MASIGNCLEAN101

[Cerita Kenangan] Passion Kala Kecilku

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf jikalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Saya belum usang banget fokus jadi blogger yang kebanyakan kontennya mengenai beauty. Tapi kalo ditilik ke belakang, aslinya passion ini sudah saya miliki semenjak kecil. Sayanya aja yang telat nyadar dan nggak ngikutin passion dari awal. Ya memang nggak ada kata terlambat untuk segala sesuatu selama kita masih hidup, tapi tetep aja ada sedikit penyesalan kenapa nggak dimulai semenjak dulu. Kaprikornus sebenernya, passion saya dari kecil memang di dunia nulis dan kecantikan. Sampai kini juga gitu. Ibarat gini ya, saya kan basic-nya medical. Nah tapi kalo contohnya saya disuruh jaga pasien - di RS kan gitu pake shift jaga sistemnya, ngelakuin tindakan medis dan lain-lain beserta semua resiko tertanggung, dan tanpa dibayar, belum tentu saya mau. Tapi kalo saya diminta nge-review sesuatu misalnya, atau makeup-in seseorang, tanpa dibayar pun saya disuruh modal sendiri pun kapanpun waktunya mau tengah malem atau pagi buta ibaratnya rugi ekonomi dan waktu deh kalo diitung sama nitijen, saya tetap mau. Karena di situlah jiwa saya berada, passion saya terletak. Ada kepuasan batin yang nggak sanggup dibeli :). Dan saya seneng banget hingga kini masih rutin nulis juga mainan makeup, bahkan menimbulkan ini semacam pekerjaan - yang dianggap orang-orang kayak nganggur. Saya seneng ngelakuinnya lantaran ini memang bidang yang saya gemari dan jadi hobi yang nggak cuma dilakukan kala senggang tapi juga jadi hiburan kalau stress dengan kiprah lain. Bagaimanapun, pekerjaan paling menyenangkan di dunia yakni hobi yang dibayar. Kalau tidak dibayar? Tetap menyenangkan lantaran itu hobi.

Oke, di rubrik kali ini saya mau dongeng soal acara unik masa kecil yang hingga kini tetap saya cintai. Pertama, saya cinta buku dan goresan pena di dalamnya. Fokus ke tulis menulis,  semenjak SD saya punya buku diary eksklusif wkwkwk. Sampai beberapa tahun kemudian saya masih tetap mempertahankan diary konvensional untuk ditulisi. Sekarang enggak lagi lantaran saya nge-blog - ini kan diary juga. Memang isinya nggak sepribadi kalo nulis di buku sih, tapi rasa seneng nulisnya masih identik. Gedenya saya dan orangtua ngga peka akan talenta ini jadinya saya nggak kuliah ambil jurnalistik atau semacamnya. Saya ngga akan dongeng banyak soal tulis menulis ini, lantaran di bawah saya mau bahas yang lebih tidak mainstream.

Masa kecil saya dihabiskan di desa. Yup saya anak kampung. Tapi saya beruntung dilahirkan di tengah keluarga yang Alhamdulilah cukup. Nah ibuk saya di jaman saya kecil itu, termasuk perempuan karir modern yang beda sama ibu-ibu tetangga pada umumnya. Makanya saya bilang beruntung, lantaran dari kecil saya udah sanggup role model yang keren. Dari masih balita saya udah disuguhin pemandangan high heels dan tas tangan serasi. Bedak dan lipstick juga ngga ketinggalan jadi item makeup pertama yang terdemonstrasikan live ke saya. Makanya nggak heran saya ganjen dari kecil.

Jaman SD, saya udah gemar dandan, wakaka. Propertinya ambil punya ibuk tentu. Sampai jadinya kalo ngga salah ingat dikasih bedak sendiri, Viva jadul yang kemasannya gambar payung dan anyir kembang itu. Kalo lipstick tetep saya masih minjem ambil di meja rias ibuk. Pokoknya makeup yakni nama tengah saya dari SD. Bahkan pernah waktu les jelang ujian gitu saya berangkatnya pakai eye shadow pula. Wagela gela anak umur segitu di tahun jadul pula dandannya menor tidak pada tempatnya. Nah kegilaan ini kemudian tersalurkan sama sobat main masa kecil sekaligus tetangga saya yang jadinya selalu saya ajak main makeup-makeup-an.

Namanya Isna. Rumahnya berjarak tiga rumah lain dari daerah tinggal saya. Nyaris tiap siang hingga sore, kami selalu main makeup-makeup-an. Ngedandanin diri sendiri lah, dandanin boneka, hingga bikin look di atas kertas yang diwarna kalo ngga pakai spidol malah pakai makeup beneran. Trus ada masanya kami juga suka main salon-salonan barbie. Boneka-boneka kecil itu kami makeover pokoknya. Rambutnya digunting dengan model yang lagi tren ketika itu, bibirnya diganti warna lipstick pake spidol, semacam itulah keseruannya. Kalo saya jadi orangtua di masa itu lihat anaknya secentil ini pasti akan saya arahin buat sekolah tata rias. Trus ada juga malah boneka yang saya rubah tampilannya dengan dibeliin kostum baru, atau dijahitin sendiri. Gela saya dari SD sanggup jahit baju barbie. Kok gres nyadar sekarang, tahu gini dari kemarin-kemarin saya kuliah fashion design atau sekedar kursus njahit ;P.

Inti dari semua kisah di atas aslinya yakni uneg-uneg saya. Saya ngerasa salah jurusan kuliahnya. Ngerasa nggak berjiwa setiap kali masuk kampus ketemu dosen dan mengikuti pelajarannya. Makanya kiprah final nggak diselesai-selesaiin juga. Pada jadinya saya kuliah tuh kayak cuman buat supaya ada kegiatan, supaya orangtua besar hati di belakang nama anaknya pake gelar, buat nglegani lah. Walau pada jadinya toh jadi sarjana di jaman kini itu ngga ngefek apa-apa. Malah jadi tekanan tersendiri kalo abis lulus luntang lantung. Nyatanya memang banyak kok lulusan cum laude yang nganggur. Sebagian lantaran memang nggak punya pekerjaan beneran, sebagian lagi dianggap tidak bekerja lantaran - sesuai dengan pemikiran sempit kebanyakan insan di atas setengah baya ketika ini - tidak jadi pegawai. *Aing juga nganggur kini walau sempet sih kerja - nganggur maksudnya engga kerja kantoran - abis kuliah walo IP di bawah tiga setengah.* Yes I know, sebenernya kalo seluruh orang di dunia mind set-in bahwa kuliah tuh bukan untuk mencari kerja, tapi sebagai pelajaran mengubah rujukan pikir, bersosialisasi, dan latihan problem solving, pasti tida apa-apa kuliah jurusan apapun tidak perlu merasa salah jurusan. Saya memang berpikir mirip itu, tapi banyak orang lain yang tidak. Revolusi memang tidak sanggup semudah dan secepat bikin look eye shadow. Revolusi mental programnya Pak Jokowi aja iya. Nyatanya masih timbul tuh kasus teroris di mana-mana yang dilakukan insan bermental tidak sehat. Balik ke topik utama, yang sanggup saya lakukan kini yakni yaudah nerusin kuliah sesuai bidang, mengerjakan apapun di luar itu yang saya suka, tanpa perlu dibebani apa-apa. Urusan pekerjaan nanti dipikir belakangan lah supaya ngga meledak sekarang. Sulit?  Iyaa. Tapi pasti bisa!
Share This :
Johan Andin