MASIGNCLEAN101

Keranjang Belanja Agustus [Sekalian Review Singkat Purbasari Lipstick Color Matte]

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf jikalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Sebenarnya bentar lagi udah mau September, tapi emang final bulan Agustus ini saya mendadak khilaf belanja -_-. Ceritanya gini, saya galau akhir kedatangan mantan gebetan yang bertahun-tahun lamanya saya singkiri. Karena galau saya putuskan jalan-jalan ke konter kosmetik, dan malah pulang bawa segepok lipstik. Tapi tahukah kawan? Hebatnya galau saya eksklusif hilang bersamaan dengan datangnya lipstik-lipstik gres ituh. Warbyazah.

Lipstik gres saya bukan new comer di dunia perlipenan. Ini udah booming dari dulu, saya aja yang telat kekinian. Yep, inilah Purbasari Lipstick Color Matte!


Saya beli empat shade awal. Tadinya mau borong seluruh shade-nya tapi apa daya alasannya tanggal renta jadilah uang saya ngepas. Besok deh saya lengkapin kalau udah punya duit. Empat lipstik gres saya ini saya bawa pulang dengan harga 107 ribu rupiah saja, berarti 26.750 rupiah saja per satuan. Murce merica kan? Purbasari ini memang brand dengan harga lipstik matte termurah seantero negri. Viva punya lipen murah sih, tapi itu bukan matte. Harga di bawah 27 ribu itu termasuk sangat murah alasannya di beberapa olshop aja harganya sanggup melambung hingga 48 ribuan per satuan. Gile, apa saya mesti buka olshop semoga untung banjir?

Purbasari Lipstick Color Matte booming sejak demam lipstik matte melanda para perempuan di seluruh penjuru dunia. Kayaknya barengan meledaknya sama Wardah Longlasting Lipstick deh, sekitar tahun lalu. Beberapa bulan yang kemudian saya udah baca banyak review soal lipstik ini, tapi belum tertarik beli alasannya barangnya langka - saya males nyari. Beberapa kali mampir ke toko kosmetik besar semacam Mutiara selalu di konternya ada goresan pena 'lipstik matte Purbasari kosong'. Mungkin mbak BA-nya sudah terlalu bosan ditanyain calon pembeli yang nyari lipstik ini sehingga alhasil bikin goresan pena itu *pake kardus dan dispidol goresan pena gede-gede*.

Pas belanja kemarin, saya sanggup Purbasari Lipstick Color Matte ini justru di swalayan erat rumah yang kebetulan punya konter kosmetik di dalamnya. Tadinya saya pikir swalayan udik sekecil itu nggak akan punya koleksi barang langka kayak gini, eh ternyata malah lengkap. Hmm, kayaknya saya nggak boleh ber-suudzon lagi nih. Kenapa di sentra kosmetik Jogja benda ini langka sementara di konter kecil dalam swalayan ada? Bisa jadi gini nih ; alasannya di Jogja sudah terlalu banyak insan pemburu lipen yang beringas membeli seluruh stok hingga habis sementara di swalayan deket rumah saya itu sepi pengunjung yang melek dandan sehingga jarang ada yang beli dan stoknya utuh, atau alasannya bulan ini si lipstik udah nggak terlampau booming sehingga stoknya lebih simpel ditemui.

Ngomong-ngomong biarpun telat kekinian beli lipstik hits ini tapi ternyata beberapa temen saya juga belum punya loh. Makara belum telat-telat amat saya :D. Eh, ngomong-ngomong lagi kayaknya Purbasari itu dulunya yang paling hits lulurnya ya yang bergambar putri raja. Sekarang tambah lagi produknya yang hits yakni lipstik matte. Saya bahkan gres tahu kalau Purbasari ada lini make up-nya semenjak gosip kehebohan lipstik matte-nya beredar.

Purbasari Lipstick Color Matte punya 15 shade, terdiri dari 10 shade lama dan 5 shade baru. Semua shade diberi nomor dari 81-95 *saya gundah kenapa nggak dimulai dari angka 01 saja?* dan nama yang diambil dari nama-nama kerikil permata. Saya nggak tahu apakah warna lipstiknya sama dengan warna kerikil permata dengan nama sama yang disematkan padanya. Entahlah. Tapi nama-nama kerikil tersebut memberi kesan glamor pada si lipstik biarpun harganya murah.

Tadinya saya mau nulis review Purbasari Lipstick Color Matte - yang bahwasanya sudah banyak review-nya di jagad maya - kalau sudah punya lengkap semua shade-nya. Tapi saya terlalu nggak sabaran untuk menunggu ketika itu tiba. Jadilah saya tulis review singkat yang nanti kemungkinan akan saya tambah kalau sudah punya shade lengkap.

Purbasari Lipstick Color Matte yang saya punya ada 4 biji, nomor 81,82,83,84. Sengaja belinya berurutan semoga nanti simpel nglengkapinnya. Eh, saya tuh suka beli lipstik tapi belum pernah punya set lipstik lengkap yang satu seri gitu. Makanya Purbasari Lipstick Color Matte ini bakal jadi project pertama saya nglengkapin satu set seri lipstik.

Kita mulai saja dari kemasannya :


Dibungkus kotak hitam menceling dengan goresan pena keemasan. Kotak ini tadinya masih dikemas dengan plastik bening yang sudah saya lepas - kayak semacam kotak rokok yaa. Di pojok kanan atas ada angka penunjuk nomor shade-nya di dalam gambar love yang sewarna dengan isi lipstik di dalamnya. Warna pada love di kotak ini bahwasanya nggak terlalu akurat tapi tidak mengecewakan lah sanggup mengatakan secara garis besar warna lipstiknya kurang lebih menyerupai apa. Kalau dibuka kotaknya, di dalam masih ada kertas tebal pelindung lipstik, jadi kondusif dari resiko terguncang.

Deskripsi :
Purbasari Lipstick Color Matte - ringan dan tahan lama
"Inovasi terbaru dengan pelembab"
- Tahan usang dan tidak mengkilap
- Terasa ringan pada bibir anda
- Melembabkan bibir
- Warna tidak pudar sehingga penampilan anda akan tetap segar

Ingredients :
Octyldodecyl Strearoyl Stearate, Cyclomethicone, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Octyldodecanol, Dimethicone, Beeswax, Candelilla cera extract, Copernicia Cerifera Cera, Mica, Ozokenite, Propylparaben, Tocopheryl Acetate, Squalane, BHT, Parfume, May contain: CI 77891, CI 77491, CI 77492, CI 77499, CI 15850, CI 15850:1, CI 15850:2, CI 45410:2, CI 19140:1, CI 15985:1, CI 42090.

Pff, saya benci nulis goresan pena yang sukar dibaca menyerupai di atas. Siapa sih yang nyiptain nama-nama rumit kayak gitu? Jarang juga kayaknya pembaca yang akan baca paragraf di atas. Saya kurang paham soal ingredients, bagi yang berkepentingan mohon mencari informasi sendiri ya. Sedikit yang saya pahami, dimethicone itu materi yang bikin tampilan lipstik jadi matte, beeswax yang melembapkan - squalane juga. dan BHT itu pengawet beserta paraben-family. Ini kalau nggak salah lho yaa...

Purbasari Lipstick Color Matte diproduksi oleh PT. Cosmar, Tangerang, Indonesia *hmm Tangerang memang kota pabrik* untuk PT. Gloria Origita Cosmetics, Jl. Ciputat Raya No. 2C Keb. Lama, Jakarta -Indonesia *nama pabriknya kayak nama anggota paskib yang lagi naik daun*. Ini saya heran kenapa pabriknya ada dua??

Ada batas kadaluwarsanya, yakni Juli 2019. Masih lama, dan dengan isi lipstik yang cuma 4 gram kayaknya bakal habis sebelum expired. Produk ini juga sudah mengantongi izin BPOM, kondusif lah yaa.

Kita lanjut ke lipstiknya. Berbentuk persegi sehingga tidak akan menggelinding, mempunyai kemasan berwarna hitam berkilau juga menyerupai kotaknya, bertuliskan Purbasari dengan warna keemasan pada salah satu sisi persegi. Sekilas dilihat, glamor juga kemasannya. Sayang kesan glamor ini pudar ketika menyentuk kemasannya. Terkesan ringkih soalnya enteng banget materi plastiknya. Tapi ya sanggup dimaklumi wong murah ini. Tulisan Purbasari berwarna keemasannya saya perkirakan akan cepat pudar bila lipstiknya sering disentuh-sentuh. Untuk membuka kemasan lipstik ini cukup tarik cuilan tutupnya dari batas garis keemasan di tengah kemasannya itu  - jangan diputer wong ini persegi - dan untuk menutupnya tinggal dipasang lagi sambil ditekan hingga terdengar suara 'klik'. Tutupnya rapet kok, nggak akan lepas sendiri asal nutupnya bener. Pada cuilan bawah kemasan lipstik terdapat nomor dan nama shade-nya. Yang punya saya 81 Diamond, 82 Mirah, 83 Pyrus, dan 84 Ruby. Di depan nomor ada aba-aba EC yang sama untuk semua shade, saya nggak tahu itu aba-aba apa. Btw, namanya susah dihafal yaa...

Kalau nutup hingga suara 'klik' semoga lipstiknya safety


Warna lipstik di dalamnya :



Sekilas terlihat gelap semua ya warnanya? Aslinya seri Purbasari Lipstick Color Matte ini memang warnanya cenderung gelap dan pekat semua. Ada sih merah terang, cuma satu itu kayaknya. Dan ada dua warna nude - salah satunya 81 yang saya punya - walau kalau dilihat dari bullet-nya sih gelap juga.

Untuk pembahasan warna, hasil pemakaian, dan tekstur serta segala macam apalah-apalah saya tulis di pos lain aja ya besok kalo shade-nya sudah lengkap :). Yang ini sekian dulu, terimakasih :).

*Btw, saya punya video dikit yang saya share di Instagram. Nonton dong buat seru-seruan :D...di https://www.instagram.com/p/BJhsTgahx1e/?taken-by=ddessy24.
Share This :
Johan Andin