MASIGNCLEAN101

[Beauty Talk] My Daily Skincare Routine Now - Am Skincare

[Semua foto aku sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Sudah usang aku ingin bikin pos ihwal ini, tapi sering ragu-ragu karena daily skincare routine saya tuh dari dulu sering gonta-ganti. Jarang ada produk yang aku gunakan terus menerus itu melulu nggak pernah berubah hingga berkali-kali repurchase. Tapi memang yang namanya skincare gitu sih ya, masa seumur hidup pakai produk yang sama terus. Kan niscaya ganti menyesuaikan sama kondisi kulit terkini. Makara ya kesannya bulan ini aku nulis juga tentang daily skincare routine yang sekarang. Rangkaiannya sudah aku pakai sebulanan dan lagi aku sukai. Ini besok kalau habis entah akan beli ulang atau nggak, tapi kelak kalau ganti mungkin aku akan update daily skincare routine yang baru. Produknya ada tidak mengecewakan banyak. Tadinya memang nggak sebanyak ini sih, tapi kemudian aku banyak dikirimin dan gemar belanja skincare baru jadinya nambah. Untung semua cocok dan baik-baik aja hasilnya di kulit saya. Oh iya, daily skincare routine yang akan aku bahas hari ini fokusnya buat kulit wajah aja dulu yaa.

Jenis kulit wajah aku kombinasi, berminyak di T-zone alias area dahi hingga hidung dan kering di serpihan lainnya. Dulunya sih oily banget, tapi terus berubah jadi kombinasi. Agak kusam tadinya tapi kini sudah jauh lebih mending. Udah jarang banget jerawatan, bahkan nyaris nggak pernah sekarang. Bekas gelapnya juga udah samar tapi sedihnya tersisa beberapa scar. Tapi walau nggak jerawatan kulit aku komedoan banget. Trus problem kulit aku yang lain ialah pori-pori besar sama kantung mata gede dan agak gelap. Kalau gedenya sih aku masih bisa pasrah ya alasannya ialah mata aku belo jadi memang pasti eye bag-nya gede. Tapi kalau soal warna gelap di under eye tuh mengganggu. Kayaknya penyebab under eye gelap aku tuh alasannya ialah sering begadang dan gres tidur larut malam menjelang pagi. Habisnya aku nocturnal sih, kalo malam melek gres pagi tidur. Lalu problem tambahan, di sudut mata kalau aku ketawa tuh muncul sudah garis halus dan kerutan hiks T_T. Memang kalo dipikir-pikir sih tiap insan kalo ketawa ya niscaya sudut matanya ketarik makanya ada wrinkles, tapi perasaan dulu nggak separah ini. Apaqah aku sudah begitu renta kini jadi nambah fine lines -.-?

Makara fokus face skincare saya kini ialah yang bisa mengatasi masalah-masalah kulit di atas. Pakai produk yang menghidrasi tapi nggak semakin menambah minyak untuk kulit kombinasi. Trus yang menjaga kecerahan kulit, tadinya mencerahkan sih tapi alasannya ialah kini sudah cerah jadi ya maintenance. Kalau soal scar, sebetulnya scar yang dalam nggak bisa hilang kalau hanya pakai skincare tanpa tindakan medis tertentu jadi sementara aku diamkan. Lalu yang mengurangi komedo, dan perawatan area seputar mata. Terakhir satu lagi anti aging skincare - buat seluruh wajah bukan hanya seputar mata - alasannya ialah di usia yang sudah menjelang mau seperempat periode ini aku merasa sangat perlu mencegah dan mengurangi keberadaan gejala penuaan kulit.

Sejauh ini daily skincare routine yang sedang aku gunakan hasilnya manis di kulit saya. Makara kalau ada yang jenis dan problem kulitnya sama kayak saya, boleh deh ikutan pakai atau nyari produk sejenis. Nah - setelah banyak basa kedaluwarsa di atas - kini eksklusif saya share aja produk-produknya yaa! Dimulai dari AM skincare dulu atau yang aku gunakan di pagi atau siang hari. Untuk PM skincare yang sore atau malam dan skincare mingguan akan saya share dalam pos lain alasannya ialah rangkaian skincare saya pagi dan malam tuh beda. Lagian bakal kepanjangan banget kalo aku jadiin satu di sini juga.

AM Daily Skincare Routine


1. Mustika Ratu Pembersih Sari Sekar Gambir
Pagi sehabis berdiri tidur jadwal pertama aku ialah membersihkan wajah. Ya, walaupun kalau pagi jarang mandi tapi basuh muka wajib. Saya selalu menerapkan double cleansing dalam hal ini. Pilihan first cleanser saya ialah yang jenis milk. Saya nggak fanatik sama brand tertentu sebetulnya, tapi kini lagi pakai Mustika Ratu alasannya ialah ini bebas mineral oil. Soalnya kulit aku kan komedoan, nah mineral oil itu konon comedogenic. Sebelum ini aku pernah pakai milk cleanser lain yang ada mineral oil-nya sih, dan bahwasanya nggak terlalu menimbulkan problem besar alasannya ialah kan habis itu dibilas. Tapi kalau ada yang mineral oil free, ya kenapa tidak itu saja yang aku pilih. Produk ini diperuntukkan bagi jenis kulit normal hingga kering berdasarkan klaim di kemasannya. Tapi di kulit kombinasi aku cocok juga kok. Teksturnya mirip lotion, nggak terlalu kental. Pas dioles ke kulit praktis lumer diratakan jadi yummy buat mijet-mijet. Nggak berminyak dan nggak lengket abis dilap - aku pakainya habis dipijat ke seluruh wajah diangkat pakai tisu buat ngelap residu. Efektif mengangkat sisa makeup, kotoran, dan minyak. Tapi kalau buat ngangkat full makeup apalagi yang waterproof sih nggak kuat.

2. Cetaphil Gentle Skin Cleanser
Ini aku gres beli bulan lalu. Pembersih buat kulit sensitive klaimnya, jadi niscaya kondusif di kulit saya. Begitu pakai eksklusif suka! Isinya tuh nggak kayak sabun muka biasanya yang aku gunakan. Ini lembut banget nggak ada busanya blas tapi enaque buat basuh muka. Habis dibilas juga ngga bikin kulit jadi kesat kering ketarik. Bebas dari bahan-bahan yang tidak diharapkan jadi minimal banget resikonya buat kesehatan kulit. Nggak akan aku bahas panjang lebar alasannya ialah udah ada review-nya :). Klik ya link di bawah.


3. Vaseline Repairing Jelly
Produk ini udah usang banget aku punya tapi masih banyak isinya. Hemat banget jadinya. Ini bisa digunakan di mana saja untuk mengatasi kulit kering. Tapi aku gunakan sebagai lip balm aja sih karena petroleum jelly di dalamnya itu termasuk olahan mineral oil juga kan ya? Khawatir bakal clog pores kalau digunakan di kulit. Oh iya aku pernah baca kalau petroleum jelly tuh nggak menghidrasi tapi mengunci kelembapan fungsinya. Sejauh ini aku pakai di bibir bisa hasilnya basah kok. Mungkin alasannya ialah aku pakainya abis sikat gigi jadi pas bibir masih habis kena air kemudian ditahan kadar kelembapan dari airnya. Bibir aku jadi jauh lebih moist dan tahan usang loh lembapnya, walau aku udah makan minum gitu tapi asal sebelumnya sudah pakai Vaseline ini bibir tetap basah dan lembut.


4. Wardah Pore Tightening Toner
Saya selalu pakai toner setelah basuh muka untuk mengembalikan kelembapan kulit dan menyiapkan untuk skincare berikutnya. Ingat, jenis kulit apapun harus selalu dilembapkan semoga seimbang kadar airnya jadi nggak kekurangan cairan tubuh atau bermasalah. Walau udah pakai face cleanser yang selembap apapun ya tetap harus pakai toner. Kali ini lagi pakai dari Wardah yang fungsinya selain melembapkan juga membantu mengurangi minyak berlebih dan merapatkan pori. Tidak ngefek sama sekali klaim pore tightening-nya, tapi aku suka sensasi ademnya pas diaplikasikan di kulit. Saya pakainya dituang ke telapak tangan dulu trus ditepuk-tepuk ke kulit. Seger banget dan alasannya ialah ini oil free jadi ringan formulanya. Nggak yang super melembapkan gitu, ini enteng aja abis digunakan dan jadinya malah nyaman kalau abis itu ditumpuk sama skincare lain.

5. L'oreal Paris White Perfect Clinical New Skin Essence Lotion Original Fairness
Saya sanggup produk dari seri ini sepaket, salah satu isinya adalah essence lotion. Kayak dua jenis produk digabung jadi satu ya? Lotion tuh semacam toner, sementara kalau essence semacam serum. Ini fungsinya membantu regenerasi kulit, menghaluskan, dan mencerahkan. Formulanya cair tapi lebih rich dibanding toner. Pakainya aku tepuk-tepuk juga ke kulit. Pas digunakan bikin kulit jadi halus lembut yang licin seketika yang dan jadi kenyal – wow I like it. Pakainya dikit aja alasannya ialah kalau kebanyakan malah rada berat dan lengket rasanya alasannya ialah jadi nambah waktu meresap. Produk ini kaya akan kandungan pencerah, agak perih cekit-cekit kalau di kulit yang lagi luka. Hasilnya manis banget tapi, sangat terlihat efeknya dalam mencerahkan kulit. Bahkan ini juga membantu memudarkan noda dengan efektif, contohnya bekas abses gelap gitu. Saya suka produk ini, kecuali kemasannya yang mantul banget difoto dan bikin repot, selalu menangkap bayangan kayak cermin.

6. Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Essence
Essence lagi, hahaha. Kalau ini fungsinya ialah untuk melembapkan dan mencerahkan kulit. Punya ini udah agak usang alasannya ialah sebelum dapet L'oreal aku pakai serangkaian produknya Hada Labo, termasuk essence. Ini isinya kayak cream malahan bukan cair. Fungsinya mencerahkan juga. Udah tinggal sedikit isinya, aku pakai juga supaya cepat habis. Nggak problem kok ditumpuk sama essence lotion tadi, anggap aja ini sebagai komplemen ekstra pencerah. Lotion dan essence lebih cepat diserap, jadi formulanya akan lebih masuk ke dalam lapisan kulit sehingga lebih maksimal kerjanya. Essence-nya Hada Labo ini bahkan sangat praktis meresap. Walau teksturnya nggak cair tapi ringan banget dan sama sekali nggak lengket. Oh ya produk ini punya pH seimbang dan bebas bahan-bahan yang tidak diharapkan kulit jadi sangat kondusif dan tingkat iritasinya rendah. Nggak ada sensasi apa-apa pas diaplikasikan. Nyaman pokoknya. Kalau soal imbas mencerahkan tapi kalah dari L’oreal, alasannya ialah Hada Labo ini sudah aku pakai lebih dulu kan jadi tahu bedanya sama pas pakai L’oreal.

7. Safi Age Defy Eye Contour Treatment
Udah beli mahal tapi nggak ngefek di aku ini mah. Padahal ini katanya bisa melembapkan sekaligus membantu menyamarkan garis halus dan lingkar hitam di seputar mata semoga cerah. Saya sudah pernah coba aneka macam merk eye treatment dari yang bentuk cream sampai roll on, dari yang murah hingga yang harganya menguras dompet, tapi berdasarkan aku mah rasanya sama aja. Cuma melembapkan kulit sekitar mata tapi nggak bisa memberi manfaat lain. Nggak mencerahkan sama sekali dan nggak menyamarkan apapun. Fine lines masih ada. Gelapnya under eye setelah setelah pakai produk ini cukup usang pun nggak mau samar. Sama aja hasilnya kayak aku pakai eye cream merk lokal yang harganya jauh lebih murah. Tapi aku nggak bisa menuntut terlalu banyak dari eye treatment ini sih soal dark under eye kalau teladan tidur aku belum baik. Mungkin aku harus mulai tidur awal di malam hari.


8. Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Milk
Pelembap aku di pagi hari. Selain melembapkan, fungsi komplemen produk ini ialah mencerahkan kulit. Ini teksturnya agak cair, tapi masih ada sedikit kentalnya gitu. Cepat banget meresap dan super ringan di kulit. Bebas bahan-bahan yang tidak berkhasiat bagi kulit juga, so pasti aman. Saya sudah pakai produk ini tidak mengecewakan lama, dari mulai masih nyoba mini size-nya hingga beli yang ukuran botol gede. Udah ada review-nya tentu dong, silahkan meluncur!


9. L'oreal Paris White Perfect Clinical Day Cream
Sebetulnya aku punya day cream dari L’oreal yang tetap aku gunakan walau sudah pakai milk di atas. Habis sayang ya punya sudah dibuka kalau nggak digunakan khawatir nanti keburu kadaluwarsa. Untung pelembap aku sebelumnya ringan abis jadi ditumpuk nggak masalah. Saya juga sejak double-in pakai day cream ini, milk-nya tadi aku pakai lebih tipis. Terus day cream ini di klaim nggak mencantumkan fungsi pelembap, jadi nggak salah dong kalau aku udah pakai pelembap duluan sebelumnya. Ini lebih ke mencerahkan kulit dan melindungi alasannya ialah sudah ada SPF-nya. Kalau untuk soal mencerahkan, memang L’oreal lebih terlihat efeknya jadi aku suka ini sebagai day cream pencerah, nah kalau lembapnya sanggup dari Hada Labo milk.


10. Emina Sun Protection SPF 30
Walau tadi di day cream sudah ada SPF, tapi dari aneka macam sumber yang aku baca katanya sunscreen adalah barang wajib dalam urutan terakhir pemakaian skincare. Apalah arti  pakai skincare berlapis-lapis ibarat wafer kalau sesudahnya tidak dilindungi? Percuma. Makara aku tetep pakai sunscreen juga. Pakai sunscreen itu musti tebel supaya perlindungannya maksimal dan merata dengan baik, nah kalau cuma mengandalkan SPF di day cream atau produk lain bakalan kurang. Sejauh ini aku gres pernah coba dua sunscreen, semuanya dari brand lokal yang masih sisterbrand. Yang pertama dulu nggak cocok tapi, dan kesannya setelah menemukan Emina ini aku gres merasa cocok sunscreen-nya. Formulanya nggak terlalu kental, adem pas diratain, dan nggak berat atau lengket walau digunakan banyak-banyak. So far, suka! Aromanya yummy lagi :) -  kayak obat nyamuk jeruk.

11. ‎Fair & Lovely 2 In 1 Powder Cream
Sebetulnya udah itu aja skincare saya di pagi hari, tapi ini masih ada satu produk lagi. Saya nggak terlalu menganggapnya skincare tapi alasannya ialah kayak udah ada kandungan makeup-nya. Kalau aku pas nggak makeup biasanya biar kulit bertahan cerah lebih usang dan stay matte, pakai powder cream ini. Menaikkan tone warna kulit seketika alasannya ialah memberi lapisan bedak putih di permukaan kulit dan menjadikannya matte. Kalau cuman pakai skincare doang kan jadi dewy kulit saya, nanti area oily-nya akan lebih cepat berminyak kalau nggak di-matte-in. Makanya pakai powder cream ini. Nah tapi kalau aku lagi mau makeup ya nggak usah pakai powder cream, eksklusif pakai makeup aja sekalian.


Baik, sudah selesai semua urutan daily skincare routine saya untuk pagi hari. Terlihat banyak dan ribet ya? Padahal mah sebetulnya aku pas pakai nggak berasa ribet kok, dinikmati soalnya. Dalam pakai skincare banyak gitu, setiap mau nambah lapisan aku nunggu produk sebelumnya sudah benar-benar meresap dulu semoga nggak nyampur kerjanya. Hasilnya setelah aku pakai seluruh rangkaian di atas selama sekitar sebulan, kulit aku makin manis kondisinya. Teksturnya jadi lebih firm karena terjaga basah dan senantiasa cerah. Kalau kantung mata gelap sih masih, tapi tetap aku lanjutkan dulu pakai skincare yang ada dan berusaha memperbaiki teladan tidur untuk lihat hasil lebih lamanya. Oh iya soal komedo, skincare spesifik untuk mengatasinya ada di PM skincare ya bukan di sini. Buat komplemen anti aging selain di seputar mata juga ada di PM skincare.

Step pemakaian skincare sebenarnya nggak perlu sebanyak aku kalau memang dirasa nggak perlu atau nggak bisa telaten pakainya. Pakai aja yang basic. Ini nanti kalau ada produk dobel yang habis mungkin aku akan kurangi salah satunya jadi lebih singkat. Hal basic dalam pemakaian skincare adalah cleansinghydrating dan moisturizing, lalu protecting. Makara kalau gres mulai pakai skincare, pastikan mengikuti langkah-langkah di atas. Bersihkan kulit wajah, lembapkan, dan lindungi. Nah semoga goresan pena aku hari ini menginspirasi yaa. Insha Allah aku akan nulis juga tentang daily skincare routine yang buat sore atau malam hari dan skincare mingguan saya. Eh skincare buat tubuh perlu juga kali yaa di-share. Terimakasih sudah baca!
Share This :
Johan Andin