MASIGNCLEAN101

[Diy] Oatmeal Face Scrub

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf jikalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]


Selamat pagi! Saya lagi kurang berangasan menjalani hari ini tapi sebagai penghiburnya saya nulis aja :). Hari ini mau dongeng pengalaman saya kemarin bikin face scrub sendiri dari oatmeal. Produk yang saya pakai ialah Quaker, ya ini kayaknya brand oatmeal yang paling mudah ditemuin di mana-mana. Saya sendiri nggak terbiasa mengkonsumsi oatmeal sebagai makanan, bahkan ini kali pertama saya beli oatmeal untuk diri sendiri. Sebenernya oatmeal adalah alternatif kuliner sehat, tapi pengecap saya agak susah mendapatkan rasa gres sebuah produk instant, jadi saya belum nyoba makan - kecuali oat dalam adonan minuman sereal instant. Pas beli Quaker ini, sudah diniatkan dari awal akan digunakan untuk bikin scrub :D.

Quaker yang saya beli berkemasan sachet. Sengaja beli yang segitu sebab gres coba-coba, kalau begi kemasan gede sekalian takut mubadzir nanti contohnya cuma kepake sedikit dan sisanya nggak digunakan atau nggak dimakan. Untuk kemasan sachet ini, harganya sekitar 5000-an, cukup murah kan? Untuk harga segitu, saya sanggup 35 gram oatmeal instant.

Sebelum ke tahap-tahap pembuatan scrub ala saya, mari kita simak dulu manfaat oatmeal bagi kulit. Oatmeal merupakan produk berbahan dasar gandum yang telah ditambahkan aneka macam vitamin, mineral, dan asam amino sehingga memiliki banyak manfaat. Sorry di sini saya lupa fotoin ingredients Quaker :(. Selain sanggup dikonsumsi untuk badan dan menyehatkan, oatmeal juga sanggup digunakan sebagai materi skincare. Kandungan dalam oatmeal membantu penyembuhan kulit, mengembalikan kekuatan kulit, membantu terjaganya lapisan pelindung kulit, dan sebagai antioksidan untuk kulit lebih kuat melawan radikal bebas sehingga kulit terbebas dari kusam. Tuh banyak kan manfaat oatmeal bagi kulit? Selain yang saya sebutkan di atas, masih banyak lagi manfaat oatmeal bagi kulit yang sanggup kau temukan dengan searching sendiri sebab terlalu panjang kalo saya tulisin di sini.

Saya sendiri gres kali ini nyoba bikin scrub pake oatmeal. Biasanya saya pakai scrub yang udah dikemas jadi. Tapi kali ini nggak ada salahnya kan pakai materi makanan. Cara buatnya versi saya sederhana aja, pertama cukup siapkan mangkuk untuk daerah oatmeal, air panas, dan spatula pengaduk.


Kebetulan saya punya mangkuk plastik kecil yang dulu dibeli barengan sama set alat-alat maskeran. Saya tuangin deh oatmeal ke dalam mangkuk tersebut. Oatmeal dari Quaker ini bentuknya butiran-butiran tipis gitu, berwarna putih kekuningan, dan nggak beraroma. Pas nuang, saya ngukur takarannya pake asumsi aja ya, hahaha. Saya lupa nggak nyiapin sendok takar. Makara oatmeal yang dituang ya menurut feeling aja untuk semuka habisnya berapa. Nggak banyak kok, kan muka saya nggak lebar-lebar amat. Terus siapin air panas di gelas. Sengaja pakai air panas agar lebih mudah melarutkan oatmeal-nya. Kalau kau berminat memakai materi pelarut selain air, kau sanggup tambahkan madu, susu, yogurt, teh hijau, atau perasan jeruk lemon sebagai ganti. Bisa juga ditambah cuilan atau cincangan buah segar. Bahan-bahan aksesori tadi tinggal diubahsuaikan aja sama kebutuhan dan jenis kulit. Kalo saya mah pilih yang simpel dan sederhana aja yaitu air putih. *dasar pemalas*

Selanjutnya tuang air panas secukupnya dan aduk oatmeal dalam mangkuk hingga empuk merata. Ya mirip-mirip bikin bubur instant gitu deh. Ingat nuang airnya jangan terlalu banyak, dikit-dikit aja hingga dirasa cukup agar adonan oatmeal-nya nggak keenceran. Adonan punya saya keenceran dan jadi seolah-olah minuman sereal sebab kebanyakan air :(. Kalo terlalu cair gini nanti bakalan susah digunakan scrubbing.


Pas udah jadi adonan, oatmeal ini jadi beraroma kayak dedak. Hambar gimana gitu, mungkin nggak ada rasanya kalo dijilat. Warnanya nggak berubah, tetap putih kekuningan. Teksturnya jadi seolah-olah bubur tim bayi. Sekarang, saya coba oleskan scrub racikan sendiri ini ke wajah. Bisa pake kuas atau pakai jari aja yang penting higienis dan nyaman.

Sayang sebab keenceran, oatmeal-nya jadi susah nempel. Hasilnya terlihat agak menjyjyckan ya? Memang gitu sih di poto -_-, untung aja sayanya cakep. Nah habis dioles gini, saya gosok-gosok memutar ke seluruh wajah. Oatmeal-nya sama sekali nggak berasa kasar, ini justru empuk banget sebab udah jadi bubur. Kurang maksimal dipake scrubbing sih tapi bolehlah. Kalau nggosoknya durasa sudah cukup, kemudian bilas deh. Saya ngebilasnya pakai air hambar biasa. Setelah dibilas rasanya kayak habis basuh muka dengan susu, kayak masih ada lapisan yang nempel di kulit gitu, tapi kalau udah dikeringin nggak berasa lagi. Saya nggak buru-buru pribadi basuh muka dengan facial wash karena pingin lihat pengaruh oatmeal di kulit wajah kayak gimana. Kalau dari pengamatan saya sih, kulit jadi terasa lebih halus dan lembut. Area hidung saya kemarin lagi kering, tapi habis dipakaiin oatmeal ini jadi lebih baik, nggak sekering sebelumnya. Setelah saya amati fakta tersebut, saya terus basuh muka pake facial wash deh, takut aja kalo ada residu oatmeal yang nutup pori. Tapi mungkin sebenernya enggak, sebab dari yang saya baca, oatmeal bisa juga digunakan sebagai pembersih wajah.

Selain itu, oatmeal juga sanggup digunakan untuk masker. Kalo sebagai masker, sebaiknya beliau diblender dulu hingga jadi debu halus agar lebih mudah diratakan nanti. Setelah dihaluskan, gres deh dicampur pelarut dan dioles ke kulit wajah selama beberapa menit. Yang ini saya belum coba, mungkin lain kali. Saya juga gres sekali pakai scrub oatmeal, jadi untuk manfaat selain yang saya bilang tadi belum saya rasain.

Tertarik bikin DIY scrub atau skincare lain dari oatmeal? Atau malah sudah pernah? Share yuk di kolom komentar!
Share This :
Johan Andin