MASIGNCLEAN101

[Random Talk] What's Your Social Media Persona?

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau besar lengan berkuasa pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]

Sekarang ini, kalau buka Instagram Explore saya sering banget nemu foto-foto people jaman now yang terlihat super flawless. Sayangnya, kebanyakan keliatan banget kalau editannya keterlaluan. Contoh simpel ditemuinnya nih, selfie dengan beauty filter yang bikin kulit putih menyerupai tembok yang gres dicat dan mulus tanpa pori hingga saking alus editannya hidung sang obyek foto keliatan ilang, tinggal lubang idungnya kaya Voldemort, serem. Fenomena foto semacam ini saya amati terutama banyak menjangkiti kaum wanita - terutama dedek-dedek emesh yang masih belom makan asem garem kehidupan. Kenapa saya bahas? Soalnya beberapa terjadi juga pada orang-orang yang saya kenal, yang kalo di dunia kasatmata sebenernya enggak seputih dan setanpa pori ketika di social media. Terus saya jadi berpikir, apakah saya pernah demikian juga?

Media sosial ketika ini dianggap sebagai halaman utama dimana orang bebas menawarkan jati diri mereka. Sangat manusiawi kalau menampilkan diri sendiri di media umum tentu dengan gambaran yang sebaik mungkin. Jadi, apa social media persona yang kau tampilkan?

Saya kenal istilah persona tuh dari nonton program stand up comedy, hahaha. Persona dapat diartikan sebagai sebuah tugas sosial atau huruf yang dimainkan seseorang. Maksudnya dimainkan kalo dalam bahasa panggung terang akting, tapi yang saya maksud di sini yakni huruf kita sebagai insan dalam kehidupan sehari-hari. Baidewai, apa yang saya omongin di paragraf awal tadi pernah juga saya alamin kok. Ada masanya saya pernah posting foto di socmed dengan imbas blurred yang aluss banget, muka yang super putih, dan mata super belo kayak anime. Itu dulu, jaman saya masih awal kenal socmed terutama Instagram yang feed-nya foto semua. Sebentar...saya throwback dulu ya ke socmed-socmed yang pernah saya akses.

Pada ketika ini, di jaman smartphone dan wifi tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan ketika ini, tentu banyak banget aplikasi social media yang diakses insan termasuk saya. Beruntunglah saya bukan termasuk orang yang gila publikasi dan ngoleksi buanyak akun socmed. Akun aktif yang kini saya pegang cuma Instagram dan Blog, suer. Saya kenal socmed semenjak SMA. Rada telat ya, wuehehe. Jaman saya Sekolah Menengah Pertama memang sudah ada socmed bernamakan Friendster tapi alasannya waktu itu saya ndueso biyanget dan jauh dari signal antena televisi apalagi koneksi internet, jadi yha nggak gaul dengan punya Friendster segala. Saya mulai gahul waktu SMA. Waktu itu akun socmed pertama saya yakni Facebook - dengan nama dan avatar super alay biar dianggal gaol. Pada masa ini saya super aktif main socmed. Habis itu pamor Facebook digeser oleh Twitter, saya sempat punya akunnya juga tapi ngga bertahan usang alasannya nggak banyak followers -_-, kesian ya. Setelah kurun dua sosmed tersebut saya juga sempat punya beberapa akun lain sebangsa Path dan lain sebagainya tapi ngga dioperasikan alasannya ngga terlalu banyak yang kenal, dan saya mulai bosen main sosmed. Baru pas punya Instagram, mulailah saya aktif lagi di situ, apalagi semenjak suka nulis di Blog juga.

Di masa awal pas saya mulai main Instagram itu, saya juga sering kok upload foto selfie dengan beauty filter yang bikin flawless. Yang saya rasain ketika itu, dengan foto diedit kayak gitu saya jadi terlihat lebih manis di dunia maya. Cantik = banyak yang nge-like foto saya dan follow sehingga jadilah akun saya ngetop. Gitu pikiran saya ketika itu. #DessySukaPopularitas Waktu itu juga, saya gres suka mencar ilmu dandan. Karena masih newbie jadi hasil makeup saya belum bagus-bagus amatlah ya. Saat itu juga, kondisi kulit saya masih kurang terawat alasannya belum begitu peduli skincare, malah lebih mengandalkan makeup buat nutupin kulit -_-'. Beauty filter dari kamera ngebantu banget dandanan saya terlihat cakep dan kulit terlihat mulus. Boleh dikatakan ketika itu persona socmed saya tuh not the real me. Masa itu saya nggak merhatiin apa respon orang kalau ketemu saya di kehidupan nyata. Mungkin aja ada yang bilang "eh Dessy kok buluk banget sih aslinya nggak bening kayak di poto".

Kemudian ada masanya saya sudah tidak mengecewakan jago makeup, dan tau nggak, ini menciptakan saya ogah pake beauty filter lagi kalau foto alasannya akibatnya malah nge-blur-in hasil makeup asli saya. Trus makin kesini konsdisi kulit saya makin bagus alasannya udah paham pakai skincare, jadilah saya lebih demen nunjukin muka orisinil tanpa di-filter. Sampai sekarang, saya jadi nggak suka pakai beauty filter lagi kalau kalau foto selfie. Ya bukan berarti foto tanpa ngedit juga sih, paling naikin kontras atau cerahin warna biar komposisi dalam foto lebih bagus dilihat. Tapi kalau hingga blur-in pori, atau beloin mata sih enggak - yang kedua juga alasannya mata saya aslinya udah belo dari sononya. Sejak inilah persona socmed saya lebih menjadi diri saya sendiri, dan saya ternyata lebih seneng menyerupai ini, nggak sembunyi lagi di balik bayang-bayang filter. Makara nggak bakal khawatir ketemu orang di dunia kasatmata kemudian dicela aslinya beda sama di foto. Persoalan like dan followers? Karena saya berkarya lewat Blog dan sebagian besar kini saya posting juga di Instagram, jadi feed saya nggak melulu foto selfie tanpa caption doang. Konten foto di Instagram saya sekarag lebih banyak berisi cuplikan goresan pena saya di Blog, yang bukan juga tetep saya caption-in goresan pena yang bermanfaat biar yang baca nggak sekedar menilai fotonya. Nyatanya kini followers saya lebih banyak dibanding pas dulu dan yang menyukai toh juga nggak sedikit. Makara kesimpulannya, manis tidaknya foto saya si socmed nggak mengurangi popularitas, cieh :'D. Kalau mau populer, lebih asik dengan karya kok ternyata :).

Kebiasaan mengedit foto supaya nampak lebih manis atau lebih baik dari kondisi kasatmata sesungguhnya berkaitan dengan tingkat percaya diri seseorang dan penerimaan terhadap diri sendiri. Ini saya tulis berdasar apa yang saya alami. Waktu saya belum jago dandan dan muka masih acakadut kusam, saya suka ngedit foto pake beauty filter biar keliatan lebih manis alasannya nggak pede sama kondisi orisinil muka sendiri. Beda ketika saya udah lebih jago dandan dan kondisi kulit lebih baik, saya jadi percaya diri sehingga nggak merasa perlu memakai beauty filter lagi. Nah, rasa percaya diri ini dekat kaitannya dengan penerimaan saya terhadap diri sendiri dan bersyukur. Kalo udah mendapatkan diri sendiri kemudian cintai juga. Makara mendapatkan diri sendiri bukan berarti kemudian terima apa adanya pasrah aja lho, saya juga tetep ngerawat apa yang saya punya supaya lebih baik lagi. Dengan begini jadi timbul rasa syukur terhadap apa yang saya miliki dan kepercayaan diri muncul.

Ya, nggak sanggup dipungkiri, semua orang ingin nampak terbaik di pandangan mata umum. Pandangan umum paling luas ketika ini ya via socmed jadi nggak heran orang berlomba-lomba menampilkan yang trbaik di beranda akun mereka. Nggak ada yang salah, dan saya juga nggak nyalahin mereka yang ngedit foto sampe keterlaluan maksanya. Toh saya juga pernah ada di posisi tersebut walau nggak parah-parah amat sih. Melalui goresan pena ini, saya cuma mau ngingetin aja untuk kita semua biar lebih bersyukur dengan apa yang dipunyai. Mulailah mendapatkan dan mengasihi diri sendiri tanpa perlu membandingkan dengan orang lain. Ah si ini lebih putih si ini lebih mulus. Stop berkata menyerupai itu, kita semua manis dengan kelebihan masing-masing. Ingat, semua orang dikasih kelebihan kok yang sanggup dicintai kok :).

Belum nemu? Coba deh dan cari dulu. Biar mudah, cari apa yang paling kau sukai dari diri sendiri. Kalau saya misalnya, saya suka bulu mata saya yang panjang dan lentik. Ini bikin saya terlihat lebih manis tanpa perlu penjepit dan maskara atau false lashes, misalnya. Jadilah saya merasa bersyukur dengan kelebihan ini dan jadi percaya diri. Tetep belum nemu? Atau merasa kesulitan mendapatkan dan mengasihi diri sendiri? Coba ubah cara pandang menjadi lebih positif. Misalnya saya nih, merasa punya rambut tebel dan kaku kayak sapu ijuk. Alih-alih benci sama rambut sendiri saya menerimanya aja dan tetep mengasihi rambut saya dengan berpikir gini "ah syukur punya rambut gini senengnya jadi keliatan tebel kalo dicepol, trus kalo kehujanan nggak lepek". Gampang kan? Saya juga jadi sanggup nyoba-nyoba produk hair care dan ngeliat efeknya ke rambut saya. Kalo ternyata ngasih imbas positif bikin rambut saya lebih halus lembut misalnya, saya jadi makin seneng, gitu. Melihat keberhasilan itu menyenangkan kok.

Kunci bersyukur dan percaya diri itu ada di terimalah diri sendiri dan cintailah apa yang dipunyai. Kalau udah cinta niscaya dirawat juga kan? Selain akibatnya akan menciptakan diri sendiri lebih cantik, pastinya bakal lebih sehat juga. Jangan lupa nggak hanya penampilan luar yang dirawat, tambahin juga asupan rohani dan otak serta berpikir positif. Kalau sudah begini, niscaya rasa syukur akan bertambah dan percaya diri semakin meningkat. Lalu berkaryalah, biar nggak cuma manis tapi juga cerdas dan bermanfaat. Makara orang nggak akan cuma judge kamu by your cover, tapi juga isi otakmu. So, udah sanggup milih kan mana social media persona kamu, real atau fake by filter? Pastinya pilih nampilin persona diri sendiri kan? Dan sanggup percaya diri bilang, see the real me :)!

Terimakasih sudah baca goresan pena saya hari ini, semoga bermanfaat :).
Share This :
Johan Andin