MASIGNCLEAN101

[Tips & Tutorial] Mauve On Me Makeup

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau besar lengan berkuasa pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Sebenernya saya ada banyak mencoba-coba sejumlah makeup look sejak final bulan lalu. Foto-fotonya juga banyak. Tapi yang saya foto produknya cuma satu, lainnya engga alasannya dulu niatnya bukan mau dibikin makeup tutorial. Kaprikornus balasannya sisa foto-foto yang buanyak itu lebih banyak saya upload di instagram saja, yang masuk blog satu sesi doang. Kaprikornus kini saya sedang memulai lagi rubrik tutorial di blog ini. Itu labelnya memang gandengan sama tips, tapi in real life saya bebas nulisnya mau bareng, tips aja, atau tutorial aja. Orang bagus mah bebas, oke? Dulu banget, di awal-awal saya ngeblog rubrik semacam ini pernah saya adakan tapi trus nggak lagi. Sekarang saya bikin ulang tapi dalam format gres yang sedikit berbeda. Perbedaannya apa? Nggak usah dijabarkan, akoh sedang malas menjelaskan alasannya lelah. Kaprikornus kita pribadi aja ke topik pokok hari ini, tutorial makeup. Sorry nanti foto-fotonya enggak per tahap ya alasannya memang tidak disiapkan. Kelihatan saya sedang tidak niat? Sedikit. Niat sih ada niat, cuma memang dulu tidak memikirkan sejauh ini mau nulisnya jadi fotonya enggak prepare banget. Mulai saja yak!


Tema makeup kali ini ialah mauve on, yang nantinya pas udah jadi akan terlihat warna-warna mayoritas di muka saya tuh yang berunsur mauve. Pas mulai dandan sih nggak ada niat mau bikin look begini, tapi hasilnya begini yaudah judulnya saya sesuaiin aja. Di sini ada tiga belas produk yang saya gunakan. Huhuhu kok angka tiga belas sih T_T, semoga dandanan ini tydac bikin sial. Eh untung jadi lima belas ding kalo ditambah pakai pelembap dan lip balm, hahaha. Produk yang saya pakai ini campur-campur, nggak one brand dan nggak local product atau import product semua. Di situ produk yang tersedia enggak aneh-aneh kok, kebanyakan basic aja yang rata-rata orang juga punya dan gampang ditemukan di daerah belanja makeup terdekat. *Ya ini opini sih dan basic produk makeup itu sanat relatif tapi kurang lebih begitu.* Toh saya memang belakangan lagi ngurangin jumlah makeup - walau abis itu nambah lagi - jadi produk yang digunakan juga tidak terlampau buanyak. Produknya nggak usah dijelasin satu persatu ya? Nanti aja sambil jalan ke tutorial-nya, so kita ke langkah pertama sehabis pelembap dan lip balm.


Di sini saya pakai dua primer sekaligus. Primer-nya dari produk lokal yak, yaitu Makeover. Saya punya dua primer ini tuh udah usang banget, tapi ngga habis-habis juga rasanya. Soalnya memang dulu ini jarang digunakan sih, saya cuman seneng belinya doang waktu itu. Dua primer ini ialah produk korektif gitu, namanya Makeover Corrective Base Makeup. Saya ada dua warna, yang Greenish atau hijau dan Cyanite yaitu ungu. Dulu saya punya tiga primer tolong-menolong dari Makeover, satunya hydration serum gitu yang digunakan sebelum corrective base dan itu termasuk favorit jadi lebih sering saya gunakan dan kini udah habis. So, saya tinggal punya dua primer ini dari Makeover. Eh ngomong-ngomong, Makeover gres launching primer terbarunya lho tapi saya blom nyoba. Oke, kini kita bahas dulu soal dua corrective base makeup yang saya kenakan di awal makeup ini. Kemasannya tuh tube hitam dengan tutup flip top, trus isinya bertekstur kayak lotion dengan warna sesuai namanya yang udah saya sebut tadi. Nggak terlalu kental tapi juga nggak encer banget, keduanya punya konsistensi yang sama di tekstur. Gampang banget diratain dan cepat meresap ke kulit, ini tuh kayak pakai pelembap gitu aja rasanya. Mungkin memang alasannya ini juga mengandung moisturizer di dalamnya. Yang ijo saya pakai di penggalan hidung dan pipi alasannya klaimnya warna ini berfungsi menyamarkan kemerahan, sementara yang ungu buat wilayah dari dahi, pelipis, rahang dan dagu, hingga ke leher. Yang ungu ini fungsinya mencerahkan ya. Sebagai primer, kedua produk ini cukup baik membantu kulit biar lebih siap dibubuhkan makeup, mereka bikin kulit lebih lembap dan halus gitu. Tapi sayang, sebagai base korektif keduanya nggak terlihat memberi pengaruh di kulit saya. Kaprikornus yaudah gitu aja, balasannya saya anggap mereka ini primer biasa. Sekarang lagi saya pakai terus keduanya setiap makeup, alasannya biar cepet habis ;P. Ini udah usang banget soalnya, takut keburu mubazir kadaluwarsa.

Lanjut ke produk ketiga di langkah kedua, yaitu complexion. Di sini saya memakai Maybelline Super Cushion Ultra Cover BB Cushion yang shade Sand Beige. Produk ini belinya bulan kemudian barengan sama foundation dari Maybelline juga yang udah saya tulis review-nya kemarin. Saya gres pertama kali ini punya bb cushion *telat gawl gue*, tapi first impression sih boleh juga. Coverage-nya bagus si bb cushion dari Maybelline ini, mungkin alasannya saya belinya yang varian ultra cover. Sekali tap dari aplikatornya aja udah nutup banget. Mirip-mirip foundation juga hasilnya. Ini finish-nya nggak matte, agak dewy gitu tapi bukan yang berair banget. Shade-nya kurang pas sama warna orisinil kulit saya, rada keputihan gitu padahal ini udah pilih shade yang gelap. Cuman ntar pas udah di-set pakai bedak warnanya lebih pas kok.


Selanjutnya saya masih pakai concealer. Coverage dari bb cushion tadi sebenernya udah bagus, cuman saya masih perlu pemanis produk untuk lebih menyamarkan kantung mata dan memberi dimensi ke kulit alasannya concealer yang saya pakai warnanya lebih terang dibanding bb cushion. Concealer-nya dari Maybelline juga, ini yang Fit Me Concealer shade 20 Sand. Kemasannya tube kecil dan isinya kayak dikiit banget hingga saya khawatir bakal cepet habis kalau keseringan dipakai. Ini bagus hasilnya di saya dan saya sukaa concealer-nya. Saya pakai produknya di bawah mata, tengah dahi, tulang hidung, dan dagu aja. Pick produk pakai aplikator yang tersedia trus blend deh dengan sponge hingga merata.

Terus, saatnya saya masuk ke tahap contouring alasannya saya gres punya juga produk contour dan highlight gres (masih) dari Maybelline. Ini yang Maybelline V-Fave Duo Stick shade Medium. Kaprikornus dalam satu kemasan ada dua produk gitu berbentuk stick. Satu berwarna coklat moka, tidak mengecewakan creamy dan gampang diaplikasikan sebagai contour. Trus satunya lagi putih gading shimmery gitu sebagai highlight tapi sayang ini lebih keras teksturnya dan susah di-apply. Karena produk ini bukan powder, jadi saya pakai buat contouring dalam buat warna coklatnya. Sekarang saya udah tidak mengecewakan hebat dan pede ngekontur muka - nggak cuma hidung doang. Pakainya mulai dari dahi, bawah tulang pipi, hidung, hingga dagu. Warna coklatnya tuh nggak terlalu gelap jadi pas banget ditempatkan seakan-akan sebagai bayangan. Pigmentasi warnanya juga sepakat yang coklat ini. Highlighter-nya btw kurang pigmented, sayang. Dan nggak saya gunakan di tahap ini alasannya bakal ketutup sama setting powder nanti, jadi diaplikasikan belakangan aja walaupun bentuknya stick.

Next, saya pakai Makeover The Boss Babe Palette. Dari palette, saya ambil two way cake-nya buat setting powder. Ini yang Perfect Cover Two Way Cake shade Maple ya. Trus pakai Blush On Single yang shade Passion Pink dari dalemnya juga. Lanjut pakai dua warna coklat dari matte eye shadow-nya, shade VIP Pass sama Stilleto yang dapat banget digunakan untuk bikin gradasi warna alis yang terlihat natural. Trus buat eye shadow beneran saya pakai palette lain ya, enggak ambil dari sini.


Eye shadow-nya pakai Inez Natural Palette Eye Shadow. Saya ambil warna Natural Peach buat seluruh kelopak mata, ini warnanya coklat tembaga gitu, shimmery. Trus ditumpuk dari tengah hingga outer pakai warna matte Ruby yang di palette keliatan kayak coklat tanah gitu tapi pas diaplikasikan jadi ada unsur mauve-nya, dan dikombinasi pakai warna Mandarin buat inner corner hingga penggalan bawah mata. Kaprikornus dari sinilah tema makeup-nya mulai terbentuk.

Lanjuut, tahap berikutnya saya pakai Makeover Contour Kit yang bentuknya pressed powder buat melapisi duo stick tadi. Contour kit yang ini warna coklatnya rada kemerahan dan superb pigmented jadi harus hati-hati ngambilnya jangan hingga kebanyakan diaplikasiin nanti muka jadi kayak bergaris. Warna highlight-nya btw juga failed, sama sekali nggak kelihatan di saya. Produk ini bukan gres dibeli ya, saya punya sudah usang jadi udah hafal pigmentasi warnanya. So, saya pakai highlight dari duo stick dulu gres di-coat dengan highlight yang dari contour kit ini tetapi masih kurang nampak juga. Terakhir saya lapisin lagi jadinya pakai eye shadow dari Inez lagi yang warna Gold Shimmer. Ini bagus banget warnanya, keemasan dan berkilau abis sangat cucok sebagai highlighter apalagi warnanya super duper pigmented never failed. Aah saya suka banget! Pakainya banyak-banyak biar terang benderang muka saya, apply di tengah dahi, tulang hidung, tulang alis, atas bibir, hingga ke pipi di atas blush on dan dagu. Saya jadi super bersinar-sinar memukau.

Langkah berikutnya, pakai eyeliner atas bawah dan maskara. Produknya Pixy Perfect Eyeliner Black dengan aplikatornya yang kaku jadi memudahkan pemakaian buat bikin cat eye sederhana. Lalu pakai Maybelline - banyakan produk makeup saya kini Maybelline - The Magnum Volum Express Waterproof Mascara tebel-tebel alasannya saya nggak pakai bulu mata palsu. Maybelline tuh sejauh ini merupakan brand maskara paling megang yang pernah saya coba. Varian maskara yang saya pakai ini ngebantu banget bikin bulu mata jauh lebih tebel. Trus buat waterline saya pakai Wardah Eyeliner Pencil White supaya kesannya mata lebih belo. Pakainya usai maskara supaya menutup sekalian kalau ada coretan maskara dari bulu mata penggalan bawah yang nempel ke area waterline.

Terus, saatnya masuk ke makeup bibir. Kali ini saya memakai Silkygirl Long Wearing Lip Liner yang shade 01 Nude untuk mengilusi bibir saya supaya terlihat lebih besar dan tebal. Biasanya saya overdraw begini enggak pakai lip liner sih tapi alasannya kini punya ya digunakan lah. Terakhir ulaskan Pixy Lip Cream 01 Chic Rose sebagai pewarna bibir. Lip matte ini warnanya nude mauve pink gitu, sengaja saya pilih alasannya nyesuaiin sama makeup mata.

Taraa! Beginilah hasilnya? Terakhir enggak pakai setting spray karena pas bikin look-nya belum punya setting spray. Gimana berdasarkan readers semua? Look-nya nggak terlalu bold, tapi cukup serius untuk digunakan ke program resmi. Buat hang out aja juga nggak problem sih sebenrnya alasannya toh nggak super tebel dan wow makeup-nya. Nah, sekian dulu ya makeup tutorial yang saya tulis hari ini. See you again semua :)!
Share This :
Johan Andin