MASIGNCLEAN101

[Tips & Tutorial] Over Bronzing Makeup Because I Love My Skin Look Tan ;P!

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Belum kepikiran nulis tips apapun jadi bikin tutorial lagi. Dalam tutorial ini dan yang kemudian mungkin terselip tips tapi entahlah nggak saya jelaskan secara gamblang. Aslinya tips dan tutorial mirip-mirip lah ya sanggup ditangkapnyaa. Oke hari ini saya akan membahas soal makeup look yang udah saya bikin beberapa ahad lalu, juga menuturkan langkah-langkah membuatnya. Sebelumnya mari kita perkenalkan judul sekaligus tema makeup kali ini. Over bronzing, ceritanya gini. Waktu itu saya lagi ingin kulit kelihatan lebih gelap *hohoho*. Daripada harus menjemur diri di atas genteng tentu lebih gampang kalau warna kulit tersebut dibentuk dengan makeup saja. Tentunya ini makeup wajah ya, tubuh saya soalnya udah lebih gelap daripada wajah jadi nggak usah dicoklatin lagi. Nah langkah-langkah makeup-nya sebagai berikut!


Pertama-tama kita tentu harus siapkan produk makeup yang akan dipakai. Ibarat mau memasak, untuk hingga ke hidangan yang disajikan tentu ada bahan-bahan yang harus diolah terlebih dahulu. Nah bahan-bahan yang saya gunakan dalam menciptakan look ini yakni produk makeup. Dilihat dari foto produknya memang banyak. Padahal kelihatannya hasil makeup-nya tidak heboh ya, hahaha. Itu banyak alasannya ada produk sama yang saya pakai barengan juga. Ngga usah dikenalin satu-satu ya produk yang saya taruh di atas? Ntar eksklusif saya jabarkan bareng sama penggunaannya aja. Kaprikornus kita mulai aja. Langkah yang saya lakukan sebelum mulai ber-makeup yakni niscaya pakai pelembap dan lip balm. Produknya nggak akan saya sebutin alasannya itu masuknya di skincare bukan makeup.

Kalo makeup-nya, dimulai dari saya pakai primer. Di sini saya boros pakai tiga primer sekaligus. Pertama ada Makeover Corrective Base Makeup yang Green dan Cyanite, itu saya campur pakainya untuk melembapkan kulit lagi dan sekaligus menyebabkan kulit lebih siap untuk ditempelin makeup. Penggunaan primer intinya yakni untuk menyiapkan kulit mendapatkan segala makeup di atasnya dan sekaligus menjadi barrier untuk melindungi kulit dari paparan eksklusif produk makeup. Setelah dua primer dari Makeover, saya lanjut pakai primer-nya Maybelline Baby Skin Pore Eraser yang berupa gel bening tipis abis dengan fungsi menyamarkan pori. Saya butuh ini untuk memperbaiki tekstur kulit saya sebelum di-makeup-in soalnya pori-pori saya geday. Hasilnya cukup bagus, kulit jadi lebih halus dan terlihat rata ketika dipakaiin complexion walau pori tidak sepenuhnya blur.

Untuk foundation saya pakai dua varian dari Maybelline Fit Me Foundation, yaitu yang Matte+Poreless 222 True Beige dan Dewy+Smooth 210 Sandy Beige. Dua-duanya saya butuh. Pertama pakai yang matte dulu untuk semakin menyamarkan pori dan disusul yang dewy untuk menampilkan kulit yang seperti flawless. Penggunaan foundation yang sempurna yakni kunci dari skin makeup yang terlihat bagus. Foundation yang matte saya gunakan lebih banyak alasannya saya mau warna kulit yang lebih gelap. Kebetulan shade dari foundation yang matte ini memang lebih gelap dibanding warna orisinil kulit wajah saya dan masih oxidize pula.

Pokoknya kulit saya jadi begini warnanya, lebih gelap dibanding biasanya kan? Kalo yang sering buka-buka blog saya sebelum posting-an ini niscaya notice. Bahkan warna kulit wajah saya di foto ini lebih gelap dibanding tubuh. Oke saya suka, ini sudah cukup tan <3. Nanti masih akan saya buat lebih coklat dengan penggunaan bronzing yang tepat. Btw foto di atas udah di-bronze, mon maap ya nggak ada foto yang gres pakai foundation doang. Oh iya, abis foundation saya masih pakai concealer. Produknya biasa, Maybelline Fit Me Concealer 20 Sand.

Selanjutnya di-contour dengan Maybelline V-Fave Duo Stick 02 Medium, produknya habis saya review kemarin, ntar cek aja di posting-an persis sebelum ini. Lalu di-baking pakai Makeover Silky Smooth Translucent Powder 02 Rosy. Bedak ini sekaligus saya pakai sebagai setting powder sehabis proses baking. Shade Rosy yang saya punya warnanya warm, cucok sama tema makeup saya hari ini yang akan nge-bronze. Awalnya pas beli saya pikir warna bedak ini akan nge-pink dan hambar sesuai namanya, tapi ternyata masih tidak mengecewakan kuning kok - cenderung ke oranye malahan berdasarkan penglihatan mata saya.

Sehabis di-set complexion-nya, saya masih nambahin ketebalan contour stick tadi dengan melapisinya pakai Makeover Contour Kit, ini produk shading dan highlighting dalam satu pan praktis. Saya pakai alasannya saya orangnya lagi berlebihan ketika bikin look ini. Contour product yang satu ini menambahi intensitas warna contour sebelumnya yang sudah rada ketutup bedak. Sayang warna highlight dari pan-nya kurang wow jadi saya ambil warna eye shadow yang terang benderang dari Inez Natural Palette Eye Shadow. Terus palette yang sama juga saya ambil warna orange-nya untuk digunakan sebagai blush on. Nah, warna blush on ini kemudian saya sapukan ke seluruh wajah semoga jadi bronzing. Seterusnya saya masih stay dengan palette yang sama dan menggunakannya untuk membuat eye shadow look. Untuk eye shadow, saya ambil warna-warna earth tone semoga nyambung dengan warna kulit yang kini mirip coklat tanah.

Setelah tahap eye shadow selesai, part eye makeup-nya masih belum berakhir. Saya masih memakai Wardah Eyebrow Pencil Black, Pixy Perfect Eyeliner Black, dan Maybelline The Magnum Volum Express Waterproof Mascara sebelum pasang bulu mata palsu. Fake lashes-nya saya pakai dari Stroberi Basic Eyelashes yang instruksi 020 - sorry di foto salah shoot yang keambil yang nomornya beda. Habis bulu mata terpasang, di waterline saya kasih warna putih dari Wardah Eyeliner Pencil White. Pakainya sengaja di tamat supaya warna putihnya nyata, nggak tercoret hitam maskara dan bahkan sanggup menutup noda maskara kalo contohnya pas pakai di bulu mata bawah tadi nyoret hingga ke waterline.

Next, saya pakai Silkygirl Long Wearing Lip Liner 01 Nude. Iya ini kita sudah hingga ke tahap makeup bibir. Terus pakai Pixy Lip Cream yang 06 Bold Maroon, warnanya gelap banget jadi saya tumpuk dengan 01 Chic Rose dan kesudahannya mirip di foto. Warna maroon ketutup warna nude mauve dan warna bibir saya jadi agak mauve tapi nggak pucat alasannya nude-nya udah kebaur sama maroon. Warna lip matte kayak gini bikin bibir saya terlihat lebih tebal, wow aing suka! Ini rada natural warna bibir-nya, menyerupai my lips but better walau jauh lebih tebal. Seimbang sekali dengan warna kulit dan eye makeup maupun blush saya. Tahap terakhir sehabis urusan pergincuan beres, saya semprotkan Pixy Aqua Beauty Protecting Mist sebagai setting spray. Ini murah dan kayak kurang meyakinkan sebagai professional setting spray, tapi kesudahannya ternyata cantik kok, recommended buat yang nyari setting spray murah meriah dan gampang ditemukan di mana-mana.

Voila! Over Bronzing Makeup tutorial dari saya usai sudah :). Kalau mau lebih maksimal harusnya saya gelapin tubuh juga, minimal pakai bronzing ke tulang-tulang selangka dan bahu deh. Tapi waktu bikin look ini saya nggak lakuin alasannya nggak sempet, keburu kelamaan makeup soalnya. Lagipula toh kulit tubuh saya sudah lebih gelap dari aslinya warna kulit wajah - walau ya nggak segelap hasil tamat makeup tutorial ini. Baiklah, sekian dulu pos saya hari ini, semoga look maupun tulisannya menginspirasi :)!
Share This :
Johan Andin