MASIGNCLEAN101

[Tips & Tutorial] Sunny Day Makeup Look!

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf jikalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Salah satu tanda kalau kau masih insan adalah; ketika hujan ngeluh pingin cuaca cerah, pas panas minta hujan. Minggu kemudian - kini juga sih - di Solo lagi hujan terus. Hujaan aja dari pagi hingga malam isinya. Trus beberapa ruas jalan jadi banjir. Saya ramalkan kalau menyerupai ini terus besok kita bakal salip-salipan sama bahtera karet di jalan raya. Karena bosen selalu kehujanan setiap kemana-mana, dan itu bikin mood mau kemana-mana jadi turun drastis, selesai pekan kemudian saya milih pulang ke Jogja. Ternyata eh, di Jogja terang benderang panas dari pagi hingga petang. Saking sumuknya, saya jadi rindu hujan. Tapi jangan yang gede, gerimis aja kalau bisa.

Pas di rumah cuaca cerah kemarin, saya jadi rindu foto-foto pakai makeup lengkap. Memang sih selama magang ini setiap hari selalu dandan, tapi nyaris ngga pernah selfie dulu. Sebabnya kalau pagi saya selalu terburu-buru berangkat - imbas insomnia di malam hari maka berdiri paginya kesiangan dan alarm tidak berefek - dan ketika sore sudah kucel plus seringnya selalu hujan yang mengakibatkan pencahayaan kurang. Makara kemarin, di hari yang cerah, saya sudah siap foto-foto. Eh ini abnormal ya, kemarin kan saya libur. Nah kalau hari libur tuh saya selalu dapat berdiri pagi sementara di weekdays maunya molor terus. Gejala apakah ini, apakah saya phobia hari selain weekend -_-'.

Oke, alasannya dapat berdiri pagi jadi saya dapat menuntaskan makeup saat matahari belum terlalu tinggi. Hari ini saya mau bagi-bagi kisah soal produk yang saya pakai dandan aja ya. Soalnya belum mau otaknya diajak nulis review, dan kalau mau nulis soal jalan-jalan, bulan ini belum piknik blas. Bulan lalu, saya banyak nulis soal travelling padahal. Waktu itu sempat mikir, kayaknya seru ya kalau setiap bulan punya kegiatan jalan-jalan ke daerah berbeda. Sayangnya itu hanya wacana. Rutin travelling ternyata sulit. Kadang bukan alasannya nggak ada waktu atau dananya, tapi ngga ada temennya. Saya berani aja sih backpacking sendirian, tapi masalahnya yaitu saya itu nyasaran anaknya, jadi akan lebih yummy kalau ditemenin.

Ngomong-ngomong, sejak saya nggak pakai handphone lagi buat selfie, belum pernah lho nemu angle dan hasil yang maksimal ketika foto. Tapi tumben-tumbenan kemarin berhasil. Mungkin alasannya cuacanya ngebantu banget ya. Pagi itu mataharinya udah cerah tapi belum terlalu panas, jadi pencahayaannya cantik banget. Nih ya buat yang suka selfie tapi budget minimalis, saya kasih tips. Selfie terbaik itu dilakukan di pencahayaan outdoor, antara jam delapan hingga sepuluh pagi. Lebih pagi dari itu? Alam masih berembun dek, belum cukup terang. Kelebihan jam? Sudah terlalu panas mentari, hasil fotonya bakal terlalu mengkilap. Nggak pede buat foto di halaman? Dari dalem rumah aja, ngadep jendela. Nah, balik ke makeup look saya. Akhir pekan kemarin tema makeup-nya...nggak ada sih. Tapi masuknya kategori natural kalau dari warna-warna yang dibubuhkan. Oke, saya judulin aja makeup yang terinspirasi dari sinar matahari. Langsung aja ya, saya akan nulis soal produk dan pemakaiannya untuk ngedapetin look kayak gini!

Eh iya sebelum mulai, saya lagi seneng muka saya di foto ini keliatan lebih tembem. Yay kegiatan gendut saya berhasil! Agak abnormal ya, sementara orang lain ingin kurus dan tirus hingga rela sedot lemak tanam benang hingga operasi rahang, saya malah senang dengan ketembeman yang haqiqi. Soalnya gini, bentuk wajah saya kan bulat. Dari bayi hingga sebelum pasang behel muka selalu keliatan bunder dan abadi muda. Tapi sejak gigi dikawatin, dan dua geraham bawah dicabut, jadi tirus deh pipi saya. Ditambah berat tubuh yang turun juga, makin lancip deh pokoknya. Ini - berdasarkan saya - menciptakan saya terlihat nggak semuda sebelumnya. Iya memang tambah renta umur saya, tapi harusnya kalo dapat dibikin lebih abadi muda tampilannya, umur tuh nggak bakal ketebak yang sebenarnya, wkwkwk.

Sebelum mulai makeup, menyerupai biasa saya selalu pakai pelembap dan lip balm. Trus, kini lagi selalu pakai primer. Nggak seberapa ngaruh sih, tapi alasannya saya punya primer tuh banyak dan udah mau kadaluwarsa tahun ini, ya makanya digunakan setiap mau makeup biar cepat habis sebelum expired. Primer yang saya pakai dari Makeover. Namanya Corrective Base Makeup. Saya punya dua shade, Green (hijau) dan Cyanite (ungu). Yang ijo katanya untuk menetralisir kemerahan pada kulit, jadi saya gunakan di area hidung dan pipi yang kadang suka semerah tomat kalau habis diambilin komedonya. Lalu yang ungu fungsinya mencerahkan, ini saya pakai di dahi, dagu, dan area rahang. Primer ini formulanya menyerupai day cream, cepat meresap untunglah, dan nggak terasa berat. Saya punya primer lain juga dari Makeover, yang Hydrating Serum tapi kali ini nggak saya pakai. Hydration Serum itu btw, bikin tampilan kulit seakan-akan lebih smooth pori-porinya dan kencang, jadi rasanya agak matte. Nah kalo yang corrective ini dewy dan fungsi utamanya ya mengoreksi warna kulit. Sayang, untuk fungsi menetralisir warna dan mencerahkan dari dua primer corrective nggak saya rasain, tapi mereka membantu melembapkan kulit jadi ya boleh lah nggak terlalu mengecewakan. Kulit yang lembap yaitu koenjti untuk hasil makeup yang lebih nempel. Apakah menutup pori? Mungkin, alasannya mengandung silicone, meskipun tetep pori saya masih keliatan sih enggak jadi blurring. Ingat ya, kalau kau sebelum makeup pakai primer juga, nanti bersihinnya harus tuntas biar nggak tertinggal di kulit dan menyumbat pori.


Habis primer, waktunya pakai produk complexion. Saya nggak punya foundation, jadi pakainya cc cream aja. Biasa, dari La Tulipe #SelfieReady CC Cream yang shade 01. Karena saya kini punya silicone sponge dan blender sponge baru, jadi aplikasinya memakai dua tools itu. Biasanya sih saya gini, cc cream dituang ke silicone sponge trus di-dab-dab ke lima titik wajah plus diratain sebisanya. Baru habis itu lebih diratain lagi pakai blender sponge. Soalnya gini, silicone sponge itu sama sekali nggak nyerap produk alasannya ngga ada porinya, jadi kadang kesudahannya suka ketebelan. Nah, pas diratain lagi pakai blender sponge gres deh kesudahannya lebih tipis. Saya memang nggak suka pakai cc cream ini tebel-tebel soalnya shade-nya beda sama warna kulit saya, takut terlalu putih bagai hantu kalau ketebelen. Saya nggak pakai concealer walau kantung mata saya tidak mengecewakan alasannya males ngeluarin produknya, dan nggak cantik kesudahannya kalau concealer di-hack dengan pakai cc cream lebih tebel. Ngomongin soal kantong mata - dan lingkar gelapnya, saya udah perjuangan selalu pakai eye serum. Pakainya kini dengan gerakan memijat ke arah dalam, bukan keluar menyerupai saya dahulunya. Soalnya sesudah saya logika, kerut-kerut dan garis halus itu adanya di sisi luar kelopak mata, jadi kalau pakai produk eye care bagusan diarahin ke dalem dong. Balik ke cc cream, finishing produk ini dewy. Nanti akan saya set pakai bedak biar jadi matte, tapi sebelumnya masuk dulu ke tahap blushing.


Saya udah usang buanget ngga pernah pakai blush on beneran. Gantinya pakai lipstik yang diaplikasiin di pipi, hwehehe. Soalnya blush yang saya punya tuh bentuknya compact, dan saya kurang dapat mengaplikasikannya secara rapi di pipi. Punya cream blush juga tapi produknya menggeser kalau digunakan di atas complexion. Kalau digunakan di bare face, nanti ketutup sejumlah makeup lain dan jadi nggak kelihatan. Percuma dong pakai blush jadinya kalau kayak gitu. Nah, kali ini lipstik yang saya pakai sebagai blush adalah NYX Soft Matte Lip Cream. Shade-nya yang 05 Antwerp. Oke, ini bukan lipstik tapi lip cream. Belakangan saya lagi sering banget pakai ini soalnya biar cepet habis, hehehe. Cara pakainya kalau saya tinggal dititik-titikkan aja di area pipi yang mau dibikin merona dan tepuk-tepuk pakai jari hingga membaur. Karena lip cream ini hasilnya matte, jadi ngebaurnya harus cepet sebelum beliau nge-set. Kalo kelamaan nanti jadi nggak cantik hasil blush-nya alasannya jadi ada noda lip cream yang kering duluan gitu.

Selanjutnya set cc cream dan blush tadi dengan bedak. Bulan ini saya sudah punya loose powder yeay! Produknya yaitu Viva Face Powder shade Olive. Oh iya, kini saya lagi seneng pakai bedaknya dengan cara baking. Tau kan? Yang kita naroh bedak rada tebelan dulu di atas complexion, gres nanti dikuas sesudah beberapa menit. *Ngomong-ngomong soal baking, saya belum ngeh banget lho sama produk makeup yang pakai pelengkap 'baked' di depan namanya. Itu maksudnya nanti ngaruh ke hasil atau gimana?* Bedak tabur Viva shade Olive yang saya pakai ini, kalau dipikir berdasarkan nama, harusnya ber-tone kehijauan ya? Tapi ini enggak. Warnanya cenderung ke kuning malah. Saya tadinya mau nyari yang tone-nya pinkish tapi ngga nemu jadi yaudahlah ambil warna ini. Syukurlah ternyata kesudahannya cantik kok di kulit saya. Biasanya saya bake makeup, kecuali di area kelopak mata sama hidung alasannya akan dipakaiin contour dan shadow. Makara sementara saya contouring dan makeup-in mata, area lain wajah bedaknya masih dibiarin cemong, terutama di bawah mata hingga pipi.

Satu-satunya serpihan wajah yang saya contour adalah hidung, soalnya cuman itu yang butuh sedikit manipulasi. Dahi engga saya contour, tulang pipi juga enggak alasannya saya malah ngga suka keliatan tirus, dan dagu pun enggak alasannya udah cukup lancip. Kalo idung, memang perlu sedikit bayangan di sisi tulang rawannya sih biar lebih tegas bentuknya. Saya nggak obsessed harus keliatan mancung, asal lebih tegas berbentuk aja udah cukup. Untuk contour ini saya ngga pakai produk khusus, pakainya malah eye shadow. Ngambil warna Egyptian Sable atau coklat renta matte dari Inez Natural Color Palette Eyeshadow, tipis aja digarisin di kedua sisi tulang hidung. Saya aplikasinya dengan jari alasannya malah lebih praktis dikontrol mau setipis aja. Oh iya, Inez ini eye shadow-nya pigmented banget, jadi nyolek sedikit aja sudah sangat cukup. Hidung saya bentuknya kayak jambu air, jadi mau saya bikin seakan-akan lebih kecil ujungnya biar keliatan proporsional. Untuk itu, saya bikin garis shading-nya tuh rada melancip ke ujung untuk kedua sisi. Lumayan sih hasilnya, cuman sayang di foto ngga keliatan -_-' alasannya sangking tipisnya. Trus di tulang hidung kasih highlighter dari warna Gold Shimmer untuk ngasih delusi seakan-akan tulangnya lebih tinggi. Gold Shimmer ini pas banget sama namanya, warnanya memang berkilau keemasan gitu. Warna emasnya nggak kuning banget, nyaris peachy nude gitu jadi cantik banget digunakan sebagai highlighter.

Sekarang kita masuk ke tahap makeup mata. Sekarang saya termasuk sering dandanin area mata dengan lebih niat gitu, dan ini jadi salah satu part favorit saya. Pertama-tama saya mau ngalis dulu. Bulan ini gres beli eyebrow kit baruu, jadi itu yang dipakai, Emina Top Secret Eyebrow! Ini tuh produk buat ngalis dalam bentuk powder dipadatin. Sebelum ini biasanya saya pakai pensil alis rectangular dari Emina juga cuman udah habis kini jadi ganti ke yang eyebrow powder. Di dalam satu kit, udah ada brow wax dan dua warna eyebrow powder, satu dark brown satunya lagi light brown. Sebenernya saya kurang sreg pakai warna coklat, pinginnya hitam tapi si Emina ini cuman punya satu varian shade, coklat doang. Makara yasudah deh nggak pa pa. Untung coklatnya bener-bener coklat, ngga ada bias kemerahan jadi jatuhnya masih keliatan nyambung di muka saya yang berambut hitam ini. Pakainya dengan aplikator yang tersedia. Makara di dalam case produk ini sudah disertakan satu kuas mini dengan dua ujung, satu buat ngalis, satunya spoolie buat wax. Kuasnya cukup cantik dan berfungsi dengan baik jadi saya gunakan. Saya pakai kedua warna coklat dari eyebrow powder ini, dikombinasiin aja. Kalau udah, trus dibaurkan deh dengan spoolie lain alasannya spoolie yang disertakan di sini udah saya pakai untuk wax, sayang kalau buat ngebaur warna juga. Spoolie yang saya pakai ngambil dari Emina Double Agent Eyebrow, hehehe. Itu cantik banget dan ternyaman digunakan hingga kini spoolie-nya. Btw, dulu saya sempat merasa abnormal sama bentuk spoolie ini alasannya biasa pakai sikat alis yang standar. Tapi kini udah nggak merasa abnormal kok, ini bentuk yang memang sesuai untuk membaur warna di alis sekaligus merapikannya.

Terus kini saatnya saya pakai eye shadow dulu, produknya masih pakai Inez Natural Color Palette Eyeshadow. Karena ini cuaca lagi cerah, buat di seluruh kelopak mata saya gunakan warna Row Chesnut, trus di tengahnya saya tambahin warna Carnation. Dua-duanya warna orange seperti matahari tapi si Carnation lebih terang. Sama-sama shimmery juga hasilnya. Kenapa saya cuman pakai dua warna eye shadow itupun yang se-tone? Karena saya ngga ahli ng-blend banyak warna salam satu kelopak, mwhahaha. Trus di outer corner saya kasih warna Ruby, ini coklat matte juga tapi warna coklatnya rada keunguan. Saya sempet nyebut warna ini coklat tanah :'D, tapi terserahlah mau disebutnya apa sebenernya. Biasanya saya nggak pernah nambahin eye shadow di sisi luar mata ini apalagi hingga ke bawah alasannya takut bikin bentuk mata makin turun, tapi ternyata asal pakainya sempurna enggak kok, malah bagus. Makara bikin makeup mata balance gitu antara atas sama bawah. Di inner, saya kasih warna Gold Shimmer lagi. Ini saya gunakan juga di brow bone. Selesai deh tahap eye shadow saya.


Selanjutnya, masuk ke tahapan pakai eyeliner. Biasanya kalau sehari-hari saya magang nggak pernah pakai eyeliner karena takut di-bully terlalu menor, tapi alasannya hari ini saya nggak magang ya okelah pakai eyeliner. Produk yang saya gunakan yaitu Pixy Perfect Eyeliner Black. Bikinnya, selalu model cat eye untuk bantu ngangkat ujung mata saya tapi kali ini wing-nya dikit aja biar masih terlihat simpel. Sesudah eyeliner, gres deh saya pakai maskara. Produknya pakai Maybelline The Magnum Volum Express Waterproof Mascara. Namanya memang panjang, tapi sukses kok bikin bulu mata saya tambah panjang juga. Ini maskara saya cinta banget hasilnya, bener-bener ngelentikin, manjangin, dan nambah ketebelan bulu mata. Bulu mata saya aslinya udah tidak mengecewakan panjang dan lentik sih, tapi jarang-jarang :(. Perasaan dulu nggak sejarang ini deh. Kayaknya kini jadi tipis dan jarang jawaban kebiasaan jelek saya suka nyabutin bulu mata, hahaha. Makara kadang di akar bulu mata saya tuh terasa gatal, dan ini bikin saya nyabut-nyabut bulmat -_-'. Sekarang mau saya hentikan kebiasaan tida baik ini biar bulu mata saya nggak botak. Nah sekarang, dengan dukungan maskara ini, kesudahannya bulu mata saya jadi lebih lebat. Waterproof dan abadi banget lagi finish-nya, ngga bakal deh smudge bikin hitam-hitam di bawah mata. Satu-satunya hal yang nggak saya suka dari maskara ini cuman usang banget dibersihin. Ya, enggak susah sih kalau pakai cleansing product berbahan minyak, tapi tetep perlu waktu. Btw, saya pernah lho bersihin maskara waterproof ini dengan air doang. Ya dapat sih, walau bulu mata jadi ketarik-tarik. Jangan ditiru ya cara ini saudara-saudara, saya aja udah ngga ngulangin gini lagi. Karena usang dibersihin itu, saya jadi semacam punya love-hate relationship gitu deh sama ini produk.

Oh iya, saya mau share cara pakai maskara ala Dessy. Udah pernah saya tulis sebenernya di review jaman lalu. Ntar saya lampirkan link-nya aja ya untuk lebih jelas. Intinya pakai di kedua sisi bulu mata - untuk bulu mata atas. Gerakan tangan saya pakai maskara biasa aja. Pernah nyoba sih pakai maskara dengan gerakan zig zag, tapi nggak ngaruh apa-apa suer kalau di saya. Jadinya yaudah gerakin biasa aja, lurus-lurus. Pakainya di bulu mata atas dan bawah ya. Kalau pakai yang di bawah, pastiin hati-hati supaya nggak malah bikin noda hitam di under eye. Inilah pentingnya tadi baking makeup di bawah mata, biar kalau ada noda nanti dapat kita sapu tanpa merusak makeup.


Setelah kegiatan pakai maskara selesai dan bulu mata jadi topan hingga ke alis, biasanya saya lanjutin dengan pakai eyeliner putih pada waterline. Pemakaian eyeliner putih di bawah mata ini bertujuan untuk menciptakan delusi seakan-akan mata lebih gede. Yaa, walau mata saya udah belo gini tapi saya sering kok tetep pakaiin eyeliner putih. Kenapa pakainya sesudah maskara? Soalnya saya kalau pakai maskara di bulu mata bawah tuh kadang garis sempurna di serpihan dalam kelopak mata bawah jadi kecoret. Makanya ditutup deh dengan warna putih dari si eyeliner. Produk yang saya pakai yaitu Wardah Eyeliner Pencil White. Ini punya udah lama, dan nggak abis-abis juga. Pensilnya empuk dan pigmented jadi yummy buat bikin garis di bawah mata, nggak sakit gitu. Dan saya sukanya pensil ini walau empuk tapi diraut nggak praktis patah. Kan biasanya ada tuh produk makeup bentuk pensil yang ringkih diraut, bahkan praktis hancur. Nah kalau ini tuh enggak sama sekali. Cara pakai eyeliner ini praktis kalau saya, tetep melek biasa aja dan gariskan dari ujung luar ke dalam. Kenapa arahnya begitu? Karena kalau menggarisnya dari dalam ke luar malah bikin kesan seakan-akan mata saya belekan. Dulu banget waktu saya kecil, pernah didandanin di kegiatan nikahan sodara gitu. Nah itu periasnya makein eyeliner bawah mata tapi saya disuruh ngeliat ke atas. Nah, trik ini dapat digunakan untuk yang khawatir matanya kecolok pensil. Tapi susah deh kayaknya mraktekin trik ini kalau pakai sendiri, kan jadi ngga dapat ngeliat. Makara mungkin emang pasnya buat kalau didandanin orang lain aja kali ya.

Next, sesudah urusan makeup mata tadi rampung, waktunya saya hapus baking-an. Saya tadi aplikasinya dengan kuas jadi kini menyapunya juga dengan kuas yang sama. Setelah tahap ini beres, makeup jadi keliatan lebih alus nempel. Daan, waktunya kita masuk ke tahapan terakhir, pakai lipstik! Sebelumnya saya pakai lip tint dulu dikit sebagai base warna. Tujuannya semoga seumpama nanti lipstik yang saya pakai luntur, di baliknya masih ada warna dari lip tint. Produknya, pakai Tony Moly Delight Tony Tint yang shade 01 Cherry Pink.

Saya selalu overdraw kalau pakai lipstik alasannya bibir saya kecil. Biasanya yang di-overdraw tuh bibir bawah, alasannya yang atas udah cukup oke. Dulu untuk bikin look overdraw gini saya punya lip liner, tapi sayang kini udah nggak punya, jadi cukuplah saya gunakan lipstik doang. Btw kali ini saya pakainya lip cream ding. LT Pro Lasting Matte shade 03 yang warnanya nude brown. Nude brown-nya tuh bukan yang super coklat pucet gitu, tapi ini agak sedikit ber-tone orange. Saya kini udah nggak anti pakai warna orange kok gais, walau dulu saya rasa warna ini bikin tampilan nggak banget kalau digunakan di kulit saya. Dari sebuah sumber yang saya baca, katanya LT Pro ini yang paling sukses men-dupe teksturnya NYX SMLC. Iyakah? Menurut saya enggak. LT Pro lebih kental dan nggedibel gitu pas digunakan sementara kalau NYX SMLC lebih cair dan light rasanya. Dulu saya beli ini untuk menggantikan NYX SMLC yang Stockholm, tapi ternyata warnanya beda. Sekali lihat sih memang mirip, makanya dulu saya pikir mendekati bangetlah.

Pakai LT Pro Lasting Matte ke seluruh bibir dengan sedikit korupsi dilebarin pada serpihan bawah. Syukurlah walaupun ini nude tapi warnanya pigmented jadi nyatu banget kalau saya gunakan hingga keluar garis bibir, nggak keliatan fake gitu. Nah kini tunggu kering dulu dan alasannya rasanya kurang cerah maka saya berinisiatif akan menambahkan warna lain di atasnya. Pakainya? Warna pink dari NYX SMLC 02 Antwerp yang tadi digunakan sebagai blush on :D. Semacam bikin gradient lips gitu jadinya dengan warna dari LT Pro sebagai dasar. Saya sengaja nunggu dasarnya kering dulu sebelum mengaplikasikan warna kedua alasannya kalau pakainya pas masih berair justru akan menggeser warna yang di bawah. Ini berdasarkan saya sih ya. Beberapa orang ada yang bikin gradient lips saat warna dasar masih berair alasannya berdasarkan mereka lebih praktis di-blend dan transisinya terlihat natural. Tapi saya nggak cocok pakai teknik ini. Warna dasar saya malah awut-awutan kalau eksklusif saya tumpuk warna lain dan blend. Makara numpuknya pas udah kering aja deh. Asal ngeratainnya hati-hati, transisinya tetap cantik kok. Oh iya, ada salah satu temen saya yang kalau bikin gradient lips tuh eksklusif apply dua lipstik. Makara warna nude di luar warna terang di dalam, bukan yang ditumpuk. Tapi saya nggak suka cara ini alasannya kesudahannya lipstik jadi tipis. Saya sebagai pecinta kemenoran tentu sukanya pakai lipstik tebal-tebal dong. Yah, ini hanya duduk masalah selera kok, tiap individu kan dapat beda.

Selesai deh! Makeup look di hari yang cerah ini beres sudah. Ngomong-ngomong, saya seneng banget rambut saya di foto ini kelihatan bagus. Tumben banget memang lagi nurut dan praktis diatur. Nah, kalau mau lebih abadi makeup-nya semprotkan setting spray ya, tapi saya lagi nggak punya jadi nggak pakai. Terinspirasi? Selamat mencoba :)!

Update 16 Mei 2018: Saya gres menyunting labelnya, semoga ngga ada yang bentrok.
Share This :
Johan Andin