semprotkan toner secukupnya pada kapas, kemudian usap dan tepuk-tepuk pada seluruh belahan wajah. Untuk hasil yang optimal gunakan seluruh rangkaian perawatan 'Glowing'.

Saya biasa pakai ini tanpa kapas, jadi merem aja dan langsung semprot ke wajah, siap! Butuh dua kali spray untuk seluruh wajah. Abis disemprot kemudian tepuk-tepuk toner-nya hingga menyerap ke dalam kulit. Toner ini nggak saya fungsiin sebagai embel-embel cleanser, tapi cuma untuk embel-embel ngelembapin aja. Segerr! Nggak perih dan nggak ada rasa panas ketika pakai toner ini. Justru wajah jadi semakin lembut dan nggak lengket atau berminyak. Toner ini juga hemat, kini gres kepake kurang dari setengah botol. Saya pakainya sesudah facial wash.

MD Glowing Serum Glowing (20 ml)


Kemasannya tabung, bahannya seolah-olah beling tapi saya rasa bukan. Tutup dan belahan bawahnya silver, keliatan glamor deh. Dalem tutup ada pump untuk mengeluarkan isi produk. Isinya seolah-olah lotion, berwarna putih dengan wangi soft - wanginya mirip-mirip antara facial wash, toner, sama serum. Klaimnya membantu menimbulkan kulit wajah tampak lebih cerah. Karena teksturnya yang nggak cair, jadi serum ini sulit di-pump keluar. Kalau saya tekan pump-nya kuat-kuat, eh kebanyakan yang tumpah. Makara saya kudu hati-hati ketika mau pakai produk ini, nge-pump-nya ditahan pakai tangan dan diusahain sedikit aja. Yang bagus nih, tabung serum ini tipe yang kalau produknya berkurang, isinya bakal naik ke atas, jadi nggak ada dongeng produk susah keluar alasannya yaitu tinggal dikit di ujung bawah.

Tulisan ingredients-nya sebagian ilang alasannya yaitu di-print langsung ke tubuh tabung dan sering kepegang tangan saya. Makara nggak saya tulisin yaa. Intinya serum ini materi aktifnya yaitu Arbutin. Trus yang masih kebaca, ada Allantoin juga ekstrak tumbuhan yang entah apa dan aneka macam materi lainnya. Tulisan cara pakainya juga udah ilang, kalau saya tinggal dioles aja ke wajah sambil dipijat hingga meresap. Cuma butuh sedikit doang sanggup diratakan ke seluruh belahan wajah kok. Kalau berdasarkan leaflet-nya sih meresapnya lama, 10 menit. Tapi berdasarkan saya enggak selama itu sih. Pakainya cuma kalau malam aja, sekali sehari sehabis toner.

MD Glowing Sunscreen Glowing Series (10 gram)


Kemasannya jar berbahan plastik tebal. Seluruh keterangan ditempatkan di tubuh jar, minus ED-nya yang ditaruh bawah. Dulu saya kira materi jar ini beling alasannya yaitu saking tebalnya. Jar-nya cantik, tutupnya ulir dan di dalamnya ada filter penahan produk biar nggak nempel ke tutup. Klaimnya membantu menjaga kulit semoga terlindung dari sinar matahari, terasa lembut dan halus. Tulisan ingredients-nya ilang sebagian juga dan tulisannya kuecil-kuecuil jadi nggak saya tulisin ulang. Sakit mata saya soalnya pas baca.


Isinya creamy, berwarna beige terang dan aromanya wangi soft tapi agak wangi obat. Pas pertama dibuka, isinya beleber hingga meluap dari filter-nya. Berminyak dan agak cair dulu tapi makin kesini malah jadi agak padat. Mirip tinted day cream gitu. Pas awal saya pakai ini balasannya wajah jadi berminyak abis, tapi kini balasannya jadi matte walau tetap nanti akan berminyak lagi.


Teksturnya yang creamy mudah di-blend, langsung menyerap ke kulit wajah atau melapisinya entah. Entah juga sunscreen ini ada moisturizer-nya enggak, tapi pas saya pakai kini rasanya keset. Nggak ada lembap-lembapnya jadi sebelum sunscreen saya pakaiin pelembap dulu dari brand lain. Kalau dulu pas awal pakai sih cuma sunscreen aja alasannya yaitu minyakan. Saya pakai sunscreen ini cuma kalau pagi, pas sore saya pakai pelembap aja dari brand lain alasannya yaitu MD nggak ngasih produk khsusus pelembap buat paket Glowing Pemula-nya. Isinya memang dikit, cuma 10 gram dalam jar kecil, tapi ekonomis kok. Swear, pakainya tipis aja cukup dan hingga hari ini gres berkurang sedikit. PS: nggak dicantumin SPF berapa, tapi saya ngga pernah re-apply sesudah beberapa jam kalau cuma di rumah aja. Kalo pergi, saya make up-an pake produk yang ber-SPF, jadi tambah aman.

MD Glowing Night Glowing Pemula (10 gram)


Bentuk kemasan sama dengan sunscreen, yang beda cuma aksen di tulisannya. Nggak ada ingredients-nya, cuma ada keterangan jikalau cream ini diracik oleh apotek milik MD. Ada expired date-nya di bawah jar. Di balik tutup ada filter juga, dan isinya yaitu cream berwarna kuning terang. Aromanya seolah-olah hydroquinone atau tretinoin kalau berdasarkan hidung saya, tapi ditutupin pakai wangi seolah-olah lemon di sabun basuh piring yang bebas lemak. Enggak tau terang bahannya apa sih alasannya yaitu enggak ditulis. Saya tetap pakai hingga kini alasannya yaitu nggak ada duduk masalah semenjak awal pemakaian.


Pas dicolek agak lengket, tapi sanggup diratakan. Waktu digunakan biasa aja, nggak ada rasa panas atau perih jadi saya terusin. Pakainya cukup dikit aja sanggup diratain ke seluruh belahan wajah. Nettonya nggak dicantumkan, tapi saya rasa 10 gram sama dengan sunscreen-nya alasannya yaitu ukuran jar-nya sama. Kalau malam tidur dengan cream ini, paginya wajah lebih lembut, halus, dan nampak cerah. Night cream ini juga ekonomis kok dipakai. Saya pakai cream ini, dan seluruh rangkaiannya cuma di wajah saja, leher lain lagi. Kalau leher saya pakai pelembap biasa. Pas basuh muka kadang kena facial wash kadang kena sabun mandi.


Selama saya pakai sebulan lebih, ada beberapa tahapan yang saya lalui. Pertama pakai, biasa aja nggak ada imbas Istimewa dan kulit nggak berontak. Seluruh rangkaiannya terasa lembut dan bikin kulit lebih smooth plus alus. Lalu saya gabung pemakaian skin care ini dengan kefir mask, dan timbul bruntusan. Entah itu imbas kefir atau paket ini - tapi saya rasa kefir. After kefir berlalu, balik lagi kulit saya ke kondisi awal pakai, lembut dan halus. Itu udah sekitaran 2 ahad ya selama awal pakai dan ditambah kefir. Selanjutnya kulit saya terasa halus kembali dan bebas komedo, tapi nggak usang tumbuh lagi.

Sekarang, sesudah sebulan lebih kulit saya masih lembut dan halus. Dipakein make up terasa lebih rata, dan kalau dipegang nggak terasa kasar. Pori-pori saya besar plus ada sejumlah scar, itu nggak sanggup diapa-apain jadi saya nggak berharap banyak. Cuma alasannya yaitu tekstur kulit saya lebih alus, jadinya lebih tersamarkan pori dan scar-nya waktu di-make up-in. Kalau pas nggak make up, kulit terlihat glowing. Bahkan ketika make up-pun, tetep glowing juga alasannya yaitu dasarnya udah glow. Iya suer, kulit saya jadi lebih cerah dan berkilau gitu. Pas awal pakai produk, nggak ada pengelupasan berlebihan padahal dan saya juga nggak mengharapkan gitu. Tapi makin kesini kulit terasa makin bagus dan flawless. Kalau jenis kulit saya masih kering, dan nggak kebantu dengan Paket Glowing Pemula ini. Sebagai solusinya, saya gemar beli pelembap dari brand lain dan digunakan beriringan dengan skin care dari MD. Nggak ada duduk masalah kok.

Overall, saya tidak mengecewakan suka sama produk ini. Bikin tekstur kulit lebih baik alasannya yaitu jadi lembut dan halus, plus cerah nan glow. Nggak ada break out sejauh ini, cuma di awal bruntusan pas makenya bareng kefir - itupun saya ragu apakah bruntusannya imbas purging dari skin care ini atau bukan. Belum kepikiran beli lagi alasannya yaitu abadi dipakainya, kayaknya sanggup untuk 3 bulan ini. Kalau udah abis nanti saya kayaknya nggak mau repurchase semua, mungkin serum sama sunscreen-nya aja. Night cream masih pikir-pikir. Kalau facial wash dan toner rasanya saya sanggup pakai brand lain.

Rate 4/5

Notes:
+ kemasan bagus
+ udah BPOM
+ bikin lembut, halus, cerah, dan glowing
+ di saya no break out
- harga mahal
- khusus night cream ngga ada ingredients
- kurang ngelembapin



Update tanggal 07 Agustus 2017

Karena banyak ditanyain via email, saya jadi gres sadar kalau belum ngecek sendiri nomor BPOM dari produk ini -_-'. Baru dapet info juga kalau ternyata nomor POM-nya belum terdaftar, gimana benernya saya juga kurang paham. Waktu saya nulis udah BPOM, isu itu saya sanggup dari akun resminya MD Glowing. Maaf waktu itu belum ngecek sendiri, kini ada yang udah ngecek? Share di komentar ya, terimakasih :).
Share This :
Johan Andin