MASIGNCLEAN101

Review: Gambaran Sabun Mandi Lulur Spotless White

[Semua foto aku sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf jikalau besar lengan berkuasa pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]


Saya kalau lagi rajin, sanggup luluran tiap hari. Tapi sekalinya males, yaudah lulur berbulan-bulan dibeli masih aja belum abis isinya. Bulan ini bahkan aku gres satu kali luluran. Deuh, padahal ingin kulit mulus cerah tapi pemalas gini. Untunglah kini ada sabun mandi lulur dari Citra! *sebenernya udah usang ada tapi aku gres nyoba sekarang* Kebetulan sebab harganya murah, cuma Rp. 1900 aja per kotak maka aku beli satu sabun mandi ini.

Siapa nggak kenal Citra? Brand ini aku kenal pertama lewat produk body lotion-nya. Lalu semakin ke sini semakin banyak produk yang dibuatnya, nggak lagi cuma body lotion. Citra punya konsep tradisional Jawa gitu, dan konsisten dengan konsep tersebut tanpa kehilangan unsur modernnya. Makanya Citra juga sanggup mengaet pasaran anak muda walau produknya nJawani. Biarpun mengusung tema tradisional, Citra nggak kuno lho. Buktinya ia sanggup berinovasi membuat banyak sekali varian produk kecantikan dengan bahan-bahan beragam. Pokoknya, Citra ini salah satu merk lokal yang sip banget sanggup mengangkat produk heritage dengan balutan kemasan yang modern. Salah satunya ialah Citra Sabun Mandi Lulur Spotless White ini.

Biasanya aku kalau mandi sabunnya pakai Lux sabun cair soalnya di rumah nyetoknya itu. Kalau pas habis kadang diselingi pakai sabun kesehatan yang anti bakteri atau apa aja yang ada, tapi sebulanan ini adanya dua jenis sabun itu terus. Dua-duanya bikin kulit aku yang sudah kering tambah kering. Kalau sabun anti bakteri okelah aku maklum ia ngeringin kulit. Tapi Lux, ini beauty soap lho, masak masih aja ngeringin kulit saya. Luluran bikin kulit kering nggak? Kalau yang aku rasain sih enggak, asal nggak keseringan dan lulurnya emang punya kandungan pelembap. Nah berhubung aku udah jarang luluran kini, marilah mencoba sabun mandi lulur dari Citra ini. Mencoba tak ada salahnya kan? Sukur-sukur ia malah nggak bikin kering kulit saya.


Kemasannya biasa aja, nggak ada yang istimewa. Cuma selembar kertas yang dibuat kotak untuk coverage sabun di dalamnya plus ada lapisan kertas yang lebih tebal lagi untuk menjaga si sabun supaya nggak geser-geser atau kepentok. Sebetulnya ada tiga varian sabun ini, yaitu pink mutiara - kuning bengkoang - dan hijau beras jepang yang aku punya. Semua namanya pakai akhiran 'white' dan fungsinya kurang lebih sama juga, mencerahkan kulit bagai dilulur setiap mandi. Meskipun sabun ini udah usang diproduksi sama Citra, aku gres beli kini sebab - biasa - tergoda iklan mandi manis Citra. Siapa tau cukup dengan mandi aja aku pribadi manis seketika. Selain dalam bentuk bar soap kaya gini, sabun mandi lulur Citra tersedia juga dalam bentuk liquid.

Kemasannya didominasi warna putih dengan sedikit unsur hijau di dalamnya. Bagian depan kemasan cuma berisi pengenalan brand dan logo khas Citra. Ada ilustrasi yang menggambarkan variannya juga. Sejumlah keterangan juga tertera di situ guna melengkapi klarifikasi soal si sabun. Varian Spotless White ini merupakan sabun berguna lulur yang mengandung beras putih Jepang dengan berat sabun 80 gram. Keterangan lain ada di balik kemasan sabun.


Khasiat lulur tradisional Indonesia sudah dikenal dari masa ke masa. Untuk pertama kalinya, Citra mempersembahkan manfaat materi alami lulur menyerupai beras, susu, dan kunyit yang dipadukan dengan ekstrak alami beras putih Jepang untuk mencerahkan kulit dan mengurangi noda hitam secara alami. Gitu klaimnya. Memang sih produk sabun yang ada lulurnya gres dikeluarin Citra, dan aku belum pernah liat ada brand lain yang punya produk sejenis ini. Nah apakah benar bahan-bahan dalam sabun ini sesuai yang digema-gemakan? Cek yuk ingredients-nya.


Ada beberapa nama Sodium di sabun ini, aku rasa itu materi dasar penyusun sabun. Plus ada Glycerin, yang pernah aku baca materi ini selalu ada di sabun bar untuk memadatkan sabunnya. Glycerin juga punya fungsi melembapkan kulit loh, makanya sesungguhnya kulit kering lebih disarankan pakai sabun batang. Saya nggak paham nama-nama latin materi lainnya, tapi aku nemuin ekstrak beras dan kunyit di sana. Kandungan susu mungkin didapat dari Hydrolyzed Casein ya? Saya kini lagi suka merhatiin ingredients produk yang aku beli dan mencari tahu fungsinya. Belajar sanggup dari mana saja kan :).


Sebagai brand yang menjamin mutu demi kepuasan konsumen, Citra yang diproduksi oleh Unilever ini sudah terdaftar di BPOM loh. Plus kemasannya ramah lingkungan sebab sanggup didaur ulang, maka buanglah sampah kemasan sabun ini dengan benar ya! Kalau sanggup sih, jangan dibakar. Expired date si sabun tercantum di salah satu sisi kemasannya. Ini masih lama, 2 tahun lagi dari sekarang.

Yuk, kita buka aja kemasan sabunnya!


Membukanya sangat praktis serasa membuka bungkus kado sebab pembungkusnya dari kertas yang dilipat kemudian direkatkan. Isinya yaitu sebuah sabun bar berwarna putih susu dengan tekstur yang halus dan diukir nama berikut logo Citra di atasnya. Sabunnya nggak kotak, ini rada oval dan berlekuk, ah kayak gitulah pokoknya. See at the picture, sebab aku sukar mendeskripsikan bentuknya. Aromanya kedaluwarsa tradisional...:). Hmm, aku suka nih yang kayak gini. Aroma rempah-rempah yang khas tradisional Jawa tuh menyenangkan untuk dihirup dan menenangkan pikiran. Aroma macam ini lebih ke floral, seger-seger ringan tanpa eneg atau manis berlebihan gitu.

Ukuran sabunnya nggak gede-gede amat tapi nggak kuecil juga. Bisa ditaruh di telapak tangan tanpa jatuh pokoknya. Sabun ini biarpun padat tapi nggak terlalu keras. Kalau diketok-ketok sanggup berubah bentuk. Bisa dicuik *bahasanya -_-* dengan mudah. Setelah kena air ia juga rada melunak dan ketika digosok terasalah ada butiran-butiran halus lulur bertaburan di tubuh sabun ini.

Citra Sabun Mandi Lulur Spotless White yaitu sabun yang praktis dibusakan. Kena air dikit dan digosok pelan aja busanya berlimpah. Biasanya nih, sabun yang lunak dan praktis berbusa gini bakal cepet abisnya :'), dalam sekali mandi aja udah berkurang tidak mengecewakan tuh ukurannya. Tapi ngga pa pa, toh murah ini. Sabunnya yummy dipakai. Lembut, biarpun ada butiran lulurnya tapi nggak terasa melukai kulit. Aromanya juga nyegerin saat-saat mandi. Habis sabunnya dibilas juga nggak ngeringin kulit walau nggak tersisa sensasi licin pasca dibilas. Habis mandi kulit jadi lembap dan segar. Saya sih lebih suka sabunan pakai ini dengan cara diratakan dulu busanya ke seluruh tubuh, trus pijat-pijat merasa deh gres dibilas. Mijatnya nyaman sebab busanya banyak. Tipikal busa dari sabun mandi bar tuh biasanya rich alias padat busanya. Kalau dari liquid soap kan busanya biasanya ringan melayang gitu. Nah Citra ini busanya juga rich jadi nggak terlalu licin pas disentuh.

Sebetulnya, mandi dengan sabun mandi lulur tuh nggak sepenuhnya menggantikan fungsi luluran beneran. Soalnya butiran scrub di sabun ini kurang terasa, jadi kayak mandi biasa rasanya. Cuma tidak mengecewakan ngebantu lah kalau bener-bener nggak sempat atau juarang luluran, sabun mandi lulur ini sanggup membersihkan kulit dengan lebih mantap dibanding sabun versi biasa. Btw, soal lulur; ada bedanya nggak sih antara body scrub dengan lulur mandi? Biasanya aku anggap sama. Tapi ada juga sumber yang bilang kalau body scrub tuh digunakan ketika kulit dalam kondisi kering, nah kalau lulur mandi tuh digunakan ketika kulit berair untuk menggantikan sabun. Saya nggak mau debat ah, aku lebih suka luluran dalam kondisi tubuh kering aja sebab lebih terasa proses scrubbing-nya. Kalau berair licin dan malah susah digosokin. Kaprikornus mau lulur mandi kek mau body scrub, aku pakai sebelum mandi dan pas mandi ya sabunan lagi. Sabun ya sabun lulur ya lulur. Kaprikornus selain sabun mandi lulur ini nggak menggantikan fungsi lulur yang beneran, bagi aku sabun juga nggak sanggup digantikan oleh lulur.

Sayang wanginya nggak bertahan usang sesudah mandi. Begitu aku pakaiin body lotion pribadi deh aroma tradisional si sabun berganti ke aroma body lotion. Mungkin bakal lebih seru kalau body lotion-nya aku ganti ke body lotion dari Citra yang sevarian juga kali ya. Kaprikornus tertarik lho beli body lotion Citra. Oh iya, selain sabun dan body lotion, Citra juga punya produk body scrub. Tapi yang aku tahu adanya cuma varian bengkoang, yang beras Jepang kayak sabunnya gini tampaknya belum ada deh.

Overall, aku suka kok sama Citra Sabun Mandi Lulur Spotless White. Selain harganya murah, kualitasnya juga bagus. Produk ini bahkan lebih nyaman di kulit aku dibanding sabun mandi lain yang lebih mahal. Nah, sudah dulu ya review saya hari ini. See you next time!

Notes:
+ harga murah
+ kualitas bagus
+ praktis dibeli
- belum ada

Product: Citra Sabun Mandi Lulur Spotless White (80 gram)
Price: Rp. 1900
Where to buy: Ini praktis ditemukan di hampir seluruh minimarket dan supermarket di seluruh Indonesia, bahkan di warung-warung kecil juga sering ada.
Share This :
Johan Andin