MASIGNCLEAN101

[Beauty Talk] Haircare Routine

[Semua foto aku sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau kuat pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Hai semua! Ffiuh akibatnya bulan ini aku potong rambut! Lumayan drastis sih perubahannya, dari panjang sepunggung yang hingga pinggang trus potong nyaris setengahnya hingga bawah bahu. Cuma aku nggak kaget sih kini rambut jadi pendek, soalnya memang sudah direncanakan potong segitu. Bicara soal potong rambut, terakhir aku potong rambut yang drastis dari panjang ke pendek tuh sudah usang banget. Kalo nggak salah pas aku awal-awal mulai blogging, jadi sudah sekitar tiga hampir empat tahun yang lalu. Lama sekali ya. Dulu aku sempet punya rambut panjang sepunggung yang pokoknya itu pertama kali dalam hidup dapat manjangin rambut. Trus potong niatnya dikurangin panjangnya aja tapi malah salah potong. Mbak-mbak kapster salon yang aku datangi bego motongnya rambut aku ditipisin sampe bentuknya nggak karuan dan banyak yang bangun alasannya ialah kepotong dari pangkal atau tengah batang rambut. Benci pokoknya trus aku potong lagi lebih pendek untuk menyelamatkan bentuknya. Lumayan, kemudian aku harus menunggu usang untuk memperoleh rambut panjang lagi. Semenjak itu aku nggak pernah potong rambut lagi hingga rambut aku panjang kembali.

Setelah panjang, mulai bosan dan gerah jadi potong lagi. Beberapa bulan yang kemudian aku potong juga dikit ujung rambut bawahnya buat nyoba mendekin. Lalu kini gres deh dipendekin beneran. Setelah potong, ada planning mau ngecat rambut cuma aku masih ragu. Antara milih warna, sama faktor biaya huhuhu. Selain itu aku juga pingin smoothing, jadi pikir-pikir antara mau smoothing apa coloring dulu. Tapi itu dipikir nanti kalo aku udah banyak uang. Sekarang aku mau ngomongin haircare routine yang sedang aku gunakan ketika ini. Saya tipe yang gonta ganti produk perawatan rambut, tapi sebenernya inti produknya ya itu-itu juga beda merek aja. Mulai ya!


Produk perawatan rambut aku simpel aja. Jenis rambut aku kering. Dulu ada masanya aku ialah orang yang rempong dengan menggunakan bermacam-macam jenis produk perawatan rambut mulai dari yang digunakan malam sebelum keramas hingga pas keramas hingga sesudahnya. Itu gres untuk harian belum termasuk perawatan mingguan. Tapi kini semakin renta aku semakin merasa lebih baik kalau produk perawatan rambut tidak usah bertele-tele. Selain ekonomis waktu dan tenaga, lebih irit juga pastinya. Makara kini produk perawatan rambut aku cuma ada tiga. Meskipun entah nanti kalau bertambah atau aku perawatan di salon. Tapi pada dasarnya ketika ini tiga produk saja.

Shampoo

Saat ini aku pakai Dove Nourishing Oil Care Shampoo untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Variannya yang mengandung oil bantu melembapkan rambut kering aku jadi pas deh. Bikin rambut lebih halus usai keramas dan bersihnya bukan yang kesat. Saya keramas seminggu dua kali saja apapun yang terjadi. Soalnya keramas terlalu sering akan menghilangkan minyak pelembap alami rambut. Dua kali seminggu sudah cukup untuk jenis rambut saya. Baru mulai belum usang ini sih. Awalnya memang terasa tidak nyaman, tapi kini malah lebih yummy rasanya. Rambut aku sudah menyesuaikan diri dengan teladan keramas tersebut jadi nggak yang terlalu lepek atau kulit kepala gatal banget dengan keramas dua kali seminggu. Cuma teladan ini nggak untuk semua orang ya, menyesuaikan kondisi dan acara masing-masing. Untuk aku yang jenis rambutnya kering, acara indoor ya baik-baik saja. Akan lain halnya untuk individu yang berbeda. Oh ya perubahan cuaca juga ngaruh. Kalo pas lagi panas banget tentu rambut lebih kena keringat jadi terasa perlu untuk pelengkap keramas walau kalau aku sih masbodoh aja tetap dengan acara semula.

Conditioner

Pakai Dove Nourishing Oil Care Conditioner. Ini pasangan shampoo-nya, aku kalau beli emang selalu yang sevarian gitu kecuali nggak ada. Kalau nggak, ya aku pilih beli shampoo yang sudah sekalian mengandung conditioner atau conditioning shampoo begitulah. Pakainya dari tengah ke ujung rambut untuk mengembalikan kelembapan batang rambut yang terkikis ketika proses pencucian dengan shampoo. Bantu rambut aku lebih lembut dan nggak kusut. Pakainya setelah keramas, tentu saja juga dua kali seminggu.

Hair Oil

Setelah keramas aku pakai L'oreal Paris Extraordinary Oil. Ini serum rambut tanpa bilas. Saya pakai ketika rambut setengah basah. Bisa diganti pakai hair vitamin atau tonic dan semacamnya tapi aku lebih suka pakai oil. Membantu menjaga tekstur rambut aku tetap halus dan lembut tanpa lepek.

Jenis rambut aku tetap kering. Tapi dengan menggunakan produk-produk perawatan rambut di atas kondisinya terjaga baik. Rambut aku nggak yang terlalu kerontang hingga patah, melainkan tetap kuat. Mengembang sih kalau pas udah kering, ini dapat di-styling atau tinggal kuncir aja untuk tampilan rapi seketika yang praktis. Nah sekian dulu ya beauty talk hari ini perihal haircare routine yang aku gunakan. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah baca!
Share This :
Johan Andin