MASIGNCLEAN101

[Review] Herborist Minyak Zaitun

[Semua foto saya sebelum berjilbab dihapus jadi mohon maaf kalau besar lengan berkuasa pada isi Blog. Doakan istiqomah ya teman-teman, terimakasih!]


Selamat hari Senin! Untuk mengawali hari pertama dalam seminggu ini saya akan menulis sebuah review, heheheu. Mumpung lagi ulet nulis. Hari ini giliran minyak zaitun yap. Kebetulan saya punyanya cuma satu yaitu Herborist Minyak Zaitun, jadi yang di-review ya terperinci itu. Sebelum pakai Herborist ini saya sudah pernah nyoba pakai minyak zaitun dari Wardah dan Mustika Ratu. Ntar kita liat perbandingannya berdasarkan versi saya ya!


Herborist merupakan produsen yang lebih duluan populer dengan produk lulur balinya. Memang produk ini memegang spirit 'The Essence of Balinese' - ditulis di bawah merknya - walaupun pabriknya sendiri bukan berlokasi di Pulau Dewata tersebut. Lulur bali bikinan Herborist tuh dulunya hits banget, hingga produsen lain ikutan bikin juga. Saya juga pernah nyobain pakai lulurnya kok beberapa kali. Setelah merambah bikin body butter juga kini Herborist mengeluarkan produk minyak zaitun. Pertama saya liat, botolnya unik makanya saya tertarik beli. Kaprikornus pas pertama dibeli dulu, botolnya punya aksen tali dari materi menyerupai akar tanaman gitu yang dipilin trus diikat ke leher botol dengan gantungan kertas bertuliskan brand produk. Sekarang udah saya copot talinya lantaran sebenernya nggak punya fungsi selain sebagai hiasan - kecuali kalo nyimpen minyak zaitun ini dengan cara menggantung botolnya, nah talinya sanggup kepake tuh.

Botolnya sendiri berbahan plastik bening dengan tutup silver. Botol bening dengan warna pada sticker didominasi warna hijau kayak lumut, sekilas menyerupai desain pada botol minyak zaitunnya Mustika Ratu, beda di bentuk botol doang. Dari sisi depan, nampak ilustrasi khas Bali ala Herborist. Terus di penggalan bawah tertulis keterangan kalau produk ini sanggup digunakan supaya kulit menjadi lebih lembap, halus, dan untuk pijat. Herborist juga saudah punya label halal lho, disertakan sticker-nya di sini juga.

Kalo kita balik botolnya, di belakang botol ada keterangan yang lebih banyak lagi tulisannya. Sayang di foto ini agak kehalang sama biji buah yang ada di dalem botolnya jadi agak susah dibaca dengan jelas. Saya tulisin ulang aja ya. Di belakang sini tertulis cara pakainya, yaitu dengan oleskan merata pada kulit terutama pada penggalan yang kering menyerupai tumit, lutut, dan siku. Baik digunakan untuk pijat dan sebelum menggunakan lulur. Ingredients-nya: Mineral Oil, Terminalia bellerica fruit, Perfume, Olive (Olea europaea) Oil, BHT.

Dengan membaca kata pertama dari materi penyusun produk ini, eksklusif paham kan kalau Herborist Minyak Zaitun ini bukan pure olive oil apalagi EVOO? Ada beberapa materi suplemen yang sebenernya saya kurang sreg. Waktu beli nggak baca ingredients dulu sih saya -_-. Pertama, artinya materi penyusun terbanyaknya, yakni Mineral Oil. Menurut beberapa sumber yang saya baca, mineral oil adalah hasil dari pengolahan minyak bumi yang berpotensi menyumbat pori. Kedengaran berbahayakah? Mungkin enggak lantaran materi ini juga saya temuin di baby oil. Kaprikornus kesimpulannya berdasarkan saya nggak ancaman tapi mengganggu kalau menyumbat pori. Karena itu banyak orang yang kini menghindari pemakaian produk dengan mineral oil. Saya hampir termasuk, tapi gres tahap mencoba, hahaha. Soalnya kulit wajah saya termasuk yang gampang tersumbat porinya kemudian komedoan, kalau kulit badan sih enggak.

Terus ada buah yang ditaruh di dalam minyak zaitunnya, ini cuma ditulis nama ilmiahnya tanpa klarifikasi buah apakah itu sebenernya. Saya pikir sih ini buah Mojokeling sama kayak yang ditaruh di minyak zaitun Mustika Ratu. Enggak tau apa fungsi sebenernya dalam minyak zaitun, tapi saya sih nggak problem dengan keberadaannya. Lalu ada Perfume, uft kenapa minyak ini harus dikasih wewangian sih? Meskipun kulit saya nggak sensitif terhadap wewangian tapi saya kurang suka lantaran penambahan perfume terasa mengganggu kealamian minyak zaitun. Di urutan keempat, gres nama Olive Oil muncul. Nah ini gimana sih, yang jadi judul utama malah nongolnya belakangan. Kaprikornus konsentrasinya kalah banyak saya mineral oil. Agak mengecewakan. Terakhir ada BHT, ini materi pengawetnya si minyak zaitun. Saya masih sepakat aja, lantaran toh produk kemasan kayak gini akan lebih tahan usang dengan suplemen pengawet.

Selanjutnya di bawah ingredients, ditulis pabrik pembuat produk beserta alamatnya. Nah pabrik Herborist ternyata berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Nggak jauh ternyata dari kawasan tinggal saya :). Terus ada barcode dan angka-angka POM NA maupun nomor batch produk ini. Paling bawah ada tanggal kadaluwarsa si produk, masih Februari tahun 2020 nanti. Lama juga ya. Btw, netto produk ini saya cari-cari sukar ketemu hingga jadinya nampak juga tersembunyi di bawah barcode, Isinya 75 ml dalam sebotol kecil. Ada ukuran lebih gedenya juga kok. Di bawah botol, ada logo daur ulang dicantumkan. Nice, saya suka ;).


Tutupnya ulir dan gampang diputer untuk membuka. Di balik tutup, ada lisan botol yang kecil jadi meminimalisir produk eksklusif tumpah tak terukur. Pas saya cium, aromanya nggak tajem walaupun ada kandungan perfume di dalamnya. Aromanya tuh susah digambarkan, antara amis floral tapi agak-agak ada unsur menyerupai amis lulur bali gitu deh. Ya pokoknya membingungkan saya :S. Isinya bening tanpa warna. Teksturnya nggak terlalu kental, sanggup saya bilang cair walau nggak seringan air, ini tetep keliatan kalo minyak kok. Tekstur kayak gini menyerupai banget sama minyak zaitun dari Mustika Ratu - sama-sama bukan pure olive oil juga. Kalau dibandingin sama Wardah Pure Olive Oil, Wardah lebih kentel dan nggak bening, tapi kalau untuk performa, ntar saya tulis di belakang.

Karena cair, beliau gampang diratakan. Tapi bukan berarti gampang menyerap. Saya coba di lengan butuh nyaris setengah menit sebelum beliau meresap ke kulit. Pas dioles rasanya biasa aja, nggak lengket dan nggak sumuk. Tapi setelah diratakan dan nunggu beliau meresap, terasa kurang nyaman, kayak ada yang nempel di permukaan kulit gitu - ya memang iya sih. Setelah meresap, rasanya biasa aja. Kulit kering saya nggak terasa bertambah lembap. Malah terasa kayak terlapisi walau produknya udah nggak nampak di permukaan. Mungkin lantaran sifat oil yang moisture kali ya, bukan hydrate.

Saya beli minyak zaitun ini udah dua bulan lalu, dan sampe kini gres berkurang setengah isinya. Soalnya memang nggak digunakan setiap hari secara rutin sih. Awalnya saya pakai ini sehabis mandi sebelum body lotion, tapi terus bosen lantaran malah bikin body lotion-nya susah menyerap alasannya yakni minyaknya bikin barrier. Apalagi kalau saya pas pakai body serum tuh, berdasarkan teori serum kan lebih kecil partikelnya dibanding oil, jadi bakal susah nyerapnya kalau saya pakaiin minyak zaitun terlebih dulu. Karena prinsipnya kalau pakai skincare tuh mulai dari yang paling gampang diserap gres ke yang semakin sulit, maka saya hentikan pemakaian minyak zaitun dengan cara ini. Kalo dulu saya pernah pakai minyak zaitun Mustika Ratu sebelum body butter dan baik-baik aja. Entah lantaran memang produknya semerk atau lantaran butter lebih pekat dibanding oil saya nggak paham. Tapi pernah saya pakai sebelum body lotion juga dan tetep baik-baik aja sih. Mungkin lantaran minyak zaitunnya Mustika Ratu lebih cepat nyerap dan nggak ninggal di permukaan (?).

Lalu saya coba-coba pakai produk ini sebelum lulur. Hasilnya, so far so good. Bikin kulit terasa lebih lembut pas digosok lulur jadi mengantisipasi kulit lecet umpama butiran lulurnya agak kasar. Terus saya iseng pakai produk ini di alis dan bulu mata, tapi sayang malah bikin rontok. Dulu pas saya pakai Wardah baik-baik aja padahal. Kalau Mustika Ratu saya lupa pernah pakai di alis dan bulu mata enggak. Terus pas kehabisan makeup remover, saya coba pakai ini juga untuk bersihin makeup. Agak was-was juga sih awalnya takut bikin clog pore tapi kan saya pikir pakainya sebentar doang habis itu eksklusif basuh muka jadi tampaknya aman. Pertama pakainya dengan dituang ke kapas dulu gres diusap ke wajah, sanggup kok mengangkat makeup yang standar. Kalau untuk yang waterproof apalagi maskara, agak sulit - plus beliau perih kalau nggak sengaja masuk ke mata jadi mesti hati-hati pakainya. Terus pas kapas saya habis, saya pakai beliau ala cleansing oil, eksklusif dipijit ke kulit dan dibilas air. Sayang Herborist Minyak Zaitun ini nggak larut di air jadi menyisakan rasa lengket kalau nggak buru-buru basuh muka dengan sabun. Kaprikornus saya balik ke kebiasaan sebelumnya, pakai kapas. Kalau kepepet nggak ada kapas pakai tisu walau kurang efektif lantaran sifat tisu yang nyerap cairan dan gampang sobek. Udah beberapa kali pakai minyak zaitun sebagai makeup remover, jadinya bosan juga.

Sekarang saya udah nggak fungsiin beliau sebagai makeup remover, kecuali kepepet ketika makeup mata agak heboh dan milk cleanser terasa kurang. Yang penting segera dibilas. Setelah itu, kini saya pakai produk ini untuk pengganti lip balm di bibir. Yah, secara minyak zaitun kan harusnya serbaguna jadi saya pakai di mana-mana. Kalau dipake di bibir beliau oke, nyaman dan malah gampang meresap lho. Bikin tekstur bibir jadi lebih halus dan lembut jadi lebih manis buat dipakaiin lipstik sesudahnya. Dipakai habis lipstik untuk bikin kesan glossy juga sanggup loh. Untuk ngebersihin lipstik sebelum touch up juga bisa. Sebagai suplemen pelembap di tengah pakai lipstik matte dan terasa kering pun bisa. Wuih jadinya saya nemuin kegunaan paling sempurna bagi Herborist Minyak Zaitun ini!

Kalau dibikin perbandingan sama Mustika Ratu Minyak Zaitun dan Wardah Pure Olive Oil, bagi saya gini. Secara tekstur menyerupai Mustika Ratu, tapi yang saya rasain Mustika Ratu lebih cepat meresap. Kalau untuk performa pas dipakai, yang saya inget mereka berdua sama-sama saya pakai sebelum lulur dan okay aja. Mustika Ratu pernah saya pakai sebelum lotion/butter dan kayaknya nggak mengganggu peresapan produk sesudahnya sementara Herborist agak ganggu. Mustika Ratu seingat saya belum pernah saya pakai untuk ngebersihin makeup, jadi nggak sanggup bandingin sama Herborist. Oh iya plus satu lagi, saya pernah pakai minyak zaitun Mustika Ratu buat rambut tapi malah bikin lepek. Kalau Herborist belum pernah. Kalau Wardah, walau teksturnya lebih kental tapi daya resapnya malah lebih cepat - mungkin lantaran beliau nggak pakai mineral oil. Wardah juga sanggup saya pakai di wajah - sebagai pelembap maupun makeup remover - tanpa terlalu takut clog pore, walau sebenernya beliau sanggup menyumbat pori juga secara kulit wajah saya clog prone, tapi rasanya tetep lebih dikit resikonya ketimbang mineral oil. Seingat saya dulu selama pakai produk tersebut di wajah kulit terasa baik-baik aja, dan waktu itu saya belum concern terhadap jenis materi dan efeknya ke kulit saya jadi nggak kepikiran macem-macem menyerupai ketika ini. Kalau di kulit wajah yang nggak clog prone sepertinya bakal kondusif produk ini dipakai. Wardah juga saya saya pakai di alis dan bulu mata dan baik-baik saja. Kalau buat bibir kayaknya dulu enggak jadi nggak sanggup bandingin.

Secara keseluruhan sih saya paling suka pakai Herborist Minyak Zaitun di bibir. Kalau untuk wajah, masih khawatir bakal clog pore dan perih kalau masuk mata. Kalau untuk kulit badan agak susah meresap, tapi nyaman kok digunakan sebelum luluran - cuma ribet. Kaprikornus tampaknya saya bakal ngabisin produk ini untuk bibir saja, walau niscaya usang ya.

Nah, sekian dulu review dari saya hari ini. Semoga bermanfaat :).

Price: Rp. 16.075
Rate: 3/5
Repurchase? No
Notes:
+ nyaman saya pakai di bibir
- enggak pure
- susah nyerap di kulit tubuh
- berpotensi menyumbat pori
Share This :
Johan Andin