MASIGNCLEAN101

[Tips Tutorial] Freckles Makeup

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf jikalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Beberapa waktu kemudian hingga kini ini, makeup look yang mukanya dibikin reged lagi ngetren tauk. Mangkanya saya ikutan bikin juga. Tidak salah, saya sedang membicarakan wacana freckles makeup. Sebenarnya ini tuh merupakan tipikal makeup-nya bule, yang dibikin tetap menunjukkan kulit orisinil mereka gitu lho, secara kalo bule kan kebanyakan punya freckles atau bintik-bintik kecoklatan di kulitnya. Nah freckles ini entah kenapa dadakan malah jadi hits, ibarat seolah bukan kekurangan kulit gitu lho walaupun ia noda istilahnya. Tapi malah jadi kayak kebanggaan kalo kulit seseorang ada freckles-nya - aneh uga ya - maka banyak yang kemudian mencoba bikin fake freckles buat makeup look-nya. Jadilah freckles makeup ini tren di mana-mana, dan diadopsi juga di Indonesia, di mana mendadak banyak orang mukanya dibintik-bintik palsu. Oke, nggak cuman bule semacam Mba Meghan aja jadinya yang bisa punya freckles. Saya pun bisa. Mau lihat langkah-langkah saya bikin freckles makeup? Tentu sadja saya menuliskan tutorial-nya di sini. Ya apa gunanya lah punya Blog kalau tyda ditulisi, yha kan? Makara baca terus ke bawah ya :)!

Makeup look ini saya bikin udah agak lama, tapi gres kini bisa - dan mau - nulisnya. Hasilnya nanti yaitu dalam foto di atas itu. Sengaja saya taruh di awal, untuk pamer saja tujuannya. Kan orang sombong mah bebas. Pertama-tama saya memulai dari makeup mata. Alasannya yaitu semoga complexion-nya nanti clean. Kan kalau contohnya pakai complexion dulu trus gres eye makeup, nanti dikhawatirkan bisa jadi ada eye shadow yang rontok trus ngotorin muka. Kan jadi repot harus nambal complexion alasannya yaitu kalau menghapus malah karenanya jadi nggak rata. Bikin usang dan capek kan jadinya kerja dua kali. Makanya saya mengantisipasi hal tersebut dengan bikin eye makeup di awal, gres nanti kalo udah beres complexion-nya belakangan. Untuk eye makeup, produk-produk yang saya gunakan ada di bawah ini beserta klarifikasi pemakaiannya.

Emina Agent Of Brow Brown
Ngalis dulu, pakainya pensil alis manual. Ini warnanya coklat dari Emina, saya punya belum lama, asal beli aja alasannya yaitu waktu itu pas pergi trus mau ada program tapi ngga bawa makeup buat ngalis jadinya harus belanja dadakan - dan lupa masukin ke pos new product kemarin huhuhu. Udah saya pakai beberapa kali dan agak kurang cocok sih saya yang berambut item alisnya soklat. Tapi kali ini saya pilih alis coklat alasannya yaitu akan lebih nyambung sama tema faux freckles-nya nanti. Cara pakainya yha biasa, kayak pakai pensil alis pada umumnya. Kalau saya bingkai dulu alisnya trus arsir cuilan rambut-rambutnya di tengah, kemudian sikat deh hingga warna alis membaur dan tampak alami.

Maybelline Brow Precise Deep Brown
Supaya alis saya lebih kaku dan tegas, selesai dipensil kemudian di-set dengan maskara alis. Ini beneran maskara khusus buat alis ya dan produknya belum expired. Saya trauma pakai maskara bekas bulu mata apalagi yang sudah expired buat nge-set alis, pernah insiden bikin alis rontok soalnya :(. Nah dengan maskara alis ini, membantu pula alis saya lebih kekal bertahannya. Warnanya coklat juga, sesuai sama pensil alisnya.

Beauty Creations Tease Me
Ini eye shadow palette gres saya. Untuk makeup mata kali ini, saya pakai beberapa warna tapi maaf sekali sungguh lupa nama shade-nya apa saja. Pokoknya eye shadow nuansa orange kecoklatan gitu pilihan warnanya. Tengok deh nanti ke story Instagram saya di sini untuk lihat warna yang saya pakai.

Maybelline Hyper Sharp Power Black
Setelah eye shadow yang saya lupita itu, kini saatnya pakai eyeliner untuk membingkai mata. Eyeliner ini aslinya bagi saya kurang pekat warnanya walau namanya sudah power black, tapi alasannya yaitu simpel diaplikasikan ya sudah saya pakai saja. Untunglah kali ini warnanya nggak kebanting sama warna eye shadow, jadi masih mau keluar hitam.

Maybelline The Falsies Push Up Drama
Sedang malas membersihkan bulu mata palsu jadi pakai maskara aja. Saya kali ini pakainya seniat dan seusaha mungkin supaya bulu mata ini nampak heboh dramatis ibarat seolah memakai bulu mata palsu. Untung maskaranya anggun jadi karenanya terbaique juga ;).

Makeup mata sudah beres, kini saatnya pakai complexion. Produknya saya mention di bawah ini.

Maybeline Baby Skin Pore Eraser
Karena niatnya mau nunjukin kulit yang mulus, maka saya harus nyiapin base yang bisa menciptakan tampilan kulit seakan-akan tanpa pori. Maka saya pakai primer ini yang tidak mengecewakan banget bikin kulit terasa halus licin dan pori blur.

Maybelline Master Strobing Cream Nude
Biasanya freckles makeup tuh dibarengi dengan complexion yang becek. Maksudnya kulit dibikin berair dewy gitu, atau dibentuk oily juga boleh. Cuman saya males kalau mukanya dibecekin beneran, khawatir nggak nyaman dan transfer ke mana-mana tyda kekal nanti. Makara saya bikin look beceknya palsu aja sepalsu cinta kamu dengan pakai strobing cream di awal. Ini bikin tampilan kulit jadi shinny gitu loh, terlihat dewy alasannya yaitu berkilau tapi nggak terasa berair atau minyakan.

L'oreal Infallible Pro Matte 105 Natural Beige
Ini demi matte foundation, tapi nggak duduk perkara saya pakai alasannya yaitu muka udah shinny di awal. Foundation-nya pakai se-layer aja, itupun coverage-nya yang medium saya rasa sudah cukup. Nggak menutup habis hasil strobing cream tadi, masih terlihat shinny-nya. Trus supaya sehabis pakai foundation kesan beceknya nggak hilang semua jadi matte, saya nggak set dengan bedak.

Maybelline Fit Me Concealer 20 Sand
Lalu saya pakai concealer. Seperti biasanya saya, pakai concealer tuh di area tengah wajah. Mulai dari bawah mata untuk meng-cover mata panda yang ibarat kebanyakan nangis ini - memang lagi cengeng sih anaknya tolong kasih pacar dong buat menghibur - kemudian tengah dahi, tulang hidung hingga atas bibir, dan dagu. Fungsinya selain untuk menyamarkan keglapan juga untuk menciptakan dimensi di bentuk wajah alasannya yaitu concealer ini kan warnanya lebih terang dibanding foundation.

Kemudian saatnya saya ke makeup perhiasan lain untuk menyempurnakan freckles makeup yang fake ini. Produknya simak di bawah.

Emina My Favourite Things Lip Color Balm 02 Library Queen
Ini digunakan sebagai blush on ya. Soalnya supaya karenanya dewy saya butuh cream blush, padahal kan nggak punya produknya. Eh punya ding tapi kurang pigmented warnanya kalau digunakan di atas complexion dan terlalu watery jadi takut merusak foundation di bawahnya maka nggak dipakai. Sebagai gantinya saya pakai lip color balm ini, bentuknya yang stick dan bertekstur empuk simpel diaplikasikan. Warnanya pigmented dan simpel dibaur jadi pas banget untuk cream blush hack. Untung saya cerdas ya jadi bisa pakai produk lain untuk blush on.

Maybelline V-Face Duo Stick 02 Medium
Lanjut ke contour, ini lupa harusnya pakai sebelum blush on kok ya. Yasudah tidak apa-apa digunakan kini saja. Pakainya di garis rahang, dari arah pendengaran hingga ke sudut bibir itu lho. Trus hidung juga jangan lupa. Saya nggak kontur rahang sebenernya nggak duduk perkara alasannya yaitu sudah tirus - plis saya ingin tembem malah - tapi kalau hidung itu wajib. Idung saya kayak jambu soalnya kalau nggak dikontur. Ini konturnya bentuk stick yang creamy gitu ya, jadi karenanya dewy juga.

Beauty Creations Angel Glow
Senang sekali kini saatnya pakai highlighter. Ini saya pakai dari highlighter palette dan lupa ambil warna yang mana jadi lagi-lagi cek aja ya di highlight story, carinya di sini. Highlighter ini berfungsi untuk memberi kilau di area-area wajah yang ingin lebih ditonjolkan. Juga, menambah kesan dewy makeup saya. Pakainya di atas kontur dan blush on, di pelipis gitu. Lalu di bawah alis, dahi, tulang hidung, atas bibir, dan dagu. Iya di area concealer saya tadi.

Silkygit Long Wearing Lipliner 01 Nude
Kemudian kini waktunya ke makeup bibir. Supaya seksi dengan bibir aga jontor, sebelum bisa filler saya pakai lip liner dulu sebagai kamuflase. Bibir saya tuh kecil, dan semenjak pakai behel yang bawah makin kelihatan kecil alasannya yaitu rahangnya menirus akhir geraham saya ada yang dicabut. Makanya saya selalu overdraw-in bibir tiap pakai lipstick atau lip color apapun itu. Nah supaya hasil overdraw-nya lebih nyata, penggunaan lip liner ini cukup penting. Soalnya bisa bikin delusi garis bibir lebih luas gitu lho ketika saya bikin garis di luar tepi bibir asli, apalagi warna yang saya pilih ini pas rada nyambung sama warna orisinil bibir.

Emina Creamatte 01 Choco Lava 
Karena eye shadow saya tadi temanya agak kecoklatan dan freckles makeup itu temanya coklat juga - iya khan masa freckles hitam - jadi buat warna bibir saya pilih coklat. Cuman pas udah digunakan kayak berat banget terlampau coklat gelap gitu. Makara saya mix aja dengan warna lain.

Emina Creamatte 02 Fuzzy Wuzzy
Nge-mix-nya pakai ini, lip cream yang sama brand dengan yang coklat di atas tapi beda shade. Yang ini warna nude gitu, bisa ngimbangin si warna coklat jadi lebih kalem dan enteng.

Wardah Wonder Shine 05 Clear Ice
Lalu - makeup bibir belum kelar ni - saya masih pakai lip shine untuk mengesankan bibir yang basah. Soalnya kan muka udah becek kalau bibirnya kering kan wagu. Makara ya dibasahin juga. Setelah pakai lip shine ini, bibir glossy saya warnanya jadi lebih nude, nyambung sama eye shadow yua.

Sekarang saya ambil eye shadow palette di atas untuk menciptakan fake freckles. Ini pertama kali saya nyoba ya dan nggak latihan dulu. Sempet khawatir karenanya bakal aneh dan malah kayak habis kena cacar air, atau wagu alasannya yaitu notolnya ketebelan, tapi ternyata berhasil cukup baik kok. Caranya saya ambil lip brush yang ujungnya kecil itu, trus pick warna eye shadow kecoklatan buat ditotol-totol ke muka. Area yang saya kasih fake freckles yaitu dari hidung menyebar ke pipi. Warna coklatnya saya mix, ada yang gelap dan terang semoga nampak natural. Notolnya random lokasinya. Sesudah selesai menotol cukup banyak, kemudian saya dab pakai sponge area fake freckles tersebut supaya agak pudar sedikit dan membaur dengan foundation, jadi kesannya kayak orisinil muncul dari dalam kulit yang nggak ter-cover complexion.

Pixy Aqua Beauty Protecting Mist
Ffiuhh udah terakhir nih, kini pakai setting spray supaya makeup awet. Daan, inilah hasilnya! Gimana? Bagus nggak freckles makeup saya? Semoga cukup menuai kebanggaan ya wkwkwk. Foto paling bawah ini diambil di outdoor dengan flash, jadi kontrasnya agak lain sama dua yang atas. Yang dua tadi di indoor dan without flash soalnya. Oh iya plus foto yng bawah ini bibirnya belum dikasih lip shine, kelihatan kan kalau itu matte.

Nah demikianlah tutorial freckles makeup saya kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi sobat-sobatqu sekalian. Terimakasih sudah membaca :)!
Share This :
Johan Andin