MASIGNCLEAN101

[Random Talk] I Wear Glasses!

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Sekarang ini, kalau saya tarik garis ke belakang dan melaksanakan pengamatan, skincare saya udah tidak mengecewakan tetap selama beberapa bulan. Maksudnya enggak gemar gonta-ganti banyak sekali jenis produk gitu. Dulu saya sempat nulis soal daily skincare routine. Nah, kini kira-kira perlu nggak ya saya nulis lagi? Kayaknya seru kalo bikin lagi, apalagi mumpung skincare saya udah konstan. Meskipun ngga nutup kemungkinan bakal ganti lagi sih, kan hidup tidak statis. Yah, ntar dulu deh saya pikir-pikir lagi soal nulis daily skincare routine. Hari ini kita ngobrolin hal lain aja ya.

Ngomong-ngomong saya udah pernah bilang kaya gini belum sih sebelumnya. *Rasanya kok udah.* Kalau belum ya ini saya tuliskan, kalau udah maklumin aja ya saya lupaan orangnya. Biasanya sebelum blogging, saya baca-baca dulu goresan pena yang udah di pos sama blog yang saya ikutin. Nah belum usang ini saya baca soal blog yang diperbaharui, dihapus-hapusin pos lamanya gitu alasannya banyak yang tidak relevan antara goresan pena dulu dan sekarang. Nah, kalau dipikir-pikir apa posting-an saya jaman dulu nggak nyambung sama yang terkini juga ya? Hahaha, kalaupun iya sayang ih kalau dihapusin kan bagaimanapun dulu itu nulisnya pakai energi. Makara yaudah deh ngga pa pa, anggap saja simpanan pengalaman.

Teruss - masih ngomong random nih - belakangan ini, belum ada tiga ahad kemudian mulai kayaknya, saya lagi suka banget nonton makeup tutorial di youtube. Dulu padahal enggak pernah alasannya terlalu sayang kuota. Makara sejak saya suka nonton makeup tutorial dari banyak sekali beauty vlogger, banyak istilah dan teknik gres dalam ber-makeup yang sebenernya udah usang ada tapi saya gres ngeh beneran sekarang, salah satunya soal baking. Dan saya jadi ngeh juga soal dandan yang terlihat natural, bukan kesudahannya natural - kalau natural mah nggak usah dandan aja keles. Trus, dulu banget saya pernah dongeng kayaknya soal dua pendapat mengenai pakai concealer, sebelum atau sehabis foundation pakainya. Sekarang-sekarang ini kalau saya nonton di youtube, udah nggak ada deh yang pakai concealer di bawah foundation, jadi saya kalau contohnya pakai juga akan ambil pendapat kedua, yang di atas foundation.

Ngobrolin hal lain, saya lagi seneng banget kini nemu fungsi lain dari Bio Oil yang belum usang saya punya. Makara saya tadi pakai beliau untuk adonan body lotion. Secara gini ya, kemarin saya sempet pakai Bio Oil ke seluruh tubuh habis mandi sebelum pakai body lotion. Tapi kalau caranya begitu oil yang digunakan lebih banyak dan boros jadinya. So, saya coba aja tadi campurin ke body lotion. Body lotion yang saya pakai masih Purbasari yang zaitun ya, dituang kira-kira cukup buat sebadan ke mangkuk kecil gitu - saya pakai mangkuk masker. Habis itu ditetesin lah Bio Oil ke atasnya, sekitar lima hingga sepuluh tetes aja jangan kebanyakan. Aduk dengan jari dan siap deh! Bio Oil ini bikin body lotion saya yang tidak mengecewakan kentel jadi lebih lumer tapi nggak yang larut semua dalam minyak gitu loh, ini masih ada lapisan minyak yang kepisah gitu tapi its okay. Pas dipakai, adonan body lotion dengan Bio Oil ini jadi lebih yummy banget rasanya di kulit. Pokoknya jadi lebih alus, gampang diratakan, dan lebih berair pastinya tanpa rasa lengket di kulit. Seru deh pakai Bio Oil buat adonan body lotion :).


Ada hal lain lagi juga yang mau saya obrolin walau ini nggak penting. Saya tuh selalu bersihin deodorant pakai scrub selama ini, alasannya kalau cuman dilewatin sabun tuh kayak nggak bersih. Tapi sejak beli shower net kemarin, ternyata sanggup juga loh buat bersihin deodorant walau tanpa scrub. Makara kan si net itu punya permukaan yang agak bertekstur, jadi beliau sanggup ngangkat deodorant pas pakainya rada digosok dengan sabun. Makara kini saya sanggup lebih ekonomis scrub deh. Heran lho kok gres nyadar sekarang, padahal dari jaman dulu juga saya udah kenal shower net loh.

Sekarang ini, saya yaitu pengguna kacamata minus. Saya udah nulis soal awal saya ngerasa perlu meriksain mata dan proses beli kacamatanya, jadi kini saya mau nambahin ke pengalaman saya selama pakai kacamata. Ini saya ingat bener, hari saya beli kacamata yaitu hari Selasa sempurna dua ahad lalu, jadi pas ya kalo hari ini saya tulis kesan-kesannya. Nah, kacamata yang saya pakai yaitu tipe lensa minus di sebelah kanan dan tambah silindris untuk kiri. Ya memang beda soalnya dari hasil investigasi - sayang saya periksa di optik doang nggak ke dokter seorang andal mata alasannya di sini nggak tahu mau ke mana - tuh kasus yang didapati di kedua mata saya berbeda. Nggak terlalu tebel lensanya alasannya minus saya juga nggak parah banget, dan dipasang dalam frame yang saya mau, yang nggak square tapi rada oval di bawahnya gitu. Soalnya pas nyoba pakai frame yang kotak, aing rada ibarat Mia Khalifa gaes.

Nah bagaimana penampilan saya dengan kacamata? Pertama-tama tolong maafkan mukanya yang rada kusam dan rambut awut-awutan. Sebabnya foto tersebut diambil di sore hari sepulang saya dari tujuh jam magang yang membosankan, dan makeup-nya udah dari pagi jadi maklumlah kalau sore sudah terlihat kurang fresh. Ditambah fotonya nggak pakai filter apapun jadi ya nggak kelihatan flawless. Eh ngomong-ngomong itungannya masih longlasting loh makeup saya di situ, dari pagi bikinnya sore masih keliatan kalo dandan. Nah di foto yang berkacamata ini saya rada aneh ya keliatannya, beda gitu nuansanya. Coba bandingin deh sama yang nggak pakai glasses, di foto lebih atas. Ah tapi mungkin alasannya belum terbiasa aja pakai kacamata begini.

Dengan pakai kacamata, pandangan kabur saya jadi terang sekarang. Seneng deh, baca buku maupun nulis di blog bisa lebih nyaman. Nggak perlu deket-deket lagi baca bukunya, dan nggak perlu nge-zoom terlalu gede kalau mau baca dan nulis di laptop. Pertama saya pakai kacamata dalam jangka waktu agak lama, yaitu pagi setelah sorenya beli kacamata, jadi hari Rabu. Waktu itu yang saya rasain di awal yaitu frame-nya melorot mulu di hidung, padahal di atas indera pendengaran tidak mengecewakan kenceng loh. Mungkin ini gegara tulang hidung saya kurang tinggi jadi ngga sanggup dijadikan tangkringan gitu. Karena ini maka saya pakai kacamatanya lebih diteken sekarang, agar ngga melorot mulu. Berhasil sih tapi kalau udah sore dan lepas kacamata, ada bekas tekanan gitu di dua sisi hidung. Nggak sakit tapi kurang nyaman, dan niscaya ngegeser makeup saya di area itu. Sampai sekarang, saya belum nemu pencerahan yang sempurna untuk ngadepin hal ini. Trus, entah kenapa bulu mata kiri saya selalu nabrak lensa. Padahal pas saya perhatiin, lensa sebelah kiri nggak lebih tebel lho dibanding yang kanan - dan yang kanan enggak pernah nabrak. Mungkin ini soal wajah saya yang nggak simetris kanan kiri atau gimanalah entah. Untuk soal ini saya udah coba maju-majuin sisi kiri kacamata agar bulu mata nggak nabrak, tapi malah bikin posisi kacamata jadi nggak beres. Lalu, awalnya di atas indera pendengaran suka sakit kalau pakai kacamata dalam waktu usang dan terus bikin kepala pusing, tapi untuk problem ini kini saya udah terbiasa jadi nggak terasa mengganggu sekarang. Awal nyoba kacamata juga saya rada pusing pas ngeliat ke bawah lo, tapi ternyata itu cuma pengaruh kacamatanya nggak terpasang dengan pas aja. Sekarang alasannya udah tahu yang pas makenya jadi nggak bakalan pusing deh.

Saya termasuk yang sering pakai masker. Pakai kacamata di atas masker? Bikin napas jadi naik, makanya lensa ngembun. Nah kalau ngembun gini penglihatan saya jadi burem. Ini berlaku juga pas minum hangat pakai gelas, uapnya bikin kacamata ngembun. Ngembunnya tuh selalu di dalem, jadi susah kan bersihinnya. Trus nih, entah darimana asalnya, setelah beberapa hari di lensa kacamata saya tuh banyak kayak debu dan minyak-minyak, tapi di sisi dalem. Di lap-lap aja nggak bersih, dan lama-lama bikin pandangan nggak sejelas pas pertama pakai. Makara tadi saya coba basuh kacamata, hahaha. Dari baca-baca di sejumlah alamat web, ternyata kacamata sanggup dicuci pakai air dan sabun kok tanpa takut bakal rusak. Dann, ternyata memang setelah dicuci higienis lensanya balik bening lagi. Bisa melihat dengan kinclong deh saya.

Konon, mata minus itu sanggup disembuhkan atau minimal dikurangi. Kalau dengan metode lasik terang iya, tapi kalau pakai kacamata gini yakin sanggup nggak sih? Prinsip kerja kacamata kan intinya gini. Mula-mula di mata yang tidak normal - contohnya bermasalah minus dan silindris seperti saya - lensa mata akan menghasilkan bayangan yang jatuhnya tidak sempurna di retina. Nah, lensa kacamata berfungsi untuk membetulkan posisi jatuhnya bayangan tersebut sehingga sanggup dilihat terang oleh mata. Makara kalau pakai kacamata dalam jangka waktu tertentu, sanggup normal lagi nggak matanya? Wah saya nggak tahu ya, tapi berdasar pengalaman sahabat saya, minus-nya berkurang setelah beliau pakai kacamata dengan rutin selama beberapa bulan. Tapi ada juga sih temen saya yang udah pakai kacamata usang banget, dan minus-nya nambah terus. Nah, gimana cobak kalau gitu. Yaah, kalau ingin tahu baiknya nanya ke dokter mata aja kali ya, saya tidak mengerti soalnya.

Mulai dari berkacamata itu, saya rutin memakainya setiap berkegiatan yang butuh pandangan jelas. Misalnya yang pasti, ngadep laptop dan handphone, baca buku, dan yang gitu-gitulah. Tapi saya lepas kacamata pas contohnya nyapu, nyuci, masak, dan lain-lain. Hai teman-teman yang sesama pengguna kacamata juga, baiknya kacamata kayak punya saya gini digunakan tiap ketika kecuali pas tidur dan mandi, atau digunakan seperlunya aja sih? By the way animo hujan belum lewat. Alhamdulilah tapi saya belum pernah yang kehujanan pas pakai kacamata. Kayak gimana ya jadinya ngelihat dari balik lensa yang kena air hujan? Ada yang berkacamata juga di sini? Share yuk dongeng kau selama pakai glasses :).
Share This :
Johan Andin