MASIGNCLEAN101

[Beauty Talk] Kulitku Kering Kerontang Guys!

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau besar lengan berkuasa pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Halo! Welcome February, dan saya sudah lupa apa lengkapnya resolusi yang mau dimulai awal tahun kemarin, hahaha. Bisa ngecek supaya ingat tapi kok males, ah yaudahlah *mencari pembenaran dari kemalasan, jangan dicontoh*. Btw hari ini saya mandi dua kali, udin bosen mandi sekali doang alasannya ialah kini mendadak gerah hawanya. Bulan ini bagi saya ialah saatnya menunggu-nunggu Eiffel I'm In Love 2 release. Saya nggak ter-dilan-dilan kemarin alasannya ialah kayaknya nggak relevan sama masa muda saya. Tahun 1990 itu saya belum lahir dan kini sudah terlalu renta untuk nonton film cinta-cintaan abege. Jadii, hari ini saya gres memulai kegiatan lagi di Solo, ffiuh. Weekend kemarin gres mudik ke Jogja. Padahal aslinya di Solo seru loh lagi ada pertandingan piala presiden. Yaa nggak nonton deh tapi ngga pa pa, bukan penggila bola juga. So, topik apa yang akan kita bahas hari ini? Baca terus ke bawah ya :).

Sekitaran seminggu kemudian  - deuh saya selalu lupa tepatnya hari apa - saya lagi lebay ngerasa kalau kulit ini kok nampaknya kusam bener dan geradakan penuh komedo. Padahal di awal bulan - yee itu udah usang kali ini udah tanggal renta - saya sudah facial ke klinik Larissa andalan lho. Saya mau nulis soal facial itu tapi sudah pernah nulis dulu jadi ya nggak jadi aja nulisnya. Dulu tuh, saya termasuk yang puas banget sama service facial di Larissa. Enak gitu, tempatnya bersih, mbak therapist-nya (keliatan) professional, dan kesudahannya pulang dari sana kulit saya higienis menawan. Kalo saya baca dari sana sini juga banyak yang ngaku suka sama facial di Larissa, bahkan ada yang merekomendasikan daerah ini sebagai tujuan facial terbaik. Sampe segitu antusiasmenya kan berarti Larissa ini memang kudunya bagus. Tapi nih, makin usang makin kesini setelah bertahun-tahun saya setia dengan facial di sana dan dulu fanatik pakai produknya juga, kok saya ngerasa treatment maupun pelayanan di Larissa enggak sebagus dulu ya? Sekarang tuh rasanya makin biasa aja, nothing special. Ngga tahu apakah kelak bulan-bulan selanjutnya masih mengidolakan Larissa sebagai daerah facial terfavorit.

Saat saya ngerasa kulit lagi ngga anggun itu, saya jadi terobsesi pakai beberapa produk exfoliator sekaligus. Tapii selanjutnya kulit saya jadi kuering banget, keringnya hingga berasa kayak ketarik-tarik bahkan hingga ke bibir ikutan kering pecah-pecah. Saat itu kusam di kulit memang berkurang, tapi komedo enggak, masih ada nangkring. Ngomongin soal kulit yang jadi kering parah, sebenernya nggak ada yang salah sama produk exfoliator yang saya gunakan, tapi saya salah pemakaian dan keseringan pakai makanya jadi begitu. Yayaya saya lagi nggak sabaran waktu itu jadi pakainya tiap hari. Tiap hari kulit dikelupas paksa? Yo terperinci jadi keringlah. Untung saya segera dapat menemukan solusinya. Memang apa aja sih produk yang saya gunakan? Ini hampir semua produk termasuk skincare routine saya dikala ini tapi harusnya nggak digunakan tiap hari ya part exfoliator-nya. Pos ini bukan mau ngebahas skincare routine saya berikut urutannya, tapi ini mau kisah soal produk yang sempet bikin kulit saya kering dan cara mengatasinya. Ini dia!


V10 Plus Water Based Peeling
Ngga urut sesuai foto saya ngebahasnya. Pertama saya pakai peeling ini sebelum basuh muka. Makara bersihin makeup dulu kalau pas pakai - ahad kemudian saya lagi makeup-an terus memang - gres setelah kulit bebas makeup dipakein peeling ini. Pakainya sore aja. Peeling-nya yummy ngga kasar, saya udah bahas lengkap di review-nya. Baca di sana aja ya, di bawah saya cantumin link-nya. Pokoknya peeling ini bagi saya terasa ngefek bersihin kulit hingga mengangkat sel kulit mati *rasanya*. Awalnya ini  bisa digunakan sekali sehari pas gres mulai banget pakai, tapi selanjutnya seminggu dua kali aja cukup. Minggu kemudian lagi saya pakai sekali sehari ini, tapi cuman se-sachet aja buat dua kali pemakaian. Habis pakai peeling ini gres deh basuh muka. Sabun basuh muka saya kini dari Dove yang gres itu. Lupa ah namanya jadi nggak saya tulis di sini.


Wardah White Secret Exfoliating Lotion
Selanjutnya habis basuh muka saya keringkan wajah dan pakai exfoliating lotion. Pas pertama Wardah White Secret ini keluar, saya sempet tertarik banget mau nyobain seluruh rangkaiannya tapi ngga jadi alasannya ialah kayaknya agak kurang worth it beli seluruh produk sementara belum tahu anggun apa enggaknya. Sampai kini saya cuma pernah pakai night cream sama exfoliating lotion ini jadinya. Lebih menyerupai toner walau namanya lotion, alasannya ialah ini cair dan nyaris bening. Ini produknya udah usang saya punya tapi masih banyak aja isinya. Makara ini seharusnya ngga boleh digunakan setiap hari. Dulunya ini saya pakai seminggu sekali atau dua kali. Nah ahad kemudian itu alasannya ialah lagi nggak sabaran jadi pakai tiap malam selama sekitar tiga hari langsung.

Aslinya produk ini cukup bagus. Emm, mari kita simak dulu klaimnya. Wardah White Secret Exfoliating Lotion mengandung natural AHA yang membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit mati dan menyamarkan noda hitam di kulit. Dikembangkan dengan Advanced White Specific System, memperlihatkan hasil yang lebih optimal dalam proses pencerahan kulit. Kulit lebih halus, noda hitam tersamarkan, dan tampak lebih cerah. Selama pakai ini sih saya nggak spesifik ngamatin perubahan yang terjadi pada kulit apakah jadi lebih cerahkah atau tidak. Tapi rasanya pas digunakan tuh gini. Adem, agak perih krenyes-krenyes kalau digunakan di area seputar mata dan pipi, dan habis digunakan kulit terasa lebih halus. Kalau cuma digunakan seminggu sekali atau dua kali sih sama sekali nggak ada imbas mengeringkan kulit, tapi ahad kemudian saya lagi terlalu bersemangat pakai, jadi kulit saya over exfoliating. Hasilnya jadi kering, ngelupas di area hidung, dan kalau di-makeup susah nempel. Sialnya lagi saya yang pakai exfoliating lotion ini dengan kapas ikut ngusap hingga ke bibir juga. Bibir dikasih AHA? Deuh itu beliau awal mulanya trus bibir saya jadi kering pecah-pecah hingga lecet berdarah di sudut. Nggak lagi-lagi deh keseringan pakai exfoliating lotion ini, apalagi hingga ke bibir juga. Btw ini pakainya malam aja.

Vitacid 0,05 % Retinoid Acid
Turunan vitamin A kayak gini ada dalam tiga takaran yang dijual di apotik. Saya udah usang belinya dan pribadi pakai yang 0,05. Saran sih kalau buat yang gres pertama nyobain baiknya mulai dari takaran terendah yaitu 0,025 dulu supaya kulitnya ngga kaget. Ini termasuk golongan obat keras aslinya ya, dapat diliat dari logo K dalam bundar merahnya. Cumaan saya tuh pakai ini nggak ngerasa keras-keras amat formulanya, apa memang kulit saya yang warak atau gimana. Soalnya pas saya baca-baca beberapa orang bilang kulitnya perih pas dipakaiin Vitacid padahal takaran terendah. Nah saya udah pakai takaran tidak mengecewakan eh nggak ada rasanya sama sekali. Kayaknya emang saya yang terlalu nakal deh badannya. Ada kisah nih. Dulu ya, saya kan mabukan banget kalau naik bus. Jangankan naik deh, liat bus aja saya udah pusing. Nah suatu ketika saya akan menempuh perjalanan jarah jauh dengan armada bus. Siap-siap dong ya minum Antimo. Konon temen saya pernah kisah satu butir Antimo aja dapat bikin saya tidur nyenyak sehingga tak sempat mabuk. Waktu itu perjalanan Tangerang - Jogja selama hampir enam belas jam, dan saya udah habis Antimo enam biji *gila!* tapi ngga ada efeknya sama sekali! Nggak dapat tidur blas, ngantukpun tidak, tetep pusing-pusing dan mual jadinya namun hilang begitu turun dari bus, dan hingga Jogja masih segar bugar melek sehat dapat naik motor jalan-jalan juga sesudahnya. Saya sungguh asing -_-'.

Balik ke Vitacid. Pas awal beli saya tidak mengecewakan rajin pakai Vitacid ini tapi belakangan kayak udah males jadi pakainya seminggu sekali atau dua kali maksimal, barengan sama exfoliating lotion. Nah pas ahad kemudian itu ini saya gunakan setiap hari juga sebagai krim malam, ya gitu deh kesudahannya ngeringin wajah banget. Apalagi siangnya saya ngga pakai sunscreen khusus waktu itu. Ini pakainya malem aja juga ya guys.


Ketiga produk di atas dapat digunakan dengan kondusif sebenarnya, tapi ngga boleh keseringan kayak saya seminggu lalu. Makara ya gunakan dengan bijaksana kalau mau mengeksfoliasi kulit. Seminggu sekali aja deh amannya, dua kali kalau kau tipikal yang pakai heavy makeup setiap hari. Sekarang, kita lihat yuk produk-produk apa saja yang saya gunakan dalam rangka mengatasi kulit kering hingga bibir pecah-pecah. Rinciannya ada di bawah :).


Vaseline Repairing Jelly
Ini udah ngga perlu ditanya ya, petroleum jelly yang ampuh banget ngatasin duduk perkara kekeringan kecuali kekeringan di sumurmu. Ini saya pakai di bibir sesering mungkin demi bibir kembali basah bebas kering. Waktu itu kondisi bibir saya emang lagi parah banget. Makara kering, sampe lecet kayak retak di sudut-sudutnya. Dan itu masih diperparah dengan saya pakai lip tint dan lip matte setiap hari - habis masak saya magang ngga lipenan :(. Trus suatu ketika ada satu retakan di bibir kering pecah-pecah yang saya tarik *karena iseng* dan lecet berdarah. Ngga yummy banget deh rasanya, perih setiap mangap. Dipakaiin Vaseline ini tidak mengecewakan ngebantu ngelembapin bibir kering, tapi di area yang lecet kayaknya masih kurang. Oh iya, saya lagi pakai Vaseline buat di bulu mata dan alis juga. Ngefek beneran lho ternyata, bulu mata dan alis saya jadi lebih lebat dan panjang!


Hada Labo Ultimate Moisturizing Light Lotion
Ini saya pakai versi light sekarang lotion-nya, dari seri Gokujyun yang putih. Engga usah bahas lengkap ya lagi mager aing. Pokoknya ini toner, digunakan setelah basuh muka dan sebelum pakai formasi skincare lain. Bikin basah kulit tanpa menambah minyak alasannya ialah ini isinya hyaluronic acid andalan. Sukak!

V10 Plus Amino Serum
Saya tinggal punya serum Amino jadi ya cuma ini yang dapat dipakai. Bentuknya cair, ringan kayak air dan ngga ada aromanya. Cepat meresap di kulit. Saya pakai ini usai lotion. Membantu menambah kelembapan juga, walau fungsi utama Amino bukan itu.

New Cell Eye Serum Roll On
Sampai dikala ini saya masih ambigu antara mau menyampaikan pakai eye care itu penting tidak. Soalnya ngelembapin area seputar mata toh dapat pakai pelembap buat wajah juga. Cuma memang pakai eye serum atau cream dan sejenisnya mungkin punya manfaat lebih khusus. Soalnya nggak pribadi keliatan kesudahannya sih. Tapi tetep saya pakai eye serum ini walau area mata saya bahwasanya nggak kering. Ini udah tidak mengecewakan usang dipunya dan lagi berusaha dihabisin, jadi saya pakai pagi dan malam. Eh, kemarin saya habis browsing soal pakai produk buat kulit area seputar mata dan cara pakainya. Ada yang bilang sambil di-massage biar lebih nyerap. Tapi ada dua versi massage ini, satu yang dari arah luar ke dalam, lainnya dari dalam ke luar kayak yang selama ini saya praktekin. Yang sempurna yang mana, ada yang dapat bantu jelasin beserta alasannya?


Bio Oil
Ini saya pakai setetes, tuang ke telapak tangan trus gosok-gosok hingga hangat gres deh ditempelin ke wajah. Dengan cara ini pakainya jadi nggak ketebelen dan dapat bantu ngelembapin tanpa menumpuk minyak terlalu banyak di wajah. Ini sih katanya non komedogenic tapi saya masih ragu jadi ya pakainya sesedikit mungkin dan sekali sehari aja pas malam. Komedo saya memang nggak nambah signifikan sih selama saya pakai Bio Oil di wajah dengan cara menyerupai ini. Ini saya pakai di bibir juga di area yang luka, dan ternyata anggun banget. Nggak perih dan bikin lecetnya lebih cepat sembuh. Love Bio Oil :*.


Hada Labo Ultimate Whitening Milk
Ini pelembap andalan saya selama beberapa waktu belakangan. Nanti baca di review lengkapnya aja ya! Saya selama ini pakainya versi mini terus, yang dari starter pack. Itupun kekal banget. Makara ingin tau sih kalau pakai ukuran gedenya bakal seberapa usang habis :'D.


Hada Labo Perfect 3D Gel
Ini night cream saya hingga dikala ini. Waktu seminggu kemudian pakai ini ditumpuk Vitacid, nah pas engga pakai Vitacid ya saya gunakan sendiri. Bentuknya gel sesuai namanya, nggak ada warna nggak ada aroma. Dingin di kulit, dan katanya ini mirip-mirip Laneige Water Sleeping Mask gitu kesudahannya tapi buat saya yang belum pernah nyobain sleeping mask-nya Laneige kayak apa ya jadi tetep berasa pakai night cream aja.


Dengan pakai sejumlah produk di atas, Alhamdulillah banget keringnya kulit saya membaik. Bibir juga udah nggak kering pecah-pecah nan perih lagi. Sekarang semua udah balik ke kondisi semula, kulit saya tetap kombinasi tapi keringnya nggak separah sebelumnya dan bibir udah baik-baik aja. Semenjak kulit kering banget itu hingga bibir pecah-pecah, saya udah hati-hati dalam pemakaian produk skincare. Apalagi yang sifatnya mengeksfoliasi, ngga boleh keseringan lagi. Nah, semoga pos hari ini bermanfaat yaa. See you guys!
Share This :
Johan Andin